Usir Flek Hitam dengan 10 Produk Kosmetik Ini

Usir Flek Hitam dengan 10 Produk Kosmetik Ini

Masalah wajah pada wanita ada banyak jumlahnya, salah satunya adalah flek hitam. Kecil, tapi mengganggu. Kamu bisa mengurangi flek hitam pada wajah dengan produk kosmetik di bawah ini.

Flek Hitam Mampu Membuat Wanita Pusing

Sumber gambar Shutterstock

Flek hitam memang muncul tanpa kita duga. Dan begitu muncul maka biasanya seorang wanita bergegas mencari caranya supaya flek yang tidak diinginkan itu segera hilang. Tapi rupanya?

Kalau dipikir-pikir, dampak dari flek ini cukup meresahkan karena selain membuat penampilan tidak sempurna, flek atau bercak yang didiamkan begitu saja menimbulkan kesan seolah wanita tersebut malas memperhatikan kulit atau penampilannya.

Tapi, kenapa kulit bisa mengalami yang namanya flek, baik berupa bercak atau bintik? Bisa dibilang, flek tersebut adalah dampak dari pigmentasi kulit berlebih. Penyebabnya antara lain karena paparan sinar UV yang berlebihan.

Makanya, banyak orang, kaum perempuan khususnya, yang menghindari sinar matahari pada siang hari. Karena paparan sinar ultraviolet itu yang memengaruhi zat warna kulit yaitu melatonin, hingga terjadi hiperpigmentasi.

Tapi sinar matahari bukanlah satu-satunya biang keladi masalah kulit muka. Jadi untuk perawatan kulit muka kita memang jangan melupakan faktor yang tak kalah penting yaitu nutrisi. Seperti yang diutarakan seorang dokter ahli kecantikan dan nutrisi, Maya Surjadjaja, bahwa pemilihan makanan yang salah juga memengaruhi bagus tidaknya kondisi kulit.

Yang pasti, masalah kulit wajah diawali oleh tanda kulit yang kering dan kusam. Dengan demikian asupan nutrisi yang penting sangat diperlukan untuk menghindari masalah itu kian membesar dan kamu pusing sendiri dibuatnya.

Flek Hitam dan Penyebabnya

Sumber gambar Shutterstock

Flek hitam alias hiperpigmentasi memang sudah sering kita dengar dan lihat sendiri. Keindahan kulit jadi berkurang, dan tampak seperti kusam. Seperti yang tadi disebutkan, sebenarnya faktor matahari bukanlah satu-satunya biang keladi yang patut disalahkan. Karena ada beberapa hal lain lagi yang juga sangat berkaitan dengan kondisi kulit, terutama yang berpotensi menyebabkan flek pada kulit muka.

Penggunaan Make Up Berlebihan

Sumber gambar Shutterstock

Kalau kamu suka pakai produk-produk perawatan kulit, bukan berarti secara otomatis cocok dengan kulitmu. Bahkan, meskipun selama ini kamu merasa kulitmu bukan tipe yang sensitif. Memang umumnya produk itu tidak membahayakan apalagi sampai menimbulkan rasa sakit. Tapi rupanya tidak sedikit produk yang berpotensi menyebabkan fotosensitivitas.

Yang dimaksud fotosensitivitas adalah keadaan kosmetik yang menyebabkan sensitif saat terpapar cahaya matahari. Jadi saat kamu ingin tampil cerah dengan menggunakan blush on, sebaiknya memang kamu perhatikan reaksi yang terjadi pada kulit wajah.

Selain itu, ada pula produk skin care yang ternyata menyebabkan kulitmu iritasi. Dengan kulit yang sedikit kemerahan, besar kemungkinan itu adalah awal flek hitam pada kulitmu.

Faktor Keturunan

Sumber gambar Shutterstock

Mungkin kamu atau temanmu tiba-tiba menemukan titik flek di wajah, di leher, atau daerah yang mudah terlihat seperti lengan. Padahal selama ini upaya agar kulit tidak lekas terbakar seperti menggunakan payung sudah dilakukan. Nah, kalau demikian jangan langsung menyalahkan matahari! Coba deh, perhatikan, siapa tahu itu faktor keturunan dari orangtua?

