Yuk, Cek 10 Rekomendasi Kursi Bayi Goyang yang Bikin Si Kecil Makin Nyaman (2021)

Yuk, Cek 10 Rekomendasi Kursi Bayi Goyang yang Bikin Si Kecil Makin Nyaman (2021)

Kursi bayi goyang adalah perlengkapan yang bisa membantu orang tua mengasuh dan menjaga si kecil. Selain itu, kursi bayi goyang juga punya banyak manfaat lho. Simak rekomendasi produk terbaiknya dalam artikel BP-Guide berikut ini.

Kursi Bayi Goyang Membantu Orang Tua Mengurus Bayi

Kursi bayi goyang merupakan salah satu perlengkapan yang sangat membantu para orang tua dalam mengurus bayi, terutama pada masa-masa bayi baru lahir. Di mana orang tua masih beradaptasi dengan peran dan ritme kehidupan yang baru, lelah, sementara bayi menangis minta ditimang.

Prinsip kerja kursi bayi goyang ini meniru kondisi di dalam rahim, di mana janin seolah diayun dan digoyang terus-menerus. Itulah sebabnya, ketika bayi lahir, dia senang sekali digendong atau dipeluk sambil diayun ringan. Oleh karena itu, kursi bayi goyang ini hadir untuk menenangkan bayi, atau bahkan bisa juga dijadikan sebagai tempat tidurnya.

Anda bisa menaruh si kecil ke atas kursi bayi goyang ini ketika sibuk dengan pekerjaan lainnya di rumah. Hanya dengan mengayunkan sesekali sembari mengawasi, Anda tetap bisa mengerjakan aktivitas lainnya.

Cara Memilih Kursi Goyang Bayi yang Aman dan Berkualitas

Pilih yang Sandarannya Dapat Diatur

Anda perlu memperhatikan kursi bayi goyang dengan sandaran yang mudah diatur dan pas untuk menjaga postur tubuhnya agar tidak terlalu tegak ataupun terlalu landai, agar bayi merasa nyaman dan anteng di atasnya. Jangan lupa, pilih kursi bayi goyang dengan sandaran yang luas supaya si kecil tidak terjepit.

Perhatikan Sabuk Pengaman

Pastikan bahwa kursi bayi goyang yang digunakan memiliki pengamanan 3 atau 5 titik, sehingga aman dan dapat mencegah si kecil tergelincir ataupun terjatuh. Kursi bayi goyang yang aman semestinya dilengkapi dengan lapisan anti-slip untuk mencegah bayi tergelincir maupun terjatuh.

Cek Penyangga Kursi

Anda juga perlu memeriksa kekokohan penyangga kursi bayi goyang sebelum membelinya. Mudahnya, Anda bisa melihat kemampuan topangan kursi bayi goyang itu. Selain itu, Anda juga bisa menguji kekokohan kursi bayi goyang dengan meletakkannya di lantai kemudian mengaktifkan mode getar atau ayunan. Kursi bayi goyang yang aman tidak akan bergeser sedikit pun ketika mode itu diaktifkan.

Pastikan Mudah Diatur

Teknologi hadir untuk memudahkan hidup manusia. Dalam kata lain, akan percuma jika teknologi sulit untuk digunakan. Misalnya tombol yang digunakan pada kursi bayi goyang yang memiliki 5 pilihan kecepatan ayunan. Untuk mengontrolnya, akan lebih mudah jika Anda cukup menekan tombol yang tersedia di rangkanya. Intinya, pastikan pengaturannya mudah dipahami dan dapat diatur dengan cepat.

Cek Fitur Tambahannya

Selain mode getar dan ayunan, mungkin Anda juga membutuhkan fitur tambahan seperti musik penenang dan mainan yang dapat menghibur si kecil. Ada lagi satu fitur tambahan yang akan sangat berguna yaitu flathead prevention. Kursi bayi goyang yang aman semestinya sudah dilengkapi dengan fitur ini agar si kecil dapat tumbuh tanpa risiko keterlambatan perkembangan mental dan fisik.

Pastikan mainan dan kain sandaran dibuat dari bahan BPA-free supaya si kecil bisa bermain tanpa risiko gangguan kesehatan dari mainannya.

Tips Menggunakan Kursi Goyang Bayi yang Aman

Letakkan di Permukaan Datar dan Tidak Licin

Keamanan kursi bayi goyang adalah hal nomor satu yang perlu diperhatikan. Anda bisa meletakkan kursi bayi goyang itu pada permukaan yang datar. Pastikan lantainya tidak licin. Akan lebih aman lagi jika Anda meletakkannya di atas karpet sehingga meminimalisir bergesernya kursi bayi goyang dibandingkan dengan di lantai.

Pastikan Tali Pengaman Sudah Terkunci

Beberapa orang tua mungkin menyepelekan sabuk pengaman pada kursi bayi goyang, namun tidak semestinya dengan Anda. Tali pada kursi bayi goyang tidak dibuat sebagai aksesoris semata, melainkan untuk dipasang agar dapat mengamankan si kecil di atasnya.

