10 Rekomendasi Deterjen Bayi yang Aman Untuk Si Kecil (2021)

10 Rekomendasi Deterjen Bayi yang Aman Untuk Si Kecil (2021)

Kulit bayi sangat sensitif, apalagi terhadap kandungan bahan kimia dalam deterjen. Oleh karena itu, gunakan deterjen bayi yang lebih aman untuknya. Simak rekomendasi deterjen bayi terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini.

Mencuci Pakaian Bayi Jangan Dengan Deterjen Biasa

Bayi memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa sehingga mudah kering dan sensitif. Kulit bayi akan lebih mudah mengalami iritasi apabila terkena sesuatu, bahkan seperti keringat dan sisa susu yang menempel.

Karena tingginya tingkat sensitivitas kulit bayi, Anda sebaiknya berhati-hati dalam memberikan produk kepada bayi, termasuk memilih deterjen. Bisa saja ada kandungan dari deterjen biasa yang tidak cocok untuk kulit bayi.

Tips Mencuci Pakaian Bayi

Cuci Baju Baru Sebelum Dipakai

Baju baru, meski masih terbungkus rapi dengan plastik, tidak menjamin bebas dari kuman, debu, ataupun senyawa berbahaya lainnya. Pasalnya, Anda tidak mengetahui bahan-bahan apa saja yang telah kontak dengan pakaian tersebut selama proses produksi dan distribusi.

Bisa saja ada residu asap rokok ataupun bahan kimia lainnya yang menempel pada pakaian baru bayi menjelang sampai ke tangan Anda, dan itu dapat mengiritasi kulit bayi. Jadi, biasakan untuk mencuci setiap baju baru sebelum Anda memakaikannya kepada si kecil.

Gunakan Deterjen Khusus Untuk Mencuci Pakaian Bayi

Jika bayi Anda memiliki kulit yang sensitif, Anda bisa menggunakan produk deterjen yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi sensitif. Deterjen yang sebaiknya Anda gunakan adalah yang tidak mengandung pelembut, pemutih, dan pewangi pakaian karena kulit bayi biasanya sensitif terhadap zat ini. Deterjen yang aman untuk kulit bayi yang sensitif juga termasuk deterjen yang tidak mengandung paraben.

Cuci Pakaian Sesuai Petunjuk

Sama seperti pakaian pada umumnya, cara mencuci baju bayi pun bisa berbeda antara satu dan yang lainnya. Beberapa pakaian dengan bahan tertentu seperti wol atau sutra mungkin tidak cocok dicuci menggunakan mesin cuci, dan sebaiknya dicuci dengan tangan. Jadi, sebelum Anda mencuci baju bayi, pastikan memeriksa label pakaiannya terlebih dahulu untuk mengetahui cara perawatan pakaian yang tepat.

Segera Cuci Baju yang Kotor

Cara terbaik untuk menghilangkan noda bekas gumoh, susu formula, ASI, makanan, atau kotoran lainnya di baju bayi adalah dengan mencucinya segera apabila kotor. Terlalu lama mendiamkan noda pada pakaian dapat membuat noda yang menempel itu jadi lebih sulit untuk dihilangkan.

Maka dari itu, sebaiknya Anda segera mencuci pakaian yang terkena noda sesegera mungkin supaya Anda dapat mengeluarkan lebih sedikit tenaga untuk membersihkannya.

Pastikan Baju Terbilas Hingga Bersih

Saat mencuci baju, pastikan bahwa tidak ada sisa sabun dan kotoran yang masih menempel pada baju bayi. Selain baju, semua perlengkapan bayi yang menempel pada kulitnya harus dibersihkan dengan benar. Misalnya, selimut dan seprainya. Setelah memastikan baju si kecil bersih dari sisa sabun dan kotoran, barulah Anda dapat mengeringkannya.

Cara Memilih Deterjen Terbaik Untuk Bayi

Tentukan Fungsi Deterjen

Secara umum, fungsi deterjen tentu adalah membersihkan pakaian. Namun, terdapat beberapa perbedaan antara deterjen cair dan deterjen bubuk.

Deterjen cair lebih cocok untuk mesin cuci tipe satu tabung. Deterjen cair juga memiliki sisa residu yang lebih sedikit dibandingkan dengan deterjen bubuk, sehingga dapat mengurangi risiko iritasi pada kulit bayi. Deterjen cair akan cocok untuk ibu-ibu yang baru melahirkan atau yang bayinya kerap menangis saat malam hari.

Sementara itu, deterjen bubuk umumnya memiliki formula basa yang lemah sehingga lebih efektif membersihkan sebum dan kotoran berbau menyengat. Oleh karena itu, ideal bagi Anda yang memiliki bayi aktif dan mulai mengonsumsi makanan pendamping.