Faktor keturunan cukup besar angkanya, antara 20 s.d 70 persen. Dan semua itu menyangkut gen dan hormon dalam DNA dan RNA kita. Kalau ternyata pada wajah ibu atau bapak kita tak ditemukan flek, sangat mungkin jika gen tersebut diturunkan dari nenek atau buyut.

Sederhananya, kita tidak bisa menghindari kemungkinan tersebut. Tapi memang ada yang disebut rekayasa genetika, sebuah langkah yang bisa dilakukan agar keturunan dari keluarga yang punya flek-flek di kulit akhirnya tidak menurunkan gen itu lagi. Tapi, seperti yang kamu bisa duga, untuk urusan menghentikan flek dengan rekayasa genetika ini butuh biaya yang tak murah.

Tapi ini bukan berarti upaya apapun tidak penting lagi. Tetap lakukan upaya yang selama ini sudah kamu terapkan! Seperti memakai payung kalau harus keluar pada siang hari, memakai kosmetik yang aman, dan mengonsumsi makanan yang baik untuk regenerasi sel kulit. Karena dengan upaya sehat tersebut setidaknya memperlambat meluasnya flek atau flek itu makin banyak.

Akibat Sinar UV

Sumber gambar Shutterstock

Kalau kamu penasaran bagaimana sinar UV bisa membuat kulit wajah ditumbuhi bercak atau titik hitam, sebenarnya karena sinar matahari yang disebut sinar ultraviolet memicu produksi melanin, zat pigmen yang menentukan warna baik pada kulit, mata dan rambut. Hal ini pun nggak terlepas dari faktor keturunan.

Seperti yang sering dialami orang bule, alias ras kaukasian dengan rambut pirang, dengan flek kecokelatan pada kulit wajah.

Untuk mencegah paparan sinar matahari berlebihan, kulit kita memang membutuhkan pelindung. Selain menggunakan payung pada saat terik, memakai krim tabir surya juga pilihan yang bijaksana.

Kalau berencana jalan keluar saat cuaca terik, meskipun sudah menggunakan krim tabir surya sebaiknya tetap lindungi diri dengan payung untuk memaksimalkan upayamu memproteksi kulit. Sementara kalau berencana liburan ke pantai, kamu bisa menggunakan krim tabir surya dengan nilai SPF yang lebih besar.

Pengaruh Hormonal

Sumber gambar Shutterstock

Hiperpigmentasi memang kerap dialami oleh ibu hamil. Hal ini dipicu oleh meningkatnya produksi hormon, seperti hormon estrogen, progesteron, MSH dan beberapa hormon lain yang menunjang tumbuh kembang janin. Biasanya pigmentasi yang diakibatkan perubahan hormonal ini dialami pada trimester ketiga, dengan munculnya bintik-bintik gelap yang secara umum dikenal dengan istilah Topeng Hamil.

Tapi jangan khawatir. Perubahan hormonal ini wajar saja, dan nantinya akan hilang sendiri. Dan untuk mengatasi flek-flek itu, kamu bisa menggunakan produk skincare. Gaya hidup sehat selama hamil, selain baik untuk tumbuh kembang janin juga baik untuk kondisi kulit.

Polusi

Sumber gambar Shutterstock

Siapa bilang polusi tidak memberi dampak pada flek kulit? Justru dengan tingginya tingkat polusi di kota seperti Jakarta, kulit muka yang terpapar polusi udara pada akhirnya terstimulasi melepaskan zat melanin yang berlebih, yang akhirnya menyebabkan flek atau spot hitam.

Produksi melanin berlebih itu adalah efek dari sel-sel kulit yang terstimulasi memproduksi antioksidan, untuk memproteksi diri dari paparan polusi yang terlalu sering.

Kira-kira, dengan memahami bahaya polusi bagi kecantikan, apakah akan banyak pula kaum wanita yang berupaya menghemat bahan bakar demi mengurangi produksi emisi?

