10 Buah dan Sayur yang Cocok untuk Merawat Kulit dan Wajah

10 Buah dan Sayur yang Cocok untuk Merawat Kulit dan Wajah

Bila selama ini Anda sering menggunakan produk kecantikan berbahan kimia, cobalah menggunakan perawatan kulit dengan bahan alami. Buah dan sayuran memiliki manfaat yang kaya akan zat gizi untuk membantu merawat kecantikan kulit maupun wajah. Berikut beberapa rekomendasi buah dan sayur yang bisa Anda coba di rumah.

Siapa sangka jika buah dan sayur tidak hanya kaya nutrisi bagi tubuh, tapi juga membantumu tampak lebih cantik dari dalam. Untuk menyempurnakan penampilanmu, manfaatkan juga kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan di dalamnya untuk memberikan perawatan ekstra pada kulit. Mulai dari scrub, masker, pembersih, hingga pelembab, mengoleskan buah maupun sayur ini terbukti mampu mempercantik kulit secara alami.

Pembersih Semua Jenis Kulit dari Lemon

Sumber gambar www.sheknows.com

Campurkan kacang almon yang dihaluskan, susu atau krim, dan perasan jeruk lemon. Gosokkan perlahan ke kulit wajah hingga rata, lalu bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Menurut Sue Dolan, M.Ed., penulis Naturally Skinsational: Rejuvenating Skin Care Recipes, lemon adalah sumber alami dari alpha hydroxy acids (AHA) dan antioksidan. Bentuk alami AHA seperti yang terkandung dalam lemon ditemukan dalam banyak resep perawatan kulit alami, bukan hanya sebagai pembersih tapi untuk mengencangkan dan mengeksfoliasi kulit.

Timun

Sumber gambar www.onegreenplanet.org

Selama ini, potongan timun mungkin hanya digunakan untuk menutup mata saat sedang melakukan sesi perawatan kulit di spa. Ternyata manfaatnya jauh lebih besar, lho. Sayuran ini mengandung asam askorbat dan asam caffeic, yang membantu mengencangkan kolagen di kulit. Coba haluskan mentimun dengan blender atau food processor, lalu tempelkan langsung ke kulit, bilas hingga bersih untuk mendapatkan hasil kulit tampak segar dan lembut.

Alpukat

Sumber gambar food.ndtv.com

Alpukat memiliki manfaat anti-penuaan, termasuk vitamin A, D dan E, serta protein, lesitin, kalium, dan beta-karoten. Alpukat juga mengandung emolien tinggi yang diberikan oleh sterolin sebagai pelembap alami. Bukan hanya mencegah kulit kering, tapi juga membantu menyembuhkan kulit yang rusak akibat sinar matahari, jaringan parut dan mengurangi flek hitam. Cara membuat masker tubuh berbahan alpukat cukup mudah. Campurkan daging buah alpukat dengan garam, madu, jus dan parutan kulit jeruk lemon, dan minyak kelapa. Aduk hingga lembut, lalu oleskan ke tubuh selama 10 hingga 15 menit, bersihkan dengan air hangat. Simpan sisanya di dalam lemari es selama dua hingga tiga hari ke depan.

Stroberi

Sumber gambar food.ndtv.com

Tidak hanya punya rasa yang segar, stroberi mengandung antioksidan alami, yang dikenal dapat memperbaiki kulit, menjaga kulit tetap awet muda, serta melindungi kulit dari polusi. Asam salisilat yang terkandung di dalam stroberi menghilangkan sel-sel kulit mati, membuat kulit terasa halus dan tampak bercahaya. Yuk, buat facial mask dari stroberi dengan menggabungkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur. Haluskan stroberi bersama susu lalu campur dengan tepung beras atau tepung maizena. Setelah diaduk rata, aplikasikan ke kulit wajah dan leher, biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk kulit menggunakan handuk kering. Gunakan dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Wortel

Sumber gambar www.organicfacts.net

Bisa dibilang, wortel merupakan sayuran serbaguna. Bukan hanya dapat diolah menjadi sup, tumisan, kue, bahkan minuman, sayuran berumbi ini juga punya manfaat yang baik bagi kulit. Sari wortel yang tinggi vitamin A dan C, folacin, dan potasium efektif melembabkan dan memperbaiki jaringan kulit, sekaligus melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari dan mengencangkan kulit. Untuk membuat masker wajah berbahan wortel, caranya cukup mudah. Masak wortel terlebih dahulu lalu haluskan dan campurkan dengan madu. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air dingin.

