Cuci Baju Lebih Bersih dan Nyaman dengan 10 Rekomendasi Mesin Cuci Toshiba Berkualitas (2020)

Cuci Baju Lebih Bersih dan Nyaman dengan 10 Rekomendasi Mesin Cuci Toshiba Berkualitas (2020)

Menggunakan baju yang bersih dan nyaman pastinya akan membuatmu lebih percaya diri, bukan? Untuk itulah kamu membutuhkan mesin cuci yang berkualitas, salah satunya mesin cuci dari Toshiba yang terkenal dengan ketangguhan fitur-fiturnya. Sedang mempertimbangkan untuk membeli mesin cuci? Yuk, cari tahu dulu berbagai rekomendasi mesin cuci Toshiba!

Cari Keperluan Mencuci Sehari-hari? Toshiba Adalah Pilihan yang Tepat

Kesibukan yang tinggi membuat kebanyakan masyarakat kota menjadikan mesin cuci sebagai kebutuhan utama. Mesin cuci memang sangat efektif dalam membantu kita mengerjakan salah satu pekerjaan rumah yang paling menyita waktu. Dengan mesin cuci, kegiatan mencuci baju pun menjadi lebih cepat bahkan pakaian menjadi lebih bersih.

Toshiba merupakan salah satu merek elektronik yang mengeluarkan produk mesin cuci. Beberapa keunggulan yang ditawarkan produk Toshiba di antaranya adalah hemat listrik, berkualitas baik, dan harga yang terjangkau. Toshiba memiliki 2 tipe mesin cuci, yaitu mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung.

Jika Anda memiliki bujet yang terbatas, Anda dapat memilih mesin cuci 2 tabung yang harganya di bawah Rp 1,5 juta. Selain terjangkau, mesin cuci 2 tabung juga banyak dipilih karena lebih hemat air dan hemat listrik dibandingkan mesin cuci 1 tabung.

Biar Sesuai Kebutuhan, Ketahui Dulu Jenis-jenis Mesin Cuci

Mesin Cuci 2 Tabung

Sumber gambar https://pickybest.id

Mesin cuci 2 tabung merupakan mesin cuci generasi pertama yang mempelopori produk mesin cuci. Sesuai namanya, mesin cuci ini memiliki 2 tabung, di mana 1 tabung digunakan untuk mencuci dan membilas, sedangkan 1 tabung lainnya berfungsi untuk mengeringkan pakaian.

Mesin cuci jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihannya adalah harganya yang lebih terjangkau, tidak harus menggunakan aliran air yang deras, dan perawatannya yang lebih mudah.

Sedangkan kekurangannya antara lain adalah cara pengoperasian yang masih manual dan konsumsi air relatif lebih banyak daripada mesin cuci otomatis.

Mesin Cuci 1 Tabung Top Loading

Sumber gambar https://www.blanja.com/

Mesin cuci jenis ini memiliki pintu bukaan di bagian atas mesin. Sehingga cocok untuk Anda yang hanya punya sedikit area untuk mencuci. Cara kerja mesin cuci ini sudah otomatis, sehingga Anda bisa mencuci sambil melakukan berbagai kegiatan lain. Perawatannya pun masih tergolong mudah dibandingkan mesin cuci bukaan depan.

Adapun kelebihan menggunakan mesin cuci top loading adalah daya listrik yang masih relatif hemat serta praktis karena tidak perlu memindah-mindahkan pakaian untuk mencuci dan mengeringkan. Sedangkan kekurangannya yaitu tingkat kekeringan hanya sekitar 70% dan memerlukan air yang cukup banyak.

Mesin Cuci 1 Tabung Front Loading

Sumber gambar https://rekomended.com/

Tipe mesin cuci yang ini memiliki proses pencucian yang lebih efektif dibandingkan 2 tipe mesin cuci sebelumnya. Berbeda dengan mesin cuci bukaan atas, mesin cuci ini memiliki tabung yang didesain horizontal dengan arah putaran vertikal. Inilah yang membuat hasil mencucinya lebih bersih. Bahkan, ada pula yang menawarkan fitur mengeringkan hingga 100%. Jadi begitu selesai dicuci, pakaian Anda tidak perlu dijemur dan bisa langsung disetrika.

Selain hasil mencuci yang lebih bersih, tipe ini juga lebih hemat listrik dan hemat air, minim risiko kerusakan pakaian, dan kemampuan mengeringkan antra 85-100%. Namun, memasukkan baju ke tabung horizontal ini harus jongkok karena bukaannya ada di bagian depan. Untuk Anda yang punya masalah punggung atau lutut, sebaiknya pertimbangkan lagi dalam memilih mesin cuci ini.

