Mencuci Lebih Mudah dengan 10 Rekomendasi Deterjen Cair Berikut (2021)

Mencuci Lebih Mudah dengan 10 Rekomendasi Deterjen Cair Berikut (2021)

Deterjen cair memang banyak sekali keunggulannya. Tidak heran jika banyak ibu beralih ke deterjen cair. Dari segi harga bisa saja sedikit lebih mahal dari deterjen bubuk. Namun, untuk kemudahan dan hasil maksimal, deterjen cair bisa jadi pilihan utama. Simak tips memilih deterjen cair terbaik dan juga rekomendasinya untuk kamu!

Deterjen Cair Banyak Jadi Andalan Para Ibu

Mencuci pakaian sudah jadi kegiatan rutin para ibu rumah tangga. Kegiatan ini bisa dilakukan setiap hari atau sekali hingga dua kali seminggu, tergantung banyaknya pakaian yang harus dicuci. Untuk mempermudah proses mencuci, ibu tentu butuh deterjen cuci yang bagus kualitasnya.

Bicara soal deterjen cuci pakaian, ada dua jenisnya yaitu bubuk dan cair. Para ibu kebanyakan memilih deterjen cair karena banyak kelebihan yang tidak ada pada deterjen bubuk.

Deterjen cair lebih praktis digunakan. Kita tinggal tuang saja pada mesin cuci atau bak cucian. Takarannya tinggal pakai tutup botol pada kemasannya. Atau bisa juga memakai kemasan saset yang jumlah takarannya pas untuk sekali cuci.

Selain itu, deterjen cair juga lebih mudah disimpan. Tidak seperti deterjen bubuk yang harus terlindung dari air agar tidak lembap dan menggumpal.

Deterjen cair juga terbilang lebih ampuh untuk mengatasi noda minyak. Dalam deterjen cair terdapat alcohol ethoxylates yang akan mempermudah deterjen untuk menghilangkan noda minyak pada pakaian.

Kelebihan lain dari deterjen cair adalah busanya tidak terlalu banyak. Ini membuat kita lebih cepat membilasnya. Selain itu, residu pada pakaian juga bisa dikurangi. Busa yang sedikit juga membuat kita tidak terlalu mencemari lingkungan.

Tips Memilih Sabun Cuci Cair

Cek Fiturnya

Ketika memilih deterjen cair, ada baiknya kamu mengecek apa saja formula atau fitur yang ditawarkan dalam deterjen tersebut. Yuk, kenali aneka formula yang biasanya ditawarkan dalam deterjen cair!

Pertama, ada formula antibakteri. Formula yang satu ini penting ada supaya bakteri pada pakaian bisa hilang. Ini artinya pakaian lebih bersih dan lebih aman digunakan. Selain itu, formula antibakteri juga bikin pakaian jadi bebas bau apek.

Fitur lainnya lagi adalah pewangi. Ada deterjen yang sudah dilengkapi dengan pewangi sehingga kamu jadi tidak perlu lagi menambahkan pewangi pada bilasan terakhir cucian kamu. Dengan begini, kamu jadi bisa lebih hemat waktu untuk mencuci.

Fitur pelembut pakaian juga mungkin kamu butuhkan dalam sebuah deterjen cair. Formula melembutkan bahan pakaian ini akan sangat membantu kamu. Pakaian jadi tidak terlalu kusut jadi saat menyetrikanya pun tidak perlu banyak tenaga.

Pilih Kemasan

Kamu bisa memilih kemasan dari deterjen cair yang akan kamu beli. Di pasaran ada banyak kemasan yang tersedia. Ada kemasan saset, pouch, dan juga botol.

Kalau kamu butuh yang sekali pakai, kamu bisa pilih yang kemasan saset. Ini karena lebih praktis dan ekonomis. Jika kamu membeli dalam kemasan botol, kamu bisa menyimpan botolnya jika isinya sudah habis. Selanjutnya, kamu tinggal beli kemasan pouch untuk nantinya diisikan pada botol tadi.

