Lembut untuk Kulit Bayi, 8 Merek Handuk Ini Disukai Para Mama (2022)

Lembut untuk Kulit Bayi, 8 Merek Handuk Ini Disukai Para Mama (2022)

Bayi memiliki kulit yang cenderung sensitif. Tentunya membutuhkan baju, selimut, hingga handuk dengan bahan yang benar-benar halus dan aman untuk kulit bayi. Berikut BP-Guide rekomendasikan merk handuk yang tentunya disukai para orang tua. Simak juga hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli handuk yang pas untuk si kecil.

Pentingnya Handuk yang Lembut

Mengapa handuk yang lembut begitu penting untuk si kecil? Pastinya kita tahu ya, Moms, kulit si kecil sangat sensitif. Handuk yang kasar akan sangat berpengaruh pada kulitnya. Bahan kain yang baik untuk kulit bayi terbuat dari pile fabric.

Serat kain pile fabric ini terdapat celah atau lingkaran-lingkaran kecil sehingga membuat kain jenis ini terasa lembut, halus, dan menyerap air dengan baik. Handuk dengan bahan ini sangat baik digunakan sebagai bahan handuk mandi.

Kebutuhan Handuk dalam Sehari

Nah, berbicara kebutuhan handuk bayi, handuk tak hanya digunakan untuk mandi ya, Moms. Bahkan, bayi tak perlu sering-sering dimandikan karena berpotensi membuat kulit kering. Handuk yang lembut dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti menyeka tumpahan susu, mengelap bekas gumoh.

Tak jarang dalam keadaan darurat bisa digunakan sebagai selimut cadangan. Melihat fungsinya yang bervariasi, agar tidak terlalu sering mencuci, sebaiknya Mommies menyediakan 4-5 lembar handuk dalam sehari. Jika bepergian, Mommies juga bisa menambah jumlahnya sebagai cadangan.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli

Pilih Bahan yang Alami

Sebelum membeli barang untuk si kecil, pastinya kita akan memilihkan yang terbaik ya, Moms. Begitu juga bahan handuk. Pilihlah handuk dengan bahan yang sealami mungkin. Hindari memilih handuk dengan bahan sintetis karena dapat "melukai" kulit bayi yang masih sensitif.

Bahan handuk yang alami dapat berasal dari katun organik. Katun organik merupakan jenis bahan yang diperoleh dari tanaman kapas yang ditanam secara organik, bebas dari zat beracun dan pestisida. Karena berbahan alami tentu akan lebih aman untuk bayi. Tak hanya itu, katun organik juga lebih ramah lingkungan ya, Moms.

Daya Serap Handuk

Selain bahannya, Mommies juga perlu memperhatikan daya serapnya terhadap cairan. Apakah handuk tersebut dapat menyerap cairan dengan baik atau sebaliknya. Handuk dengan daya serap yang baik akan membuat kulit bayi kering dengan sempurna. Kenapa ini penting, Moms?

Handuk yang tidak dapat menyerap cairan dengan baik pada kulit bayi, akan membuat kulit bayi menjadi lembap. Kulit lembap ini apabila dibiarkan terus menerus dapat memicu berbagai masalah kulit, seperti ruam, iritasi, dan alergi. Jadi, jangan lupa untuk mengetes handuknya sebelum digunakan ke bayi ya.

Tidak Mengandung Bahan Berbahaya

Selain memiliki kulit sensitif, indra penciuman bayi juga masih sangat perlu dijaga ya, Moms. Handuk yang dijual di pasaran beberapa ditambahkan bahan-bahan kimia seperti pemutih dan aroma tertentu. Mommies harus peka ya agar tidak terpengaruh dan membeli handuk yang mengandung bahan-bahan berbahaya.

Bahan-bahan berbahaya biasanya juga ada pada tintanya, Moms. Perhatikan lebih detail apakah handuk bergambar tersebut menggunakan tinta yang aman untuk kulit bayi. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencuci handuk baru sebelum digunakan.

