Untuk Anak Kos, Ini Dia 10 Mesin Cuci Kecil Rekomendasi BP-Guide!

Untuk Anak Kos, Ini Dia 10 Mesin Cuci Kecil Rekomendasi BP-Guide!

Mesin cuci kecil merupakan produk yang dibutuhkan anak kos. Selain hemat tempat, mesin cuci kecil juga hemat biaya. Kamu bisa cek rekomendasinya dari kami!

Mesin Cuci Mini Jadi Pilihan untuk Anak Kos

Kehidupan sebagai anak kos tidaklah mudah. Jauh dari orangtua dan jauh dari kampung halaman membuat anak kos harus serba hemat untuk segala hal. Baik mereka yang kos karena harus menempuh pendidikan maupun mereka yang sudah bekerja, tetap saja harus pandai mengatur keuangan supaya bisa cukup hingga akhir bulan.

Selain harus pandai menghemat biaya, anak kos juga wajib pandai mengatur waktu. Anak kos harus punya waktu untuk bekerja atau kuliah, serta waktu untuk beberes kamar kos maupun untuk mencuci dan menyetrika pakaian yang sudah digunakan.

Untuk urusan mencuci dan menyetrika pakaian, biasanya banyak yang memilih untuk melaundrikan pakaian mereka. Ini karena lebih praktis dan membuat anak kos bisa lebih hemat waktu. Sayangnya, jika memilih untuk melaundrikan pakaian, maka artinya harus ada biaya lebih yang dikeluarkan.

Sementara itu, jika mencuci sendiri, umumnya anak kos tak punya banyak waktu karena tersita oleh kegiatan sehari-hari. Belum lagi, lelahnya untuk mengucek dan menjemur pakaian. Jika sudah begini, solusinya adalah membeli mesin cuci. Dengan adanya mesin cuci, anak kos tak lagi bingung untuk mencuci pakaian. Mesin cuci membuat pekerjaan jadi lebih ringan, mudah, dan tak memakan banyak waktu. Untuk biaya pun jadi jauh lebih hemat.

Tentu saja untuk anak kos, tak bisa memakai mesin cuci biasa. Ada mesin cuci kecil yang bisa jadi solusi praktisnya. Mesin cuci kecil tak kalah tangguh dari mesin cuci pada umumnya. Bedanya hanya bentuknya lebih mini dan fiturnya tak sebanyak mesin cuci biasa.

Daya listriknya jauh lebih kecil dan kapasitasnya tak terlalu besar. Meski demikian, mesin cuci ukuran kecil tetap cocok untuk anak kos karena bisa dipakai setiap hari untuk mencuci pakaian keseharian dengan lebih mudah dan hemat waktu.

Tips Memilih Mesin Cuci Ukuran Kecil

Pilih yang Memiliki Fitur Pengering

Ketika memilih mesin cuci ukuran kecil tentu tak bisa asal saja. Salah satu fitur yang bisa kamu pertimbangkan ketika memilih mesin cuci kecil adalah fitur pengering. Tak semua mesin cuci kecil memiliki fitur yang satu ini.

Namun jika kamu memiliki mesin cuci yanga da pengeringnya tentu saja akan lebih memudahkan kamu mencuci dan mengeringkan pakaian. Apalagi jika kamu sedang terburu-buru untuk memakai bajunya.

Semisal kamu harus memakai bajunya besok, jika mesin cuci kecil dilengkapi pengering, maka bukan tak mungkin kamu bisa memakai pakaian tersebut keesokan harianya karena baju lebih cepat kering.

Sesuaikan dengan Luas Ruangan

Salah satu hal yang wajib diperhatikan saat membeli mesin cuci kecil adalah menyesuaikan dengan luas ruangan. Anak kos biasanya tinggal di ruang yang serba terbatas. Jangan sampai hanya karena ingin mempermudah mencuci, ruang gerak kamu jadi makin terbatas. Pilih mesin cuci kecil yang portable atau tak memakan banyak ruang.