Deretan Kosmetik Penghilang Flek Hitam

Sumber gambar Shutterstock

Yang pasti, kebutuhan akan krim pencegah flek dan penghilang flek tetap dibutuhkan. Karena kita yang tinggal di kota besar dengan iklim tropis pastinya akan menghadapi semua yang dianggap sebagai pemicu flek setiap hari, kan? Nah, dengan majunya industri farmasi untuk kosmetik, kebutuhan kesehatan dan kecantikan kulit kita bisa teratasi selama penggunaannya juga disiplin sesuai dengan petunjuk penggunaan.

KK Indonesia Beautyzen O2xy Face Cream

Sumber gambar www.kkindonesia.com

Pada intinya, KK Indonesia Beautyzen 02xy Face Cream bersifat melembabkan dengan kandungan yeast ekstrak dan glycerin sebagai bahan utamanya. Ditambah kandungan ubiquinone yang bersifat antioksidan mempunyai khasiat melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas untuk menghindari kulit dari gejala penuaan dini dan yang pasti juga membantumu mengurangi dampak penuaan seperti flek pada wajah dan leher.

Produk ini terbilang aman tanpa efek samping. Setelah melalui proses uji klinis, formula produk yang berasal dari Swiss ini mengandung berbagai nutrisi kebutuhan kulit, antara lain vitamin e, beta carotene, tocopherol, dan beta glucan. Setelah rutin menggunakan produk ini kulitmu akan merasakan manfaatnya, semakin sehat dan kencang.

KK Indonesia Beautyzen 02xy Face Cream yang efektif menghilangkan flek di wajah bisa kamu dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 860.000.

Kiehl’s Clear Corrective Dark Spot Solution

Sumber gambar Tokopedia

Serum Kiehl’s Clear corrective Dark Spot Solution ini efektif dan cepat mengatasi dark spot dan kulit yang tidak rata, berkat kandungan Activates C, Peony dan White Birch yang jadi bahan andalannya. Dengan pemakaian Kiehl’s clear Corrective Dark Spot Solution yang teratur sesuai yang dianjurkan, kamu bisa melihat hasilnya sekitar 2 s.d 4 minggu kemudian. Karena secara klinis serum ini memang sudah melalui masa uji dengan memperlihatkan hasil yang signifikan.

Dengan menggunakan serum ini secara teratur, warna kulitmu bukan hanya lebih merata, tapi juga semakin cerah setelah 8 minggu. Jadi, untuk kulit yang belum terlanjur terdapat dark spot, tidak masalah menggunakan produk ini. Justru, dengan menggunakannya maka kemungkinan munculnya warna kulit yang nggak merata atau dark spot yang tidak diinginkan bisa dicegah. Tak ada salahnya kan melakukan pencegahan?

Kiehl’s Clear corrective Dark Spot Solution merupakan kosmetik penghilang flek hitam yang benar-benar aman. Bahkan lotion ini mampu bekerja tanpa campuran bahan-bahan yang dilarang, seperti silikon, paraben, pewarna buatan dan wewangian yang kontradiksi dengan manfaatnya.

Nah, untuk kamu yang tertarik ingin membeli produk ini, sekarang kosmetik penghilang flek hitam di wajah ini dengan mudah bisa kamu dapatkan. Seperti di Tokopedia, Kiehl’s Clear corrective Dark Spot Solution dengan size 30 ml ini bisa segera didapatkan dengan harga Rp 610.000.

Kiehl’s Clear corrective Dark Spot Solution juga dijual dalam bentuk sachet. Di Lazada kamu bisa membelinya dengan harga Rp 199.000 dengan volume 1,5 ml – 3 pcs sachet.

Ms Glow Ultimate Series Original

Sumber gambar Shopee

Noda hitam pada wajah sebenarnya bukan hanya flek dan warna belang karena efek sinar UV saja. Banyak juga di antara kita yang bingung dengan bekas jerawat di muka, yang ternyata lama hilangnya. Nah, untuk itu kamu bisa mengandalkan Ms Glow Ultimate Series Original.

Jangan ragu meminta saran tentang set perawatan ini dari dokter kulit. Karena seri krim ini merupakan rangkaian perawatan yang cukup lengkap. Dalam arti, selain untuk mengatasi noda bekas jerawat, cream ini merupakan seri perawatan yang juga mengatasi flek dan spot hitam akibat sinar UV dan lainnya.

