Cantik Alami dengan 10 Kosmetik Tradisional Warisan Nenek Moyang

Cantik Alami dengan 10 Kosmetik Tradisional Warisan Nenek Moyang

Kadang, kosmetik kimia berbahaya bagi wajah dan kulit. Untuk itu, banyak yang mempercayakan produk herbal untuk perawatan kulit. Produk satu ini dibuat dari bahan alami, sehingga tidak berbahaya bagi wajah kamu. Nah, berikut ini, BP-Guide akan memberikan ulasan dan rekomendasi untuk kamu yang sedang mencari kosmetik herbal untuk wajah dan kulit.

Kosmetik Tradisional hingga Kini Masih Banyak Diminati

Penggunaan kosmetik oleh para kaum hawa terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, baik produk lokal maupun produk non lokal. Kosmetik tradisional alias berbahan herbal sepertinya tengah menjadi tren yang terjadi di tahun ini.

Kesadaran akan kandungan kimia yang berbahaya bagi wajah jika digunakan secara simultan menjadi pertimbangan kuat banyak wanita yang beralih menggunakan kosmetik berbahan herbal. Dengan penggunaan bahan herbal, wajah cantik tanpa efek samping jangka panjang.

Menurut data yang dilansir oleh Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPA Kosmetika), pertumbuhan penggunaan kosmetik berbahan herbal dibuktikan dengan tumbuhnya jumlah produksi hingga mencapai 30% di tahun 2016 lalu.

Keampuhan Kosmetik Tradisional sudah Terbukti sejak Lama

Walaupun popularitasnya terus mengalami peningkatan, ternyata kosmetik berbahan herbal telah diakui manfaatnya sedari dulu. Hal ini juga didukung oleh kekayaan hasil alam Indonesia yang telah menghasilkan bahan-bahan herbal yang berkhasiat tinggi serta kebudayaan masing-masing adat istiadat yang punya beragam cara dalam mempercantik diri lewat bahan alamiah.

Dari segi bahan, ada beberapa bahan herbal dengan khasiatnya masing-masing dan banyak dijadikan untuk kosmetik, antara lain:

  • Bunga Kenanga
    Bunga kenanga menjadi bahan dasar kosmetik herbal karena memiliki banyak khasiat, seperti dapat mengurangi garis kerutan, melembutkan kulit, dan menghambat pertumbuhan sel minyak di kulit. Selain itu kandungan vitamin E yang dimiliki bunga kenanga dapat menjadi pelindung dari pancaran sinar ultraviolet (UV).
  • Kunyit
    Kandungan curcumin dan antioksidan yang tinggi, membuatnya banyak digunakan untuk bahan produk-produk kecantikan. Khasiat kunyit telah diakui banyak orang karena mampu mengahaluskan kulit, menjaga kelembaban wajah, sampai memperlancar siklus haid. Masker kunyit yang bisa kamu buat sendiri di rumah, hanya dengan memarutnya dan mencampurkannya dengan tepung beras/alpukat/sari jeruk. Kunyit juga mampu mengobati penyakit kulit seperti eksim, kudis, dan borok.
  • Lidah Buaya
    Mengandung 72 zat yang berguna untuk tubuh, membuat lidah buaya menjadi bahan yang kaya akan manfaat. Untuk kebaikan kulit, lidah buaya dapat merangsang regenerasi sel kulit yang telah mati. Zat lignin pada lidah buaya mampu melembabkan kulit tubuhmu sehingga tidak mudah kering. Kamu pun dapat menjadikannya adonan masker untuk menghaluskan wajahmu.
  • Tomat
    Tidak hanya untuk sayur atau jus saja, tomat juga memiliki manfaat sebagai kosmetik herbal. Kandungan betakaroten dan likopen yang dipunyai tomat dapat memperhalus kulit wajah dan serangan jerawat. Ambil tomat, lalu cuci dan potong menjadi 4 bagian, setelah itu oleskan pada wajahmu. Tunggu beberapa saat dan basuh dengan air hangat. Kamu akan dapatkan wajah yang bersih dan kencang.
  • Seledri
    Seledri berkhasiat untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya, ambil beberapa daun seledri dari iris halus, masukkan ke dalam mangkuk yang berisi air mendidih, biarkan selama 20 menit. Simpan di lemari es agar zat yang terkandung di dalamnya tidak rusak. Pada malam hari, aplikasikan pada wajah menggunakan kuas, dan terakhir bilas dengan air hangat.

Keunggulan Kosmetik Tradisional

Ramah Lingkungan

Ramah lingkungan menjadi kata pertama yang menjelaskan betapa unggulnya kosmetik tradisional berbahan herbal. Selain harus merawat tubuh, tentunya kamu tidak ingin alam sekitar rusak hanya karena peralatan kecantikanmu bukan? Kosmetik tradisional unggul pada bagian ini dibanding produk serupa.