Motif Menarik, Disukai Si Kecil

Selain memperhatikan tiga hal di atas, poin ini juga tidak boleh dilupakan ya, Moms. Memilih motif menarik dan disukai anak akan membuatnya lebih bersemangat. Misalnya, Mommies membelikan handuk untuk mandi, dengan handuk yang lucu, tentu si kecil akan lebih bersemangat untuk diajak mandi. Dalam hal lain, misal saat mengusap keringat si kecil, pasti dia akan terhibur saat di lap menggunakan handuk dengan karakter favoritnya.

8 Rekomendasi Handuk Bayi Terbaik! Terjangkau, Kualitas Bagus.

Little Terry Towel by Little Palmerhaus

Handuk merk Little Terry by Little Palmerhaus sangat direkomendasikan untuk Mommies yang mencari handuk harga terjangkau dengan kualitas bagus. Handuk ini terbuat dari bahan terbaik, yaitu 100% cotton combed.

Little Terry mengklaim bahwa handuk ini bebas aroma menyengat yang sangat berpotensi menyebabkan alergi pada si kecil. Tak hanya itu, tinta yang digunakan untuk gambar-gambarnya juga aman bagi bayi.

Handuk dengan ukuran 50 cm x 100 cm sangat cukup digunakan menyerap cairan pada kulit. Handuk terbaik dari Little Terry ini punya 4 pilihan motif yang menarik, seperti flowery elephant, flying alpaca, city of bunny & bear, dan space travel. Pasti si kecil akan suka, Moms!

Harga Rp. 45.000-50.000

Mom's Nature

Rekomendasi selanjutnya dari brand yang cukup terkenal, yaitu Mom's Nature. Bahan yang ditawarkan oleh handuk merk ini adalah serat bambu terbaik yang berasal dari Korea.

Sesuai harganya, handuk ini memiliki daya serap yang sangat baik dengan jenis kain yang breathable, sangat cocok bagi bayi yang memang masih sensitif kulitnya. Kita tahu ya, Moms, bahan aktif bambu secara alami mengandung antibakteri dan antialergi, jadi handuk ini baik sekali untuk bayi newborn sekali pun.

Handuk Mom's Nature terdiri atas berbagai warna dan masing-masing warna memiliki motif-motif yang lucu. Warna putih punya motif bear, blue dino, pink dino, dan penguin.

Warna abu-abu dengan motif bunny, yellow dino, giraffe atau green dino. Warna terakhir, yaitu pink, punya motif dolphin, shark, unicorn, atau cat. Mommies bisa pilih sesuai favorit si kecil ya!

Harga Rp. 150.000-200.000

Libby Baby

Siapa yang nggak kenal brand satu ini. Libby baby salah satu brand yang sangat populer bagi para mommies. Selain kualitasnya yang bagus, harganya juga sangat terjangkau. Tak hanya koleksi baju-bajunya yang lucu, Libby Baby juga mengeluarkan produk handuk yang pastinya bikin Mommies jatuh cinta.

Handuk bayi terbaik dari Libby Baby terbuat dari bahan yang aman, bebas dari kandungan kimia berbahaya. Bahan katunnya sangat lembut, cocok untuk kulit bayi yang masih sensitif. Tak kalah dari brand lainnya, Libby Baby juga menggunakan bahan yang bersifat antibakteri dan antialergi. Wah, idaman para mommies nih!

Harga Rp. 50.000-100.000

Chalmer

Rekomendasi selanjutnya adalah handuk merk Chalmer yang menonjolkan desain print motif sesuai keinginan. Jadi, Mommies bisa memesan motif handuk sesuai keinginan.

Ini juga bisa menjadi pilihan handuk terbaik sebagai kado. Meski menonjolkan motif, handuk ini juga berbahan bagus. Terbuat dari 100% katun terry yang baik sekali daya serapnya. Agar motifnya terjaga, sebaiknya tidak disetrika ya, Moms.

Hindari juga memakai pemutih saat mencuci handuk ini. Chalmer mengklaim bahwa menggunakan softener saat pencucian akan mengurangi kekuatan daya serap handuk ini. Untuk detailnya, Mommies bisa langsung tanyakan ke official store-nya di marketplace ya.