Seri perawatan Ms Glow Ultimate Series Original ini terdiri dari Facial Wash, Toner Clinic, Day Cream, dan Ultimate Night Cream. Dengan penggunaan keempat komponen itu secara teratur, keluhanmu akan warna kulit yang kurang merata atau tampak kusam sedikit demi sedikit teratasi.

Rangkaian seri perawatan kulit muka Ms Glow Ultimate Series Original ini bisa kamu dapatkan di Lazada dengan harga Rp 350.000, atau di Shopee mulai dari Rp 300.000. Sementara untuk paket flek, terdapat paket Super Premium Ultimate Series, yang terdiri dari Facial Wash, Toner, Day Cream, dan Flek Cream Clinic. Rangkaian series ini bisa kamu dapatkan di Tokopedia dengan harga mulai dari Rp 280.000.

Garnier Skin Renew Anti-Dark Spot Renovator Night Intensive Concentrate

Sumber gambar Shopsmart

Brand satu ini cukup akrab kita dengar. Sudah banyak produk keluarannya yang dipasarkan melalui advertising, dengan segmen pengguna kosmetik yang luas. Nah, melihat kebutuhan banyak pengguna kosmetik, khususnya kaum wanita akan cream penghilang flek hitam, maka Garnier mengeluarkan produk andalannya yang diberi label Garnier Skin Renew Anti-Dark Spot Renovator Night Intensive Concentrate.

Produk ini berupa serum yang mengandung glycolic acid 4% dan vitamin C, yang berkhasiat meregenerasi kulit dan menghaluskan. Penggunaannya cukup praktis. Kamu cukup mengoleskannya di kulit yang membutuhkan pada malam hari.

Dengan penggunaan teratur, selain kulit wajah semakin halus, jika terdapat flek dan bintik hitam maka akan semakin berkurang. Simple dan mudah. Menarik, bukan?

Nah, kalau kamu tertarik, dan sedang butuh produk kosmetik penghilang flek hitam yang menghaluskan kulit, Garnier Skin Renew Anti-Dark Spot Renovator Night Intensive Concentrate dikemas dalam kemasan 30 ml. Di Shopsmart serum kecantikan ini dijual dengan harga Rp 161.300. Sedangkan di Matahari Mall dijual seharga Rp 180.000.

Olay White Radiance Intensive Whitening Cream SPF 24

Sumber gambar Tokopedia

Riset menyatakan, bahwa selain Vitamin C dan A ternyata berbagai vitamin juga ikut berkontribusi menjadikan kulit semakin cantik. Seperti yang dimanfaatkan oleh Olay, produsen kosmetika dengan produknya: Olay White Radiance Intensive Whitening Cream SPF 24, yang mengandung Vitamin B3 yang sangat berkhasiat menyamarkan noda, serta mencerahkan kulit.

Selain kandungan vitaminnya yang mempercantik kulit, cream ini diperlengkapi dengan SPF 24 yang memblokir sinar UV. Dengan demikian, nutrisi yang sudah diaplikasikan ke seluruh kulitmu akan terserap dengan baik dan tak akan terganggu dengan paparan sinar UV di sela aktivitas harian. Seiring waktu kamu akan menyaksikan hasil yang diharapkan, yaitu kulit tampak lebih cerah, flek dan spot di kulit menipis dan kulit semakin halus.

Satu hal yang menarik, ternyata dengan formulanya kamu tidak akan merasakan lengket saat menggunakannya. Sepanjang penggunaan cream ini kamu hanya akan merasa nyaman, sementara cream ini melindungimu dengan SPF-nya, dan vitaminnya bekerja membuat kulitmu semakin halus, cerah dan kenyal. Menarik, bukan?

Mungkin kamu penasaran, apa saja sih, bahan atau sumber nutrisi yang dimanfaatkan oleh cream penghilang flek hitam ini? Pembuatan cream ini memanfaatkan Mulberry Extract, selain vitamin C dan vitamin B3. Semua bahan ini dipercaya sanggup meregenerasi sel kulit, merawat dan menjaga kelembabannya dengan baik.

