10 Rekomendasi Setrika Terbaik agar Lebih Mudah Melicinkan Pakaian (2021)

10 Rekomendasi Setrika Terbaik agar Lebih Mudah Melicinkan Pakaian (2021)

Pakaian kita wajib disetrika agar lebih licin. Pakaian yang licin bikin tampilan kita lebih enak dipandang. Saat pakaian licin, kita juga jadi lebih percaya diri. Pakaian licin menunjukkan bahwa kita pribadi yang rapi dan juga menarik. Maka dari itu, pilih setrika terbaik yang bisa membuat tampilan kamu makin menarik. Cek rekomendasi dari kami!

Baju Wajib Disetrika dengan Benar Supaya Hasilnya Licin Maksimal

Menyetrika adalah salah satu proses yang harus dilakukan usai kita mencuci dan mengeringkan pakaian. Jika pakaian tidak langsung disetrika dan hanya langsung dilipat dan dimasukkan lemari, maka pakaian jadi kusut. Saat hendak dipakai, kita jadi harus ribet menyetrikanya dulu. Bahkan untuk pakaian dengan bahan yang halus dan lembut sekali pun, tetap perlu disetrika agar kita bisa tampil lebih percaya diri.

Bicara soal menyetrika, teknik menyetrika kita juga harus benar. Sebab, jika kita asal saja menyetrika maka hasilnya akan kurang maksimal. Jika sudah begini, maka sia-sia saja kerja keras dan waktu kita untuk menyetrika.

Teknik pertamanya adalah, jangan mengeringkan baju terlalu lama di bawah terik matahari atau di dalam mesin pengering. Ini hanya membuat pakaian jadi terlalu kaku. Angin-anginkan saja untuk membuat pakaian kering maksimal.

Selanjutnya, kibaskan baju setelah kering. Ini bertujuan untuk meluruskan bahan dan jahitan pakaian sehingga kamu jadi lebih mudah untukmenyetrikanya.

Untuk menyetrika bahan pakaian yang halus, hindari suhu yang terlalu panas. Ini hanya akan merusak bahan dan juga bisa meninggalkan bekas hangus. Jika bahan pakaiannya tipis, kamu sebaiknya memakai lapisan bahan seperti kain lain atau sapu tangan saat menyetrikanya.

Cara lainnya untuk menyetrika pakaian dengan bahan halus dan tipis adalah dengan menyesuaikan suhu setrikanya. Beberapa setrika ada yang dilengkapi dengan pengatur suhu yang bisa disesuaikan dengan bahan pakaiannya. Jadi, ingatlah selalu untuk mengatur suhu setrika kapan harus lebih panas dan kapan harus lebih rendah panasnya agar pakaian licin maksimal tanpa gosong.

Jika perlu, kamu bisa memakai pelicin pakaian. Produk pelicin pakaian ada banyak di pasaran. Kamu tinggal pilih yang sesuai selera. Selanjutnya, saat akan menyetrika, semprotkan pelicin pakaian atau bisa juga memakai penyemprot otomatis pada setrika. Dengan begini, pakaian jadi lebih cepat licin.

Tips terakhirnya, gunakan setrika yang terbaik. Memilih setrika yang terbaik tidaklah rumit. Kamu hanya perlu teliti saja sebelum membelinya. Cek tips dari kami di bawah ini!

Tips Memilih Setrika Terbaik

Tipe Setrika

Kamu harus mengenali aneka tipe setrika yang ada di pasaran. Dengan mengetahui tipenya, kamu bisa lebih bijaksana memilih tipe setrika yang bisa kamu gunakan. Hasil setrika juga jadi bisa sesuai dengan ekspektasi kamu.

Tipe pertama adalah tipe dry iron yang merupakan model klasik dan mudah dirawat. Dry iron bentuknya simpel dan mudah dioperasikan. Bobotnya ringan sehingga tidak bikin kita cepat lelah saat memakainya. Bagian genggamannya juga nyaman sehingga kita juga tidak kerepotan. Setrika tipe ini mudah dirawat. Untuk memakainya, kita perlu memanaskannya dengan suhu yang kita inginkan agar lebih siap saat digunakan. Kamu bisa memakainya dengan pelicin pakaian. Semprotkan pelicin pakaian sebelum menyetrika dengan tipe setrika yang satu ini.