Sebenarnya, jika Anda ingin memakai deterjen bubuk, Anda bisa melarutkannya terlebih dahulu dengan air hangat. Cara lainnya adalah dengan mengurangi kuantitas deterjen bubuk yang digunakan, serta lebih banyak membilasnya.

Perhatikan Komposisi Bahannya

Deterjen diformulasikan dengan berbagai zat tambahan, seperti pelembut, pemutih, dan pewangi. Namun, zat-zat ini berpotensi mengiritasi kulit bayi yang sensitif. Ada beberapa produk deterjen yang diklaim tidak menggunakan bahan aditif.

Akan tetapi, Anda sebaiknya tidak langsung percaya dengan klaim tersebut. Sebaiknya Anda mengetahui bahan yang tidak cocok dengan kulit bayi Anda dan periksalah komposisi bahan yang ada pada kemasan deterjen sebelum Anda membelinya.

Utamakan Produk yang Bebas Iritasi

Selain dengan cara memeriksa komposisi bahan yang berpotensi mengiritasi kulit bayi, Anda juga bisa melakukan uji iritasi kulit atau tes alergi. Tes alergi akan membantu Anda untuk memilih produk yang benar-benar aman untuk kulit bayi Anda. Cara ini lebih akurat.

Jika bayi kulit bayi Anda tidak bermasalah terhadap deterjen tertentu, maka Anda dapat melanjutkan menggunakan deterjen itu untuk mencuci pakaian bayi Anda.

Rekomendasi Deterjen Bayi yang Aman Untuk Kulit Bayi

Mama's Choice Baby Antibacterial Kit

Mama's Choice Baby Antibacterial Kit menghalang penyebaran bakteri pada pakaian bayi. Detergen bayi ini memang diformulasikan khusus anak-anak, tapi juga bisa digunakan oleh anggota keluarga lain yang ingin terlindungi .

Di dalam satu paket Mama's Choice Baby Antibacterial Kit, Anda bisa mendapatkan Mama's Choice Baby-Safe Detergent 1000 ml, Mama's Choice Baby Multi-Purpose Cleaner - Pembersih Serbaguna 100 ml, Mama's Choice Baby-Safe Liquid Cleanser 500 ml, dan Mama's Choice Moisturizing Hand Gel (hand sanitizer) 60 ml. Jadi ada 4 produk dalam satu set untuk perlindungan dan kebersihan keluarga.

Harga Rp. 200.000-400.000

Pigeon Baby Laundry Detergent

Pigeon Baby Laundry Detergent diformulasikan khusus untuk membersihkan pakaian bayi. Produk ini dapat menghilangkan noda, memiliki sedikit busa sehingga tidak mengiritasi kulit, juga tidak mengandung paraben, dan tentunya telah teruji secara dermatologis. Formula detergen ini 100% bebas phosphate dan fluorescent sehingga lebih ramah bagi lingkungan.

Tak hanya membersihkan pakaian buah hati Anda, deterjen ini juga menyelamatkan pakaian dari kusam dan luntur berkat teknologi color safe. Terlebih, tekstur deterjen yang satu ini aman digunakan untuk mencuci, baik dengan mesin maupun tangan.

Harga Rp. 16.000-30.000

Cussons Baby Liquid Detergent

Cussons baby juga memproduksi deterjen untuk bayi. Deterjen ini memiliki aroma lembut khas bayi. Bagi Anda yang menyukai wangi khas bayi, produk satu ini bisa menjadi pilihan.

Produk ini diperkaya juga dengan ramuan ekstrak citrus alami yang mampu menghilangkan noda tanpa menyebabkan iritasi pada kulit. Juga ada kandungan chamomile yang bermanfaat untuk menjaga pakaian agar tetap lembut.

Di dalam deterjen ini juga terdapat formula anti bakteri sehingga pakaian si kecil pun jadi higienis. Di samping itu, deterjen ini tidak mengandung pemutih sehingga aman digunakan untuk kulit sensitif.

Harga Rp. 25.000-30.000

Mama's Choice Baby-Safe Detergent

Mama's Choice Baby-Safe Detergent merupakan deterjen yang telah teruji secara dermatologis mampu bersahabat untuk kulit bayi yang sensitif. Detergen ini memiliki formulasi antibakteri lembut yang selain membersihkan noda dari pakaian, juga menjadi perisai dari bakteri.

Ditambah lagi, Mama's Choice Baby-Safe Detergent juga mengandung ekstrak tea tree yang juga mampu membersihkan pakaian dan berfungsi sebagai anti bakteri alami.