Dan ketika terjadi mati lampu, cucian Anda akan terkunci di dalam mesin cuci sehingga Anda harus menunggu hingga listrik menyala kembali. Perlu diingat bahwa mesin cuci ini memerlukan deterjen khusus mesin cuci front loading. Jadi, perhatikan juga jenis deterjen yang akan Anda beli dan pastikan sesuai dengan tipe mesin cuci Anda.

Perhatikan Beberapa Hal Ini sebelum Memutuskan untuk Membeli Mesin Cuci

Daya Listrik

Daya listrik adalah salah satu komponen utama yang sangat perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli mesin cuci. Sebab, jika salah pilih justru akan menambah biaya pengeluaran Anda untuk membayar listrik setiap bulannya.

Setiap jenis mesin cuci membutuhkan daya listrik yang berbeda-beda, tergantung ukuran, jenis tabung, dan kapasitas tabung. Ada yang membutuhkan daya 300 watt hingga yang membutuhkan 480 watt. Pilihlah mesin cuci dengan mempertimbangkan beban daya listrik yang masih terjangkau untuk Anda.

Kapasitas Mesin Cuci

Kapasitas mesin cuci yang lebih besar memungkinkan Anda untuk mencuci lebih banyak. Daya tampung mesin cuci sendiri sebenarnya diukur dalam metric kilogram, dimana 1 kilogram kapasitas mesin cuci dapat mencuci 1 pasang pakaian dan 1 handuk besar.

Evaluasilah kebutuhan cucian Anda dari seberapa banyak pakaian dalam seminggu yang harus Anda cuci. Jika terlalu banyak, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih mesin cuci berkapasitas besar agar tidak perlu bolak-balik mencuci.

Kalau pun mencuci sedikit pakaian, dengan kapasitas mesin cuci yang besar maka ruang mencuci akan lebih luas dan menghasilkan cucian yang lebih bersih. Namun, jika jumlah cucian Anda tidak terlalu banyak, sebaiknya pilih mesin cuci berkapasitas sedang agar beban listrik yang Anda tanggung juga tidak terlalu besar.

Material Body Mesin Cuci

Body mesin cuci menggunakan beragam material. Untuk mesin cuci 2 tabung sendiri, umumnya menggunakan body dari plastik polimer. Sedangkan untuk mesin cuci 1 tabung, biasanya menggunakan material stainless steel.

Material stainless steel ini bisa dibilang yang paling awet karena antikarat dan tidak mudah rusak akibat benturan. Namun, tentu saja harganya lebih mahal. Untuk alternatif yang lebih terjangkau namun tetap awet, Anda dapat memilih body yang menggunakan material plastik polimer.

Fitur Pemakaian

Pilihlah mesin cuci dengan fitur-fitur yang memudahkan Anda. Jangan sampai Anda memilih fitur hanya karena terdengar keren, namun malah membuat Anda kebingungan atau tidak terpakai sama sekali.

Semakin banyak fitur, biasanya akan semakin besar daya listrik yang diperlukan. Oleh karena itu, jika Anda ingin menghemat listrik, pilihlah mesin cuci dengan fitur yang sederhana dan sesuai kebutuhan saja.

Garansi

Memilih mesin cuci dengan jaminan garansi cukup penting untuk kemudahan klaim perbaikan ketika Anda menemui masalah kerusakan. Anda dapat segera memperbaiki masalah tersebut tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Jangan hanya tergoda oleh harganya yang murah, namun lihat juga kualitas produk agar bisa Anda pakai dalam waktu yang lama. Pilihlah mesin cuci yang memiliki garansi resmi, baik dari toko maupun dari mereknya.

Biasanya, jangka waktu garansi adalah 1 tahun. Simpan kartu garansi Anda dengan baik. Kalau pun Anda membeli mesin cuci bekas dan masih dalam masa garansi, jangan lupa untuk meminta kartu garansi dari pemiliki sebelumnya (jika ada).

Pilihan Mesin Cuci Terbaik dari Toshiba yang Hemat dan Berkualitas

Toshiba VH-H85MN

Apabila Anda mencari mesin cuci 2 tabung yang dapat menghemat waktu, tenaga, dan listrik Anda, maka mesin cuci jenis ini adalah pilihan yang tepat. Mesin cuci ini mampu mencuci dan mengeringkan pakaian Anda dengan cepat. Dilengkapi SuperJet Spin dengan kecepatan putaran 1.280 rpm, mesin cuci ini dapat mengeringkan pakaian dengan cepat.

