Kenali Jenis Kulitmu, 9 Rekomendasi Krim Wajah Ini Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

Kenali Jenis Kulitmu, 9 Rekomendasi Krim Wajah Ini Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

Memiliki kulit sensitif dan berjerawat memang mengganggu. Apalagi jika kulit wajah yang sedang berjerawat ini terkena panas atau pun salah menggunakan krim wajah. Agar tidak keliru, BP-Guide punya rekomendasi krim wajah dari berbagai produk yang sudah teruji cocok untuk jenis kulit sensitif. Yuk, ikuti terus!

Memilih Krim Wajah yang Aman Sesuai dengan Jenis Kulit Tidaklah Mudah

Punya kulit wajah yang sehat dan berseri pastinya impian semua orang. Demi mendapatkannya, ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan. Dari mulai menggunakan perawatan wajah hingga berkonsultasi ke dokter. Namun, cara yang termudah ialah dengan menggunakan krim wajah secara rutin.

Krim wajah yang baik dan cocok dengan tipe kulitmu, apabila digunakan secara teratur, bisa memberikan hasil sesuai keinginanmu. Misalnya apabila kamu ingin punya wajah putih berseri, gunakanlah krim pemutih wajah yang cocok dengan kulitmu. Lalu rasakan hasilnya.

Hanya saja, mencari krim wajah yang baik tidaklah selalu mudah. Ada banyak pilihan krim wajah di pasar. Ada yang benar-benar organik, ada yang mengandung bahan kimia, hingga yang sebenarnya bisa membahayakan kulitmu. Jadi penting untuk teliti dulu sebelum membeli, karena apabila kamu salah dalam memilih bisa jadi ada konsekuensi fatal yang harus kamu tanggung.

Berbagai Jenis Kulit Wajah yang Harus Kamu Ketahui

Kulit Normal

Jika tipe kulitmu termasuk dalam kulit normal, alias yang sehat dan punya kadar minyak yang seimbang, maka kamu bisa lebih mudah memilih krim wajah. Ya, bukan berarti karena kulitmu tak memiliki banyak masalah lalu kamu tak harus merawatnya. Karena perawatan wajah dampaknya bisa dirasakan di masa depan.

Untuk kulit normal yang harus kamu hindari adalah penggunaan scrub atau sikat pembersih kulit, karena bisa jadi memicu kadar minyak di wajahmu makin melimpah. Selain itu tetaplah rajin membersihkan wajah dan gunakan selalu kosmetik dan perawatan wajah yang ringan atau organik.

Kulit Berminyak

Memiliki kulit berminyak di Indonesia memang sebuah tantangan. Karena cuaca yang panas dan lembab bisa membuat minyak lebih cepat diproduksi sehingga wajahmu akan lebih cepat terlihat kusam. Masalah lainnya adalah produksi minyak ini bisa menyebabkan jerawat tumbuh dengan mudah.

Produksi minyak ini bisa dikendalikan dengan berbagai cara, dari mulai mengonsumsi obat, menggunakan produk kecantikan, hingga diet. Apabila kamu bisa menjaga makananmu, maka niscaya produksi minyak di wajahmu juga akan lebih terkendali. Tapi bisa jadi produksi minyak disebabkan oleh hormon, karena hamil, menopause, atau puber.

Untuk kulit berminyak pilihlah krim wajah yang bisa mengendalikan produksi minyak ini. Cari krim wajah dan produk kecantikan yang berbahan dasar air, ringan, dan tidak terlalu keras hingga membuat kulitmu jadi kering. Selain itu jangan terlalu sering mencuci muka, karena justru akan mendorong wajah memproduksi minyak lebih banyak.

Kulit Kering

Jika kandungan air pada lapisan kulit terluar terlalu sedikit, akibatnya kamu bisa memiliki kulit yang kering. Selain karena pengaruh genetika, bisa jadi kulit kering muncul dikarenakan gaya hidup, misalnya merokok dan minum alkohol. Minum air putih secara teratur setiap hari bisa menjadi cara untuk menjaga kandungan air dalam tubuh dan kulit.

