10 Rekomendasi Pewangi Pakaian Bayi yang Aman Untuk Kulit Si Kecil (2023)

10 Rekomendasi Pewangi Pakaian Bayi yang Aman Untuk Kulit Si Kecil (2023)

Pewangi pakaian memiliki fungsi untuk membuat baju yang dipakai wangi sepanjang hari. Tapi berbeda lagi kalau Anda ingin memberi pewangi pada pakaian bayi. Pilih produk pewangi khusus yang kandungannya aman untuk kulit bayi. Simak rekomendasinya dalam artikel BP-Guide berikut!

Baca juga

Memilih Produk Pewangi Untuk Bayi Jangan Sembarangan

Anda pasti ingin bayi tetap wangi sepanjang hari bukan? Salah satu caranya adalah dengan memberikan pewangi saat mencuci pakaian bayi. Tapi, jangan sembarangan memilih produk ya!

Berhati-hatilah dalam memilih produk pewangi untuk bayi. Pastikan kandungan di dalamnya tidak menyebabkan iritasi atau gangguan apapun pada kulit bayi. Untungnya, kini sudah banyak produk pewangi yang khusus untuk bayi lho!

Tips Memilih Pewangi yang Tepat Untuk Bayi

Pilih yang Mengandung Anti Bau dan Anti Bakteri

Saat ini pewangi untuk bayi telah di perbarui dan ditambahkan kandungan aktif untuk mengurangi bau dan juga anti bakteri. Bahan aktif yang terdapat pada pewangi pakaian bayi adalah Staphylococcus aureus dan Klebsiella pneumoniae. Dengan bahan aktif tersebut pertumbuhan bakteri yang menempel pada baju atau pakaian bayi Anda akan terhenti.

Utamakan Produk yang Tidak Menimbulkan Efek Listrik Statis

Sekarang ini banyak produk pewangi yang berbentuk bahan softener. Hal ini dapat menyebabkan debu atau kotoran menempel ditubuh kita karena dampak efek listrik statis dari bahan tersebut. Hal ini bisa berbahaya jika Anda atau keluarga Anda mempunyai penyakit alergi rinitis. Bahan ini bisa membuat kondisi rinitis semakin parah.

Pilih Produk yang Wanginya Lembut Untuk Si Kecil

Saat memilih produk pewangi untuk pakaian bayi, sebaiknya Anda selektif dengan varian aromanya. Pilih wangi yang lembut dan tidak menyengat, sehingga bayi juga tetap nyaman. Aroma pewangi yang terlalu kuat akan berdampak pada penciuman dan pernafasan bayi yang masih sensitif terhadap aroma parfum.

Cara Merawat Pakaian Bayi yang Benar

Pisahkan Baju Bayi Dengan Baju Penghuni Rumah

Jangan mencampur pakaian bayi dengan pakaian penghuni rumah lainnya saat mencuci. Ini untuk mencegah kontaminasi bakteri dari satu pakaian ke pakaian lain. Bakteri yang menempel di serat pakaian bisa berbahaya untuk si kecil.

Cuci Tangan Sebelum Mencuci

Usahakan tangan kita selalu bersih sebelum mencuci pakaian atau barang-barang dari bayi Anda. Contohnya mencuci botol susu anak Anda, pastikan tangan Anda dalam keadaan steril atau Anda bisa menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu. Ini juga berlaku saat Anda akan mencuci baju si kecil, apalagi jika Anda mencuci dengan tangan.

Pilih Deterjen Khusus Untuk Bayi

Selain memisahkan pakaian saat mencucinya, Anda sebaiknya juga menggunakan deterjen berbeda. Gunakan deterjen khusus untuk pakaian bayi yang kini banyak dijual di pasaran. Deterjen bayi terbuat dari bahan yang lembut, ringan, dan aman untuk kulit bayi.

Gunakan Pewangi Setelah Bayi Berusia 6 Bulan

Perhatikan juga kapan saat yang tepat untuk menambahkan pewangi pada pakaian bayi. Jika bayi belum berumur 6 bulan, sebaiknya tidak perlu menggunakan pewangi. Meskipun sedikit, pewangi pakaian pasti mengandung bahan kimia yang bisa memicu reaksi alergi pada kulit sensitif bayi.

Tidak Perlu Menyetrika Pakaian Bayi

Menyetrika baju bayi juga tidak boleh sembarangan. Anda tidak perlu menyetrika pakaian bayi sebelum usianya mencapai 1 tahun. Hal ini dilakukan untuk menghindari perpindahan bakteri dari lempengan setrika ke pakaian bayi.

Rekomendasi Pakaian Bayi yang Wangi dan Aman

Cussons Baby Softener

Cusson Baby Softener merupakan pewangi pakaian bayi yang aman untuk bayi Anda. Produk ini memiliki tiga varian yaitu Cherry Blossom, Lily of the Valley, dan Lavender.

