Nikmati Momen Mandi Si Kecil yang Menyenangkan Dengan Rekomendasi 10 Sabun Bayi Terbaik Ini (2021)

Nikmati Momen Mandi Si Kecil yang Menyenangkan Dengan Rekomendasi 10 Sabun Bayi Terbaik Ini (2021)

Memilih produk bayi tidak boleh sembarangan, termasuk sabun bayi lho. Pastikan sabun bayi yang Anda pilih aman untuk kulit si kecil yang sensitif. Simak rekomendasi terbaiknya dalam artikel BP-Guide berikut ini.

Mandi Adalah Momen Penting Untuk Ibu dan Anak

Hubungan antara ibu dan anak dapat terjalin dari momen-momen sederhana yang diciptakan oleh keduanya. Momen sederhana seperti memandikan bayi termasuk salah satu cara jitu untuk mempererat hubungan ibu dengan si kecil lho.

Saat memandikan si kecil, Anda juga harus paham apa yang terbaik buat si kecil. Jangan sampai momen yang seharusnya menyenangkan dan merelaksasikan ini menjadi momen yang membahayakan si kecil, terutama membahayakan kulitnya. Oleh karena itu, Anda perlu tahu tata cara memandikan yang aman untuk si kecil, dan produk apa yang tepat untuk digunakan.

Bayi yang baru lahir cenderung memiliki kulit sensitif. Hal ini disebabkan karena mereka perlu melakukan penyesuaian dengan situasi yang cukup berbeda saat berada di dalam rahim. Pemilihan sabun yang tidak pas untuk si kecil dapat menyebabkan kulitnya jadi kering bahkan iritasi.

Cara Memandikan Bayi yang Benar

Siapkan Berbagai Perlengkapannya

Sebelum memandikan si kecil, sebaiknya Anda mempersiapkan perlengkapan mandinya terlebih dahulu. Ada beberapa perlengkapan mandi bayi yang sebaiknya Anda siapkan, di antaranya adalah ember atau bak mandi kecil untuk tempat si kecil mandi, sabun, dan sampo khusus bayi, serta waslap lembut.

Kemudian siapkan juga handuk, disarankan untuk menggunakan handuk yang ada penutup kepala atau hoodie, agar kepala si kecil langsung terasa hangat saat memakai handuk sehabis mandi. Tak lupa pakaian ganti dan popok kering.

Pastikan perlengkapan tersebut sudah tersedia di dekat Anda, sehingga mudah dijangkau ketika membutuhkannya.

Usap Dengan Lembut

Setelah dibaringkan di tempat mandi, usaplah tubuh bayi dengan lembut dan perlahan dengan menggunakan waslap yang sudah dibasahi air hangat. Anda bisa memulainya dari kepala, lalu ke wajah dan telinga, kemudian turun ke dada, lalu ke punggungnya, dan kemudian kakinya.

Setelah tubuhnya basah, usap lagi dengan waslap yang telah diberi sabun. Usaplah dengan sangat lembut dan menyeluruh.

Bersihkan Setiap Bagian Tubuh Secara Teliti

Anda harus teliti saat memandikan bayi. Beberapa bagian harus dilakukan dengan ekstra hati-hati. Untuk membersihkan bagian kelopak mata bayi, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan dua lembar kapas lembut yang tidak banyak seratnya.

Mulailah dari bagian mata yang dekat dengan area hidung, lalu usaplah secara perlahan ke arah luar. Ulangi pada kelopak mata satunya dengan kapas yang baru. Hati-hati saat mengusap wajah, hindari air masuk ke dalam mulut yang bisa membuat bayi tersedak. Pastikan Anda juga menyeka lekukan-lekukan tubuhnya, seperti lipatan pada tubuh bayi seperti bagian belakang telinga, leher, ketiak, lipatan siku, dan lutut bagian belakang.

Setelah membersihkan area-area yang tadi, Anda bisa mengakhirinya dengan membersihkan organ intim serta pantat bayi, mulai dari depan ke arah belakang. Pastikan semua bagian sudah bersih sampai tidak ada feses bayi yang tertinggal.

Gunakan Air Hangat

Agar bayi dapat merasa nyaman saat mandi dan tidak merasa kedinginan, mandikanlah ia dengan air hangat. Jadi Anda perlu menyiapkan bak mandi air hangat suam-suam kuku atau dengan suku kira-kira 37 derajat Celcius setinggi 5 cm.

Masukkanlah si kecil ke dalam bak, dengan posisi tegak. Tahan bagian belakang kepala dan leher bayi dengan tangan Anda yang tidak dominan. Maksudnya, jika Anda biasa menggunakan tangan kanan, berarti Anda memegang kepala bayi dengan tangan kiri, dan sebaliknya. Sebab, tangan dominan digunakan untuk membersihkan bayi.

