10 Rekomendasi Deterjen Terbaik untuk Mencuci di Mesin Cuci (2021)

10 Rekomendasi Deterjen Terbaik untuk Mencuci di Mesin Cuci (2021)

Mencuci pakaian wajib dilakukan supaya kuman dan polusi yang menempel pada pakaian tidak berpindah pada tubuh kita. Mencuci pakaian juga bisa membuat pakaian kita jadi lebih bebas bau sehingga kita bisa lebih percaya diri bertemu orang lain. Nah, jika kamu mencuci dengan mesin cuci, gunakan deterjen yang sesuai, ya. Simak rekomendasinya dari kami!

Ketahui Cara Terbaik Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci

Dalam hal apa saja, kita butuh perhatian dan pengetahuan agar pekerjaan yang kita lakukan bisa selesai dengan lebih cepat dan lebih baik. Begitu juga dalam hal perawatan dan pencucian pakaian. Mencuci pakaian mungkin jadi hal yang kita sepelekan. Apalagi jika kita mencucinya di mesin cuci. Jika kita tahu cara terbaik mencuci pakaian dengan mesin cuci maka akan memberikan hasil cuci yang lebih baik, loh.

Pertama, kenali dulu mesin cuci yang kita pakai. Ada jenis mesin cuci otomatis dan mesin cuci semi otomatis. Mesin cuci otomatis lebih mudah digunakan karenak kita tinggal memasukkan pakaian, menambah deterjen, dan memilih mode mencuci dan tinggal mengeluarkannya saat cucian sudah kering atau siap dijemur. Sementara, mesin cuci semi otomatis mengharuskan kita mengatur dulu takaran deterjen, air, dan juga masih mengharuskan kita memencet tombol untuk tiap prosesnya.

Selanjutnya, pastikan kamu memisahkan pakaian berwarna dan pakaian putih. Cuci sendiri khusus pakaian warna putih agar terhindar dari risiko terkena lunturan pakaian berwarna. Memisahkan pakaian warna putih juga bisa membuat warna putihnya tidak mudah kusam.

Periksa dulu pakaian sebelum kamu memasukkannya ke dalam mesin cuci. Pastikan tidak ada benda dalam saku celana atau kemejamu. Jangan sampai ada benda tajam, uang, flashdisk, atau makanan yang ikut masuk dalam mesin cuci karena bisa merusak pakaian dan juga mesin cuci kamu.

Kemudian, pilih deterjen khusus untuk mesin cuci. Ini supaya pakaian kamu jadi bisa lebih bersih maksimal. Baca aturan petunjuk pemakaian dan takaran yang disarankan. Masukkan deterjen pakaian ke dalam tempat khusus yang disediakan dalam mesin cuci.

Untuk takaran airnya juga harus disesuaikan semisal kamu memakai mesin cuci semi otomatis. Atur sendiri dan sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan. Jika memakai mesin cuci otomatis, mesin akan menakar sendiri berapa air yang dibutuhkan.

Terakhir, pilih mode mencuci yang diinginkan, lalu biarkan mesin cuci berjalan hingga menyelesaikan tugasnya. Segera keluarkan pakaian dari mesin cuci dan angin-anginkan agar cepat kering.

Tips Memilih Deterjen Mesin Cuci

Pilih Jenisnya

Salah satu hal penting dalam mencuci pakaian dengan mesin cuci adalah pemilihan deterjennya harus tepat. Secara umum, ada dua jenis deterjen yakni deterjen bubuk dan deterjen cair. Kamu bisa memakai yang mana saja sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing memiliki kelebihannya sendiri.

Deterjen bubuk merupakan jenis deterjen yang cocok untuk mengatasi aroma pakaian tidak sedap dan noda yang biasa ada di baju sehari-hari. Jenis deterjen ini dikemas dalam wadah yang dilengkapi dengan penakar khusus sehingga kamu lebih mudah menakar deterjen yang kamu butuhkan.

Deterjen cair lebih cocok untuk menghapus noda membandel pada pakaian. jenis deterjen ini jugsa bisa lebih mudah menghilangkan noda lemak dan minyak. Untuk mengukur seberapa banyak deterjen cair yang kita butuhkan, umumnya sudah tersedia tutup botol pada kemasannya yang disertai garis penanda banyaknya cairan yang dibutuhkan.

Pertimbangkan yang Multifungsi

Memilih deterjen untuk mesin cuci juga bisa mempertimbangkan yang multifungsi. Misalnya saja, pilih deterjen yang juga sudah dilengkapi pewangi pakaian. Dengan begini, saat proses pembilasan terakhir, kita tidak perlu lagi memasukkan produk pewangi pakaian pada mesin cuci.