Nah, untuk kamu yang mulai tertarik dengan cream yang praktis ini, Olay White Radiance Intensive Whitening Cream SPF 24 dijual dalam kemasan 50 gram. Dan kamu dengan mudah bisa memesannya di Tokopedia dengan harga Rp 295.000 atau di Shopee dengan harga mulai dari Rp 131.000.

Bali Alus Cooling Down Face Cream

Sumber gambar Tokopedia

Krim yang satu ini sangat cocok untuk usia 30 tahun. Rupanya cukup banyak manfaat dari krim ini. Selain membantu mengurangi flek hitam, krim ini membantu mengencangkan kulit, menyamarkan kerutan di wajah dan menjaga kekenyalan.

Tak hanya itu, kalau kamu punya keluhan seperti bekas jerawat yang meninggalkan bopeng, hingga mengganggu hasil dandananmu, krim ini juga membantu. Termasuk untuk masalah pori-pori yang membesar. Tidak heran kalau krim ini kaya akan manfaat.

Bali Alus Cooling Down Face Cream ini dibuat dengan kandungan berbagai bahan bermanfaat, yaitu Extract Aloe Vera, Extract Royal Jelly, Olive Oil, Anacardium Occindentale Seed Oil, Stearic Acid, Polyprohylene Glycol dan Lactic Acid.

Dengan pemakaian yang teratur dan dengan cara yang sesuai anjuran, maka secara berangsur Bali Alus Cooling Down Face Cream akan menunjukkan hasilnya dengan signifikan.

Tertarik? Bali Alus Cooling Down Face Cream dengan kemasan 30 gram dijual di Lazada dengan harga Rp 53.400. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkannya di Tokopedia dengan harga Rp 49.999.

Magic Glossy Cream

Sumber gambar Tokopedia

Magic Glossy Cream termasuk salah satu cream penghilang flek hitam yang kami rekomendasikan. Keunggulannya, Magic Glossy Cream merupakan day cream dengan SFF 30, jadi sangat cocok untuk digunakan saat harus berada di luar ruangan siang hari.

Selain itu, krimnya tidak lengket. Dan menggunakan bahan-bahan alami yang aman untuk kulit, krim ini justru terasa nyaman waktu diaplikasikan.

Pada dasarnya, Magic Glossy Cream adalah krim pemutih kulit yang bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit, sehingga dengan pemakaian teratur kulitmu tampil lebih cerah dan juga halus memukau mulai 1 hingga 2 bulan pemakaian.

Bahkan untuk kulit dengan bekas jerawat yang sukar hilang, aplikasikan day cream ini dan biarkan ini bekerja selama kamu melakukan berbagai aktivitas.

Magic Glossy Cream yang asli tidak membuat kulit perih atau teriritasi. Meskipun caranya dengan mengangkat sel kulit yang mati, tapi krim ini tidak menjadikan kulitmu mengelupas, atau terasa panas dan sebagainya. Melainkan, krim ini bekerja secara natural dan aman. Hasilnya pun bukan warna kulit putih yang pucat, melainkan cerah alami.

Lalu, bagaimana membedakan krim yang asli dan palsu? Nah, ini yang cukup penting. Pada kemasannya terdapat stiker anti fake code, dengan kode yang bisa kamu cek melalui web yang tertera pada stiker tersebut. Dengan melakukan pengecekan, produk yang palsu dengan otomatis akan ditolak di sistem.

Bagaimanapun, kamu tetap dapat membeli Magic Glossy Day Cream Original melalui Lazada, dengan harga Rp 85.000. Sementara di Tokopedia, day cream ini dijual dengan harga Rp 75.000.

L’Oreal Paris Dermo Expertise White Perfect Laser White Essence

Sumber gambar JD.id

L'Oreal Paris Dermo Expertise White Perfect Laser White Essence adalah serum yang cukup praktis dan mudah penggunaannya. Produk ini juga mudah dibawa karena dilengkapi dengan kemasan yang aman dan kuat. Selain menyenangkan karena tidak mudah tumpah, kemasannya juga tidak mudah rusak.

Jika kamu menggunakannya secara teratur akan menjadikan kulit wajahmu semakin lembut, dan meremajakan teksturnya. Selain itu, tentu saja L'Oreal Paris Dermo Expertise White Perfect Laser White Essence membantumu menipiskan flek-flek hitam di kulit wajah.

