Sering Sariawan? Gunakan 10 Rekomendasi Obat Sariawan Alami Ini untuk Menyembuhkannya (2021)

Sering Sariawan? Gunakan 10 Rekomendasi Obat Sariawan Alami Ini untuk Menyembuhkannya (2021)

Jangan biarkan sariawan mengganggu aktivitas Anda. Ada banyak cara untuk mengobati sariawan, termasuk menggunakan bahan-bahan alami. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi obat sariawan alami yang bisa dibuat sendiri.

Sariawan, Penyakit Sepele yang Sangat Mengganggu

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sariawan. Ya, sariawan atau yang disebut dengan stomatitis aphtosa dalam dunia medis ini adalah luka atau peradangan di bibir. Sariawan menyebabkan rasa tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas penderita.

Seseorang yang menderita sariawan biasanya sulit makan, minum, hingga berbicara. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dari segala usia. Sariawan memang mudah disembuhkan, bahkan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan. Namun bukan berarti sariawan bisa disepelekan. Sariawan harus segera diobati agar Anda kembali nyaman dalam melakukan aktivitas.

Faktor-faktor yang Menyebabkan Risiko Sariawan Makin Besar

Tidak Menjaga Kebersihan Mulut

Kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik membuat risiko sariawan semakin tinggi. Itulah mengapa sangat penting untuk menyikat gigi dan berkumur setidaknya dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur. Tujuannya untuk membunuh semua kuman dan bakteri yang ada di mulut. Bakteri dan kuman yang menginfeksi mulut adalah salah satu penyebab sariawan.

Menggunakan Gigi Palsu

Salah satu dampak yang harus diantisipasi saat menggunakan gigi palsu adalah kemungkinan munculnya sariawan. Terutama gigi palsu yang bisa dipasang dan dilepas sendiri. Saat gigi palsu dilepas, gigi yang ada di sampingnya akan goyang. Hal ini bisa membuat gusi terluka dan akhirnya menyebabkan sariawan. Untuk mencegah hal ini, ukuran gigi palsu harus benar-benar disesuaikan, jangan terlalu kecil atau terlalu longgar.

Efek Samping Obat Tertentu

Sariawan bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu. Bibir kering dan pecah-pecah, sariawan, serta gangguan mulut lainnya adalah efek samping yang bisa muncul karena obat. Saat Anda menjalani pengobatan tertentu, baca keterangan efek sampingnya dengan baik.

Penderita Diabetes

Diabetes bisa menyebabkan munculnya komplikasi. Sariawan termasuk ke dalam komplikasi diabetes yang menyerang mulut. Tidak hanya itu, penderita diabetes juga rentan terhadap masalah gigi dan mulut. Ini disebabkan oleh tingginya kadar gula darah yang berdampak buruk pada sirkulasi darah.

Kekebalan Tubuh Menurun

Berbagai macam penyakit mudah menyerang jika kekebalan tubuh menurun, termasuk sariawan. Pastikan Anda selalu menjaga daya tahan tubuh dengan konsumsi vitamin dan nutrisi yang cukup. Kecukupan vitamin C sangat baik dalam mencegah sariawan dan memperkuat daya tahan tubuh.

Gejala Sariawan yang Menyebabkan Rasa Tidak Nyaman

Sakit Saat Menelan

Sebelum sariawan menjadi semakin parah dan membengkak, gejala awal yang muncul adalah rasa sakit saat menelan. Pada tahap ini, luka pada mulut belum terbentuk. Meskipun demikian, jika Anda sudah merasakan sakit pada tenggorokan saat menelan makanan, waspadalah bahwa mungkin tidak lama akan muncul luka sariawan.

Luka Putih pada Lidah atau Rongga Mulut

Sariawan berbentuk luka berwarna putih pada lidah atau rongga mulut. Seiring berjalannya waktu, luka ini akan membesar, membengkak, dan memerah. Ini disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri yang membuat luka tersebut meradang. Pada kondisi ini, sariawan akan mulai terasa nyeri dan sakit.

Sensasi Terbakar pada Lidah

Gejala lain yang muncul jika Anda terkena sariawan adalah rasa terbakar pada lidah. Ini karena adanya inflamasi yang terjadi bersamaan dengan sariawan. Jika Anda mulai merasakannya, segera lakukan pencegahan seperti berkumur air garam atau mengoleskan madu.

Rekomendasi Obat Sariawan yang Bisa Dibuat dari Bahan-bahan Alami

Air Garam

Obat sariawan yang sederhana tapi manjur bisa dibuat dari larutan air dan garam. Garam sendiri memiliki sifat antiseptik yang menenangkan, sekaligus mengatasi semua masalah pada rongga mulut. Hanya dengan sekali berkumur dengan air garam sekali saja, khasiatnya akan langsung terasa.

Hanya saja, yang perlu diketahui adalah air garam akan terasa perih saat mengenai sariawan. Sebaiknya tidak diberikan pada anak-anak yang tidak tahan rasa sakit. Cara membuat larutan ini sangat mudah, yaitu dengan melarutkan 1/2 sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat. Kumurkan ke seluruh bagian mulut lalu muntahkan.