Dari bagian packaging sendiri, kosmetik tradisional akan menggunakan bahan biogradable alias mudah hancur dengan lingkungan sekitar. Pabrikan kosmetik mulai banyak meninggalkan penggunaan plastik sebagai wadah produk mereka dan beralih pada bahan yang ramah lingkungan seperti kayu atau kertas. Dari segi zat kimia pun semakin berkurang atau bahkan tidak sama sekali digunakan.

Produsen kosmetik tradisional pun dominan menggunakan bahan-bahan alami seperti buah-buahan, biji-bijian, bunga, dan lain-lain. Selain menggunakan bahan-bahan alami, kosmetik tradisional juga tidak menggunakan bahan-bahan hewani dan percobaan pada hewan. Kamu pun tidak perlu takut terhadap pemakaian kosmetik jenis ini dalam jangka waktu yang lebih lama.

Aman

Kelebihan lain kosmetik tradisional adalah aman untuk digunakan. Tanpa efek samping jika digunakan karena minimnya bahan merkuri yang dulunya populer digunakan untuk memutihkan kulit namun berbahaya untuk pemakaian dalam waktu lama.

Sisi dominonya, hasil dari kosmetik yang cenderung aman digunakan tentu saja lebih lama dibandingkan produk yang menggunakan bahan kimiawi. Lagi pula, dengan menggunakan produk kosmetik tradisional herbal, kita juga turut menjaga keseimbangan lingkungan.

Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Produk kosmetik tradisional berbahan herbal ternyata cocok dengan semua jenis kulit yang kamu miliki sekarang. Hal tersebut disebabkan karena produk jenis ini terbuat dari bahan-bahan alami yang aman terhadap kulit yang memiliki perlakuan khusus sekali pun.

Dalam membeli setiap produk kosmetik, diharapkan kamu dapat lebih selektif memilih dan disarankan untuk menggunakan produk kosmetik tradisional berbahan herbal. Hal ini dikarenakan jika kulitmu tidak cocok, maka bukan tidak mungkin justru akan merusak kulit. Tidak mau, bukan?

Tak Mencampurkan Bahan Kimia

Lagi-lagi, bahan kimia yang terkandung pada banyak kosmetik yang beredar di pasaran justru membahayakan untuk penggunaan jangka panjang kulitmu. Setidaknya terhimpun beberapa bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk kulit seperti merkuri, hidrokuinon, asam retinoid, resorsinol, rhodamin, DEG, dan timbal.

Di sinilah letak kelebihan produk kosmetik tradisional yang memang tidak mencampurkan bahan kimiawi pada produknya. Buat kamu yang ingin 'main aman', pilihlah kosmetik tradisional, deh.

Macam-macam Kosmetik Tradisional yang Ampuh Merawat Keindahan Tubuh

Ramuan Minyak Cem-ceman

Sumber gambar bukapak.com

Sering disebut mahkota, rambut bagi wanita memiliki nilai yang sangat penting sehingga perawatannya tentu akan lebih ekstra dibandingkan bagian tubuh lain. Sekali saja kamu tidak merawatnya atau salah dalam penanganannya, dalam hitungan singkat rambutmu akan bermasalah. Masalah yang sering terjadi pada rambut adalah ketombe, bercabang, dan mudah patah.

Untuk menjaga keindahan mahkotamu, ada ramuan tradisional yang telah dipercaya banyak leluhur yakni dengan menggunakan minyam cem-ceman. Terbuat dari minyak kelapa murni dan daun-daun urang-aring/waru/pandan/dll, membuat minyak cem-ceman dapat dimanfaatkan agar rambutmu tampil lebih kuat, bercahaya, hitam, dan halus. Selain itu, minyak cem-ceman juga meregenerasi akar rambut yang rusak agar tidak mudah patah atau lebih kuat.

Untuk membuat minyak cem-ceman sendiri, kamu membutuhkan 4 helai mangkokan, 2 helai daun pandan, 4 kuntum bunga kenanga, 1 buah kulit jeruk purut, 2 jari krangean, dan 10 sendok makan minyak kelapa. Cuci semua bahan tersebut dengan bersih lalu iris hingga rata. Campurkan bahan-bahan yang telah diolah tadi dengan minyak kelapa dan biarkan selama 3 malam. Setelah itu, kamu dapat memeras dan menyaringnya, serta memasukkannya ke wadah khusus. Cara pemakaiannya pun mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak tersebut ke kepala ketika mau keramas.

Jika tidak mau repot, terdapat dua produk minyak cem-ceman yang telah jadi di pasaran. Pilihan pertama adalah produk Wasiat Kraton yang dijual dengan harga Rp 27.500 di bukalapak.com dan Mustika Ratu seharga Rp 13.000 di shopee.co.id.