Sabuk atau tali pengaman pada kursi bayi goyang itu berfungsi menahan gerakan bayi yang berlebihan. Gerakan bayi terkadang tidak bisa diprediksi akan ke arah mana dan posisi apa. Jadi, pasanglah tali pengaman ini saat bayi berada di atas kursi bayi goyang.

Sebaiknya hentikan penggunaan kursi bayi goyang apabila si kecil sudah mulai lincah dan berguling ke kanan dan kiri. Hal ini untuk mencegah si kecil terjatuh dan mengalami cedera.

Jangan Meninggalkan Bayi Tanpa Pengawasan

Walaupun bayi terlihat nyaman dan anteng di atas kursi bayi goyang, sebaiknya Anda tidak benar-benar meninggalkan si kecil sendirian. Bahkan ketika Anda sudah memasang tali pengaman sekalipun. Sebab, bukan hanya perkara jatuh, tetapi bisa saja sewaktu-waktu selimutnya turun dan menutupi wajahnya, atau ada hewan yang mengganggunya.

Jadi, jangan jauh-jauh dari si kecil ya. Lihatlah ia beberapa menit sekali saat Anda sedang melakukan aktivitas lain di rumah.

Rekomendasi Produk Kursi Goyang Bayi Berkualitas

Weeler Cocolatte Bouncer 6393

Weeler Cocolatte Bouncer 6393 ini termasuk kursi bayi goyang elektrik yang dapat mengayun otomatis selama 30 menit. Fitur ini tentu akan sangat membantu Anda untuk melakukan kegiatan lain saat mengasuh bayi.

Kursi bayi goyang ini menyediakan bantalan kursi berukuran besar dan empuk sehingga membuat si kecil nyaman berada di atasnya. Produk ini juga dibekali dengan 11 melodi lagu yang indah dengan volume suara yang dapat Anda kontrol.

Pada bagian atasnya juga terdapat rangka untuk menggantung 3 macam mainan sehingga si kecil dapat bermain sendiri ketika Anda sedang tidak bisa berada di dekatnya.

Harga Rp. 450.000-600.000

Sugar Baby 1st Class Infant Seat

Sugar Baby 1st Class Infant Seat didesain dengan lebih simpel namun dengan gambar kartun yang lucu berwarna cerah untuk si kecil. Kursi bayi goyang ini berbobot ringan yaitu hanya 2 kg, dan mampu menahan bayi hingga seberat 9 kg.

Produk ini dapat dilipat, sehingga praktis untuk dibawa bepergian. Di samping itu, produk ini juga dilengkapi dengan travel bag yang semakin memudahkan Anda untuk membawa kursi bayi goyang ini. Seat pad-nya juga bisa dilepas dan dicuci.

Selain itu, kursi bayi goyang ini dilengkapi dengan fitur menarik seperti mainan, musik, getaran, serta 3 pengaturan kemiringan.

Harga Rp. 200.000-350.000

Pliko Bouncer 308 Hammock

Berkat kerangka kaki berbahan kokoh, Pliko Bouncer 308 Hammock ini mampu menahan bayi berusia 3 tahun atau beban hingga 40 kg. Kursi bayi goyang ini dilengkapi dengan 3 buah mainan boneka yang dapat membuatnya lebih anteng saat ditinggal.

Produk ini juga memiliki 3 titik pengaman yang telah teruji aman dan telah tersertifikasi dengan standar Eropa. Di bagian kaki kursi ini juga tersedia karet anti slip sehingga kursi bayi goyang ini tak akan bergeser meskipun si kecil banyak bergerak di atasnya.

Bila si kecil sudah bisa duduk sendiri, kursi bayi goyang ini juga bisa dijadikan sebagai tempat duduk yang nyaman bagi anak.

Harga Rp. 300.000-450.000

Sugar Baby 10 in 1 Premium Rocker Bouncer

Sugar Baby 10 in 1 Premium Rocker Bouncer dirancang sebagai tempat tidur sekaligus tempat bermain anak yang menyenangkan.

Terdapat 3 mainan yang digantung dan dapat dilepas. Mainan ini aman digigit. Dilengkapi juga dengan 8 pilihan melodi, dan terdapat getaran dari musik yang akan menghibur si kecil saat berada di atas kursi bayi goyang ini.

Kursi bayi goyang ini juga memiliki fitur flathead prevention yang mencegah kepala peyang. Kursi ini pun sudah tersertifikasi dengan standar Eropa yang berarti keamanannya telah teruji dan telah diakui.