Atau bisa juga memilih deterjen cuci yang bisa melembutkan pakaian. Deterjen cuci yang bisa melembutkan pakaian bikin kamu jadi lebih mudah saat menyetrika pakaian karena pakaian tidak terlalu kusut. Selain itu, deterjen dengan pelembut juga bikin serat pakaian jadi lebih awet.

Sesuaikan dengan Jenis Mesin Cuci

Deterjen untuk mesin cuci tersedia dalam aneka varian. Salah satu variannya adalah dari jenis mesin cucinya. Ada deterjen khusus untuk mesin cuci bukaan atas dan juga deterjen khusus mesin cuci bukaan depan.

Perbedaan deterjen diperlukan karena kinerja mesin cuci juga berbeda. Mesin cuci tipe bukaan depan cukup efektif dengan jumlah air yang lebih sedikit dibanding mesin cuci lainnya. Ini membuat deterjen yang dibutuhkan harusnya bisa mendukung kinerja mesin cuci yang memutar optimal. Deterjennya tidak boleh menghasilkan terlalu banyak busa karena bisa membuat proses putaran tidak maksimal. Selain itu, karena jumlah air yang dibutuhkan sedikit, maka deterjen yang terlalu banyak menghasilkan busa tidak akan terbilas sempurna dalam mesin cuci bukaan depan.

Mesin cuci model bukaan atas membutuhkan ait dalam jumlah banyak. Mesin cuci bisa memutar jika cucian terendam air dengan sempurna sehingga pemutarnya bisa bekerja maksimal. Deterjen yang dibutuhkan adalah deterjen dengan tingkat desertasi yang tinggi supaya dapat menghilangkan noda dengan maksimal. Pilih yang mengandung konsentrat lebih banyak agar bisa menghasilkan busa banyak untuk memaksimalkan proses pencucian.

Intip yuk, Deterjen Cuci Terbaik untuk Mesin Cucimu!

Rinso Matic Mesin Cuci Bukaan Depan

Rinso Matic Mesin Cuci Bukaan Depan bisa jadi andalan kamu. Produk ini efektif membersihkan pakaian dengan baik. Tidak banyak menghasilkan busa sehingga bisa mendukung kinerja mesin cuci bukaan depan agar bekerja maksimal tanpa meninggalkan residu pada pakaian.

Formula deterjen cuci ini tiga kali lebih efektif membersihkan noda karena langsung ke serat kain guna menyerap noda. Warna kain jadi tetap cemerlang dan aroma pakaian juga jadi lebih segar. Deterjen juga memiliki formula high efficiency yang membuat kita jadi lebih hemat listrik dan air. Deterjen cair ini mudah dilarutkan dan pastinya mudah ditakar.

Harga Rp. 16.000-67.000

So Klin Bio Matic Top Load

So Klin Bio Matic Top Load bisa jadi andalan kamu karena memiliki formula yang bikin mencuci jadi lebih cepat dan mudah. Paduan enzim dan juga teknologi anti-redeposition membuat deterjen ini mampu membersihkan noda dengan baik. Kotoran juga terikat sempurna sehingga tidak akan kembali ke serat kain.

Menariknya, deterjen juga hadir dengan teknologi color guard dan bright activator. Ini akan membuat warna pakaian jadi terlihat seperti baru. Ada juga formula anti bakteri yang bikin kamu tidak perlu khawatir pakaian cepat berbau jika cuaca sedang mendung dan pakaian jadi tidak kering sempurna. Aromanya wangi dan segar sehingga bikin pakaian kamu juga jadi lebih semerbak wanginya.

Harga Rp. 39.000-50.000

Total Liquid Matic

Total Liquid Matic wajib kamu masukkan dalam list belanja bulanan kamu. Deterjen cair ini bisa bantu kamu mencuci di mesin cuci dengan baik. Deterjen ini hadir dengan dua varian yakni untuk top loading dan front loading, kamu tinggal sesuaikan dengan kebutuhanmu. Dengan teknologi 3 in 1, deterjen bukan hanya bisa menghilangkan noda membandel saja. Produk juga bisa melembutkan serat pakaian agar tidak mudah kusut dan lebih mudah disetrika. Selain itu, juga ada pewangi di dalamnya sehingga kamu tidak perlu lagi memakai pewangi pakaian.

Harga Rp. 16.000-68.000

Attack Plus Softener Liquid

Attack Plus Softener Liquid bikin pakaian kamu jadi lebih lembut dan tidak gampang kusut. Kamu jadi mudah menyetrika pakaian tanpa drama. Selain itu, pakaian juga bisa lebih bersih maksimal dari noda membandel. Deterjen dilengkapi pewangi juga sehingga pakaian terlindung dari bau tak sedap dan tetap segar meski pakaian digunakan sepanjang hari. Deterjen cair ini mudah larut dan busanya lebih mudah dibilas sehingga dijamin tidak akan meninggalkan residu pada pakaian.

