10 Rekomendasi Deterjen Terbaik agar Pakaian Lebih Bersih (2021)

10 Rekomendasi Deterjen Terbaik agar Pakaian Lebih Bersih (2021)

Mencuci pakaian adalah kegiatan yang ditujukan untuk membersihkan pakaian. bukan sekadar bersih namun juga supaya pakaian tidak mudah rusak usai dicuci dan dibersihkan. Selain itu, mencuci pakaian juga ditujukan supaya pakaian benar-benar bebas kuman dan bau apek. Nah, cek tips memilih deterjen terbaik dan juga rekomendasinya dari BP-Guide!

Kebersihan Pakaian Wajib Diutamakan Guna Menunjang Kesehatan

Pakaian merupakan penutup tubuh yang kita gunakan agar bisa melindungi tubuh kita dari berbagai polutan yang berpotensi menyerang kulit tubuh. Selain itu, pakaian dapat membuat tampilan makin modis.

Karena pakaian menempel langsung pada kulit, maka kita perlu menjaga kebersihannya dengan maksimal. Setiap hari, kuman, sel kulit mati, minyak, debu, hingga keringat bisa menumpuk pada pakaian. Jika kita tidak maksimal membersihkan pakaian maka pakaian bisa jadi sarang kuman dan bakteri untuk berkembang biak dan bisa saja kumannya berpindah pada tubuh kita.

Kamu wajib membersihkan pakaian secara cermat agar kesehatanmu bisa lebih terjaga. Jangan biarkan pakaian lembap dan apek tertumpuk begitu lama supaya tidak ada kuman bersarang di sana. Segera cuci pakaian dan jangan menunggu hingga menumpuk.

Mencuci pakaian tidak bisa asal saja. Ada cara tersendiri supaya mencuci lebih maksimal dan pakaian lebih bersih. Cek dulu label instruksi mencuci yang ada pada pakaian. Instruksi mencucinya dilambangkan dengan simbol-simbol yang merujuk pada cara mencucinya, mulai dari suhu air, cara mengeringkan, dan menyetrikanya.

Gunakan produk pencuci pakaian yang baik supaya kuman dan bakteri bisa mati. Produk pencuci pakaian yang tepat juga bisa menghilangkan bau tidak sedap pada pakaian sehingga pakaian bebas apek dan lebih segar saat dipakai kembali.

Dengan mencuci pakaian dengan benar, maka pakaian jadi lebih bersih dan bebas kotoran serta kuman. Kesehatan juga bisa lebih terjaga dengan baik jika pakaian kita sudah bersih, ya.

Cermatlah Memilih Deterjen Terbaik untuk Pakaian

Pilih Jenis Deterjennya

Ada banyak jenis deterjen di pasaran. Kamu bisa memilih deterjen cair dan juga bubuk. Pilih sesuai kebutuhan supaya hasilnya bisa lebih maksimal.

Jika kamu memakai mesin cuci dan untuk digunakan dalam keseharian, kamu bisa pilih deterjen cair. Bentuknya lebih praktis untuk digunakan. Deterjen cair juga mudah larut dalam air sehingga lebih mudah meresap ke serat kain dan ampuh mengatasi noda membandel. Deterjen cair tidak mengandung terlalu banyak busa sehingga lebih cepat bersih saat dibilas.

Untuk kamu yang memiliki rutinitas mencuci yang tinggi bisa andalkan deterjen bubuk. Jenis deterjen ini mudah menghasilkan busa berlimpah. Kemasannya tersedia mulai dari yang kecil hingga yang besar. Kamu bisa pilih kemasan besar sehingga meski mencuci dengan intensitas tinggi, kamu bisa lebih hemat karena isiannya banyak. Sayangnya, kamu butuh banyak air untuk membilasnya agar deterjen tidak meninggalkan residu pada pakaian.

Sesuaikan Bahan Pakaian

Ketika memilih deterjen pakaian usahakan memilih sesuai dengan bahan pakaian. Umumnya, pakaian dengan bahan halus seperti wol atau rajutan sebaiknya memakai deterjen yang lembut atau deterjen khusus. Hal ini perlu dilakukan agar pakaian bisa lebih awet, tidak menyusut, dan tidak mengalami perubahan warna yang terlalu drastis.