Harga Rp. 40.000-100.000

Babymax Baby-safe Detergent

Babymax Baby-safe Detergent diproduksi dengan teknologi yang canggih agar bisa efektif untuk melindungi bayi Anda.

Pada kemasan deterjen ini, Anda bisa melihat logo HomeFree, yang berarti produk ini bebas paraben, pewarna, enzim, SLS, dan formalin.

Walaupun tidak mengandung zat kimia yang terdapat pada deterjen biasa, deterjen ini tetap bekerja secara maksimal. Berkat adanya teknologi Anti Bakterial dan Color Defender, pakaian pun menjadi bersih cerah, bayi pun nyaman terlindungi.

Harga Rp. 50.000-100.000

Buds Organics Baby Safe Laundry Detergent

Buds Organics Baby Safe Laundry Detergent dirancang agar tangguh untuk menghilangkan noda membandel, tetapi tetap lembut bagi kulit bayi.

Produk deterjen ini diproduksi dari bahan alami dari pertanian organik tanpa tambahan pewarna, pewangi sintetis, dan bahan berbahaya lainnya. Oleh karena itu, produk ini pun aman bagi pakaian, kulit, dan lingkungan.

Detergen ini juga ditambahkan wewangian dari minyak esensial alami yang dapat memberi sensasi menenangkan saat dihirup. Anda pun merasa rileks saat bermain bersama bayi.

Harga Rp. 250.000-450.000

Sleek Baby Laundry

Sleek Baby Laundry juga mengandung ekstrak tanaman alami yang aman, efektif menghilangkan noda, serta menjaga pakaian tetap lembut. Detergen ini juga mengandung bahan antibakteri dan antijamur sehingga pakaian lebih higienis dan bersih sempurna, serta mencegah bau apek pada pakaian.

Deterjen bayi yang satu ini tidak mengandung SLS dan paraben yang dapat membuat kulit kering bahkan iritasi. Produk ini pun sudah teruji secara dermatologis aman untuk kulit.

Harga Rp. 15.000-50.000

Rinso Gentle Deterjen Cair

Produk Rinso yang satu ini menggunakan teknologi SmartFoam sehingga busa lebih cepat menghilang dan Anda pun bisa lebih menghemat air saat mencuci pakaian. Pilihan tepat untuk Anda yang ingin menghemat biaya air sekaligus menghilangkan noda secara maksimal.

Deterjen cair konsentrat ini mampu mengangkat noda hingga bersih berkat cara kerjanya yang masuk sampai ke dalam serat kain. Diperkaya dengan pH yang rendah, detergen ini menjadi pilihan cermat untuk menjaga kulit bayi dan juga anggota keluarga lainnya.

Harga Rp. 15.000-50.000

My Baby Liquid Detergent

My Baby juga merupakan salah satu merek yang memproduksi produk untuk bayi. Salah satu produknya adalah My Baby Liquid Detergent yaitu deterjen yang diklaim mampu membersihkan dan melembutkan pakaian, serta mengangkat kotoran dan bakteri berbahaya. Formula khusus yang dimiliki My Baby Liquid Detergent dipercaya ampuh bersihkan kotoran pada pakaian bayi.

Bukan hanya itu saja, My Baby Liquid Detergent juga mengandung ekstrak chamomile yang mampu mencegah iritasi. Anda pun bisa membersihkan pakaian bayi dengan aman dari iritasi kulit dan menjaganya tetap cerah.

Harga Rp. 15.000-35.000

Precious Bee Gentle Laundry Liquid

Produk yang satu ini bebas pewarna, pencerah, pemutih, dan bahan-bahan berbahaya lainnya sehingga bersifat hypoallergenic. Meskipun tidak mengandung bahan-bahan tambahan tersebut, formulanya tetap dapat menghilangkan noda membandel. Pakaian bayi Anda akan tetap bersih maksimal dan terjaga kesegarannya.

Ditambah lagi, Precious Bee Gentle Laundry Liquid ini memiliki daya konsentrat yang tinggi. Dengan demikian, Anda tidak perlu menggunakan banyak deterjen saat mencuci. Sangat cocok bagi Anda yang tidak terlalu nyaman dengan penggunaan banyak detergen saat mencuci pakaian.

Harga Rp. 35.000-75.000
From our editorial team

Tambahkan Pewangi dan Pelembut Agar Baju Bayi Makin Harum

Mencuci baju bayi tidak cukup hanya dengan deterjen saja lho! Ada juga bisa menambahkan pelembut dan pewangi pakaian supaya baju bayi makin harum. Jangan lupa gunakan pewangi khusus untuk bayi juga ya! Untuk deterjennya, Anda bisa pilih dari deretan rekomendasi BP-Guide di atas ya!