10 Rekomendasi Minyak Telon Bayi yang Menjaga Si Kecil Tetap Hangat (2021)

10 Rekomendasi Minyak Telon Bayi yang Menjaga Si Kecil Tetap Hangat (2021)

Agar bayi tidak rewel dan tidak mudah sakit, kehangatan tubuhnya harus dijaga dengan baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan minyak telon sehabis ia mandi. Temukan rekomendasi minyak telon terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Minyak Telon Menghangatkan Tubuh Bayi dan Membuatnya Wangi

Minyak telon adalah salah satu kebutuhan bayi yang paling penting. Mengoleskan minyak telon pada tubuh bayi bisa membuatnya tetap hangat dan wangi. Tidak hanya itu, minyak telon juga bisa mencegah bayi digigit nyamuk lho! Dalam memilih produk minyak telon untuk bayi, pastikan Anda memberikan yang terbaik untuk si kecil.

Manfaat Mengoleskan Minyak Telon Pada Bayi

Mengurangi Gatal

Bayi kerap menjadi sasaran empuk gigitan nyamuk ataupun serangga lainnya. Tak heran jika kulit bayi sering mengalami ruam di sana sini.

Selain meninggalkan bekas, gigitan nyamuk atau gigitan serangga lain akan meninggalkan rasa gatal yang membuat bayi merasa tidak nyaman. Bukan hanya bagi bayi, orang dewasa yang digigit nyamuk atau serangga pun juga merasa begitu.

Para orang tua dapat mengatasi hal ini dengan memberikan minyak telon untuk meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk maupun akibat serangga lain.

Menjaga Tubuh Tetap Hangat

Bayi, terutama yang baru lahir masih beradaptasi dengan lingkungan sekitar, termasuk suhu di sekitarnya. Bayi akan membutuhkan kehangatan agar tidak mengalami hipotermia.

Kandungan minyak kayu putih pada minyak telon akan akan menimbulkan sensasi hangat di kulit, dan dapat menghangatkan kulit bayi terutama bagi bayi saat selesai mandi.

Mencegah Infeksi

Sistem kekebalan tubuh bayi masih rendah dibandingkan dengan orang dewasa, sehingga lebih rentan terkena infeksi.

Minyak adas dalam minyak telon mengandung senyawa antimikroba yang bisa mencegah infeksi. Tak hanya itu, minyak telon juga menghambat kemungkinan tumbuhnya jamur yang rentan mengakibatkan penyakit kulit pada bayi.

Melembabkan Kulit

Kulit bayi masih sensitif terutama ketika berurusan dengan cuaca tak menentu. Kadang kulit bayi bisa menjadi kering bahkan mengelupas jika kurang lembab. Minyak telon juga memiliki manfaat untuk melembabkan kulit bayi agar tetap terhidrasi sehingga mencegah kulit menjadi kering karena dehidrasi.

Baik Untuk Pencernaan

Ada saja masalah pencernaan yang mungkin terjadi pada bayi. Bayi bisa mengalami diare, bisa juga mengalami konstipasi.

Kandungan minyak adas dalam minyak telon rupanya sangat baik untuk pencernaan. Para orangtua bisa memijat bayi dengan metode I-L-U dengan menggunakan minyak telon, terutama untuk menstimulasi bayi agar segera buang air besar.

Tips Memilih Minyak Telon Untuk Bayi

Pilih yang Wanginya Segar

Minyak telon pada dasarnya memang memiliki wangi yang segar dan khas bayi. Namun, aroma dan ketahanan minyak telon juga bisa berbeda. Hiruplah aroma minyak telon sebelum memilihnya, dan pilihlah wangi yang segar dan disukai oleh bayi.

Pilih yang Kandungan Minyak Kayu Putihnya Tidak Banyak

Kandungan minyak putih di dalam minyak telon berguna untuk menimbulkan sensasi hangat pada kulit. Anda sebaiknya memilih minyak telon yang kandungan minyak kayu putihnya rendah. Dengan demikian, minyak telon tersebut tidak akan terlalu terasa panas di kulit bayi.

