10 Essential Oil Bayi Terbaik Untuk SI Kecil (2022)

10 Essential Oil Bayi Terbaik Untuk SI Kecil (2022)

Essential oil punya banyak manfaat, bukan hanya untuk dewasa tetapi juga untuk bayi. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi essential oil bayi terbaik untuk kesehatan si kecil. Yuk, simak bersama!

Essential Oil Punya Banyak Manfaat Untuk Bayi

Essential oil dipercaya dapat memberikan banyak manfaat, khususnya untuk efek relaksasi dan menyegarkan pernapasan. Tak hanya orang dewasa, bayi pun dapat menikmati manfaatnya. Ya, bayi pun boleh menggunakan essential oil, asalkan memperhatikan usia dan aroma yang boleh digunakan untuk bayi. Bahkan, sekarang ada produk essential oil khusus bayi.

Karena dirancang khusus bayi, bahan yang digunakan pun merupakan bahan pilihan alami yang aman untuk si kecil dalam meredakan berbagai masalah seperti flu, batuk, demam, dsb.

Aturan Menggunakan Essential Oil yang Benar Untuk Bayi

Cek Label Pada Kemasan Produk

Sebelum memilih essential oil, bacalah label kemasannya terlebih dahulu untuk mengetahui bahan dasar minyak tersebut. Sebaiknya Anda menghindari essential oil yang ditambahkan alkohol dan parfum karena dapat memicu iritasi.

Selain itu, ada pula beberapa jenis minyak esensial yang tidak disarankan pemakaiannya pada kulit bayi, seperti hyssop, idaho tansy, sage, dan wintergreen. Sebab, kandungan tersebut belum teruji keamanannya untuk bayi.

Campur Dengan Minyak Pengencer

Minyak esensial memiliki konsentrasi bahan kimia yang cukup pekat, sehingga berbahaya apabila langsung digunakan ke kulit bayi. Oleh karena itu, campurkan terlebih dahulu minyak esensial dengan minyak pengecer.

Beberapa jenis minyak pengencer yang dapat Anda gunakan adalah minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak bunga matahari murni. Anda boleh mencampurkan 3 tetes minyak esensial dengan 6 sendok teh minyak pengencer.

Pilih Produk Sesuai Usia Bayi

Sebenarnya, tidak ada patokan khusus mengenai umur bayi yang aman untuk menggunakan essential oil. Namun, ada beberapa minyak esensial yang tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia tertentu.

Minyak peppermint diketahui tidak baik untuk bayi di bawah 30 bulan. Jenis minyak ini diduga bisa menyebabkan gangguan pernapasan, bahkan kejang. Selain itu, sensasi dingin dari peppermint bisa meningkatkan risiko iritasi kulit pada bayi.

Lakukan Tes Untuk Melihat Reaksi Alergi

Sebelum menggunakan minyak esensial, oleskan sedikit minyak esensial yang telah diencerkan ke area kecil pada kulit si kecil, seperti lengan bagian bawah. Tunggu selama 24 jam. Jika dalam waktu 24 jam itu muncul reaksi berupa kemerahan atau bentol-bentol pada kulit yang dioleskan minyak esensial, maka bisa jadi si kecil alergi dengan minyak itu.

Oleskan Sedikit-Sedikit Saja

Apabila tidak ada reaksi pada kulit bayi, Anda bisa mengoleskan sedikit demi sedikit minyak esensial yang telah diencerkan. Hindari penggunaan berlebihan karena minyak yang menumpuk berisiko menimbulkan iritasi pada kulit bayi.

Selain meraciknya sendiri, Anda juga bisa memilih untuk menggunakan produk tertentu yang sudah mencampurkan essential oil dengan minyak pengencer, seperti minyak telon.

Jenis Aroma Essential Oil dan Manfaatnya

Eucalyptus

Essential oil aroma ekaliptus ini dapat Anda gunakan untuk memperlancar fungsi pernafasan, dan membantu anak agar tetap hangat selama musim dingin. MInyak ini sering tertukar dengan minyak kayu putih. Tapi mereka tidak sama lho.