Harga Rp. 50.000-60.000

Cotton Tree Kawamoto

Handuk Cotton Tree Kawamoto adalah brand handuk terbaik dari Jepang. Dengan bahan 100% combed cotton, handuk ini mampu menyerap cairan dengan cepat. Selain nyaman digunakan, handuk ini terasa sangat ringan, enteng saat dibawa bepergian.

Kawamoto memiliki klaim bahan handuknya bersifat antibakteri dan anti alergi yang aman untuk kulit bayi yang masih sensitif. Tentu hal ini juga mencegah bau apek setelah pencucian ya Mommies. Kawamoto juga terbebas dari bahan-bahan kimia berbahaya, seperti brightening agents dan alkylphenol ethoxylates, sehingga bayi semakin aman ya, Moms.


Harga Rp. 75.000-100.000

Summertide Sultana

Summertide Sultana adalah rekomendasi handuk terbaik yang terbuat dari bahan 100% katun Turki. Untuk menjaga kekhasannya, kain katun ini dibuat secara handmade oleh penduduk Provinsi Denizli dan sudah memiliki sertifikat OEKO-TEX, yang berarti terbebas dari bahan kimia berbahaya dan pasi aman untuk kulit bayi.

Motifnya sangat unik, warna dan detailnya bernuansa klasik. Karena dibuat dengan tangan dan sangat detail, tak heran kalau handuk ini punya daya serap sangat baik ya, Mommies. Saat dilipat menjadi lebih ringkas dan tidak membuat lemari tampak penuh.

Dengan handuk dari Summertide Sultana ini, kulit si kecil akan kering lebih cepat. Selain itu, motifnya juga keren-keren ya, Moms. Terdapat 5 motif yang bisa dipilih, yaitu Kaan Baby Towel in Coffee, Kaan Baby Towel in Greige, Herringbone Baby Towel in Greige, Diamond Baby Towel in Flame, dan Diamond Baby Towel in Ocean.

Untuk menjaga keawetan, jangan lupa untuk memperhatikan petunjuk perawatan ya, Moms. Misalnya, menggunakan detergen yang lembut agar serat kain tidak cepat rusak.

Harga Rp. 150.000-250.000

Kuma-kuma

Akhir-akhir ini, motif Rilakkuma cukup diminati. Apakah anak Mommies salah satu penyuka Rilakkuma? Jika, iya, handuk motif Rilakkuma by KUMA-KUMA ini wajib dilirik ya. Nggak cuma motifnya yang lucu, bahannya juga bagus banget.

Bahannya mudah menyerap cairan di tubuh si kecil dan tidak berbulu setelah pemakaian dalam waktu lama. Bahannya yang lembut membuat si kecil juga nyaman saat pemakaian setelah mandi.

Dengan motif Rilakkuma yang lucu, Mommies bisa memilih aneka warna, seperti peach, coral, laku blue, tosca, dan lavender. Sudah banyak tersedia di marketplace, langsung cek aja ya, Moms!

Harga Rp. 60.000-95.000

Baby Grow Bathrobe

Rekomendasi selanjutnya adalah handuk dari brand Baby Grow Bathrobe. Desain handuk ini sangat unik, Moms. Bentuknya seperti piyama dengan topi karakter di bagian kepala. Saat memakai ini, tentu baby akan tampak semakin imut dan lucu ya.

Tak hanya bentuk lucu, handuk Baby Grow Bathrobe juga memiliki bahan handuk yang sangat baik untuk kulit. Daya serapnya kuat sehingga si kecil tidak kedinginan sehabis mandi. Handuk ini sudah tersedia di berbagai marketplace dengan pilihan karakter seperti penguin, sheep, cat, atau koala.

Harga Rp. 45.000-79.000
From our editorial team

Memilih Handuk Bayi yang Sesuai

Handuk merupakan salah satu barang prioritas untuk bayi. Meskipun kesannya sederhana, namun pemilihannya memang harus diperhatikan. Termasuk dalam hal memilih bahan handuk yang tepat. Karena bila kulit bayi bergesekan dengan bahan yang kasar, justru membuat kulit bayi iritasi. Pilihan di atas bisa menjadi pilihan menarik untuk mendapatkan handuk bayi yang berkualitas.