Waspadai Sensitivitas Kulit

Jika kamu memiliki kulit sensitif, ada baiknya lebih teliti memilih produk deterjen. Jangan sampai salah pilhi deterjen yang malah akhirnya bikin kulit kamu iritasi. Sebaiknya hindari deterjen dengan pewarna, sulfat, dan pewangi buatan. Aneka bahan tersebut berpotensi bikin kulit jadi iritasi. Semisal kamu kurang bersih membilas bajunya, maka residu deterjen bisa tertinggal pada pakaian. Hal ini akan membahayakan kulit sensitifmu.

Sesuaikan Bahan Pakaian

Memilih deterjen cair bisa juga didasarkan pada bahan pakaian yang akan kamu cuci. Ada beberapa bahan pakaian yang membutuhkan perawatan khusus agar lebih awet dan tidak mudah rusak. Contohnya adalah pakaian batik, sutera, atau bahkan pakaian bayi. Pilih deterjen khusus jika memang akan mencuci aneka bahan tersebut.

Untuk pakaian bayi, pilih deterjen cair yang formulanya ringan dengan pH yang netral. Dengan begini, sabun cucinya aman karena tidak meninggalkan residu yang bisa bikin kulit bayi iritasi. Selain itu, untuk bahan batik, jilbab, dan bahan sutera juga sebaiknya memakai deterjen cair yang bahannya khusus supaya bisa lebih terawat dan tahan lama digunakan.

Ini Dia Rekomendasi Sabun Cuci Cair untukmu!

Yuri Biosoft

Yuri Biosoft merupakan rekomendasi pertama kami untuk deterjen cair. Deterjen yang satu ini cocok dipakai untuk mesin cuci. Dikemas dalam botol dengan volume 385 ml, produk ini mudah dituangkan. Takarannya cukup memakai tutupnya saja.

pH deterjen ini sesuai dengan pH alami kulit jadi tidak akan membuat kulit jadi iritasi atau kering. Formula color guard-nya bisa bikin warna pakaian tidak mudah pudar. Produk ini juga efektif membasmi noda membandel pada pakaian. Aroma wanginya sangat menyegarkan sehingga dijamin pakaian kamu lebih segar meski sudah dijemur dan dimasukkan dalam lemari.

Harga Rp. 8.500-16.150

Total Almeera Liquid

Total Almeera Liquid menjadi rekomendasi berikutnya untuk kamu. Deterjen ini sudah berlabel halal sehingga aman digunakan. Kamu bisa memakainya untuk mesin cuci atau mencuci dengan tangan.

Deterjen cair ini akan mengikat air sehingga lebih efektif dalam membersihkan noda di baju. Aroma deterjen juga segar dan lembut sehingga bikin pakaian senantiasa segar. Bahannya lembut dan aman di tangan jadi tidak akan bikin tangan jadi kasar usai mencuci.

Harga Rp. 4.400-27.000

Attack Batik Care

Attack Batik Care cocok untuk kamu yang memiliki banyak koleksi pakaian batik. Kamu butuh deterjen cair yang satu ini supaya baju batik kamu bisa terawat dengan baik. Deterjen cair ini juga bisa digunakan untuk mencuci hijab, kebaya, kaftan, dan aneka bahan pakaian lainnya yang lembut dan rentan rusak.

Deterjen ini bisa membersihkan noda membandel dan juga merawat warna agar tidak cepat pudar. Pakaian kamu bisa tetap segar dan wangi meski sudah dijemur.

Harga Rp. 16.250-42.500

Molto Deterjen Cair Gold Dazzling Glamour

Molto Deterjen Cair Gold Dazzling Glamour wajib kamu coba sebagai deterjen cair andalanmu. Produk yang satu ini hadir dengan teknologi deep clean sehingga bisa bikin pakaian lebih bersih maksimal. Untuk aromanya jangan diragukan lagi karena memiliki keharuman parfum Perancis mewah yang tahan lama.

Harga Rp. 14.400-47.600

Attack Easy Liquid Romantic Flower

Attack Easy Liquid Romantic Flower ini merupakan deterjen cair yang bisa kamu andalkan. Produk ini cocok dipakai untuk mesin cuci atau mencuci dengan tangan. Kotoran yang membandel pada pakaian bisa hilang hanya dengan satu kali kucek saja.