Berikan Pelembap Setelah Mandi

Setelah memandikan bayi, ada baiknya untuk mengoleskan pelembab ke kulit bayi yang baru saja dikeringkan dengan handuk agar kulit bayi tetap lembab dan tidak kering. Jika dirasa masih kering, perlu dioleskan 2-4 kali sehari. Gunakanlah krim pelembab dengan kandungan lanolin yang mampu melindungi kulit bayi dari iritasi, seperti ruam popok dan ruam pipi.

Tips Memilih Sabun Bayi yang Aman

Cek Kandungan Bahannya

Keamanan suatu produk sabun dapat dilihat dari komposisinya yang dikandungnya. Anda dapat mengecek apakah sabun bayi itu mengandung bahan alami yang bermanfaat untuk kulit, atau kaya akan bahan yang berpotensi membuat kulit kering atau iritasi.

Beberapa bahan alami yang baik dan aman untuk digunakan sebagai bahan sabun bayi adalah gliserin, minyak kelapa, minyak sawit organik, shea butter, dan minyak almond manis. Selain itu ada minyak biji jojoba, minyak zaitun, bunga chamomile, oatmeal koloid, madu, ekstrak minyak rosemary, cocoa butter, serta air.

Pilih yang Bebas Alkohol

Meskipun memiliki manfaat untuk memudahkan nutrisi pada produk agar menyerap lebih cepat ke dalam kulit, namun penggunaan alkohol pada sabun bayi dapat berpotensi mengiritasi kulitnya.

Dalam produk seperti sabun bayi, alkohol akan tertulis dengan nama etanol atau etil alkohol. Namun, untuk membingungkan konsumen, ada kelompok bahan lain yang disebut alkohol lemak yang memiliki efek berbeda pada kulit. Bahan ini biasanya tidak mengiritasi atau mengeringkan kulit.

Pilih pH yang Netral

Skala pH adalah cara mengukur seberapa asam atau basa suatu zat. Semakin rendah pH-nya, maka akan semakin asam suatu zat, dan sebaliknya. Dalam beberapa minggu setelah kelahiran, permukaan kulit bayi berubah dari mendekati pH netral menjadi pH agak asam.

Nah, selama kulit bayi sehat, tidak kering, atau terkelupas, sabun dengan pH netral harusnya tidak masalah dengan kulit Si Kecil. Meski begitu, sabun bayi batangan dan bubble bath (sabun busa) tidak tepat untuk kulit bayi karena pH-nya cenderung basa, dan dapat menyebabkan iritasi.

Rekomendasi Sabun Bayi Terbaik Untuk Si Kecil

PUREBB Liquid Soap

Dengan pH 5,5, PUREBB Liquid Soap telah diformulasikan dan teruji secara dermatologis cocok untuk digunakan oleh bayi yang notabene memiliki kulit sensitif. Bukan hanya untuk membersihkan tubuh, sabun cair untuk bayi ini juga mengandung oat kernel yang melembutkan dan menenangkan kulit bati.

Sabun bayi ini tidak mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulfate). SLS merupakan sejenis deterjen yang ada pada produk pembersih, yang dapat mengikis kelembaban alami kulit dan membuat kulit kering bahkan iritasi.

Harga Rp. 40.000-100.000

Zwitsal Baby Bath Natural With Minyak Telon

Brand yang satu ini memang terkenal dalam memproduksi produk untuk bayi. Dari logonya saja sudah jelas terpampang nyata kalau brand ini sangat terhubung dengan bayi.

Uniknya, salah satu produk bayi dari Zwitsal ini merupakan sabun sekaligus minyak telon. Jadi, jika bayi Anda dimandikan dengan sabun ini, ia akan mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Zwitsal Baby Bath Natural with Minyak Telon ini tak hanya berfungsi untuk membersihkan kulit bayi, namun juga akan memberikan kehangatan yang membuat Si Kecil merasa nyaman hingga setelah mandi. Tentunya, sabun ini juga sudah teruji secara klinis aman digunakan untuk kulit bayi.

Harga Rp. 17.000-30.000

Sebamed Baby Bubble Bath

Sabun dengan packaging yang lucu seperti tetesan air ini juga tentunya sudah teruji secara klinis aman digunakan oleh bayi bahkan sejak hari pertamanya. Sabun ini memiliki pH cukup netral, yaitu berada di angka 5,5.

Sebamed Baby Bubble Bath ini memiliki kandungan camomile yang membuat kulit menjadi sehat, elastis, dan terutama melindungi kulit dari iritasi. Penggunaan ekstrak camomile ini juga dapat memberikan aroma yang menenangkan bagi si kecil, sehingga si kecil jadi nyaman dan tidur pun menjadi lebih nyenyak berkat keharuman alami camomile.

Harga Rp. 150.000-300.000

Buds Organics Precious Newborn Head To Toe Cleanser

Buds Organics Precious Newborn Head To Toe Cleanser ini memiliki botol pump sehingga memudahkan Anda untuk mengambil cairan sekaligus menakar jumlahnya dengan pas. Bukan hanya untuk badan bayi, produk ini juga dapat digunakan untuk kepala atau dijadikan sebagai sampo.