Harga Rp. 250.000-550.000

Right Starts Bouncer Newborn to Toddler Rocker

Kursi bayi goyang ini juga dilengkapi dengan mainan yang tergantung di atasnya. Ditambah lagi dengan musik yang membuat si kecil jadi lebih tenang dan ceria. Ada juga mode getaran yang membuat bayi terasa ditimang. Kontrol panel kursi ini sudah canggih dengan mode touch screen.

Selain untuk bermain, produk ini bisa Anda gunakan untuk menyuapi bayi karena sudah dilengkapi meja. Jadi, Anda tidak perlu membeli meja dan kursi lagi. Kursi bayi goyang ini dapat dipakai sejak si kecil baru lahir hingga berbobot 18 kg.

Harga Rp. 500.000-700.000

BabyElle Automatic Baby Swing Bouncer

Sesuai namanya, BabyElle Automatic Baby Swing Bouncer ini berbentuk ayunan yang bisa mengayun secara otomatis dengan tingkat kecepatan yang dapat diatur. BabyElle menyediakan 6 pilihan kecepatan ayun sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi bayi.

Produk ini turut dilengkapi dengan 2 mainan gantung dan 10 melodi berbeda. Hanya dengan menghidupkan lagu yang berputar otomatis, Anda bisa lebih tenang karena bayi Anda lantas dapat bermain sendiri dengan ceria. Bahkan, bayi Anda bisa tertidur dengan nyenyak dengan beberapa melodi yang menenangkan.

Harga Rp. 650.000-800.000

Pumpee Adjustable Baby Bouncer

Pumpee Adjustable Baby Bouncer ini dilengkapi dengan 8 melodi berbeda yang bisa Anda setel. Anda bisa menghidupkan melodi yang ada sambil mengayunkan kursi bayi goyang ini untuk menenangkan si kecil.

Selain fitur musik, kursi bayi goyang ini juga mempunyai fitur getaran dan memiliki mainan di atasnya. Terdapat juga 3 pengaturan kemiringan yang bisa Anda atur sesuai dengan kenyamanan si kecil ketika bermain atau ketika tidur.

Kursi bayi goyang ini dapat menahan bayi dengan berat maksimal hingga 11 kg.

Harga Rp. 250.000-400.000

Fisher Price Infant to Toddler Bouncer

Tidak hanya untuk bayi, balita pun muat! Saat bayi bisa duduk atau memasuki usia balita, banyak orang tua yang ingin membelikan kursi untuk anaknya. Namun, jika Anda sudah membeli produk ini, Anda tidak perlu membeli kursi untuk balita lagi. Kursi bayi goyang ini dapat menahan bayi dengan berat maksimal hingga 18 kg.

Kursi bayi goyang yang satu ini dilengkapi dengan fitur fold-out kickstand yang memungkinkannya berubah fungsi menjadi kursi untuk duduk. Selain itu, perawatan seat pad-nya pun mudah,Anda bisa memasukkannya ke dalam mesin cuci.

Seperti halnya kursi bayi goyang lainnya, produk ini juga dilengkapi dengan mainan gantung yang dapat menstimulasi si kecil, musik, dan juga mode getaran.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000

Mamalove Activity Rocker Select Bouncer UC 40

Kursi bayi goyang ini memiliki desain dan motif yang sederhana. Dilengkapi dengan kanopi yang bisa disetel, sehingga bagian kepala si kecil pun dapat terlindungi. Bayi Anda pun takkan rewel karena cahaya lampu yang intens mengenai matanya.

Bahan sandaran yang lembut dan bertekstur empuk turut menambah kenyamanan pada bayi Anda. Di bagian bawah atau bagian kakinya, Mamalove mempercayakan bahan premium yang menjadikan produk ini awet dan bisa dipakai dalam jangka waktu lama.

Kursi bayi goyang ini dapat digunakan hingga si kecil berusia 2 tahun atau beban maksimum 26 kg.

Harga Rp. 750.000-1.000.000

Nuna Leaf Curve French Bouncer

Nuna Leaf Curve French Bouncer ini sangat serius dalam proses perancangannya. Kursi bayi goyang ini dapat mengayunkan anak hingga 2 menit lamanya hanya dalam satu kali ayunan, tanpa baterai ataupun listrik. Anda jadi hemat tenaga dalam mengayun si kecil.

Produk ini dilengkapi dengan 3 titik pengaman, sehingga Anda tak perlu khawatir bayi tergelincir saat diletakkan di dalamnya. Kursi bayi goyang yang satu ini dibekali dengan kemampuan menahan bobot hingga 60 kg.

Harga Rp. 2.500.000-3.000.000
From our editorial team

Karena Harganya Cukup Mahal, Siapkan Budget Jauh-Jauh Hari Ya!

Dari rekomendasi BP-Guide di atas, Anda bisa melihat bahwa harga kursi goyang bayi tidak murah. Namun jika Anda sangat membutuhkannya, siapkan budget-nya jauh-jauh hari sebelum kelahiran bayi ya! Dengan demikian, Anda akan lebih mudah menjaga bayi yang baru lahir.