Citrus

Aroma citrus dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Essential oil aroma citrus juga sangat cocok untuk mengembalikan mood dan energi. Anda boleh mengoleskan essential oil aroma citrus ini saat si kecil mau tidur atau baru bangun.

Lavender

Aroma lavender dapat memberikan efek relaksasi. Aroma ini juga cocok digunakan sebelum tidur, agar anak tidur lebih tenang. Kegunaan lain dari lavender adalah dapat membuat bayi terhindar dari masalah kulit.

Rekomendasi Essential Oil Terbaik Untuk Bayi

Mommytime - Baby Essential Oil Lavender

Essential oil ini terbuat dari minyak lavender murni yang memiliki aroma wangi nan menenangkan. Selain menenangkan, aroma lavender ini juga dibenci nyamuk, lho. Anda bisa lebih tenang meninggalkan si kecil yang sedang tidur.

Essential oil ini dapat dipakai dengan cara diteteskan pada diffuser maupun pakaian bayi. Jika Anda menjadikannya untuk memijat bayi, pastikan sudah mengencerkannya. Anda pun dapat berendam air hangat dengan tetesan minyak ini untuk relaksasi.

Harga Rp. 250.000-350.000

Bonnels - Essential Oil Deep Sleep

Essential oil ini cocok sekali bagi Anda yang memiliki gaya hidup vegan. Minyak ini dibuat 100% menggunakan bahan alami, sehingga aman juga dipakai oleh ibu hamil dan bayi. Gunakanlah minyak ini untuk meningkatkan kualitas tidur Anda dan si kecil.

Cara pemakaiannya juga mudah. Anda hanya perlu meneteskan 3 hingga 5 tetes essential oil ini ke dalam diffuser berisi 100 ml air. Anda juga boleh mengoleskan sedikit minyak esensial ini pada telapak kaki sebelum tidur untuk hasil yang lebih maksimal.

Harga Rp. 100.000-250.000

Buds Organic Infant Massage Oil

Buds Organic Infant Massage Oil merupakan minyak esensial yang dibuat dari bahan alami, dan tidak mengandung bahan kimia tambahan. Jadi, lebih aman untuk diaplikasikan ke kulit bayi. Keamanannya pun telah dijamin oleh Ecocert.

Minyak esensial ini mengandung vitamin E dan virgin olive oil untuk menutrisi dan memberikan kelembaban pada kulit, juga dapat meresap dengan cepat di kulit. Produk ini juga diklaim dapat membantu memperlancar peredaran darah.

Harga Rp. 150.000-250.000

Cessa Natural - Fever Drop

Daya tahan tubuh bayi masih lemah dan rentan terserang penyakit. Bagi Anda yang lebih suka bahan-bahan alami, dan tidak ingin mengandalkan konsumsi obat pada bayi, pilihlah essential oil ini.

Produk essential oil ini dapat membantu meredakan demam dan menghindari kejang akibat suhu tubuh tinggi. Cara penggunaannya pun mudah, cukup dioleskan di beberapa bagian tubuh bayi sembari dipijat lembut.

Harga Rp. 50.000-150.000

Belli To Baby Sweet Orange

Tahukah Anda? Serat-serat pakaian kadang dapat membuat kulit bayi iritasi. Apalagi jika tidak higienis. Pakaian yang sembarangan dapat menyebabkan masalah pada kulit bayi yang masih sensitif, membuatnya ruam dan meradang.

Jika Anda sedang mencari produk anti-inflamasi untuk si kecil, produk ini dapat menjadi opsi tepat. Anda hanya perlu mengoleskan essential oil ini pada pakaian, selimut, dan bantal bayi. Bersama aroma sweet orange-nya, minyak esensial oil ini akan menenangkan dan diklaim dapat mencegah inflamasi pada kulit bayi.