Selain itu, meski kamu ingin menghemat ruang, jangan sampai kamu memberikan ruang yang terlalu sempit. Hal ini hanya akan mengganggu kinerja mesin. Secara rutin, kamu wajib memperhatikan saluran listrik dan pembuangan air setelah pencucian. Jangan sampai karena ruang teralu sempit, pembuangan air jadi terganggu dan tak bisa lancar dilakukan sehingga bisa menghambat aktivitas mesin saat mencuci.

Pilih Mesin dari Segi Berat dan Ukuran

Pilihlah mesin dari segi berat dan juga ukuran. Mesin cuci mini memiliki bobot yang beragam. Supaya lebih mudah dipindahkan saat kamu membersihkan kamar kos, maka pilih bobot yang ringan. Ukuran mesin cuci juga wajib jadi pertimbangan.

Dengan ukuran yang besar, maka kapasitas pencucian jadi makin besar dan kamu bisa mencuci banyak pakaian dalam waktu singkat sekaligus. Namun jika ukuran mesin cucinya kecil, tentu kapasitas mesin cuci jadi kecil juga dan membuat hanya sedikit baju yang bisa dicuci bersamaan. Hindari memilih mesin cuci yang terlalu besar sebab bisa mengurangi ruang gerak kamu di dalam kamar kos.

Pilih Tipe Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Ketika membeli mesin cuci kecil, ada baiknya kamu memilih tipe mesin cuci sesuai kebutuhanmu. Jika kebutuhannya untuk mencuci di kos saja, maka kamu bisa pilih mesin cuci dengan bukaan atas atau mesin cuci bukaan depan. Jenis mesin cuci bisa kamu pilih berdasarkan kapasitas yang kamu inginkan.

Mesin cuci front loading bisa mencuci lebih banyak. Sementara mesin cuci top loading hanya bisa mencuci sedikit. Namun, mesin cuci front loading membutuhkan daya yang lebih besar dibandingkan mesin cuci bukaan atas. Sehingga, jika ingin yang hemat listrik, kamu bisa memilih mesin cuci bukaan atas.

Beda lagi jika kamu butuh mesin cuci kecil untuk menemani traveling. Ketika traveling dalam waktu lama dan bepergian jauh, kita kerap kali tak menemukan laundry. Nah, jika kamu butuh mesin cuci kecil untuk mempermudah mencuci saat traveling, kamu bisa gunakan mesin cuci portable.

Mesin ini mudah digenggam karena bentuknya kecil. Selain mudah dibawa kemana saja, mesin ini juga akan memudahkan pekerjaan mencuci dimana saja.

Agar Mesin Cuci Mini Tak Mudah Rusak, Perhatikan Perawatannya

Mesin cuci mini perlu dirawat agar tak mudah rusak. Kamu wajib tahu cara perawatannya supaya mesin cuci bisa dipakai dalam waktu lama. Cara pertama adalah rutinlah untuk membersihkan saringan air alias filter. Bagian filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran dan noda sisa proses pencucian. Kamu wajib membersihkan saringan air dengan menyikat dan membilas dengan air bersih. Ini akan membuat filter jadi bersih, hasil pakaian lebih bersih, dan mesin cuci bisa berfungsi dengan lebih baik.

Cara kedua untuk merawat mesin cuci kecil adalah dengan membersihkan mesin memakai air panas. Ada sisa deterjen yang menempel di interior mesin cuci. Jika dibiarkan tak terbilas dalam waktu lama, sisa deterjen akan menumpuk lalu menjadi tempat berkembangnya jamur. Membersihkan dengan air dingin atau air sedang tidak akan maksimal mematikan kuman dan kotoran. Maka, kamu perlu membersihkan mesin cuci dengan air panas setidaknya seminggu sekali. Dengan begini, sisa deterjen jadi lebih bersih dan mesin cuci lebih awet.

Cara selanjutnya untuk merawat mesin cuci kecil adalah tidak mengisi mesin cuci melebihi kapasitas yang seharusnya. Jika kamu terlalu banyak menjejalkan baju ke dalam mesin cuci maka mesin cuci jadi harus bekerja berat melebihi kapasitasnya. Ini membuat mesin cepat rusak dan membuat mesin tak bisa mencuci dengan maksimal.