Untuk mengatasi kulit kering di tubuh, kamu bisa menggunakan losion di sekujur tubuh terutama tangan dan kaki, sementara di wajah kamu bisa menggunakan pelembap dan rajin-rajinlah mengoleskan minyak zaitun atau produk dengan kandungan lidah buaya untuk meredakan kulit kering.

Kulit Kombinasi

Sumber gambar www.natur-e.co.id

Kebanyakan orang memiliki kulit kombinasi, alias terdapat dua atau lebih jenis kulit dalam wajah. Misalnya kulit kering pada bagian tertentu dan berminyak pada bagian lain. Kondisi kulit seperti ini juga sangat rentan dengan jerawat. Dan diperlukan krim khusus untuk membantunya.

Cara terbaik untuk merawat wajah dengan kulit kombinasi adalah rajin membersihkan wajah dengan produk yang ringan, merawatnya dengan krim yang juga ringan atau organik, serta rutin menggunakan masker wajah untuk membuatnya tetap lembab dan bersih.

Kulit Sensitif

Sumber gambar cdn.yukepo.com

Bagi orang dengan kulit sensitif maka ia harus berhati-hati dalam menjaga kebersihan wajahnya, karena bisa jadi terdapat zat yang bisa memicu alergi atau reaksi jerawat. Misalnya reaksi terhadap sampo, kondisioner, debu, asap, udara dingin, dan masih banyak lagi.

Biasanya jenis kulit seperti ini juga harus berhati-hati dengan kosmetik dan produk kecantikan karena bisa memicu reaksi yang buruk. Untuk mengatasinya biasanya lebih baik dikonsultasikan ke dokter, atau menggunakan pembersih wajah dari bahan organik, dan secara rutin membersihkan benda-benda di sekelilingmu, seperti handphone, bantal, serta tentunya tangan.

Rekomendasi Krim Wajah yang Aman untuk Kulit yang Berjerawat

Cream Theraskin

Jangan beranggapan bahwa untuk punya wajah sehat, putih, dan berseri kamu harus keluar uang banyak. Karena sebenarnya hanya dengan rutin menggunakan krim wajah kamu bisa mendapatkan kulit yang kamu inginkan. Kuncinya adalah di produk yang kamu gunakan.

Cream Theraskin misalnya, bisa membantu merawat dan mencerahkan kulitmu. Bahkan krim ini bisa membantu menghilangkan komedo dan menyamarkan flek bekas jerawat. Produk Cream Theraskin juga sudah terdaftar di BPOM jadi pastinya aman untuk digunakan. Produk ini dijual di berbagai marketplace.

Harga Rp. 98.000-125.000

Been Pink Acne Series

Wajah berjerawat selalu membutuhkan perawatan dan perhatian yang lebih. Krim wajah yang digunakan juga tidak bisa sembarangan. Pilihan terbaik tentunya adalah krim wajah yang memang ditujukan untuk menyembuhkan dan meringankan jerawat, seperti Been Pink Paket Acne yang bukan cuma mengeringkan jerawat tapi juga meratakan warna kulit wajahmu. Been Pink Paket Acne ini dijual di Lazada, Shopee dan Bukalapak.

Harga Rp. 115.900-145.000

Acnes Sealing Gel

Jerawat terjadi akibat produksi minyak yang berlebih dan kemudian terhambat dikarenakan adanya kotoran atau bakteri di pori-pori wajahmu. Bagi beberapa orang jerawat ini bisa sembuh dengan sendirinya dan hilang tanpa bekas, namun di banyak kasus jerawat ini kemudian menimbulkan luka dan bekas yang permanen sehingga membuat orang jadi tidak percaya diri.

Memang jerawat ini bisa ditutupi dengan makeup, namun akan lebih baik jika memang disembuhkan. Caranya mungkin bisa menggunakan Acnes Sealing Gel yang merupakan salah satu produk perawatan jerawat dari Acnes. Di mana krim ini bisa merawat bagian yang berjerawat dan memastikannya sembuh tanpa noda. Kamu bisa mendapatkan krim ini di Lazada, Shopee, dan Bukalapak.