Untuk bahan pakaian bayi juga butuh deterjen khusus. Kulit bayi masih sangat sensitif, karena itu, pakaian bayi sebaiknya tidak dicuci memakai sembarang deterjen. Pilih deterjen dengan kandungan pH yang rendah agar bisa mengurangi risiko iritasi jika ada residu deterjen yang tertinggal pada pakaian.

Sesuaikan dengan Warna Pakaian

Hal lain yang harus diperhatikan saat memilih deterjen adalah menyesuaikannya dengan warna pakaian. Misalnya jika warnanya putih maka kamu bisa pilih deterjen khusus untuk pakaian putih. Biasanya deterjen untuk pakaian putih mengandung flourescent agent yang bisa menyerap radiasi ultraviolet dan mengonversi radiasi menjadi sinar biru. Dengan formula tersebut maka pakaian warna putih jadi lebih cerah dan tetap tampak seperti baru tanpa terlihat kusam.

Sementara itu, untuk pakaian berwarna, kamu bisa memilih deterjen dengan formula anti kusam. Ini supaya warna pakaian tidak cepat luntur kala dicuci secara berulang. Dalam deterjen untuk pakaian berwarna, umumnya terkandung bahan pencerah warna sehingga bikin warna pakaian menjadi lebih awet.

Ini Dia Deretan Rekomendasi Deterjen Cuci Terbaik untuk Pakaianmu

Attack Easy Romantic Flowers

Attack Easy Romantic Flowers bisa jadi pilihan kamu. Deterjen yang satu ini bikin kamu lebih mudah mencuci. Mau ngucek dengan tangan atau mesin cuci, deterjen Attack Easy siap membantu membersihkan pakaian dari noda membandel. Dengan formula bersih kilat, tak butuh waktu lama untuk hilangkan noda dalam sekali cuci.

Busa deterjen juga lebih mudah hilang dalam sekali bilas sehingga tidak ada residu busa pada pakaian. Aroma pakaian juga jadi wangi dan segar bebas apek. Harganya terjangkau dan pastinya berkualitas tinggi.

Harga Rp. 184.200-32.000

Rinso Matic Bukaan Depan Detergen Bubuk

Kalau mencuci dengan mesin cuci bukaan depan, kamu butuh deterjen khusus. Maka dari itu, Rinso Matic Bukaan Depan Detergen Bubuk siap untuk kamu gunakan. Produk ini bekerja tiga kali lebih efektif dalam mengangkat noda membandel pada pakaian. Hasilnya, pakaian lebih bersih dan lebih bebas kotoran tanpa kucek.

Dengan bahan enzim yang lebih tinggi dari deterjen pada umumnya, produk ini bisa bekerja efektif tanpa merusak mesin cuci karena memiliki kadar busa yang rendah. Cukup sesendok takar saja sudah cukup untuk level air mesin cuci yang tinggi. Dikemas dalam ukuran 1 kg dan 2 kg, kamu bisa memilih sesuai selera. Ada kandungan pewangi dan pelembut sehingga pakaian bebas apek.

Harga Rp. 18.995-53.400

Daia Putih

Pakaian putih memang lebih rawan kotor dan lebih sulit dihilangkan nodanya. Maka dari itu, kamu bisa pilih Daia Putih untuk jadi andalan. Produk yang satu ini bisa mengembalikan warna putih cerah alami pakaian. Kamu tidak perlu repot mengucek dengan kuat. Formulanya membuat pakaian lebih cepat bersih bebas noda dan kuman. Aromanya segar dan tidak bikin pakaian jadi mudah apek.

Harga Rp. 13.999-40.900

So Klin Smart Color

So Klin Smart Color akan sangat cocok untuk mempertahankan warna pakaian kamu. Dengan formula penguat warna, deterjen ini bisa mempertahankan kecemerlangan warna pakaian sehingga tidak mudah pudar warna aslinya. Warna baju jadi cerah dan tetap cemerlang meski dicuci berulang kali. Produk ini bebas pewangi buatan. Aromanya segar tidak apek dan tahan lama.

Harga Rp. 18.975-37.500

Total Almeera Sport & Active Powder

Total Almeera Sport & Active Powder bisa jadi pilihan berikutnya. Deterjen yang satu ini bisa memberikan perlindungan pakaian dari kuman yang berasal dari keringat saat kamu bergerak aktif sehingga cocok digunakan untuk baju olahraga dan sejenisnya.