Ini Dia Rekomendasi Mesin Cuci Ukuran Kecil untuk Kamu

Mesin Cuci Mini Polaris XPB18-45C

Mesin Cuci Mini Polaris XPB18-45C adalah mesin cuci yang bisa kamu andalkan. Mesin cuci kecil ini hadir dalam warna biru. Produk ini desainnya kompak dan portabel sehingga lebih mudah untuk dipindahkan.

Mesin cuci yang satu ini hemat air dan hemat energi. Mesin yang satu ini terbuat dari bahan plastik dan bebas karat. Produk ini memiliki tingkat kebisingan rendah yakni hanya 60dB. Mesin cuci yang satu ini memiliki kapasitas beban 3 hingga 4 kg. Produk ini memakai daya 300 watt.

Dimensi mesin cuci ini adalah 51 cm x 35 cm x 37 cm dengan berat 5 kg. Selain bisa mencuci, produk ini juga bisa mengeringkan. Ada fitur timer yang dihadirkan pada mesin yang satu ini sehingga mempermudah pengoperasian.

Harga Rp. 427.000-829.000

Denpoo DW3

Denpoo DW3 adalah mesin cuci kecil yang bisa jadi pilihan selanjutnya. Mesin cuci ini sangat hemat air dan hemat deterjen. Produk ini juga hemat listrik. Mesin ini memakai daya 120 watt saja sehingga lebih hemat. Mesin cuci kecil ini memiliki kapasitas mencuci hanya 3 kg.

Produk ini memiliki bahan plastik ABS yang tak mudah pecah dan bebas karat. Mesin yang satu ini memiliki garansi resmi 1 tahun. Produk ini tak memiliki fitur pengering. Mesin cuci ini cocok untuk anak kos yang sedang ingin berhemat uang dan waktu.

Harga Rp. 944.000-1.048.000

Mesin Cuci Mini Mito WM1

Berikutnya, ada Mesin Cuci Mini Mito WM1 yang bisa diandalkan. Mesin cuci yang satu ini desainnya simpel dengan mobilitas tinggi. Produk sudah lengkap dengan pemeras pakaian. Bagian motor mesin lengkap dengan thermostat jadi aman dari konsleting arus pendek listrik.

Produk ini membutuhkan daya 170 watt. Bagian tabung pemeras memakai bahan diamond cavity stainless, anti karat. Mesin cuci ini memiliki kecepatan putara 25 RPM. Dengan kapasitas cuci 3,5 kg, produk ini memiliki tipe top loading. Dimensi mesin cuci ini adalah 37 x 37 x 62 cm.

Harga Rp. 607.000-720.000

Kemei Handy Portable Mini Laundry Washer Washing Machine KM-9151

Produk yang selanjutnya adalah Kemei Handy Portable Mini Laundry Washer Washing Machine KM-9151. Mesin cuci yang satu ini hadir dalam pilihan warna biru, merah, dan gold. Mesin ini praktis dan sangat sebaguna.

Produk ini bisa digunakan di saat darurat. Mesin ini dengan cepat akan menghilangkan noda pada pakaian dalam hitungan detik. Cara memakainya mudah. Kamu tinggal menempelkan alat ini ke bagian yang bernoda pada pakaian, tunggu 30 detik dan pakaian akan bersih dari noda.

Produk ini juga bisa menghemat air karena hanya membutuhkan 1 sendok air. Untuk mengoperasikannya hanya butuh 3 pcs baterai AAA sebagai sumber tenaga. Dimensi dari mesin cuci ini adalah 17.5 x 4.5 x 4.5 cm.

Harga Rp. 79.000-175.000

Geithainer MiniSpin Washing Machine XPB30-120R

Geithainer MiniSpin Washing Machine XPB30-120R ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini memiliki tabung pengering detachable sehingga bisa dilepas pasang. Mesin cuci kecil ini hadir dengan kapasitas 3 kg dengan dimensi 34 x 36 x 48 cm.

Bentuk mesin cuci ini kompak sehingga mudah diletakkan di mana saja. Untuk mencuci memakai mesin ini hanya butuh waktu 3 sampai 15 menit. Mesin pengeringnya yang terpisah membuat pakaian tidak terpapar debu, kotoran, atau sisa detergen yang masih terdapat di dalam tabung pencucian.

