10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik untuk Bantu Aktivitas Mencuci di Rumah! (2021)

10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik untuk Bantu Aktivitas Mencuci di Rumah! (2021)

Mencuci adalah kegiatan yang wajib dilakukan untuk menjaga pakaian tetap bersih. Jika mencuci dengan mesin cuci, tentu pilihan mesin cucinya harus yang berkualitas agar bisa membersihkan pakaian dengan lebih maksimal. Simak tips memilih mesin cuci terbaik dari BP-Guide! Kami juga menghadirkan sederet rekomendasi terbaiknya, loh!

Mesin Cuci Wajib Dimiliki Setiap Keluarga

Di masa serba canggih seperti sekarang, memiliki mesin cuci merupakan sebuah kebutuhan pokok. Minimnya waktu yang kita punya untuk mencuci pakaian dikarenakan kesibukan kita serta cuaca yang kadang kurang mendukung agar pakaian cepat kering membuat kita jadi sangat membutuhkan mesin cuci. Selain itu, banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari mesin cuci sehingga mengharuskan setiap keluarga memiliki mesin cuci di rumah.

Adanya mesin cuci sangat bisa membantu menghemat waktu kita. Saat mesin cuci bekerja mencuci pakaian kita, maka kita tidak perlu menunggui di depannya sepanjang waktu. Kita bisa melakukan pekerjaan lainnya, seperti beberes rumah, mengerjakan pekerjaan kantor, memasak dan lain sebagainya. Ini tentu sangat menghemat waktu, bukan? Kita jadi bisa melakukan dua aktivitas atau lebih dalam satu waktu.

Memakai mesin cuci juga menguntungkan karena kita bisa mencuci lebih banyak. Jika umumnya kita mencuci hanya sebatas kemampuan kita saja karena kita cepat lelah, maka mesin cuci membuat kita bisa mencuci banyak pakaian tanpa kita harus merasa lelah mengucek. Sesuaikan jumlah pakaian dengan kapasitas mesin cuci yang kamu miliki. Jika cucian kamu sangat banyak namun kapasitas mesin cuci kamu kecil, maka kamu bisa melakukan pencucian berulang hingga cucian kamu habis. Yang penting jangan melebihi kapasitas mesin cuci kamu, ya.

Pakaian kita bisa lebih cepat kering jika mencuci dengan mesin cuci. Ini karena sudah tersedia mode pengering pada mesin cuci. Saat musim hujan tiba, pakaian yang basah dan hanya diperas manual bisa sangat lama keringnya. Sementara, jika memakai pengering di mesin cuci, maka pakaian cukup diangin-anginkan atau dijemur sebentar saja sudah bisa kering sempurna.

Dengan menggunakan mesin cuci, kerusakan pada pakaian juga bisa diminimalisir. Tak jarang pakaian kita bernoda dan membuat kita harus menyikatnya. Ini membuat pakaian jadi pudar, luntur, atau cetakan sablonnya rusak karena kita menyikat terlalu keras. Memakai mesin cuci membuat pakaian lebih awet karena meski tanpa disikat kuat, noda pakaian bisa cepat hilangnya. Serat kain juga lebih awet karena kita bisa memilih mode mencuci sesuai dengan bahan pakaiannya sehingga pakaian tidak mudah rusak.

Sebelum Beli Mesin Cuci Baru, Simak Tipsnya!

Sesuaikan Kapasitas dengan Jumlah Orang di Rumah

Dalam memilih mesin cuci, hal pertama yang bisa dilakukan adalah memilih dari kapasitasnya. Mesin cuci hadir dalam beragam varian kapasitas, mulai dari 6kg hingga 12kg. Agar tidak bingung memilihnya, kamu bisa sesuaikan kapasitas mesin cuci dengan jumlah orang yang ada di rumah. Perkiraannya, satu orang di rumah bisa menghasilkan pakaian kotor sebanyak 1,5 kg dalam sehari.

Nah, jika kamu tinggal sendiri, maka mesin cuci dengan kapasitas 6 sampai 7 kg sudah cukup untuk kamu. Cuci saja pakaianmu seminggu sekali agar lebih hemat listrik dan hemat waktu. Untuk kamu yang tinggal berdua atau bertiga, maka kamu bisa memilih mesin cuci berkapasitas 8 kg dan untuk yang berempat bisa memilih mesin berkapasitas 11 kg atau lebih.