Serum ini diciptakan dengan 3 bahan utama, yaitu Actyl C, Fibrelastyl dan Adenosine yang sanggup menyamarkan flek-flek hitam, dan tentu saja mencerahkan kulit. Kandungan Adenosine dalam serum ini bermanfaat untuk mencegah pigmentasi yang memicu timbulnya flek hitam pada kulit. Selain itu, di dalam serum ini juga terdapat kandungan SPF 19 dan Vitamin C.

Diproduksi oleh perusahaan kosmetika internasional yang sudah terkenal, L'Oreal Paris Dermo Expertise White Perfect Laser White Essence dijual dalam kemasan 30 ml. Untuk mendapatkannya, kamu bisa memesannya melalui JD.id yang dijual mulai dari Rp 210.000, atau melalui Lazada dengan harga Rp 259.000.

Estée Lauder Clear Difference Advanced Blemish Serum

Sumber gambar Carethy

Estée Lauder adalah brand kosmetik asal Amerika Serikat, yang mulai didirkan pada 1946. Dengan produk-produknya yang memenuhi kebutuhan kecantikan, dan ketangguhan bisnisnya, Estée Lauder telah menjadi brand yang berhasil khususnya di bidang kecantikan. Produk-produknya terus bertambah dan mengalami pemutakhiran seiring permintaan konsumen dan meningkatnya riset dan pengetahuan.

Seperti untuk kebutuhan kulit, brand ini mengeluarkan produk Estée Lauder Clear Difference Advanced Blemish Serum, yaitu serum yang berkhasiat menjaga warna kulit dari pigmentasi yang menggelapkan. Hasilnya, setelah menggunakannya sekitar 2 minggu, kamu sudah bisa merasakan kulit terlihat semakin cerah dan flek pada kulit wajah juga semakin menipis. Uniknya lagi, serum ini mengandung asam salisilat untuk mengatasi kulit berjerawat, berminyak dan kulit dengan pori-pori besar.

Penggunaannya mudah dan hasil mengaplikasikan yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti BB cream, membuatnya jadi serum andalanmu setiap mengawali hari. Oleskan setiap hari setelah membersihkan wajah, untuk menunjang perawatan sekaligus penampilanmu setiap hari. Dapatkan Estée Lauder Clear Difference Advanced Blemish Serum melalui carethy.id dengan harga Rp 1.251.794.

Secret Key Snow White Spot Gel Cream

Sumber gambar Shopee

Kosmetik penghilang flek hitam rupanya bukan hanya diciptakan untuk penggunaan di kulit muka dan leher saja. Sesuai permintaan dan kebutuhan masyarakat, perusahaan kosmetik juga mengeluarkan produk penghilang flek dan pencerah kulit untuk bagian lain yang berwarna gelap, seperti siku yang hitam, ketiak, payudara atau bagian-bagian dalam tubuh lainnya yang ingin dipercerah.

Cara kerja krim ini cukup sederhana. Setelah dioleskan pada bagian tertentu secukupnya, pijat area kulit tersebut agar krim lebih cepat meresap ke dalam permukaan kulit. Bahan aktif krim akan meregenerasi sel kulit dan mengurangi pigmentasi sehingga bagian kulit tersebut lebih halus dan lebih cerah.

Mungkin diam-diam kamu tertarik menggunakan untuk mencerahkan bagian kulit seperti lutut, siku, atau mata kaki yang pada sebagian orang tampak lebih gelap. Secret Key Snow White Spot Gel Cream dijual dalam kemasan 60 gram, dan dijual di Tokopedia mulai dari harga Rp 179.900.

From our editorial team

Kosmetik Penghilang Flek Hitam

Banyak kosmetik yang mencerahkan wajah sekaligus menghilangkan flek hitam. Tidak dengan hasil instan tapi bertahap dengan hasil maksimal. Bahan-bahannya pun dibuat aman untuk kulit. Berbagai merek kosmetik ini pun memiliki perbedaan harga dan kegunaan. Kamu pun bisa menyesuaikan agar tepat sasaran dan mendapatkan hasil maksimal.

Tag