ASI Makin Lancar dengan 10 Rekomendasi ASI Booster Terbaik Berikut (2021)

ASI Makin Lancar dengan 10 Rekomendasi ASI Booster Terbaik Berikut (2021)

ASI sangat penting bagi bayi, karena menjadi makanan pokoknya selama 6 bulan pertama kehidupan. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi ASI booster terbaik agar produksi ASI makin lancar. Yuk, simak apa saja produknya!

ASI Adalah Nutrisi Penting untuk Bayi

Bagi bayi yang baru lahir, ASI adalah makanan pertama yang masuk ke dalam tubuh mereka. ASI atau air susu ibu lebih dari sekadar makanan pokok bagi bayi hingga berusia 6 bulan saja, tetapi juga kaya akan kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang penting untuk tumbuh kembangnya. ASI juga memiliki zat antibodi khusus yang membantu bayi melawan bakteri dan penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, ASI juga dapat mempererat hubungan antara ibu dan bayi lho.

Seorang anak harus diberi ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan dan dilanjutkan hingga usia 2 tahun sambil diberi makanan pendamping ASI.

Makanan Sehat untuk Melancarkan Produksi ASI

Kale

Kale disebut sebagai raja dari sayuran hijau karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Tidak heran sayuran ini juga dapat melancarkan produksi ASI bagi para busui. Kandungan nutrisi yang ada di dalam kale antara lain adalah kalsium, folat, dan zat besi.

Daun Katuk

Hampir di setiap produk ASI booster, Anda pasti menemukan daun katuk sebagai salah satu komposisinya. Efektivitas daun katuk untuk melancarkan ASI memang sudah terbukti. Tidak hanya menambah volume ASI, daun katuk juga mampu menjaga kualitas ASI agar tidak berubah.

Kemangi

Daun kemangi pasti sering Anda jumpai sebagai lalapan. Di dalam kemangi ternyata ada kandungan enzim phytoestrogen yang mampu meningkatkan produksi ASI. Manfaat kesehatan lain dari daun kemangi untuk busui adalah mengatasi sembeli, menghilangkan bau badan, hingga meningkatkan nafsu makan.

Brokoli

Brokoli dikenal sebagai sayuran dengan nutrisi yang tinggi seperti serat, mineral, dan komponen bioaktif. Mengonsumsi brokoli tidak hanya melancarkan ASI saja, tetapi juga membantu berat badan ibu turun lebih cepat setelah melahirkan. Sayur ini juga memiliki rasa yang manis, sehingga dapat dinikmati hanya dengan dikukus saja.

Asparagus

Asparagus adalah sayuran yang dikenal tinggi kandungan vitamin A dan vitamin K. Keduanya dapat merangsang hormon yang mempengaruhi produksi ASI di dalam tubuh ibu. Asparagus punya rasa yang lezat dan mudah diolah menjadi berbagai macam masakan.

Cara Meningkatkan Produksi ASI Secara Alami

Lebih Sering Menyusui

Jika Anda ingin produksi ASI semakin melimpah, maka sering-seringlah menyusui bayi Anda. Tujuannya adalah merangsang kontraksi otot payudara agar ASI bisa mengalir lebih lancar. Semakin sering Anda menyusui si kecil, maka akan semakin banyak pula pasokan ASI di dalam payudara.

Hindari Stres

Kondisi psikis ibu juga turut berpengaruh terhadap produksi ASI. Selama masa menyusui, pastikan ibu terhindari dari stres. Ciptakan suasana yang bahagia dan lakukan kegiatan yang membuat hati merasa senang.

Minum ASI Booster

ASI booster menjadi pilihan ibu-ibu modern untuk meningkatkan produksi ASI mereka. ASI booster hadir dalam berbagai macam jenis, mulai dari minuman teh, susu, hingga suplemen kapsul. Anda tidak perlu khawatir saat mengonsumsi ASI booster, karena terbuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk si kecil.

Rekomendasi ASI Booster Terbaik untuk Ibu dan Bayi

Herbilogy Breastfeeding Tea

Herbilogy Breastfeeding Tea jadi rekomendasi ASI booster pertama buat para busui. Ini adalah minuman teh yang tidak hanya membuat ASI semakin lancar, tetapi juga punya efek menenangkan. Cocok banget nih buat kamu yang suka ngeteh di sore hari.

Teh ini terbuat dari 100% bahan alami dengan kandungan teh hitam, ekstrak daun katuk, ekstrak biji klabet, dan vanilla. Aromanya yang harum membuat Anda merasa rileks. Rasanya juga sangat nyaman di lidah dan di tenggorokan.

Harga Rp. 65.000-85.000

Herbs of Gold Breastfeeding Support

Herbs of Gold Breastfeeding Support diperkaya dengan dua kandungan bahan aktif untuk melancarkan ASI. ASI booster ini terbuat dari fenugreek dan blessed thistle yang tidak hanya efektif untuk melancarkan ASI, tetapi juga meredakan keluhan sembelit dan kembung selama masa menyusui. Produk ini juga sangat baik untuk ibu menyusui yang mengalami susah BAB.

Harga Rp. 250.000-400.000

MamaBear Nursing Herbal Tea

Satu lagi pelancar ASI yang berbentuk minuman herbal. MamaBear Nursing Herbal Tea terbuat dari bahan herbal tanpa daun teh, sehingga minuman ini bebas dari kandungan kafein. Komposisi di dalamnya antara lain adalah fenugreek, moringa, curcuma, anise, fennel, dan habatussauda.