Jeruk

Sumber gambar www.eatthis.com

Selain sedap dimakan langsung atau diolah sebagai jus, jeruk juga dapat dimanfaatkan sebagai produk perawatan kulit alami. Kulit jeruk maupun sari buahnya dapat membantu mendapatkan kulit yang lebih sehat dan lebih cerah. Selain itu, jeruk juga dapat meningkatkan kadar kolagen di kulit dan sebagai hasilnya kulit yang tampak lebih awet muda.

Labu

Sumber gambar www.eatthis.com

Sayuran ini sangat padat dalam nutrisi seperti beta-karoten, vitamin A, dan seng. Ini juga berfungsi sebagai exfoliator alami yang lembut berkat kandungan alpha hydroxy-nya. Mencampurkan labu yang sudah dihaluskan ke dalam masker dan lulur dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dini dan juga dapat mencerahkan kulit berkat kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Nanas

Sumber gambar tecreview.tec.mx

Kaya vitamin C, buah tropis ini memiliki kandungan bromelain, enzim pencerna protein, yang cukup besar dan dapat digunakan sebagai pengelupas alami. Bahkan lebih baik lagi, nanas juga dapat membantu merangsang produksi kolagen yang lebih besar, sehingga menjaga kulit lebih kencang. Gunakan sari buah nanas untuk ditambahkan pada campuran masker atau scrub.

Tomat

Sumber gambar food.ndtv.com

Tomat mengandung vitamin dan mineral alami, termasuk Vitamin A, K, B1, B3, B5, B6, B7, dan vitamin C. Tapi yang membuat tomat menonjol di dunia kecantikan, adalah likopen, antioksidan yang memiliki sifat anti-penuaan yang luar biasa. Kamu bisa mengoleskan daging atau sari tomat pada kulit untuk mengaktifkan manfaat lycopene. Selain itu, penggunaan tomat pada kulit juga dapat membantu mengencangkan pori-pori, mencegah timbulnya jerawat, dan juga bertindak sebagai tabir surya alami.

Bit

Sumber gambar food.ndtv.com

Buah berwarna merah muda ini penuh dengan vitamin dan mineral yang bikin kulit tampak glowing secara alami. Sifat anti-radangnya mencegah timbulnya jerawat maupun komedo. Cukup dengan mengaplikasikan jus bit sebagai masker wajah akan membuat kulit tampak segar dan bercahaya. Jika memasukkan bit sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit, semua bintik-bintik hitam dan noda akan hilang dalam 5 minggu atau lebih, terutama karena kandungan besi, kalium, niasin, tembaga, dan vitamin C.

Delima

Sumber gambar www.health.com

Superfood yang satu ini kaya dengan senyawa anti-penuaan, seperti antioksidan dan vitamin C, dan merupakan tambahan yang populer untuk yogurt atau oatmeal. Tapi, delima juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan kulit. Gunakan untuk membuat scrub di rumah yang akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati untuk kulit halus dan lembut. Dalam food processor, campurkan biji delima, oatmeal, madu dan buttermilk. Oleskan ke wajah selama beberapa menit, lalu bilas. Untuk bagian kulit yang lebih kasar dan kering seperti siku, tambahkan gula pasir.

Cranberry

Sumber gambar greenblender.com

Selain sering dimanfaatkan untuk dressing dan minuman, cranberries juga dapat membantu mengelupas kulit mati secara alami. Cobalah perawatan menyegarkan ini dua kali sebulan. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan cranberry segar, anggur merah atau hijau tanpa biji, perasan jeruk lemon, dan gelatin. Aduk selama 20 detik, sampai mereka memiliki tekstur seperti pasta. Tutup dan dinginkan selama 45 menit untuk mengentalkan. Angkat dari lemari es dan diamkan sekitar 10 menit. Aplikasikan campuran tersebut pada kulit yang bersih dan kering, hindari area mata. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

From our editorial team

Lakukan perawatan secara teratur

Itulah beberapa buah dan sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit dan wajah. Bahan alami membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan kulit yang bersih dan sehat. Oleh karena itu, Anda harus melakukan perawatan secara teratur agar hasilnya maksimal. Yuk, rawat kulit dengan bahan alami yang dapat kamu temui dengan mudah di rumah.