Jangan Sembarang Pilih Produk, Kamu Bisa Rawat Kecantikan Wajah dan Tubuh dengan 10+ Kosmetik untuk Kulit Sensitif Berikut Ini

Jangan Sembarang Pilih Produk, Kamu Bisa Rawat Kecantikan Wajah dan Tubuh dengan 10+ Kosmetik untuk Kulit Sensitif Berikut Ini

Memiliki kulit wajah sehat dan flawless jadi idaman sebagian besar wanita. Wajah yang bebas dari noda hitam dan bekas jerawat bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri. Namun, perlu kecermatan dalam memilih produk kosmetik serta perawatan kulit yang tepat terlebih bagi kamu yang punya kulit sensitif. Perlu ekstra teliti karena jika salah pilih produk, kamu mungkin saja terkena alergi. Bingung cari produk yang tepat? Intip referensi kosmetik untuk kulit sensitif di sini.

Apakah Kulitmu Sensitif? Ayo Kenali Ciri-cirinya

Sumber gambar www.salubre.com.au

Kulit sensitif dapat diketahui dengan munculnya bercak merah, gatal, kulit terasa kaku dengan berbagai macam penyebab yang mengakibatkan perubahan PH kulit seperti perubahan cuaca, bahan kimia, bahkan kondisi lingkungan. Beberapa hal yang dapat memicu timbulnya alergi adalah AC, penghangat ruangan, bahan kimia, cuaca dingin dan sinar matahari.



Kosmetik untuk Kulit Sensitif Tidak Boleh Sembarangan, Loh!

Sumber gambar smdcosmetics.com

Kosmetik memiliki peranan penting bagi kulit. Bagi orang dengan kulit sensitif sebaiknya pilih kosmetik dengan label khusus kulit sensitif yang aman bagi kulit untuk menghindari terjadinya kulit merah, jerawat, dan iritasi.

Tips Memilih Kosmetik untuk Kulit Sensitif

Bebas Alergen

Sumber gambar stephanieclairmont.com

Beberapa reaksi kulit sensitif yang banyak terjadi antara lain adalah terasa terbakar, kemerahan, luka, atau bahkan kulit menghitam. Salah satu penyebab kulit sensitif selain produk kecantikan juga dapat disebabkan oleh makanan juga zat pembersih rumah tangga tertentu.

Kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya menggunakan kandungan yang aman bagi kulit seperti "hypoallergenic" atau "dermatology tested". Hindarilah produk dengan bahan pengawet tinggi.

Tes Sebelum Membeli

Sumber gambar www.independent.co.uk

Sebelum kamu memilih produk kecantikan untuk kulit sensitif seperti pelembap, bedak, foundation, concealer, lipstik, blush on, dan lainnya, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli dermatologi.

Selain itu kamu bisa mencoba tes terlebih dahulu dengan cara mengaplikasikan sedikit produk pada daerah kulit. Kemudian perhatikan reaksi kulit selama kurang lebih 72 jam. Bila timbul reaksi berarti produk tersebut memang tidak cocok digunakan untuk kulit.

Pilih Produk yang Sesuai dan Tepat

Sumber gambar www.mokyklaaob.lt

Pilih kosmetik yang aman dan tidak merusak kulit kamu. Pilihlah kosmetik dengan kandungan mineral foundation murni tanpa bahan pengawet dapat digunakan untuk concealer atau powder foundation. Bagi kamu pengguna eyeliner, sebaiknya hindari eyeliner liquid yang dapat memicu reaksi alergi. Serta gunakan pelembap yang sesuai untuk kulit kamu.

Baca Label dengan Seksama

Kulit sensitif harus memerhatikan kandungan kosmetik. Hindari produk kosmetik yang mengandung wewangian serta pastikan produk berlabel non-allergenic. Hal ini untuk menghindari penggunaan pewarna maupun pengawet dalam jumlah tinggi.

Bingung Memilih Merek Kosmetik dan Produk Apa yang Cocok untuk Kulit Sensitifmu? BP-Guide Punya 10 Rekomendasinya

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Sumber gambar www.blibli.com

Cetaphil Gentle Skin Cleanser merupakan sabun yang tidak hanya untuk wajah melainkan seluruh tubuh yang aman untuk jenis kulit. Sabun dengan kandungan pH-balanced tidak menyebabkan iritasi kulit. Tersedia dalam 5 kemasan yaitu 1 liter, 473 ml, 250 ml, 125 ml, dan 118 ml. Kamu dapat membeli sabun dengan ukuran 125 ml ini seharga Rp 99.670 di Blibli.

Bless Facial Moisturizer for Sensitive Skin

Sumber gambar www.pusatkosmetik.com

Bless Facial Moisturizer for Sensitive Skin merupakan pelembap wajah untuk kulit sensitif untuk perawatan wajah yang sehat. Bless Facial Moisturizer mampu menghaluskan serta melembabkan kulit dengan kandungan Natural Moisturizing Factor (NMF) yang dapat digunakan pada pagi dan malam hari. Kamu dapat membeli Bless Facial Moisturizer for Sensitive Skin di Pusat Kosmetik seharga Rp 86.000.