Tipe setrika lainnya adalah steam iron. Ini merupakan tipe setrika yang cocok dipakai untuk melicinkan pakaian formal, contohnya seragam. Tipe setrika ini akan lebih maksimal hasilnya jika kamu memakai papan setrika. Dengan memakai papan setrika maka lipatan pada seragam akan lebih mudah dibentuk.

Terakhir, ada tipe steamer. Tipe yang satu ini cocok untuk kamu yang sedang terburu-buru. Setrika yang satu ini tak hanya bisa melicinkan pakaian dengan cepat namun juga bisa menghilangkan bau apek pada pakaian. Selain itu, pakaian juga bisa lebih steril. Streamer juga bisa digunakan untuk kain berbahan halus. Ini juga bisa menjangkau dekorasi pakaian yang sulit dirapikan. Steamer tak hanya bisa digunakan pada pakaian namun juga pada sweater rajut, gorden, dan lainnya.

Cek Kabelnya

Hal lain yang perlu kamu cek saat membeli setrika adalah mengecek kabelnya. Panjang kabel juga bisa menentukan kenyamanannya untuk dipakai. Jika kabelnya terlalu pendek, maka kamu bisa sedikit kesulitan saat menyetrika karena ruang gerak kamu jadi terbatas. Jika kabelnya terlalu panjang, maka kamu jadi kesulitan untuk melipatnya dan mengurainya. Selain itu, gerakan kamu juga sedikit sulit karena bisa terbelit kabel.

Periksa juga kualitas kabelnya. Ini karena kabel berkualitas buruk berisiko membuat kamu tersetrum saat lapisan kabelnya mudah terkelupas. Kualitas kabel yang buruk juga membuatnya tidak fleksibel sehingga sulit untuk ditekuk. Pilih kabel yang berbahan lentur yang dilapisi dengan bahan isolasi kain yang tidak mudah rusak.

Suhu Bisa Diatur

Pilih setrika yang bisa diatur suhunya. Memang sih, hampir semua setrika dilengkapi dengan pengatur suhu, namun tidak semua setrika memiliki keterangan suhu yang tepat untuk jenis kain apa. Ada baiknya memilih setrika dengan pengatur suhu yang sudah dilengkapi keterangan bahan kainnya. Dengan begini, kamu jadi tidak kesulitan saat akan menyetrika bahan kain mulai dari katun, wol, jeans, dan sutra. Hasil setrika kamu jadi lebih maksimal karena setrika bisa menyesuaikan panas dengan ketahanan panas setiap jenis kain.

Lapisan Anti Lengket

Utamakan memilih setrika yang bagian bawahnya dilengkapi dengan lapisan antilengket. Bagian yang satu ini akan bersentuhan langsung dengan pakaianmu. Lapisannya bisa berupa bahan titanium, teflon, dan sejenisnya. Dengan begini, pakaian tidak mudah lengket, gosong, dan menimbulkan bau.

Bentuk Ergonomis

Pilih setrika dengan bentuk ergonomis. Setrika bentuk ergonomis artinya memiliki bentuk ujung yang lancip. Ujung lancip ini tujuannya agar kita bisa lebih mudah menjangkau sudut pakaian. Selain itu, pilih juga yang memiliki handle ergonomis sehingga menyetrika lebih nyaman meskipun digunakan dengan waktu yang lama.

Pastikan juga memilih setrika dengan lampu indikator. Adanya lampu indikator membuat kamu lebih yakin apakah setrika sedang dipanaskan atau sudah maksimal panasnya. Dengan setrika ergonomis semacam ini tentunya kamu jadi lebih mudah memakai setrikanya.

Ini Dia Pilihan Setrika Terbaik untuk Kamu

Electrolux EDI1004 Dry Iron EasyLine

Electrolux EDI1004 Dry Iron merupakan produk yang hadir dengan kabel sepanjang 1,8 meter sehingga kamu bisa menjangkau bidang setrika lebih luas. Ada kemampuan berputar hingga 360 derajat sehingga kamu bisa lebih mudah menjangkau semua bagian. Untuk bagian pegangan setrika juga nyaman digenggam karena dilengkapi pegangan karet yang lembut dan tidak mudah selip dari tangan.