Selain itu, ia juga dilengkapi dengan teknologi HighBlades Pulsator, 8 bilah pulsator yang membuat putaran air lebih kuat sehingga hasil mencuci jadi lebih bersih sempurna. Di dalam mesin cuci pun terdapat washing board (papan penggilas) yang dapat membersihkan noda membandel bahkan di area pakaian yang sulit sekalipun.

Mesin cuci berkapasitas mencuci 8 kg dan kapasitas pengeringan 5 kg ini memiliki body dari material yang antikarat. Sehingga, memungkinkan untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama. Tidak tanggung-tanggung, Toshiba memberikan garansi untuk spare part dan service selama 2 tahun, serta garansi motor selama 5 tahun. Sangat menguntungkan, bukan?

Dengan dimensi 761 x 448 x 885 mm, mesin cuci ini memiliki berat bersih 19 kg. Mesin cuci dengan pilihan warna abu-abu ini dilengkapi dengan tutup transparan di bagian atas, sehingga memungkinkan Anda untuk melihat proses pencucian di dalamnya. Untuk daya listriknya sendiri, tergolong hemat yaitu 140 watt untuk proses mencuci dan 135 watt untuk pengeringannya.

Harga Rp. 1.320.000-1.325.000

Toshiba TWBH105M4N Mesin Cuci

Selanjutnya adalah tipe mesin cuci 1 tabung bukaan depan. Ia hanya memiliki 1 tabung yang digunakan untuk mencuci, membilas, hingga mengeringkan pakaian.

Mesin cuci ini dilengkapi dengan teknologi anti bakteri dan teknologi color care, yang memungkinkan warna pakaian Anda tidak cepat pudar meski dicuci berkali-kali. Ia juga dilengkapi dengan fitur mencuci dengan air panas, lho! Canggih, bukan?

Proses mencuci dengan mesin cuci berkapasitas 9,5 kg ini pun cenderung lebih cepat. Mengeringkan juga jauh lebih efektif karena kecepatan putaran yang mencapai 1.400 rpm.

Mesin cuci dengan berat bersih 77 kg ini memerlukan daya listrik sekitar 250-350 watt untuk mencuci dengan air dingin dan maksimal 1.900 watt untuk mencuci dengan air panas.

Harga Rp. 1.359.000-5.550.000

Toshiba VH-H95MN

Mesin cuci jenis ini menghasilkan cucian yang sangat bersih karena dilengkapi dengan High Blade Pulsator. Selain itu, ia juga punya fitur golden soak period, di mana Anda dapat memilih lama waktu perendaman berdasarkan kondisi pakaian yang Anda cuci.

Ukuran tabung pencucian yaitu 428 x 432 x 486 mm. Kemudian, ada dua pilihan warna untuk mesin cuci berkapasitas 9 kg ini, yaitu abu-abu dan biru. Anda dapat memilih warna yang sesuai dengan selera Anda. Daya listrik yang diperlukan adalah 145 watt.

Harga Rp. 1.489.000-1.520.000

Toshiba T06 AW-J900DN Top Load Inverter

Produk selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Toshiba T06 – Top Load Inverter Washing Machine AW-J900DN. Mesin cuci ini memiliki fitur power pulsator yang efektif dalam mempercepat sirkulasi air dengan kuat dan mengurangi kerusakan pada pakaian.

Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi ultra fine bubble yang menghasilkan gelembung partikel berukuran nano, sehingga deterjen lebih aktif dan menembus hingga ke serat kain bagian dalam.

Terdapat 8 program mencuci di dalam 1 mesin cuci, ada regular, jeans, blanket, heavy wash, speed, delicate, memory, dan tub clean.

Mesin cuci ini memiliki kapasitas 8 kg dan berat bersih 40 kg, dengan dimensi tabung 550 x 565 x 960 mm. Daya listrik yang dibutuhkan sebesar 450 watt.

Harga Rp. 2.798.900-2.799.000

VHH140WN Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci dengan berat bersih 35 kg ini memiliki kapasitas pencucian 14 kg dan kapasitas pengeringan 7 kg. Dari luar, desainnya cukup elegan dengan material body ABS 2 lapis dan tutup transparan berwarna hitam.

Daya listriknya pun masih tergolong normal, yaitu 450 watt untuk mencuci dan 180 watt untuk pengeringan dengan kecepatan putaran mencapai 1.350 rpm.

Menghasilkan hasil pengeringan yang cukup baik. Sedangkan untuk tabung mencucinya sendiri punya ukuran 493 x 497 x 539 mm.

Harga Rp. 2.649.000-2.658.000

Toshiba VH-E77SN

Toshiba VH-E77SN memiliki kapasitas mencuci 7.5 kg dengan daya listrik 260 watt dan 95 watt untuk proses pengeringan. Meski hemat listrik, putaran pulsator tetap kuat karena mesin cuci ini dilengkapi dengan fitur Low Watt Energy System.