Selain membuat pakaian si kecil semakin wangi, pewangi ini juga memberikan kelembutan yang membuatnya semakin nyaman. Formulanya yang ringan dijamin tidak menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

Harga Rp. 13.000-30.000

Molto Ultra Pure

Untuk urusan melembutkan dan mengharumkan pakaian bayi, percayakan pada Molto Ultra Pure. Produk ini telah teruji secara dermatologis aman untuk kulit sensitif bayi. Selain itu, Molto Ultra Pure memiliki kemampuan melembutkan hingga tiga kali lipat merek kebanyakan.

Pakaian bayi pun semakin nyaman dikenakan, harum, dan tidak menimbulkan reaksi alergi.

Harga Rp. 25.000-50.000

Buds Baby Safe Fabric Softener

Berikutnya ada Buds Baby Safe Fabric Softener, pewangi pakaian bayi yang menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak biji bunga matahari dan lidah buaya.

Aroma wangi produk ini dihasilkan dari minyak esensial lavender dan kulit jeruk yang memberikan aroma kelembutan untuk si kecil. Produk ini juga telah tersertifikasi menggunakan bahan organik, sehingga tidak heran harganya cukup mahal.

Harga Rp. 250.000-300.000

Molto Ultra Anti Bakteri

Buat Anda yang menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Molto Ultra Anti Bakteri bisa jadi pilihan yang tepat. Di dalam produk ini terdapat kandungan Active Shield yang bekerja menangkal pertumbuhan bakteri pada serat kain.

Sehingga pewangi ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri patogen yang bisa menyebabkan penyakit. Wanginya yang lembut juga aman untuk indera penciuman bayi.

Harga Rp. 20.000-50.000

Downy Mild & Gentle

Downy Mild & Gentle adalah pewangi yang sudah teruji klinis dan terbukti aman untuk kulit sensitif. Meskipun tanpa pewarna dan tanpa pengawet, wangi produk ini bisa tahan lebih lama lho! Selain itu, teknologi khusus yang ada di dalamnya mampu membuat wangi tersimpan di dalam serat kain. Produk ini juga mampu menghilangkan bau apek dan bau tidak sedap.

Harga Rp. 20.000-35.000

IVLY Nature Baby Fabric Softener

IVLY Nature adalah salah satu pewangi pakaian bayi yang terbuat dari bahan-bahan alami. Produk ini diklaim 100% tanpa bahan-bahan berbahaya yang biasa terdapat pada pewangi merek lain. Varian yang tersedia antara lain adalah Oatmeal and White Tea, Lotus Flower and Bamboo, Tiare Flower and Virgin Coconut Oil. Pewangi ini sangat direkomendasikan untuk bayi Anda yang mempunyai kulit sensitif.

Harga Rp. 50.000-125.000

Zwitsal Baby Fabric Softener

Rekomendasi produk pewangi pakaian bayi selanjutnya adalah Zwitsal Baby Fabric Softener. Kandungan bahan alami di dalamnya adalah ekstrak green tea dan lidah buaya yang bekerja melembutkan pakaian, menjaga pakaian bayi tetap halus, dan nyaman dipakai.

Produk ini juga tidak mengandung paraben dan memiliki tingkat keasaman pH netral. Selain itu, Zwitsal Baby Fabric Softener juga sudah teruji secara dermatologis sehingga aman untuk kulit sensitif bayi.

Harga Rp. 8.000-20.000

Precious Bee Gentle Fresh Softener

Tidak semua produk pewangi cocok untuk kulit bayi, mengingat si kecil masih sangat sensitif. Namun Precious Bee Gentle Fresh Softener yang sudah teruji secara hypoallergenic sangat aman untuk bayi. Produk ini terbuat dari bahan yang ramah lingkungan, cocok untuk mencuci pakaian bayi.

Harga Rp. 30.000-100.000

My Baby Fabric Softener Plus Ironing Aid Soft & Gentle

My Baby Fabric Softener Plus Ironing Aid Soft & Gentle adalah pewangi yang khusus diformulasikan untuk kulit bayi. Di dalam produk ini terdapat kandungan antibacterial yang berfungsi membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada pakaian bayi.

Dengan aroma parfum yang lembut, produk ini membuat bayi semakin nyaman mengenakan pakaiannya. Tambahan softener di dalamnya juga memberikan efek lembut pada pakaian bayi.

Harga Rp. 10.000-20.000

Downy Anti Bau

Downy Anti Bacteria merupakan pengharum yang diformulasikan untuk mengharumkan dan melembutkan pakaian. Di dalamnya terdapat kandungan anti bakteri dan kapsul mikro parfum, sehingga pakaian akan selalu wangi sepanjang hari. Baunya lembut dan tidak menyengat, sehingga aman untuk pakaian bayi.

Harga Rp. 10.000-20.000
From our editorial team

Pemilihan Bahan Pakaian Bayi Juga Penting

Jika Anda ingin menambahkan pewangi pada pakaian bayi, Anda bisa memilih salah satu rekomendasi BP-Guide di atas. Namun jangan lupa juga untuk memperhatikan bahan pakaian yang dipakai oleh bayi. Pilih bahan yang memiliki serat kain lembut dan menyerap keringat, agar bayi tidak rewel atau mengalami iritasi kulit.