Setrika ini membutuhkan daya 300 watt. Ada lampu indikator yang memudahkan kita untuk menyetrika. Selain itu, ada juga pengatur suhunya. Produk yang satu ini diberi garansi 1 tahun lamanya.

Harga Rp. 197.000-315.000

Philips Setrika Uap Optimal Temp GC3920

Philips Setrika Uap Optimal Temp GC3920 ini adalah setrika yang akan memudahkan kamu untuk melicinkan pakaian tanpa takut mudah terbakar. Setrika hadir dengan teknologi yang bisa memberikan kombinasi suhu dan uap paling efektif untuk semua jenis bahan. Kamu bisa menyetrika bahan yang tebal, halus, hingga lembut. Kamu tak perlu lagi mengatur suhunya dan tak perlu menunggu suhu untuk panas maksimal.

Produk ini juga tidak akan memudarkan warna pakaian dan tidak akan meninggalkan tanda kilau pada pakaian. Semburan uapnya maksimal sehingga tak hanya mudah untuk menghilangkan kusut namun juga bisa menghilangkan bau apek pada pakaian. Setrika juga bisa otomatis mati saat ditinggalkan tanpa diawasi. Ini tentunya lebih hemat energi dan bisa memberikan keamanan ekstra.

Setrika memiliki sistem penghentian tetesan uap secara otomatis sehingga tak ada noda tetesan air pada pakaian. Setrika juga bisa meluncur dengan cepat karena telapak setrika memakai bahan titanium yang anti lengket, mudah dibersihkan, dan bisa melicinkan dengan lebih maksimal.

Harga Rp. 888.000-1.099.000

Deerma Setrika Uap GT100

Deerma Setrika Uap GT100 ini adalah setrika yang ampuh membunuh bakteri dan juga menghilangkan kusut pada pakaian. Hasil uapnya bersih sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan residu kimia. Pakaian jadi lebih rapi dan bersih dalam waktu singkat tanpa ribet.

Desain pemanasnya memiliki dua saluran yang bisa menyemburkan banyak uap dalam waktu singkat untuk menyetrika pakaian. Suhu pemanasan pakaiannya bisa mencapai 180 derajat Celcius. Produk ini aman digunakan karena saat suhunya terlalu tinggi maka setrika akan bisa mati secara otomatis.

Setrika ini mudah disimpan dan juga mudah dibawa. Setrikanya portabel dan hadir dengan satu kotak penyimpanan eksklusif sehingga akan mudah kamu bawa kemana kamu inginkan. Kamu bisa juga memakainya untuk gorden, karpet, sofa, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 289.000-409.000

Panasonic NIP300TRSR

Panasonic NIP300TRSR merupakan setrika yang membutuhkan daya 350 watt. Ada teknologi penguapan yang tersedia sehingga bisa bikin pakaian kusut lebih cepat licin dan rapi sekejap. Telapaknya memakai bahan titanium yang anti lengket dan lebih cepat panas. Setrika memiliki lubang air besar sehingga memudahkan untuk mengisi air. Kapasitas airnya 200 ml. Ukuran setrika ini adalah 25.6 cm x 11.3 cm x 13.6 cm. Ada 3 pengaturan suhu yang tersedia.

Harga Rp. 331.000-881.000

Cosmos CI-318 - Electric Iron

Cosmos CI-318 - Electric Iron merupakan setrika buatan lokal yang kualitasnya tidak usah dipertanyakan lagi. Harganya terjangkau namun pastinya cukup memuaskan dan bisa bikin hasil pakaian lebih licin dalam sekejap. Telapak setrikanya dilengkapi dengan soleplate nonstick jadi pakaian tidak mudah gosong dan menempel pada setrika.

Produk hadir dengan pengaturan temperatur yang otomatis. Ini tentunya akan memudahkan kamu menyetrika. Setrika ini butuh daya 400 watt untuk dioperasikan. Bagian kabel setrika lebih lentur sehingga fleksibel dan mudah digerakkan.