Harga Rp. 200.000-350.000

Botanina Cold and Flu Aromatherapy Spray

Sesuai dengan namanya, essential oil Botanina Cold and Flu Aromatherapy Spray ini dikemas dalam botol spray yang praktis sehingga higienis dan mudah digunakan. Produk essential oil ini diklaim mampu membersihkan udara di ruangan karena memiliki kandungan antibakteri, anti virus, dan anti jamur.

Selain bisa menyemprotkannya ke udara, Anda juga bisa mengaplikasikannya ke bantal, sprei, kursi, hingga mobil. Minyak esensial dengan aroma lavender ini dapat memberikan sensasi menenangkan. Juga ada kandungan tea tree yang mampu memberikan sensasi hangat dan melegakan pernapasan saat si kecil pilek.

Harga Rp. 100.000-200.000

Belli to Baby Cold and Flu Essential Oil

Saat si kecil rewel karena hidung tersumbat atau batuk, Anda bisa memberikannya Belli to Baby Cold and Flu Essential Oil. Essential oil yang satu ini bisa menjadi minyak untuk bayi pilek, karena memiliki kandungan eucalyptus dan tea tree oil yang dapat memberikan sensasi hangat pada pernapasan dan bersifat analgesik.

Produk ini juga mengandung lavender oil yang dapat memberikan sensasi menenangkan dan bisa membantu si kecil agar bisa tidur lebih nyenyak. Minyak ini juga tidak mengandung alkohol ataupun bahan lain yang dapat memicu iritasi. Anda bisa menggunakannya di bak mandi atau untuk minyak pijat.

Harga Rp. 200.000-350.000

Econic - Irritation Free

Apakah si kecil sering menderita ruam akibat pemakaian popok sekali pakai atau iritasi karena kulit kering? Jika iya, essential oil ini wajib ada di dalam kotak P3K Anda. Produk yang satu ini dapat membantu mengatasi ruam pada kulit bayi.

Produk ini hadir dalam kemasan spray yang digunakan dengan cara menyemprotkan pada bagian kulit bayi yang bermasalah. Praktis! Selain itu, Anda juga dapat menggunakan essential oil ini untuk terapi pijat bayi.

Harga Rp. 100.000-150.000

Natuna Essential - Deep Sleep Essential Oil

Permasalahan yang kerap terjadi pada bayi baru lahir adalah menangis dan susah tertidur di malam hari. Jam tidur yang tak teratur membuat Anda kewalahan, bukan? Si kecil pun butuh relaksasi agar merasa lebih tenang dan nyaman.

Produk essential oil ini sangat ideal untuk bayi yang sering menangis pada waktu tidur. Dengan aromanya yang menenangkan, bayi akan mudah tertidur nyenyak. Anda dapat menggunakannya dengan aroma diffuser atau diteteskan secara acak di sudut-sudut kamar si kecil.

Harga Rp. 50.000-150.000

Cough and Flu Relief Syiir Essential Oil

Tidakkah Anda merasa panik saat si kecil terkena flu dan batuk? Apalagi ketika anak Anda belum bisa berkomunikasi dengan baik mengenai apa yang ia rasakan. Ia hanya bisa merengek, rewel, dan menangis.

Nah, untuk Anda yang khawatir si kecil terserang penyakit pernapasan, pertimbangkanlah produk minyak esensial ini. Dengan campuran eucalyptus, lemon, dan peppermint oil, si kecil dapat kembali bernafas dengan lega.

Harga Rp. 200.000-300.000
From our editorial team

Selalu Sediakan Essential Oil Untuk Menjaga Kesehatan Bayi

Essential oil ternyata punya kandungan khusus untuk meredakan gangguan kesehatan bayi. Misalnya seperti essential oil untuk flu dan demam. Ada juga essential oil untuk membuat tidur bayi lebih nyenyak. Pilih produk terbaiknya dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!