Perhatikan Mode Mencuci yang Ditawarkan

Mesin cuci yang hadir di pasaran menawarkan aneka mode mencuci. Setiap merek tentu memiliki mode yang diunggulkan sendiri. Kenali berbagai mode pencucian sehingga kamu bisa memilih mesin cuci dengan mode yang kamu inginkan.

Pertama, tentu setiap mesin cuci memiliki mode pencucian normal. Dengan memakai mode ini maka pakaian bisa dicuci dan dikeringkan dengan cara yang umum. Bedanya, ada mesin cuci yang menawarkan mode mencuci normal dengan air panas agar debu dan kotoran lebih mudah hilang, dan ada juga yang hanya memakai air dingin tanpa bisa diberi air panas.

Selanjutnya, ada mode mencuci cepat. Ini cocok untuk kamu yang sedang buru-buru dan segera ingin cucian kering. Dengan mode ini pencucian hanya akan memakan waktu 15 atau 30 menit saja.

Kamu bisa juga memilih mesin cuci dengan mode prewash. Mode ini membuat pakaian dengan noda menguning yang sulit dihilangkan jadi lebih cepat bersih.

Mode lainnya heavy duty dimana kamu bisa mencuci pakaian yang sangat kotor, misalnya yang terkena cipratan lumpur. Dengan mode ini maka pakaian bisa lebih bersih karena daya kucek mesin cuci akan lebih tinggi sehingga pembersihannya lebih maksimal.

Pilih dari Aneka Fitur yang Ditawarkan

Mesin cuci juga menghadirkan sederet fitur menarik untuk digunakan. Sama halnya dengan mode pencucian, fitur yang ditawarkan setiap merek mesin cuci juga berbeda-beda.

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan adalah fitur hijab mode. Ini cocok untuk kamu yang berhijab. Hijab kamu bisa lebih terawat dan awet jika memakai mode yang satu ini. Kain hijab cenderung tipis dan rentan sobek, sehingga membutuhkan mode pencucian khusus yang akan merawat serat kain dan juga menjaga agar hijab tidak mudah kusut.

Selain itu, ada juga mesin cuci yang menawarkan fitur air bubble wash. Fitur ini berfungsi untuk membantu pakaian bernoda lebih bersih maksimal. Putaran air akan bekerja maksimal dan berpadu dengan deterjen untuk menghasilkan pakaian yang bisa lebih cepat bersih tanpa merusak serat kain.

Bukaan Atas atau Depan

Saat memilih mesin cuci, kamu juga bisa memilih mesin cuci bukaan atas atau bukaan depan. Mesin cuci dengan bukaan atas memiliki pilihan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, ini memudahkan kamu untuk memasukkan dan mengeluarkan pakaian karena tidak perlu jongkok.

Sementara itu, mesin cuci bukaan depan harganya lebih mahal. Kamu juga harus menunduk atau jongkok untuk memasukkan dan mengeluarkan pakaian. Hal ini agak menyulitkan jika kamu mengalami sakit lutut. Meski demikian putaran yang dilakukan lebih cepat, air yang dibutuhkan lebih sedikit, dan proses pengeringan juga lebih maksimal. Ini membuatnya jauh lebih hemat untuk digunakan.

Ini Dia Rekomendasi Mesin Cuci 2021 yang Wajib Kamu Punya di Rumah

Sanken AW-S855PP

Sanken AW-S855PP merupakan rekomendasi pertama kami. Dengan teknologi penyemprotan ait 4D tentu saja hasil cucian bisa lebih bersih. Semprotan dari 4 arah ini memungkinkan kotoran membandel lebih cepat dihilangkan. Selain itu, ada juga teknologi fuzzy logic yang disematkan pada mesin cuci. Teknologi ini membuat kebutuhan air dan deterjen bisa disesuaikan dengan mudah.

Mesin cuci berkapasitas 6,5 kg ini bisa muat banyak, loh. Desainnya keren dengan warna transparan sehingga kamu bisa dengan jelas melihat proses mencuci dan mengeringkan pakaiannya. Dilengkapi dengan mode pencucian yang beragam, kamu jadi bisa mencuci pakaian dengan mudah.