Cek Dulu Tingkat Panasnya

Kulit bayi yang masih tipis itu lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Jadi, sebelum Anda mengoleskan minyak telon ke tubuh bayi, sebaiknya tes dahulu di kulit punggung tangan Anda sendiri. Jika kulit Anda terasa panas, sudah tentu bayi Anda juga akan merasa panas.

Apabila Anda ingin membeli minyak telon di toko online, Anda sebaiknya membaca review dari pembeli lainnya terlebih dahulu. Pilihlah produk yang banyak dibeli, dan banyak mendapatkan komentar positif.

Rekomendasi Minyak Telon Bayi yang Menghangatkan

Konicare Minyak Telon Plus

Varian Minyak Telon Konicare Plus dengan tutup botol berwarna ungu ini berbeda dengan varian sebelumnya yakni Minyak Telon Konicare tutup kuning.

Pada minyak telon tutup ungu atau Konicare Plus, terdapat kandungan untuk melindungi kulit bayi dari gigitan nyamuk selama delapan jam. Sehingga membuat Anda lebih tenang untuk menjaga bayi ketika terlelap.

Minyak telon Konicare Plus juga mengandung lavender untuk meredakan nyeri sendi pada otot. Aroma lembut lavender bersama dengan geranium yang dikandungnya juga dapat digunakan sebagai aromaterapi.

Minyak telon ini memiliki tutup botol flip top yang membuat Anda mudah dalam menggunakannya.

Harga Rp. 10.000-40.000

Telon Lang

Minyak telon Lang dari Cap Lang ini diformulasikan dengan olive oil sehingga dapat menghangatkan dan melembabkan kulit bayi. Selain itu, minyak telon ini juga diformulasikan agar dapat mencegah gigitan nyamuk.

Sama dengan minyak telon kebanyakan, Minyak Telon Lang ini juga memiliki tutup botol model flip top yang memudahkan Anda saat menggunakannya.

Harga Rp. 10.000-40.000

MY BABY Minyak Telon Plus Eucalyptus

My Baby Minyak Telon Plus Eucalyptus memiliki formula natural yang dibuat dari bahan-bahan alami. Eucalyptus merupakan sumber antioksidan yang baik karena kandungan flavonoid yang ada di dalamnya.

Produk ini juga mengandung citronella dan chamomile yang tidak hanya menghangatkan tubuh, namun juga mampu memberikan kehangatan. Produk ini dilengkapi kandungan lemongrass yang dapat memberikan perlindungan lebih lama dari gigitan nyamuk dan serangga.

Harga Rp. 15.000-50.000

Cussons Baby Telon Oil Plus

Cussons Baby telah banyak memproduksi berbagai produk untuk bayi, termasuk minyak telon.

Selain menghangatkan, Cussons Baby Telon Oil Plus juga dapat memberikan perlindungan 8 jam non stop terhadap gigitan nyamuk, tanpa harus dipakai ulang. Kombinasi berbagai bahan alaminya diformulasikan untuk memberikan rasa nyaman pada bayi.

Seperti minyak telon pada umumnya, Cussons Baby Telon Oil Plus ini juga memiliki kemasan dengan tutup botol flip top sehingga mudah untuk digunakan.

Harga Rp. 20.000-40.000

Zwitsal Baby Minyak Telon Natural

Sebagai salah satu brand yang memproduksi berbagai produk untuk bayi, Zwitsal juga memproduksi minyak telon.

Sesuai dengan namanya, produk Zwitsal Baby Minyak Telon Natural ini terbuat dari bahan-bahan natural dengan keharuman khas Zwitsal. Formulanya dapat memberikan kehangatan pada bayi sekaligus lembut untuk kulitnya.

Minyak telon ini juga diklaim aman untuk dipakai kulit sensitif karena sudah teruji hypoallergenic.

Harga Rp. 20.000-30.000

Tresno Joyo Telon Herbal

Tresno Joyo adalah salah satu pelopor pengobatan herbal dengan aroma yang menenangkan. Ketika bayi menangis, menenangkannya dengan memberi Telon Herbal Tresno Joyo adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan.