Sesuai namanya, sabun ini terbuat dari bahan organik dan telah tersertifikasi. Oleh karena itu, Buds Organics Precious Newborn Head To Toe Cleanser ini dapat digunakan pada seluruh tubuh dan aman untuk bayi pemilik kulit sensitif.

Harga Rp. 150.000-300.000

Mustela 2in1 Hair And Body Wash

Mustela 2 in 1 Hair And Body Wash ini berbentuk gel yang dikemas dalam kemasan tube. Produk Hair And Body Wash ini tidak mengandung paraben, phthalate, phenoxyethanol sehingga aman kulit bayi yang sensitif. Produk ini dapat digunakan sebagai sampo dan sabun.

Dengan bahan alami serta ekstrak alpukat yang dikandungnya, Mustela 2 in 1 Hair And Body Wash ini dapat membersihkan dan melembutkan seluruh kulit bayi dari kepala hingga kaki. Rambutnya pun menjadi lembut dan mudah disisir.

Harga Rp. 100.000-200.000

Cetaphil Baby Gentle Wash And Shampoo

Salah satu produk sabun mandi head to toe yang aman untuk bayi dengan kulit sensitif adalah produk Cetaphil Baby Gentle Wash And Shampoo. Produk satu ini mampu membantu menyeimbangkan pH alami kulit dan membangun perlindungan kulit secara alami.

Cetaphil Baby Gentle Wash And Shampoo, mengandung glycerin dan panthenol yang bermanfaat bagi kulit. Glycerin yang terkandung di dalam produk Cetaphil ini dapat melembabkan kulit. Sementara panthenol merupakan pro-vitamin B5 yang bagus buat kulit. Panthenol bisa menenangkan kulit iritasi.

Harga Rp. 80.000-150.000

Pigeon Baby Wash Chamomile

Pigeon Baby Wash Chamomile merupakan sabun bayi 2 in 1 yang dapat digunakan sebagai sabun sekaligus sebagai sampo yang tidak perih jika terkena mata. Produk ini tidak mengandung pewarna, sehingga mempertahankan kealamian bahan kandungannya.

Produk ini juga mengandung jojoba dan chamomile yang bermanfaat dalam melembabkan dan mencegah iritasi pada kulit. Keunggulan lain dari Pigeon Baby Wash Chamomile adalah pH nya yang seimbang, sesuai dengan kadar pH pada kulit bayi.

Harga Rp. 30.000-50.000

Aveeno Baby Soothing Relief Creamy Wash

Baby Soothing Relief Creamy Wash ini diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang kering dan mudah iritasi. Dengan kandungan oat di dalamnya, produk ini bermanfaat untuk menjaga kelembaban alami kulit agar tetap seimbang dan sehat. Produk ini diformulasikan untuk menjaga kulit bayi tetap lembab selama 24 jam.

Produk yang satu ini juga bebas paraben, bebas phthalate, bebas pewangi. Anda tak perlu khawatir saat memandikan bayi yang mungkin saja rewel, karena produk ini tidak perih jika terkena mata.

Harga Rp. 130.000-200.000

Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash

Si kecil bisa mandi dengan sensasi menenangkan dengan Mama’s Choice Hair & Body Wash. Aroma lavender dan chamomile yang ada di dalamnya begitu segar, menyenangkan dan menenangkan. Chamomile berfungsi untuk melindungi kulit bayi yang sensitif dari iritasi serta alergi sehingga kulit bayi pun menjadi lebih sehat.

Sementara lavender hadir dengan aromanya yang enak, memberikan efek relaksasi sehingga bayi lebih nyaman, tenang, bahkan menikmati momen mandinya.

Dengan aroma yang menenangkan, Anda yang memandikannya juga bisa menikmati momen memandikan bayi dengan nyaman.



Harga Rp. 50.000-1.000.000

Corine De Farme Ultra-Protecting Hair & Body Wash

Sesuai dengan namanya, Corine De Farme Ultra-Protecting Hair & Body Wash ini dapat digunakan sebagai sabun untuk membersihkan badan, maupun sampo untuk membersihkan kulit kepala sekaligus rambut.

Hair & Body Wash ini telah teruji aman untuk bayi yang memiliki kulit kering ataupun sensitif. Produk ini juga diperkaya dengan cold cream yang mampu memberikan nutrisi pada kulit bayi.

Dengan kandungan bahan alami yang ada di dalamnya, Corine De Farme Ultra-Protecting Hair & Body Wash ini mampu membersihkan dan menutrisi kulit Si Kecil.

Harga Rp. 200.000-300.000
From our editorial team

Jika Bayi Punya Masalah Kulit, Konsultasi Dulu Dengan Dokter

Deretan rekomendasi sabun bayi terbaik dari BP-Guide di atas diformulasikan dengan bahan khusus yang ramah untuk kulit si kecil. Tapi jika bayi punya masalah kulit tertentu seperti eksim, maka jangan sembarangan memilih. Sebaiknya, konsultasi dulu dengan dokter untuk mendapatkan sabun yang aman bagi gangguan kulitnya.