Daya listrik yang dibutuhkan adalah 325 watt dan daya yang dibutuhkan untuk mengeringkan adalah 250 watt. Mesin cuci bukaan atas ini juga dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Harga Rp. 2.190.000-3.080.000

LG T2109VSAB

LG T2109VSAB merupakan mesin cuci bukaan atas. Mesin satu tabung ini hadir dengan kapasitas 9 kg sehingga cocok untuk keluarga berisi 3 hingga 4 orang. Produk memiliki beragam fitur menarik seperti smart motion, smart inverter, turbo drum, punch 3, hingga smart diagnosis.

Adanya fitur smart inverter bisa mengontrol penggunaan energi secara efektif jadi kita bisa lebih hemar listrik. Fitur smart motion membuat hasil cuci lebih optimal menyesuaikan bahan pakaian yang dimasukkan. Smart diagnosis membantu mesin cuci mendiagnosis dan memecahkan masalah mekanis jadi kamu tidak perlu menelepon layanan perbaikan.

Fitur turbo drum bisa memberikan performa mencuci terkuat dan membersihkan kotoran paling bandel karena semprotan deras air pada drum yang berputar dan pulsator dengan arah berlawanan. Fitur punch 3 bisa menyemburkan aliran air kuat dan mengaduk cucian lebih maksimal sehingga bersihnya merata.

Harga Rp. 4.298.000-6.071.000

AQUA Japan AQW-105826QD

AQUA Japan AQW-105826QD adalah mesin cuci yang cocok untuk kamu yang punya banyak koleksi pakaian batik dan hijab. Ini karena pakaian batik bisa dicuci dengan batik mode dalam mesin cuci. Produk akan membuat serat kain batik tetap awet, tidak mudah luntur, dan tidak mudah rusak. Ada juga hijab mode sehingga aman untuk mencuci hijab yang berbahan lembut.

Mesin cuci bukaan atas ini memiliki kapasitas 10,5 kg sehingga bisa muat lebih banyak. Dimensi mesin cucinya adalah 58 cm x 59 cm x 98 cm.

Harga Rp. 3.599.000-4.625.000

Samsung WA70H4200SW/SE

Samsung WA70H4200SW/SE sangat andal dalam urusan mencuci pakaian. Mesin cuci bukaan atas ini bisa mencegah pakaian terlilit karena ada teknologi wooble yang disematkan. Ini juga bikin pakaian tidak mudah kusut dan lebih mudah disetrika.

Mesin cuci hadir dengan kapasitas 7 kg dengan dimensi 54 cm x 56 cm x 85 cm. Ada banyak fitur yang dihadirkan seperti air turbo drying system yang membuat pakaian lebih cepat kering, child lock untuk mengamankan mesin cuci dari anak, eco tub clean technology dimana mesin cuci bisa membersihkan tabung sendiri, dan waterfall technology dimana mesin cuci mengucurkan air dari atas sehingga kotoran pada pakaian lebih maksimal terangkat.

Harga Rp. 2.415.000-3.369.000

Electrolux EWF 9025 DQWA

Electrolux EWF 9025 DQWA adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini memiliki bukaan depan. Mesin hadir dengan kapasitas 9 kg sehingga cocok untuk keluarga sejumlah 2 atau 3 orang. Ada banyak fitur unik yang disematkan dalam mesin cuci ini.

Salah satu fitur menariknya adalah add clothes. Dengan fitur ini kamu bisa memasukkan pakaian yang tertinggal pada 15 menit awal setelah dimulainya siklus cuci. Selain itu, ada juga fitur hijab dan batik mode. Dengan begini baju batik dan juga hijab lebih terjaga serat kainnya. Lalu ada juga fitur sistem ultraeco yang memungkinkan program cuci untuk berjalan di daya lebih rendah jadi kamu bisa lebih hemat listrik.

Harga Rp. 8.686.000-12.353.000

Toshiba VH-J140MN

Toshiba VH-J140MN hadir dengan bodi kokoh dan desain yang menawan. Mesin cuci juga memiliki kapasitas besar, yakni 14 kg sehingga cocok untuk anggota keluarga besar atau bisa juga dipakai untuk usaha laundry. Produk juga dilengkapi dengan saluran air ganda yang membuatnya bisa mengisi air lebih cepat sehingga lebih hemat daya.