Harga Rp. 23.600-28.500

BMC SKY Paket Kulit Jerawat

Apabila sedang muncul jerawat cara yang terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan wajah dan memastikan jerawat tidak dipegang atau terkena kotoran yang dapat memperparah. Menutupi jerawat dengan makeup juga bisa jadi berisiko membuatnya makin parah.

Ada baiknya kamu menggunakan seperangkat produk perawatan wajah khusus jerawat guna mengatasi masalahmu, seperti Beauty Sky Magic Cream / BMC SKY / Beauty Sky Paket Jerawat yang terdiri dari krim siang, krim malam, toner, sabun pembersih, dan krim jerawat. Gunakan produk-produk ini secara rutin sesuai dengan urutannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Harga Rp. 220.000-290.160

Cream A-DHA

Saat memasuki usia 40, biasanya mulai muncul flek hitam yang diakibatkan tanda penuaan dan paparan sinar matahari berlebih. Untuk mengatasinya, gunakan krim dengan kandungan pencerah.

Salah satunya adalah a-DHA Pink Paket Cream Herbal Pemutih Wajah yang bisa membantumu menyamarkan noda hitam. Cocok untuk usia 20th ke atas dengan kulit normal.

Selain membuat wajah jadi lebih putih, krim ini bisa membuat wajahmu tampak kembali kenyal dan lembap sehingga bisa terlihat lebih muda dan sehat.

Harga Rp. 40.000-50.000

La Tulipe Acne Care Cream

La Tulipe merupakan salah satu produk kecantikan produksi tanah air yang dikenal dengan kualitas produknya. Kalau tidak percaya kamu bisa mencoba Acne Care Cream La Tulipe / Obat Jerawat yang bisa membantu melembapkan kulitmu sekaligus menyembuhkan jerawat.

Kandungan chamomile extract, kolagen, vitamin B3, dan sulfur bisa menjadi kombinasi yang baik untuk membuat kulit wajahmu makin sehat, bebas dari jerawat, dan bersinar.

Harga Rp. 28.000-34.700

Bioaqua Acne Rejuvenation Cream

Bioaqua Rejuvenation Cream merupakan salah satu krim wajah untuk meredakan masalah jerawat yang bagus untuk kamu coba. Karena selain menghilangkan dan menyembuhkan jerawat, krim wajah ini juga membantu meremajakan kulitmu kembali dengan meningkatkan kadar air dan merangsang kulit agar lebih halus. Jadi bukan cuma kulit wajah bersih bebas jerawat tapi juga kamu bisa mendapatkan wajah yang lembap dan sehat dengan krim satu ini.

Harga Rp. 15.200-29.500

Vitacid

Vitacid 0,05% Cream merupakan salah satu krim yang dikenal ampuh untuk menghilangkan jerawat. Bahkan krim yang bisa kamu temukan di apotek ini juga bisa menyamarkan noda bekas jerawat. Jadi wajahmu akan bebas jerawat dan kembali cerah.

Harga Rp. 35.900-42.000

Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel

Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel ini memang tengah populer karena punya banyak khasiat. Mulai dari untuk rambut, tubuh, hingga buat wajah yang berjerawat. Kandungan ekstrak lidah buaya di dalam krim ini bisa membantu meredakan radang akibat jerawat dan membuat wajah jadi lembap serta ternutrisi dengan baik.

Harga Rp. 55.300-98.000
From our editorial team

Hati-hati Memilih Krim Wajah

Memilih krim wajah tidak bisa asal-asalan, ya. Kamu harus mengetahui secara pasti jenis kulitmu sebelum memutuskan untuk membeli sebuah krim wajah. Apalagi bagi yang memiliki kulit sensitif, pilihlah produk-produk kosmetik yang tidak hanya membuatmu tampak berseri namun dapat mengobati kulitmu yang sedang berjerawat.