Harga Rp. 100.000-200.000

Miyako Electric Dry Iron EI-1000 M

Miyako Electric Dry Iron EI-1000 M hadir dengan pilihan warna yang variatif. Setrikanya juga sangat unggul dari segi performa. Bagian telapak setrika memakai bahan anti lengket yang membuat baju cepat licin dan tidak mudah menempel pada pakaian. Daya listrik yang dibutuhkan adalah 320 watt. Setrika ini mudah digunakan dan mudah dirawat. Bobot setrika juga ringan sehingga tidak membuat kita cepat lelah saat memakainya.

Harga Rp. 92.000-156.000

Panasonic NI-WL30VSR

Panasonic NI-WL30VSR mampu mengurangi kusut pada pakaian dengan cepat. Produk yang satu ini mudah digunakan karena merupakan setrika tanpa kabel. Kamu tak perlu ribet dengan kabel berseliweran. Bagian wadah airnya bisa dilepas sehingga memudahkan persiapan menyetrika. Setrikanya bisa menghilangkan kerutan dengan cepat dan hasilnya juga lebih licin dan rapi.

Telapak setrikanya mudah meluncur ke segala arah dengan bagian ujung meruncing sehingga mudah menjangkau area pada pakaian. Telapaknya berbahan titanium yang cepat panas dan anti lengket. Setrika ini bisa bersandar dengan stabil pada power base sehingga tak mudah jatuh saat diletakkan. Ada lampu indikator dan juga 3 setelan pengatur suhu.

Harga Rp. 978.000-1.634.000

KONKA Setrika Uap 1200W

KONKA Setrika Uap 1200W merupakan rekomendasi selanjutnya dari kami. Setrika yang satu ini efisien dan ramah lingkungan. Produk ini memiliki uap bertekanan tinggi sehingga tak hanya bisa melicinkan pakaian namun juga bisa mensterilkan dan menghilangkan bau apek pada pakaian. Setrika ini cocok digunakan untuk traveling atau di rumah.

Kualitas bahan setrikanya terjamin bagus. Ukurannya kecil sehingga mudah dibawa kemana saja. Bagian tangki mudah dibongkar sehingga mudah untuk mengeluarkan air dan memasukkan air. Panjang kabelnya 1,2 meter sehingga bisa menjangkau bidang yang luas.

Harga Rp. 285.000

Bosch Steam Iron TDA2325

Bosch Steam Iron TDA2325 merupakan setrika yang tahan lama. Produk ini mudah untuk digunakan. Ada semburan uap terus menerus sehingga lebih mudah untuk melicinkan pakaian. Setrika ini lengkap dengan pengontrolan uap dan suhu variabel. Ada fitur 2AntiCalc yang bisa memberikan fungsi pembersihan dobel dengan self-clean dan system calc ‘n clean. Panjang kabelnya adalah 1,9 meter sehingga mudah digunakan menjangkau berbagai area. Ada juga kaitan untuk penggulungan yang lebih rapi. Setrika juga memiliki lampu pengontrol LED. Alat ini tangkinya mudah dibersihkan dan sudah otomatis sehingga kamu lebih mudah merawatnya.

Harga Rp. 850.000-1.215.000

Cosmos Dry Iron CIS438

Cosmos Dry Iron CIS438 ini adalah rekomendasi terakhir dari kami. Setrika yang satu ini bentuknya ringkas. Desainnya modern minimalis. Kamu bisa meletakkannya dimana saja. Setrika yang satu ini memakai tombol pengatur temperatur sehingga mudah disesuaikan dengan suhu yang diinginkan. Produk ini tak mudah menempel pada pakaian karena telapaknya anti lengket. Kabelnya panjang namun tak mudah terbelit karena fleksibel.

Harga Rp. 104.000-213.000
From our editorial team

Pilih Setrika dengan Bahan Isolator

Sebelum membeli setrika, ada banyak pertimbangan yang harus kita pikirkan. Salah satunya adalah mengenai bahan setrikanya. Ketika memilih setrika, pertimbangkan untuk memilih badan setrika yang berbahan isolator. Artinya bahannya tidak menghantarkan panas sehingga aman digunakan. Badan setrika yang berbahan isolator juga tidak akan menghantarkan listrik. Dengan begini maka akan lebih aman apabila tiba-tiba terjadi kebocoran listrik pada setrika.