Yoghurt

Siapa sangka kalau makanan enak seperti yoghurt juga bisa jadi obat alami untuk sariawan. Yoghurt kaya akan kandungan bakteri hidup yang baik untuk membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik di dalam mulut. Salah satu yang menyebabkan timbulnya sariawan adalah bakteri yang berkembang biak di dalam rongga mulut.

Dengan tekstur yang lembut, yoghurt terasa lebih nyaman di mulut, terutama saat menyentuh sariawan yang bisa menimbulkan rasa nyeri. Buat Anda yang kesulitan mengunyah akibat sariawan, yoghurt bisa dijadikan alternatif obat yang tepat, nih. Sebaiknya pilih yogurt plain atau tanpa rasa, karena yoghurt yang mengandung gula justru membuat bakteri bisa tumbuh subur di dalam mulut.

Baking Soda

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009, baking soda terbukti sebagai bahan yang berkhasiat untuk mengatasi gangguan mulut ringan, seperti sariawan. Oleh karena itu, berkumur dengan air yang diberi sedikit campuran baking soda bisa menyembuhkan sariawan dengan cukup efektif.

Baking soda bekerja sebagai desinfektan yang membersihkan kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut. Larutan baking soda bisa dibuat dengan cara mencampur 1/2 sendok teh baking soda ke dalam 200 ml air hangat lalu digunakan untuk kumur ke seluruh bagian mulut.

Kunyit

Kunyit memiliki kandungan utama senyawa kurkumin yang juga dikenal sebagai zat antiperadangan. Kunyit pun juga bisa digunakan untuk mengobati luka sariawan di mulut. Kurkumin adalah antijamur yang bisa melawan pertumbuhan jamur penyebab sariawan.

Gunakan kunyit bubuk untuk mengobati sariawan. Cukup bubuhkan sedikit kunyit bubuk pada sariawan, lalu diamkan selama beberapa menit. Kumur dengan air dan muntahkan bubuk kunyit.

Lemon

Salah satu penyebab sariawan adalah kekurangan vitamin C. Maka, tidak salah jika lemon sebagai salah satu sumber vitamin C terbesar bisa menyembuhkan sariawan dengan sangat ampuh. Lemon bekerja menyembuhkan luka akibat sariawan sekaligus melawan pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab sariawan.

Menurut sebuah penelitian, lemon bahkan terbukti sebagai obat sariawan yang lebih ampuh dibandingkan dengan obat oral. Cukup campurkan perasan lemon ke dalam air minum, lalu kumurkan ke seluruh bagian mulut dan muntahkan.

Lidah Buaya

Meski bukan merupakan penyakit yang berat, namun sariawan menimbulkan rasa tidak nyaman. Terutama saat berbicara atau makan. Tidak jarang aktivitas pun akan terganggu dengan kehadiran sariawan. Lidah buaya sebagai agen bahan antiinflamasi bisa membantu mengobati sariawan dengan ampuh.

Ambil satu batang lidah buaya, cuci bersih dan ambil dagingnya saja. Oleskan daging lidah buaya yang bersih pada sariawan secukupnya, lalu biarkan hingga kering dan meresap. Ulangi sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Madu

Madu adalah bahan alami yang punya banyak khasiat, mulai dari kecantikan hingga kesehatan. Madu dikenal sebagai antibakteri alami sekaligus memiliki sifat antiinflamasi. Jika digunakan untuk mengobati sariawan, madu membantu mengurangi rasa perih dan membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Oleskan madu secukupnya pada sariawan, lalu tunggu selama beberapa saat. Madu tidak menimbulkan rasa perih, sehingga bisa juga diberikan kepada anak-anak.

Cuka Sari Apel

Apple cider vinegar ternyata tidak hanya berkhasiat untuk kecantikan kulit saja, tetapi juga untuk sariawan. Cuka sari apel membantu merawat kebersihan mulut, sehingga bakteri tidak akan berkembang biak dan memicu munculnya gangguan rongga mulut.

Campurkan 1 sendok teh cuka sari apel ke dalam 200 ml air, lalu gunakan untuk kumur ke seluruh bagian mulut selama 15 detik. Saat tidak sedang sariawan, cuka sari apel juga bisa digunakan untuk obat kumur harian.

Kantong Teh Celup

Punya kantong teh celup bekas di rumah? Jangan buru-buru dibuang kalau Anda sedang sariawan. Teh bisa membantu menetralkan area mulut yang asam untuk mengurangi rasa nyeri akibat sariawan. Daun teh juga bisa melawan infeksi dan peradangan pada sariawan.

Ambil kantong teh celup bekas, lalu tempelkan ke bagian yang terluka karena sariawan selama 15 menit. Jenis teh lain yang juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan adalah teh chamomile.

Es Batu

Sariawan akan terasa sakit ketika sudah semakin membesar dan membengkak. Salah satu cara untuk menyembuhkan sariawan secara alami adalah dengan kompres es batu. Es batu dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat sariawan sehingga membuat Anda merasa lebih nyaman.

Ambil satu kotak es batu, lalu bungkus dengan kain tipis bersih. Kompreskan pada sariawan selama beberapa menit.

From our editorial team

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Sariawan memang bukan penyakit yang serius. Namun, mengingat sariawan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, maka mencegah lebih baik daripada mengobati. Jika sariawan sudah terlanjur muncul, maka sembuhkan dengan rekomendasi obat alami dari BP-Guide di atas, ya!

Tag