10 Rekomendasi Sunblock Bayi yang Aman Untuk Kulit Sensitif Si Kecil (2022)

10 Rekomendasi Sunblock Bayi yang Aman Untuk Kulit Sensitif Si Kecil (2022)

Kulit bayi tidak lepas dari ancaman bahaya sinar UVA dan UVB. Untuk melindunginya, pilih produk sunblock khusus untuk bayi. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi produk sunblock bayi terbaik!

Kulit Bayi Juga Membutuhkan Perlindungan Khusus dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari memang berbahaya untuk kulit. Bukan hanya kulit orang dewasa saja, kulit bayi juga membutuhkan perlindungan khusus. Namun karena kulit si kecil masih sensitif, jangan sampai sembarangan memilih produk sunblock atau sunscreen untuknya ya!

Sinar matahari langsung bisa menyebabkan iritasi, kemerahan, dan alergi pada kulit bayi. Produk sunblock biasanya baru boleh digunakan pada bayi berusia 6 bulan ke atas. Nah, buat Anda yang punya bayi di rumah, sebaiknya jauhkan bayi dari jangkauan sinar matahari mulai pukul 10 pagi sampai 2 siang, baik itu di dalam maupun di luar ruangan.

Tips Menghindarkan Bayi dari Bahaya Sinar Matahari

Tempatkan Bayi di Dalam Ruangan atau Tempat Teduh

Pastikan si kecil berada di tempat yang teduh dan hindarkan kontak langsung dengan sinar matahari. Apalagi jika usia bayi masih di bawah 6 bulan, karena si kecil belum bisa menggunakan sunblock. Jam 10 pagi hingga 2 siang adalah waktu-waktu yang harus dihindari.

Beri Pakaian Panjang

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memberikan celana dan baju panjang pada si kecil. Namun agar tidak gerah, pilih pakaian berbahan katun yang ringan dan mampu menyerap keringat dengan baik.

Beri Sunblock atau Tabir Surya

Jika Anda harus membawa bayi ke tempat terbuka seperti pantai, oleskan sunblock untuk melindungi kulitnya. Sunblock yang diberikan pada bayi juga harus produk sunblock khusus bayi ya! Jangan menggunakan sunblock yang sama seperti yang Anda gunakan.

Pastikan Bayi Tetap Terhidrasi

Berada di tempat yang panas apalagi di bawah sinar matahari rawan menyebabkan dehidrasi. Pastikan bayi cukup mendapat asupan cairan dan jaga kelembapan kulitnya. Jangan sampai kulit bayi jadi sangat kering dan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

Konsultasi Pada Dokter Kulit

Kulit bayi rentan menunjukkan reaksi alergi dan iritasi, sehingga Anda tidak boleh sembarangan merawatnya. Bila perlu, konsultasikan pada dokter bagaimana cara tepat merawat kulit bayi dan memilih produk yang aman untuknya.

Cara Memilih Produk Sunblock Terbaik Untuk Bayi

Pilih Produk yang Memiliki Kandungan Broad Spectrum

Formula broad spectrum pada produk sunblock artinya produk tersebut dalam melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB sekaligus. Kedua sinar UV tersebut sama-sama berbahaya, jadi pastikan si kecil mendapatkan perlindungan menyeluruh.

Perhatikan Komposisi Produk

Saat memilih produk untuk bayi, pilih yang memiliki kandungan bahan alami agar tidak menimbulkan risiko alergi atau iritasi pada kulitnya. Hindari bahan-bahan kimia seperti alkohol, paraben, parafin, dan pewangi. Jika si kecil memiliki alergi pada zat tertentu, pastikan tidak ada pada produk yang Anda pilih.

Pilih Produk Khusus Untuk Bayi

Bayi tidak boleh menggunakan produk sunblock yang sama dengan orang dewasa. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memastikan bahwa produk sunblock tersebut memang khusus untuk bayi. Utamakan produk yang sudah teruji secara dermatologis dan memiliki kandungan hipoalergenik.

Rekomendasi Sunblock Bayi yang Aman dan Berkualitas

Bambi Baby Sunscreen Lotion

Kulit bayi masih sangat sensitif sehingga produk yang akan berkontak langsung dengan permukaan kulitnya tidak boleh sembarangan. Bambi Baby Sunscreen Lotion diformulasikan dengan bahan-bahan organik dan alami tanpa pewarna, parfum, dan pengawet. Aman digunakan oleh bayi berusia lebih dari 6 bulan.

Kandungan lain di dalam produk ini adalah formula anti-irritant complex yaitu chamomile oil, pro vitamin B5, dan licorice. Semua produk tersebut akan melindungi bayi dari iritasi ringan. Sementara bahan-bahan seperti beeswax, aloe vera, dan shea butter bekerja menjaga kelembaban kulit bayi. Produk ini juga tahan air selama 80 menit lho!

Harga Rp. 50.000-150.000

SebaMed Baby Sun Cream SPF 50+

Sama seperti produk SebaMed lainnya, SebaMed Baby Sun Cream SPF 50+ juga tidak memiliki kandungan alkohol, parfum, pewarna, dan pengawet. Produk yang satu ini telah lulus uji klinis dan uji dermatologis, sehingga aman digunakan bayi berusia 12 bulan ke atas. Oleskan sunscreen secara merata 20 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Ulangi penggunaan sunscreen setiap 2 jam sekali selama masih berada di bawah paparan sinar matahari.