Kandungan Citronella yang ada di dalam minyak telon ini mampu mengusir nyamuk dan serangga. Selain itu, Citronella bersama dengan Jojoba oil yang terkandung dalam minyak telon ini juga memiliki sifat antioksidan dan berfungsi sebagai aromaterapi.

Harga Rp. 10.000-25.000

Bambi Minyak Telon

Produk Bambi Minyak Telon ini mengandung Oleum Chamomile yang berfungsi sebagai anti iritan dan efektif untuk mengurangi munculnya iritasi pada kulit. Sangat cocok untuk kulit bayi yang halus dan masih sensitif pada berbagai iritan.

Anda bisa mengoleskan minyak telon ini setelah si kecil mandi, atau kapan pun ia membutuhkan kehangatan. Agar si kecil dapat tertidur lelap, Anda dapat mengoleskan minyak telon sebelum ia tidur. Oleskan secara merata pada dada, perut, punggung, dan telapak kakinya.

Harga Rp. 25.000-35.000

Bébé Roosie Telon Cream

Berbeda dengan telon yang biasanya diproduksi dalam bentuk minyak untuk bayi, Bébé Roosie Telon Cream hadir dalam bentuk krim dengan kemasan tube dan tutupnya yang flip top.

Kandungan minyak zaitun dalam Bébé Roosie Telon Cream ini bermanfaat untuk melembabkan dan melembutkan kulit. Kulit bayi pun jadi senantiasa sehat. Di samping itu, telon cream ini juga memiliki formula anti nyamuk.

Karena berbentuk krim di dalam tube, produk ini tidak mudah tumpah dan merembes seperti minyak telon, sehingga praktis untuk dibawa kemana saja dan akan memudahkan Anda yang kerap pergi travelling bersama si kecil.

Harga Rp. 25.000-75.000

Habbie Aromatic Telon Oil

Mungkin Anda bosan dengan aroma minyak telon yang itu-itu saja? Cobalah Habbie Aromatic Telon Oil. Produk ini merupakan terobosan baru di dunia minyak telon yang diracik oleh ahli aromatic dan ahli pengobatan tradisional.

Berbeda dengan minyak telon biasanya, Habbie Aromatic Telon Oil memiliki aroma white tea yang bisa memberikan efek relaksasi. Di samping itu, minyak telon ini juga memiliki kandungan zaitun, bidara, dan lavender yang mempunyai efek aromaterapi dan dapat mengusir nyamuk.

Selain aroma White Tea, Habbie Aromatic Telon Oil juga memiliki varian aromatik lainnya seperti Jasmine Tea, Fresh Tea, Matcha Tea, White Tea, Green Tea Honey, Black Tea, Oolong Tea, dan lain-lain. Anda dapat memilih wangi kesukaan Anda.

Harga Rp. 20.000-40.000

Doodle Telon Oil

Doodle Telon Oil ini mampu memberikan kehangatan kepada bayi. Aroma green tea pada minyak telon ini juga memberikan kesegaran pada si kecil. Aroma green tea juga berfungsi sebagai aromaterapi yang dapat menenangkan si kecil. Di samping itu, Doodle Telon Oil juga tidak disukai oleh nyamuk sehingga dapat mencegah si kecil dari gigitan nyamuk.

Minyak telon ini diproduksi secara eksklusif untuk kebaikan bayi, Memiliki kemasan dengan tutup botol flip top yang dapat memudahkan Anda saat menggunakannya.

Harga Rp. 25.000-50.000
From our editorial team

Jangan Terlalu Sering Mengoleskan Minyak Telon Saat Cuaca Panas

Berbagai rekomendasi minyak telon di artikel BP-Guide di atas bisa jadi pilihan terbaik buat bayi Anda. Tapi yang harus diperhatikan juga adalah cara penggunaan minyak telon. Jangan terlalu sering mengoleskan minyak telon ketika cuaca sedang panas karena bisa membuat bayi merasa lebih cepat gerah. Namun, meskipun cuaca sedang dingin, jangan berlebihan mengoleskan minyak karena kulit bayi masih sangat sensitif.