Harga Rp. 4.140.000-4.477.000

Daewoo DWD-M7301WPH

Daewoo DWD-M7301WPH ini adalah produk yang bisa kamu andalkan selanjutnya. Produk ini unik karena bisa dipasang di dinding sehingga sangat hemat tempat. Mesin cuci ini cocok untuk anak kos dengan area terbatas.

Produk ini hadir dengan 6 program pencucian serbaguna. Ukurannya yang kompak dengan dimensi 55 x 60 x 29,2 cm membuat mesin cuci ini praktis digunakan.

Mesin cuci kecil ini bisa menampung pakaian 3 kg dalam sekali cuci. Kamu bisa mengatur suhu hingga 95 celcius saat mencuci. Produk ini bisa membersihkan noda pada pakaian dengan maksimal.

Harga Rp. 5.711.000-8.757.000

LG T2735NTWV

LG T2735NTWV menjadi produk selanjutnya untuk kamu. Mesin cuci kecil ini hadir dengan inverter plus yang memiliki aneka fitur modern. Produk yang satu ini tak memiliki suara yang bising saat dioperasikan.

Suara yang dihasilkan hanya 52 dB jadi tak mengganggu sekitar. Produk ini memiliki direct motor yang durable. Mesin cuci kecil ini memiliki garansi hingga 10 tahun.

Ada fitur LED display, full touch control, heater, child lock, Smart Diagnosis, dan Tub Clean pada mesin cuci ini. Produk ini memiliki ukuran 70 x 36 x 77 cm dan bisa menampung cucian berkapasitas 3,5 kg.

Harga Rp. 5.969.000-6.479.000

Sharp Ultrasonic Washer UW-A1Y S

Kamu juga bisa menggunakan Sharp Ultrasonic Washer UW-A1Y S. Mesin cuci ini mudah untuk digunakan. Pertama rendam pakaian dengan air pada wastafel.

Selanjutnya, nyalakan mesin dan pakailah ujung metal pada unit secara perlahan digosokan pada noda. Usai noda menghilang, bilas pakaian dan jemur seperti biasa.

Desainnya kompak dan mudah dibawa kemana saja. Bobot mesin ini ringan dan praktis dipakai. Mesin terbuat dari bahan aluminium dengan sentuhan akhir premium aluminium. Produk ini memiliki Cahaya LED putih bersinar saat dihidupkan.

Harga Rp. 875.000-1.837.000

Aqua HCW HW1

Aqua HCW HW1 adalah produk yang bisa dipakai. Mesin yang satu ini memiliki performa mengagumkan. Dengan air 5 ml dan sedikit deterjen, mesin bisa membersihkan noda pada pakaian dengan cepat.

Mesin cuci kecil dengan ukuran 17,6 x 4,6 cm ini membutuhkan baterai AAA untuk beroperasi. Produk ini memiliki berat 200 gram sehingga mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 749.000-941.000

Haier Codo Mini Washing Machine MXG1C

Haier Codo Mini Washing Machine MXG1C merupakan produk berikutnya untuk kamu. Mesin cuci yang satu ini bisa mencuci hanya dengan air 10 ml saja. Produk ini hadir dengan ukuran 17,6 x 4,6 x 4,6 cm dan bobot 0,2 kg.

Untuk menggerakkannya, mesin ini membutuhkan 3 buah baterai AAA. Mesin cuci ini cocok untuk baju, sepatu, tas, dan lain sebagainya. Produk ini bisa dipakai untuk anak kos yang butuh mesin cuci praktis.

Harga Rp. 312.000-435.000
From our editorial team

Belilah Mesin Cuci Sesuai Bujet

Saat membeli mesin cuci mini, ada baiknya kamu membeli sesuai kemampuan keuangan. Mesin cuci mini ada yang harganya murah dan ada yang harganya mahal. Umumnya, makin mahal harga mesin cuci, makin lengkap fiturnya. Jika bujet belum mencukupi, kamu cukup membeli mesin cuci yang sesuai dengan bujet saja. Nantinya jika bujet sudah mencukupi, kamu bisa membeli yang lebih bagus.