Aroma bunganya semerbak dan juga tahan lama. Kamu tidak perlu lagi memakai pewangi pakaian tambahan saat mencuci pakaian. Wanginya juga bisa bertahan setelah pakaian dijemur, loh.

Harga Rp. 17.560-98.000

Sahaja Detergen Cair Konsentrat

Sahaja Detergen Cair Konsentrat sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. Produk yang satu ini tergolong sebagai deterjen cair halal. Dengan membeli produk ini artinya kamu juga sudah bersedekah karena ,5% keuntungan penjualan akan disalurkan kepada kaum dhuafa. Deterjen cair ini tidak akan bikin iritasi di kulit karena bahannya alami. Aromanya segar namun tidak terlalu menyengat.

Harga Rp. 11.000-30.000

MOTTO Detergen Cair Floral

MOTTO Detergen Cair Floral sangat cocok untuk pakaian anak-anak. Deterjen yang satu ini tidak memiliki banyak busa dan tidak meninggalkan residu sehingga kulit anak juga tidak berpotensi iritasi.

Deterjen ini ampuh membersihkan noda membandel. Aroma wanginya segar dan tahan lama. Meski sudah dijemur dan disimpan dalam lemari, pakaian tetap harum semerbak.

Harga Rp. 14.700-50.800

Rinso Gentle Detergen Cair

Rinso Gentle Detergen Cair sudah lulus dari uji dermatologi. Deterjen ini juga cocok untuk pakaian bayi. Produk tidak akan menimbulkan alergi pada kulit karena sudah memiliki tingkat pH yang lebih rendah dari detergen biasa.

Dengan teknologi smartfoam, deterjen cair ini bisa bikin kamu lebih hemat air. Busa yang dihasilkan juga tidak terlalu menumpuk. Tidak ada residu yang tertinggal pada pakaian. Kamu bisa memakainya untuk mencuci dengan tangan atau mesin cuci.

Harga Rp. 17.500-35.000

So Klin Liquid

So Klin Liquid juga bisa jadi andalan kamu. Produk yang satu ini dihadirkan oleh Wings. Kamu bisa pilih aneka varian wangi yang mereka hadirkan. Semua aromanya juga segar. Formulanya cepat larut dalam air dan menyerap dengan baik ke dalam pakaian. Kamu bisa memakai deterjen cair ini untuk mesin cuci atau kucek biasa, ya.

Harga Rp. 13.500-50.000

Rinso Matic Professional

Rinso Matic Professional merupakan rekomendasi terakhir dari kami. Deterjen cair ini bisa jadi pilihan kalau kamu menjalankan bisnis laundry. Namun, bisa juga dipakai untuk kamu yang sering mencuci pakaian dalam jumlah banyak di rumah. Deterjen ini cocok untuk mencuci dengan mesin cuci bukaan atas maupun depan.

Keunggulan deterjen cair ini ada pada formula konsentratnya. Pakaian bisa lebih bersih dan cemerlang tanpa kusam. Fitur lain dari deterjen ini adalah bisa memberikan wangi yang segar sehingga kamu tidak perlu menambahkan pewangi pakaian lagi. Ada banyak ukuran kemasan mulai dari 1800 ml hingga 5000 ml.

Harga Rp. 19.900-72.000
From our editorial team

Gunakan Takaran yang Sesuai

Memakai deterjen bubuk dan cair tentu berbeda takarannya. Jika kamu terbiasa memakai deterjen bubuk, kenali dulu takaran yang pas untuk deterjen cair. Umumnya, saat memakai deterjen cair, kita tidak butuh terlalu banyak. Jika masih bingung, ada baiknya kamu mengecek kemasan deterjen. Di sana tentunya tertulis berapa banyak takaran yang kamu butuhkan untuk sejumlah pakaian. Jangan terlalu banyak melebihi takaran yang disarankan karena ini hanya akan bikin kamu boros. Selain itu, terlalu banyak deterjen juga berisiko membuat residu deterjen tertinggal pada pakaian.

Tag