Baju yang lembap dan bau apek akan segera bersih dan bebas bau usai dicuci dengan deterjen yang satu ini. Dengan formula khusus, bau jadi hilang dan bakteri jadi mati. Deterjen ini tersedia dalam berbagai ukuran kemasan mulai dari 50 gram hingga 1700 gram. Meski harganya terjangkau, namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Harga Rp. 18.000-40.538

Attack Batik Care

Attack Batik Care cocok untuk kamu yang memiliki banyak koleksi pakaian batik. Jangan biarkan batik kamu jadi cepat pudar warnanya atau mudah rusak karena salah pilih deterjen. Kamu bisa pilih deterjen yang satu ini karena bisa melindungi kain lebih maksimal. Pakaian jadi bebas dari risiko berbulu, berkerut, atau mudah kusut.

Deterjen ini memiliki bahan lauryl ether sulfate dan alkyl polyglucoside. Selain itu, aromanya juga segar sehingga bikin pakaian tidak mudah apek.

Harga Rp. 16.040-28.000

Sleek Baby Laundry Detergent

Sleek Baby Laundry Detergent merupakan deterjen khusus untuk pakaian bayi. Formulanya dibuat khusus untuk pakaian anak yang kulitnya masih sensitif dan rentan alergi gatal hingga kemerahan. Formula lembutnya hadir dari natural plant extract yang tidak hanya efektif menghilangkan noda. Pakaian jadi lebih lembut dan nyaman di kulit bayi.

Harga Rp. 18.000-139.000

So Klin Bio Matic Top Load

So Klin Bio Matic Top Load cocok digunakan untuk kamu yang mencuci dengan mesin cuci bukaan atas. Dengan formula terbaru, kamu bisa mendapatkan pengalaman mencuci lebih baik. Mencuci lebih mudah dan cepat karena ada kandungan enzim dan teknologi anti-redeposition yang akan membersihkan noda hingga ke serat kain.

Ada juga teknologi color guard dan bright activator pada deterjen ini sehingga warna pakaian bisa lebih awet dan tak mudah kusam. Deterjen ini juga hadir dengan formula antibakteri sehingga pakaian tidak mudah bau apek meski dijemur pada kondisi cuaca mendung.

Harga Rp. 22.250-50.000

Rinso Molto Rose Fresh Detergen Bubuk

Rinso Molto Rose Fresh Detergen Bubuk bikin kamu jadi hemat saat mencuci. Kalau ingin pakaian kamu tidak sekadar bersih namun juga wangi, umumnya kamu menambahkan pewangi pakaian di bilasan akhir. Namun, dengan deterjen bubuk yang satu ini, kamu tak perlu melakukan hal itu.

Deterjen ini sudah dilengkapi pewangi sehingga aroma pakaian lebih segar dan wangi. Aromanya bisa tahan hingga 21 hari. Terlebih lagi, deterjen ini juga hadir dengan softener sehingga bisa melembutkan pakaian sehingga serat kain lebih halus dan lebih mudah disetrika.

Harga Rp. 16.999-75.500

Attack Hygiene Plus Protection Liquid

Attack Hygiene Plus Protection Liquid adalah rekomendasi terakhir kami. Deterjen cair ini mudah larut dalam air. Ini cocok untuk mesin cuci.Konsentratnya tinggi sehingga bisa merasuk ke serat kain dan tidak akan meninggalkan residu sisa deterjen pada mesin cuci. Dilengkapi formula antikuman dan antibau, pastinya produk ini bisa mencegah pertumbuhan kuman penyebab bau pada pakaian. Pakaian juga jadi anti apek dan anti bau keringat.

Harga Rp. 19.500-25.500
From our editorial team

Usahakan Memilih Deterjen Ramah Lingkungan

Sebagai warga negara yang baik, tentu kita harus turut menjaga kelestarian lingkungan. Usahakan memilih deterjen yang ramah lingkungan. Perhatikan kemasan deterjen dan cek bahan aktif apa yang ada dalamnya. Pastikan tidak ada kandungan fosfat yang bisa merusak lingkungan. Selain itu, pilih deterjen yang busanya tidak banyak dan mudah dibilas. Deterjen dengan busa yang banyak akan berpotensi mengurangi kadar oksigen dalam air dan membuat kita butuh banyak air untuk membilasnya. Tentunya hal ini bikin kita jadi boros penggunaan air dan bisa mencemari lingkungan.

Tag