Aroma herbalnya membuat pikiran menjadi tenang dan rileks. Tidak hanya itu, minuman ini juga bebas dari pemanis tambahan. Rasa manisnya sangat ringan di lidah. Anda disarankan untuk menikmati minuman ini sebanyak 3 kali sehari untuk merasakan manfaatnya.

Harga Rp. 35.000-85.000

Herba Asimor

Anda yang tidak suka ribet karena harus menyeduh atau membuat minuman, Herba Asimor jadi rekomendasi yang pas buat Anda. Suplemen ini diformulasikan tidak hanya untuk melancarkan ASI, tetapi juga mempertahankan nutrisi yang ada di dalamnya serta mempercepat proses penyembuhan luka setelah melahirkan. Bahan-bahan pembuat suplemen ASI ini adalah daun katuk, daun trobangun, dan protein bioaktif dari ikan gabus.

Harga Rp. 50.000-150.000

Bonnels ASI Booster Essential Oil

Kalau biasanya ASI booster berbentuk suplemen atau minuman, maka Bonnels ASI Booster Essential Oil berbeda. ASI booster ini tidak dikonsumsi, tapi diaplikasikan langsung ke payudara ibu. Anda bisa menggunakannya sebagai minyak pijat untuk merangsang produksi ASI agar lebih melimpah.

Essential oil ini terbuat dari perpaduan banyak minyak alami seperti sweet almond, jojoba, fennel, geranium, basil, dan clary. Pijat payudara Anda dengan essntial oil ini sebanyak 2 kali sehari untuk membuat payudara lebih rileks dan menjaga kulit payudara tetap lembut.

Harga Rp. 150.000-300.000

Asifit

Daun katuk dipercaya sebagai bahan alami yang sangat bagus untuk melancarkan ASI. Asifit menggunakan ekstrak daun katuk sebagai bahan utama, ditambah berbagai vitamin seperti vitamin B12, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B6.

Konsumsi suplemen ini secara teratur untuk membuat produksi ASI semakin lancar, juga menjaga daya tahan tubuh ibu menyusui. Anda bisa meminum suplemen ini sejak masa kehamilan, sebagai persiapan untuk menyusui.

Harga Rp. 50.000-100.000

Mom Uung ASI Booster

Mom Uung ASI Booster jadi suplemen pelancar ASI berikutnya yang direkomendasikan untuk Anda. Suplemen ini terbuat dari komposisi bahan-bahan alami seperti ekstrak daun kelor dan ekstrak ikan gabus. Tidak hanya membuat ASI semakin deras dan lancar, booster ini juga dapat menjaga kesehatan tubuh ibu.

Selain itu, kandungan bahan alami dan berkualitas di dalamnya juga dapat membantu meningkatkan kualitas ASI.

Harga Rp. 70.000-120.000

Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold

Ini dia salah satu suplemen best seller yang banyak dikonsumsi para busui muda. Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold bermanfaat tidak hanya dalam meningkatkan volume ASI, tetapi juga kualitasnya. Sehingga kebutuhan nutrisi bayi tetap terjaga.

Suplemen ini diperkaya kandungan zat besi, kalsium, asam folat, DHA, dan vitamin, juga tambahan mineral yang baik untuk ibu dan bayi. Anda bisa mengonsumsi suplemen ini sejak masa kehamilan sebanyak 2 kali sehari.

Harga Rp. 180.000-450.000

Mama's Choice Almond Powder

Buat Anda yang ingin ASI booster yang tidak hanya kaya nutrisi tapi juga lezat, Mama's Choice Almond Powder bisa jadi pilihan yang pas. ASI booster ini berbentuk minuman dengan rasa cokelat yang diperkaya kandungan kurma, almond, daun katuk, fenugreek, dan DHA.

Dengan mengonsumsi minuman ini secara rutin, produksi ASI semakin meningkat, semakin berkualitas, dan kaya akan nutrisi. Mama's Choice Almond Powder adalah susu plant-based, sehingga aman untuk ibu yang vegan atau vegetarian juga bayi yang alergi terhadap susu sapi.

Harga Rp. 70.000-150.000

Hydromamma Mom's Nutrient-rich Hydration Drink

Hydromamma Mom's Nutrient-rich Hydration Drink jadi produk rekomendasi terakhir dalam daftar ini. Minuman ini membantu memenuhi kebutuhan asupan cairan selama ibu dalam masa menyusui. Rasanya sangat ringan, seperti minum air putih namun dengan tambahan perasa alami.

Tapi tenang saja, ASI booster ini tidak mengandung pemanis maupun pewarna buatan kok. Kandungan di dalamnya justru sangat baik untuk si kecil seperti asam folat, kalium, magnesium, dan vitamin C. Minuman ini sangat menyegarkan dan pas banget untuk melepaskan dahaga.

Harga Rp. 50.000-85.000
From our editorial team

Perkaya Pengetahaun Soal Menyusui Sejak Awal Kehamilan

Agar masa menyusui lancar tanpa hambatan, ada baiknya ibu mulai mencari informasi dan pengetahuan sejak awal kehamilan. Dengan demikian, ibu bisa belajar banyak hal dalam mempersiapkan diri untuk menyusui saat si kecil lahir. Boleh juga mulai mengonsumsi ASI booster seperti yang direkomendasikan BP-Guide di atas ya!

Tag