5 Tips Makeup untuk Anak Sekolahan agar Wajah Tampak Segar dan Natural (2018)

5 Tips Makeup untuk Anak Sekolahan agar Wajah Tampak Segar dan Natural (2018)

Kala menginjak usia remaja, kamu pasti punya keinginan untuk ber-makeup. Boleh-boleh saja, hanya harus diingat kalau makeup untuk remaja berbeda dengan wanita dewasa. Agar wajahmu tidak terlihat menor dan tua, coba gunakan tips makeup untuk anak sekolahan berikut ini, ya.

Makeup saat Ini Bukan Lagi Sekadar untuk Wanita Dewasa

Wanita memang akrab dengan makeup, karena sudah menjadi rutinitas harian untuk memakai riasan sebelum beraktivitas. Namun makeup saat ini bukan hanya dibutuhkan para wanita dewasa saja loh. Remaja dan bahkan anak kecil perempuan pun membutuhkan makeup.

Tentu makeup untuk anak kecil dan remaja berbeda jauh dengan makeup dewasa. Untuk keseharian, makeup anak kecil dan remaja hanya terbatas bedak saja. Untuk remaja, biasanya ditambahkan juga dengan lip gloss. Namun pada beberapa event tertentu misalnya seperti karnaval, anak kecil dan remaja akan membutuhkan makeup lengkap mirip orang dewasa.

Makeup untuk Remaja Bisa Menimbulkan Kesan Cerah dan Segar


Makeup akan membuat wajah jadi tampak lebih segar dan menimbulkan rasa percaya diri. Makeup ala anak sekolah tak semenor makeup untuk dewasa. Hal yang paling penting adalah harus berkesan natural, tak mencolok, dan tak melanggar aturan sekolah.

Tips Makeup untuk Anak Sekolah yang Harus Diingat

Jangan Pilih Warna Lipstik yang Terlalu Mencolok

Ada beberapa hal yang diingat sebelum mengaplikasikan makeup. Pertama adalah dalam hal penggunaan lipstik. Hindari lipstik dengan warna yang terlalu mencolok. Jika warna lipstik yang kamu pilih terlalu berani, maka akan menarik perhatian.

Pilih warna natural dan gunakan lipstik yang memberikan hasil matte supaya memberi kesan lebih alami. Atau kamu bisa saja beralih menggunakan lipbalm. Selain bisa bikin kamu tampak segar, lipbalm juga bisa sekaligus menutrisi bibir kamu.

Pilih Blush On Berwarna Natural

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah dalam pemilihan blush on. Jika memang ingin menggunakan blush on untuk acara-acara tertentu, pilih warna-warna alami misalnya warna peach atau pink supaya wajah terkesan segar.

Hindari Bedak yang Terlalu Tebal atau Terang

Makeup paling simpel untuk anak sekolahan adalah bedak. Item makeup yang satu ini memang pasti digunakan seluruh remaja saat hendak ke sekolah. Namun, bukan berarti bisa asal pilih bedak dan asal nempel di wajah saja, ya.

Pemilihan bedak yang tepat akan membuat tampilan kamu lebih cantik dan lebih segar. Meski ingin terlihat lebih putih, sebaiknya hindari pemakaian bedak yang terlalu tebal. Pemakaian bedak yang terlalu tebal akan memberikan kesan wajah jadi terlihat lebih tua. Gunakan shade yang pas sehingga bisa memberikan kesan cerah yang natural.

Tidak Perlu Menggambar Alis dengan Heboh

Riasan natural memang sedang jadi tren saat ini. Cocok untuk segala acara karena seolah wajah tak memakai riasan.

Hal yang perlu diingat lainnya kala menerapkan makeup natural adalah dalam hal pengaplikasian alis. Hindari menggambar alis dengan heboh. Kamu cukup merapikan alis dengan sikat alis saja. Atau kamu bisa juga memakai pensil alis namun secara tipis saja dan ikuti arah tumbuhnya alis.