Harga Rp. 400.000-600.000

SUNPLAY Baby Mild Gentle Protection Sunscreen Lotion

SUNPLAY Baby Mild Gentle Protection Sunscreen Lotion sudah teruji secara dermatologis sehingga sangat minim risiko alergi. Selain dapat melindungi kulit bayi dari bahaya sinar UVA dan UVB, lotion ini juga tahan air dan tahan terhadap keringat. Teksturnya yang ringan dan lembut mudah diserap kulit bayi dan tidak terasa lengket.

Harga Rp. 50.000-100.000

Momami Itsy Bitsy Sun Stick

Momami Itsy Bitsy Sun Stick adalah sunscreen berbentuk stik dengan tekstur yang lembut dan tidak lengket. Produk ini memberikan perlindungan broad spectrum yang bekerja memantulkan sinar UV sebelum masuk ke dalam kulit bayi.

Kandungan alami di dalamnya adalah sunflower oil yang melembutkan kulit bayi dan mengurangi kemerahan akibat terpapar sinar matahari. Ada juga squalane yang melembapkan serta menenangkan kulit bayi. Produk ini bebas kandungan alkohol, water resistant, dan tidak meninggalkan whitecast pada kulit. Aman digunakan untuk bayi di atas usia 6 bulan.

Harga Rp. 100.000-200.000

Mustela Bebe Baby High Protection Sun Lotion SPF 50+

Mustela Bebe Baby High Protection Sun Lotion SPF 50+ bekerja sangat efektif melindungi kulit bayi dari paparan serta dampak buruk sinar UVA dan UVB. Selain itu, produk ini juga dapat menjaga kelembapan kulit bayi, mencegah kulit kering, serta tahan terhadap percikan air. Lotion tabir surya ini bisa digunakan pada seluruh area tubuh dan wajah bayi.

Produk ini sangat aman untuk bayi dan anak-anak karena tidak ada kandungan alkohol dan pewangi. Mustela Bebe Baby High Protection Sun Lotion SPF 50+ juga sudah teruji hipoalergenik sehingga mengurangi risiko alergi. Oleskan lotion secara merata pada bagian yang terpapar sinar matahari, lalu ulangi pemakaiannya setiap 2 jam sekali selama berada di bawah sinar matahari.

Harga Rp. 200.000-300.000

Banana Boat Baby Sunscreen Lotion

Banana Boat Baby Sunscreen Lotion adalah produk yang aman digunakan untuk bayi di atas usia 6 bulan. Produk yang tahan air ini dapat melindungi kulit bayi dari kerusakan dan kemerahan akibat sinar matahari. Kandungan SPF yang tinggi memastikan kulit bayi terlindungi sepenuhnya dari bahaya sinar matahari.

Harga Rp. 200.000-400.000

Buds Organic Solar Care Lotion

Buds Organic Solar Care Lotion merupakan produk asal Australia yang mengandung bahan-bahan alami, ringan, dan aman untuk kulit bayi. Kandungan titanium dioxide bekerja menahan sinar UVA dan UVB agar tidak masuk ke dalam kulit.

Kandungan bahan alaminya antara lain adalah jojoba oil, aloe vera, shea butter, olive oil, dan ekstrak bunga matahari. Sementara ekstrak daun zaitun dan vitamin E bekerja sebagai antioksidan yang melindungi kulit bayi dari kerusakan.

Harga Rp. 400.000-500.000

Alteya Organics Kids & Baby Sunscreen SPF 30

Jika Anda mencari sunblock bayi organik, Alteya Organics Kids & Baby Sunscreen SPF 30 bisa jadi rekomendasi yang tepat. Produk yang satu ini sangat aman untuk kulit bayi yang sangat sensitif.

Kandungan di dalamnya melindungi kelembapan alami kulit bayi dan mencegah risiko kulit terbakar sinar matahari. Ekstrak mawar dan calendula di dalamnya bekerja menjaga kelembapan kulit.

Harga Rp. 300.000-400.000

Pure Baby Sunblock SPF 25

Satu lagi rekomendasi sunblock bayi yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif si kecil. Pure Baby Sunblock SPF 25 tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit bayi, serta bebas dari paraben, alkohol, dan parfum. Produk ini mengandung formula khusus bernama low hazard yang bekerja membuat lapisan pelindung di permukaan kulit bayi sehingga tidak sampai meresap ke dalam sel kulit.

Harga Rp. 150.000-200.000

Babyganics Mineral-Based Baby Sunscreen Spray SPF 50

Kualitas brand Babyganics memang tidak perlu diragukan lagi. Termasuk Babyganics Mineral-Based Baby Sunscreen Spray SPF 50. Produk ini punya sederet keunggulan mulai dari aman jika terkena mata bayi, aman untuk kulit sensitif bayi, dan teruji secara dermatologis.

Selain itu, sunscreen bayi berbentuk spray ini juga memiliki kandungan anti alergi dan formula fear-free, sehingga aman meski terkena mata. Formula di dalamnya mampu melindungi kulit bayi di bawah paparan sinar matahari selama 80 menit.

Harga Rp. 350.000-400.000
From our editorial team

Selalu Sedia Sunblock Saat Bepergian Ya!

Kulit bayi harus selalu terlindungi dimanapun ia berada. Saat Anda membawa si kecil keluar jalan-jalan apalagi di tempat terbuka seperti pantai dan taman, selalu sediakan sunblock di dalam tas. Pilih produk sunblock terbaik untuk bayi sesuai rekomendasi BP-Guide di atas ya!