Revlon Microfine Loose Powder

Sumber gambar www.tokopedia.com

Microfine Natural Loose Powder merupakan bedak tabur Revlon yang cocok untuk segala jenis kulit. Memiliki kandungan silicone, myrystyl myristate, titanium dioxide, tribehenin, silica dan boron nitride. Bedak yang telah melewati uji klinis ini tersedia dalam 2 varian warna, light dan medium, yang dapat dibeli seharga Rp 72.000 di Tokopedia.

The Body Shop Almond Milk & Honey Soothing & Restoring Body Butter

Sumber gambar www.thebodyshop.ie

The Body Shop Almond Milk & Honey merupakan rangkaian body care mulai dari cleansing bar, shower cream, body scrub, bath milk, body lotion, body butter, hingga hand cream yang diperuntukkan untuk kulit sensitif.

Body butter keluaran Body Shop ini memiliki tekstur yang lebih kuat dibanding dengan body lotion. Kamu dapat menikmati body butter dengan wangi madu yang mampu menjaga kelembapan kulit ini seharga Rp 249.000 di Body Shop.

NYX Mineral Finishing Powder

Sumber gambar www.nyxcosmetics.com

NYX Mineral Finishing Powder adalah loose powder dengan tekstur ringan yang cocok untuk kulit berminyak. Tampilannya dapat membuat riasan bebas kilap. Bedak yang hadir dalam 2 shade, yaitu Light/Medium dan Medium/Dark dapat dibeli seharga Rp 144.000 di Tokopedia.

L'Occitane Ultra Gentle Moisturizer

Sumber gambar shop.nordstrom.com

L'Occitane Ultra Gentle Moisturizer merupakan pelembap yang mengandung shea butter dan menghilangkan kulit kering. Kandungan tersebut mampu memberikan nutrisi perawatan kulit terlihat lebih cantik. Pelembap yang lembut ini tidak membuat wajah berminyak dan tanpa pengharum, yang dapat dibeli seharga Rp 600.000 di Pusat Kosmetik.

Bioderma Sensibio H20

Sumber gambar www.amazon.com

Sensibio H2O adalah Micellar Water dermatologis yang tidak meninggalkan bekas lengket dan tetap kering saat digunakan. Bioderma ini memiliki tekstur yang sama dengan air ini cocok untuk kulit sensitif, namun sulit mengangkat sisa make up di area mata dan bibir terutama make up waterproof.

Kamu dapat mengunjungi Watsons untuk membeli produk ini dengan ukuran 100 ml seharga Rp 99.900 dan ukuran 250 ml seharga Rp 262.300.

Wardah Hydrating Aloe Vera Gel

Sumber gambar www.bukalapak.com

Wardah Hydrating Aloe Vera gel merupakan produk yang mengandung ekstrak lidah buaya untuk mengatasi permasalahan kulit sensitif. Kandungannya juga mampu menimbulkan sensasi dingin pada kulit. Gel ini mampu mengatasi ruam dan iritasi kulit. Kamu bisa mendapatkan produk ini seharga Rp 36.000 di Lazada.

Bertolli Extra Virgin Olive Oil

Sumber gambar www.amazon.com

Bertolli Extra Virgin Olive Oil merupakan minyak zaitun yang mampu menjaga kecantikan kulit para wanita. Minyak zaitun ini tidak hanya bermanfaat bagi kulit tetapi juga dapat digunakan sebagai pengganti minyak goreng untuk menumis, memanggang, bahkan menggoreng dengan suhu tinggi. Kamu dapat membeli Bertolli Extra Virgin Olive Oil seharga Rp 42.000 di Jd untuk merawat kulit dan rambut.

Nature Republic BB Cream

Nature Republic memiliki satu jenis BB Cream dan merupakan produk yang mampu menjaga kecantikan kulit dari sinar UV, kerutan dengan kandungan titanium dioksida serta ekstrak bunga akasia. Produk ini juga memiliki bahan dasar aqua atau air.

Tampilannya cocok untuk kamu yang tidak ingin terlihat berlebihan dalam menggunakan makeup. Kamu dapat mencoba produk dengan bebas paraben, mineral oil, alkohol, pigmen organik, dan bahan kimia berbahaya dengan membelinya di Yes Style seharga Rp 315.333.

From our editorial team

Jaga Asupan Bernutrisi untuk Kesehatan Kulit dari Dalam

Produk kosmetik serta perawatan kulit adalah salah satu cara dalam mendapat kulit sehat. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan kulit akan nutrisi supaya bisa terlihat senantiasa segar dan sehat. Jaga asupan makanan dan perbanyak konsumsi buah serta sayur. Meski terlihat sepele, ternyata kulit yang cukup terhidrasi serta mendapat vitamin secara tepat bisa membuat kulit kamu terlihat cerah dan sehat. Ini juga bisa membantu produk kecantikan untuk bekerja secara maksimal.

Tag