Ada juga fitur double pulsator di mana pencucian berputar balik secara otomatis tanpa merusak serat pakaian. Dilengkapi dengan particle fiter, mesin cuci ini memadukan teknologi penyaringan air dari semua partikel kotoran yang menyebabkan pakaian menjadi kusam.

Didukung dengan tabung berbahan anti bakteri yang mencegah bakteri dan jamur melekat pada pakaian. Teknologi ini cukup efektif untuk menghilangkan bau tidak sedap pada pakaian di musim hujan yang lembab sekalipun. Material Rust Proof-nya membuat body mesin cuci ini anti karat dengan bahan baku berkualitas tinggi dan tahan lama.

Harga Rp. 1.699.000-1.950.000

Toshiba VH-H75MN

Selanjutnya, ada mesin cuci 2 tabung yang dilengkapi dengan tutup transparan, material body antikarat, Super Jet Spin yang mengeringkan dengan efektif, washing board, dan golden soak period.

Mesin cuci ini juga dilengkapi dengan filter kaset, yaitu penyaring dari plastik yang lebih awet dan mudah dibersihkan. Kapasitas mencucinya sendiri 6.5 kg dan pengeringan 4.6 kg dengan ukuran tabung 414 x 418 x 502 mm.

Ada 2 pilihan warna dari mesin cuci berdaya listrik 135 watt ini, yaitu biru dan hitam. Sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan preferensi warna Anda sendiri.

Harga Rp. 1.185.000-2.795.800

Toshiba TWBH85S2N

Mesin cuci Toshiba TWBH85S2N ini memiliki kapasitas mencuci 8.5 kg. Salah satu keunikan produk ini adalah memiliki kenop yang user-friendly, menghasilkan rotasi yang lebih halus dan kontrol tombol yang lebih mudah.

Dilengkapi dengan drum clean program, ia cukup efektif untuk menghilangkan bakteri dan kotoran yang dapat menyebabkan alergi pada kulit ketika bercampur dengan pakaian selama proses mencuci.

Selain itu, mesin cuci ini juga dilengkapi dengan program mencuci 15 menit yang didukung dengan kekuatan the Great Waves. Program ini jauh menghemat air dan listrik, namun tetap menghasilkan cucian yang bersih dengan kinerja perlindungan warna yang lebih baik.

Anda bisa mencuci dengan air dingin maupun air panas. Untuk air dingin, akan memakan daya listrik sekitar 250-350 watt dan 1900 watt untuk mencuci dengan air panas.

Garansi yang diberikan pun tidak tanggung-tanggung, yaitu garansi sparepart selama 1 tahun dan garansi motor selama 10 tahun!

Harga Rp. 1.259.000-4.898.000

Toshiba VH-H120WN

Beralih ke mesin cuci berkapasitas sedang, yaitu 12 kg untuk mencuci dan 4.6 kg untuk pengeringnya. Mesin cuci ini masih dilengkapi dengan fitur-fitur yang menghasilkan cucian yang lebih bersih, seperti high blades, super jet, washing board, golden soak, dan filter kaset.

Material body-nya pun anti karat dengan tutup transparan. Daya listrik yang diperlukan oleh mesin cuci ini sebesar 400 watt dan 135 watt untuk pengeringnya. Keuntungannya lagi, Toshiba memberikan garansi resmi untuk Mesin Cuci VH-H120WN ini berupa garansi motor selama 5 tahun lamanya.

Harga Rp. 2.149.000-2.590.000

Toshiba AW-J1000FN

Terakhir, ada mesin cuci 1 tabung dari Toshiba dengan seri AW-J1000FN. Mesin cuci ini memiliki kecepatan mencuci 15x lebih cepat dibandingkan mesin cuci biasa.

Dilengkapi dengan teknologi ultra fine bubble, hasil cucian pun menjadi lebih bersih sempurna. Modelnya juga elegan karena display panel LED-nya. Mesin cuci berkapasitas 9 kg ini juga menawarkan garansi spare part 2 tahun dan garansi motor 10 tahun.

Harga Rp. 3.198.900-4.095.000
From our editorial team

PIlih Mesin Cuci dengan Berbagai Pertimbangan

Banyaknya jenis mesin cuci Toshiba sangat bisa Anda sesuaikan dengan bujet yang dimiliki dan jangan pernah lupa untuk mempertimbangkan daya listrik yang ada di rumah atau tempat tinggal Anda. Perawatan terhadap mesin cuci pun tidak boleh Anda abaikan karena ini penting agar barang elektronik dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.