Tutup mesin cuci transparan sehingga membuat kita bisa melihat proses pencucian dengan lebih jelas. Mesin cuci dua tabung ini hadir dengan ukuran 95 cm x 58 cm x 103,5 cm.

Harga Rp. 2.599.000-3.870.000

Electrolux EWF8005EQWA

Electrolux EWF8005EQWA merupakan rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan kapasitas 8 kg dengan dimensi 60 cm x 56,8 cm x 85 cm. Ada banyak fitur menarik yang bisa kamu gunakan. Misalnya saja add clothes dimana kamu bisa menambahkan pakaian yang tertinggal di 15 menit awal saat mesin cuci bekerja.

Ada juga mode pencucian batik dan hijab sehingga pakaian batik lebih awet dan tidak cepat pudar serta hijab jadi lebih awet serat kainnya. Selain itu, ada juga mode quick wash sehingga cocok untuk kamu yang sedang buru-buru.

Harga Rp. 5.992.000-7.099.200

Samsung WA95T5260BY/SE

Samsung WA95T5260BY/SE adalah produk mesin cuci bukaan atas yang bisa muat kapasitas hingga 9,5 kg. Mesin cuci memiliki banyak fitur. Contohnya adalah teknologi inverter dimana mesin cuci memakai sistem roda gigi planet untuk memperkuat daya motor tanpa memakai banyak energi sehingga lebih hemat daya. Ada juga teknologi wooble yang membuat pakaian panjang tidak mudah terlilit satu sama lain.

Mesin cuci dilengkapi magic dispenser sehingga bisa menciptakan pusaran air kuat untuk melarutkan air dan deterjen lebih baik. Menariknya, ada fitur deep softener yang bisa memaksimalkan efek pelembut dengan mengoptimalkan algoritma pembilasan. Aroma pakaian jadi lebih segar dan tahan lama.

Harga Rp. 4.198.500-4.649.000

Aqua FQW-105728QD

Aqua FQW-105728QD termasuk mesin cuci yang bisa jadi andalan kamu. Produk yang satu ini memiliki teknologi drying sensor sehingga bisa mengeringkan 100 persen. Mesin cuci bukaan depan ini kapasitasnya 10,5 kg sehingga cocok untuk keluarga berisi 4 orang. Uniknya ada mode night wash dimana mesin cuci tidak menimbulkan suara yang bising. Putaran kecepatan pada mode ini rendah sehingga bisa mencegah pakaian terlilit.

Fitur lain yang ada dalam mesin cuci ini adalah smart dual spray. Adanya fitur ini bisa membantu membersihkan mesin cuci, membilas gasket, dan pintu dengan menyemprotkan air. Dengan begini sisa gelembung pada mesin cuci bisa lebih bersih maksimal dan mesin cuci selalu dalam keadaan bersih higienis.

Harga Rp. 7.450.000-10.350.000

LG Mesin Cuci Front Load FG1612H2V

LG Mesin Cuci Front Load FG1612H2V merupakan rekomendasi terakhir dari kami. Mesin memakai teknologi truestream sehingga bisa menghasilkan pakaian yang bebas alergen. Harganya memang mahal namun tentu saja sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Produk ini kapasitasnya begitu besar sehingga bisa mencuci pakaian dengan lebih banyak.

Mesin bisa mengeluarkan semprotan uap guna menghasilkan pakaian yang lebih aman dan bebas kuman. Selain itu, ada fitur turbo wash yang bisa menyemburkan air cepat saat perendaman dan penggilingan. Kamu juga bisa lebih hemat waktu mencuci dengan produk yang satu ini.

Harga Rp. 17.900.000-42.826.000
From our editorial team

Hindari Mengisi Pakaian Terlalu Banyak

Saat mencuci, jangan biasakan mengisi mesin cuci di luar kapasitasnya. Mengisi terlalu berlebihan meski hanya satu atau dua baju saja bisa memberatkan kinerja mesin cuci. Akibatnya, kinerjanya jadi kurang maksimal. Pakaian tidak bisa bersih maksimal karena jumlah pakaian yang terlalu banyak. Ini juga bikin mesin cuci lebih boros air dan mesin cuci juga lebih cepat rusak. Jika memang kamu selalu mencuci dalam jumlah banyak, sebaiknya memilih mesin cuci dengan kapasitas yang besar sekaligus, ya.

Tag