Harga Rp. 18.800-95.000

Yuri Biosoft Detergent

Yuri Biosoft Detergent hadir dengan teknologi color guard sehingga warna pakaian bisa terjaga tetap cemerlang seperti baru. Deterjen cair ini juga ramah lingkungan karena bahannya dibuat khusus sehingga tidak mencemari lingkungan. Pakaian bisa lebih bersih maksimal dari noda. Deterjen juga bisa menjaga serat pakaian dengan maksimal sehingga pakaian tidak mudah kusut dan tetap lembut.

Harga Rp. 14.000-18.000

Molto Deterjen Glowing Elegance

Molto Deterjen Glowing Elegance merupakan rekomendasi yang tidak bisa kamu lewatkan. Produk ini dikenal memiliki aroma parfum Perancis yang begitu elegan dan mewah. Aromanya tahan lama meski pakaian dipakai seharian. Wanginya juga tidak eneg dan tidak berlebihan sehingga bikin kamu lebih percaya diri.

Deterjen memiliki bahan aktif yang bisa membuat noda pada pakaian lebih mudah bersih dengan sempurna. Deterjen cair ini mudah larut dalam air. Busanya tidak begitu banyak sehingga cocok digunakan pada mesin cuci front loading.

Harga Rp. 16.500-33.600

Rinso Molto Deterjen Cair Pink

Rinso Molto Deterjen Cair Pink merupakan produk kolaborasi Rinso dan Molto. Dua merek ini tentu tidak asing bagi kita. Rinso dikenal akan sabun cucinya yang ampuh mengangkat noda pada pakaian. Sementara itu, Molto dikenal sebagai brand yang menghasilkan pewangi pakaian dengan aroma yang elegan.

Produk yang satu ini bisa membuat kamu lebih mudah mencuci pakaian. Noda membandel pada pakaian bisa cepat bersih dan pakaian pun jadi lebih wangi. Ada formula krsital biru yang bisa menyerap ke dalam lapisan kain dengan cepat. Ini bisa bikin pakaian bebas kusam, lebih lembut, dan tampak seperti baru.

Harga Rp. 17.900-75.000

Attack Hygiene Plus Protection Liquid

Attack Hygiene Plus Protection Liquid merupakan produk yang ampuh lindungi pakaian dari kuman dan juga bau apek. Kamu yang aktif seharian di luar rumah tentu jadi kerepotan saat berkeringat banyak. Pakaian jadi bau keringat bercampur kuman dan polusi. Deterjen ini bisa jadi solusi kamu agar pakaian jadi lebih aman dan nyaman dikenakan.

Deterjen ini tidak terlalu banyak busanya sehingga tidak akan meninggalkan residu pada pakaian. Formula antibau juga bikin pakaian jadi lebih segar sepanjang hari.

Harga Rp. 20.400-60.000

Prowash

Prowash adalah deterjen mesin cuci yang ampuh dan bisa jadi andalan kamu. Produk yang satu ini banyak dipakai untuk usaha laundry. Kamu bisa memakainya di rumah untuk kebutuhan keluarga atau bisa juga memakainya untuk kebutuhan laundry. Formulanya mampu membuat kamu mencuci pakaian dua kali lebih bersih dari deterjen pada umumnya. Produk ini mudah didapatkan secara online.

Harga Rp. 16.000-18.700

Tide Plus Laundry Liquid Detergent - Downy

Tide Plus Laundry Liquid Detergent – Downy merupakan rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini termasuk merek deterjen internasional yang banyak dijual di Indonesia. Deterjen cair ini bisa menghilangkan noda dengan mudah. Busanya melimpah sehingga cocok untuk mesin cuci bukaan atas. Produk ini sudah lengkap dengan pewangi Downy sehingga kamu tidak perlu lagi menambahkan produk pewangi pakaian pada mesin cuci.

Harga Rp. 175.370-338.000
From our editorial team

Takar Deterjen dengan Benar

Saat mencuci dengan mesin cuci, jangan asal memasukkan deterjen. Perhatikan takaran yang disarankan pada kemasan. Sesuaikan dengan banyaknya baju dan air dalam mesin cuci. Terlalu banyak deterjen tidak membuat pakaian jadi lebih bersih. Malahan, busa yang terlalu banyak karena pemakaian deterjen berlebih bisa menahan kotoran pada pakaian sehingga pakaian jadi tidak terlalu bersih. Ini akan menyebabkan penumpukan bakteri dan juga bikin pakaian jadi bau apek. Terlalu banyak busa juga bisa mencegah pakaian bergesekan dengan pakaian lain. Faktanya, gesekan antar pakaian justru bisa membantu membuat pakaian jadi lebih bersih. Jadi, perhatikan takaran deterjen, ya.

Tag