Lebih Baik Gunakan Maskara Bening atau Cokelat

Bulu mata yang lentik jadi idaman semua wanita. Dengan bulu mata yang lentik maka wanita terlihat lebih cantik. Bulu mata lentik bisa diciptakan dengan cara memakai maskara dan memakai penjepit bulu mata.

Kamu bisa juga mengaplikasikan maskara, kok. Namun sebaiknya gunakan maskara bening. Ini karena maskara bening memiliki formula ringan sehingga tak bikin bulu mata terlalu tebal dan memberikan hasil yang menggumpal. Bulu mata bisa jadi indah, lentik, dan tebal dengan maskara bening serta tetap terlihat natural.

Langkah Makeup Anak Sekolahan Anti Menor yang Bisa Kamu Coba

Pakailah Pelembap

Jika ingin memakai makeup, awali dengan mengoelskan pelembab pada wajah. Pemakaian pelembap sangat penting supaya wajah tetap terlindungi dan juga keseimbangan air dan minyak pada kulit wajah tetap terjaga. Pilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit kamu, ya.

Gunakan Sunscreen atau BB Cream yang Mengandung SPF

Pakailah sunscreen usai kamu mengaplikasikan pelembap. Penggunaan sunscreen pada wajah penting untuk menghalau radikal bebas sinar UV. Atau jika tak ingin ribet, kamu bisa pilih untuk memakai BB cream.

Produk BB cream ini adalah pelembap yang merangkap alas bedak. Biasanya dalam produk BB cream juga disertai SPF sehingga bisa berfungsi sebagai sunscreen juga. Teksturnya ringan di wajah dan mampu meratakan warna kulit yang kurang sempurna.

Pakai Bedak Tabur

Langkah selanjutnya dalam pemakaian makeup anak sekolahan adalah memakai bedak tabur. Aplikasikan bedak tabur usai memakai sunscreen atau BB cream.

Gunakan bedak tabur supaya riasan lebih melekat sempurna. Penggunaan bedak tabur juga bisa membuat makeup terlihat lebih natural. Aplikasikan bedak dengan warna yang sesuai dengan kulit kamu. Bisa gunakan yang setingkat lebih cerah di atas warna wajah kamu jika ingin terlihat lebih cerah.

Poleskan Blush On

Jika ingin memakai blush on, ingatlah agar tidak terlalu berlebihan. Cukup poles sedikit dengan jari lalu tepuk perlahan dengan kuas supaya tak terlalu terlihat. Kamu bisa jatuhkan pilihan pada blush on cream karena umumnya menghasilkan warna yang tak terlalu mencolok.

Lembabkan Bibir dengan Lip Balm

Agar lipstik tidak kering dan selalu lembap, oleskan lip balm pada bibir. Bahkan lip balm ini juga bisa menjadi pengganti lipstik. Warna lip balm bikin wajah jadi lebih segar asal sesuai dengan skin tone kamu ya.

Pakai Lipstik dengan Warna Lembut

Mengaplikasikan makeup tanpa lipstik memang akan terasa ada yang kurang. Untuk anak sekolahan, usahakan memilih lipstik berwarna nude, pink yang lembut, cokelat muda, hingga oranye kecokelatan.

Untuk tekstur dan hasil akhir lipstik, usahakan kamu memilih yang hasilnya matte. Selain memang lagi tren, produk tersebut juga akan membuat wajah terkesan lebih alami.

Jika Mau, Kamu Bisa Merapikan dan Mempertebal Alis

Selanjutnya, rapikan alis mata supaya terlihat lebih natural. Sikat saja dengan sikat alis secara lembut searah garis alaminya. Kamu juga bisa merias alis dengan memakai pensil alis. Usahakan jangan terlalu tebal, ya.

From our editorial team

Pilih Peralatan Make up Khusus untuk Remaja

Makeup untuk anak remaja memang tidak boleh terlalu berat karena bisa menimbulkan masalah pada kulitmu. Jadi, kalau ingin membeli peralatan makeup, cari yang benar-benar dikhususkan untuk remaja dan sesuai dengan jenis kulitmu. Wajahmu pun tetap terlihat cantik dan sehat.