Masker Lidah Buaya

Sumber gambar tokopedia.com

Masker menjadi salah satu alat yang paling sering digunakan banyak wanita dalam merawat wajah. Apakah kamu salah satu diantaranya? JIka iya, coba deh manfaatkan masker berbahan lidah buaya. Selain baik untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga mampu menjaga kesehatan kulit, membuat kulit lebih cerah dan lebih lembab, serta meregenerasi sel-sel kulit yang telah mati.

Kandungan gel-gel yang terdapat di batang lidah buaya atau aloe vera mengandung zat antioksidan alami yang juga sebagai zat yang mampu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan maupun garis-garis samar. Lidah buaya juga mampu menangani luka-luka baik luka sobek, luka bakar, maupun luka akibat terbakar matahari.

Berniat untuk membuat masker lidah buaya sendiri di rumah demi kulit cerah? Coba deh siapkan lidah buaya, kunyit, madu, susu, dan air mawar. Potong-potong lidah buaya dan campur dengan bahan-bahan lainnya hingga membentuk seperti pasta. Oleskan di wajah selama kurang lebih 20 menit dan kemudian bilas dengan air. Lakukan secara rutin untuk dapatkan hasil yang maksimal.

Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi masker berbahan lidah buaya. Produk pertama adalah Masker Bioaqua Aloe Vera Gel Mask seharga Rp 9.900 di tokopedia.com, produk kedua adalah Jejo Aloe Vera Mask yang dijual di blibli.com dengan harga Rp 25.000, dan terakhir adalah produk ORIGINAL My Secret Lidah Buaya - Aloe Vera Hair Spa - Masker Rambut - Creambath seharga Rp 63.700 di bukalapak.com.

Masker Beras

Sumber gambar shopee.co.id

Siapa bilang beras cuma untuk dikonsumsi saja? Faktanya, beras merupakan salah satu bahan dasar yang baik untuk perawatan kulit wajah, lho. Khasiat beras dapat mencerahkan kulit wajahmu dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Zat inositol dan allantoin yang dimiliki beras mampu merangsang sel-sel baru. Tidak hanya itu, zat tersebut juga mampu melembabkan kulit yang kering dan mencegah iritasi kulit.

Ketika difermentasi, beras akan mengeluarkan zat bernama pitera yang bisa menjadikan kulit wajahmu lebih bening dan bercahaya. Oleh karena itu, masker beras bisa kamu jadikan pilihan untuk kulit wajah yang lebih baik.

Kamu dapat membuat sendiri masker beras di rumah. Yang kamu butuhkan antara lain 3 genggam beras putih, 1 genggam mahkota bunga kenanga, dan 1 buah bengkoang sebagai opsional. Beralih ke pembuatannya, cuci beras hingga bersih dan diamkan selama 2-3 hari. Kemudian blender buah bengkoang yang sudah dicuci bersih dan dikuliti, lalu ambil air sarinya. Hasil fermentasi beras tadi dapat kamu tumbuk hingga halus, lalu masukkan air sari bengkuang.

Tambahkan mahkota bunga kenanga dan bisa tambahkan daun pandan ke dalam adonan tadi. Selanjutnya, buat bola-bola kecil dari adonan tadi lalu jemur hingga kering. Voila, sudah jadi bedak dingin beras tersebut. Ketika ingin menggunakannya, larutkan bola dingin beras tersebut dalam sesendok air mawar. Oleskan di kulit wajahmu secara merata lalu diamkan 30 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Jika kamu tidak memiliki cukup waktu, terdapat tiga pilihan masker beras yang beredar di pasaran yakni Sariayu Masker Beras Merah sachet seharga Rp10.700 di shopee.co.id, The Body Shop Chinese Ginseng & Rice Clarifying Peling Mask Masker Wajah 75 mL seharga Rp 349,000 di blibli.com, dan Sariayu Masker Beras Series yang dibanderol Rp12.500 di lazada.co.id.

Air Jeruk Nipis

Buah kecil satu ini tidak hanya enak untuk diminum saja, namun juga dapat dijadikan kosmetik tradisional yang aman untuk kulitmu. Jeruk nipis punya sederet kelebihan antara lain mengatasi batuk dan flu, sakit maag, dan mengurangi bahaya kolesterol.

Beralih pada khasiatnya untuk kecantikan, jeruk nipis membantumu untuk mengurangi tumbuhnya jerawat di wajah, mencerahkan wajah, menghilangkan kulit yang kusam, dan berguna untuk perawatan khusus wajah para pria,

Jeruk nipis juga dapat menjadi masker perawatan wajah, lho. Caranya, irislah jeruk nipis menjadi beberapa bagian dan oleskan pada bagian wajahmu secara merata. Setelah itu, basuh dengan air dingin wajah yang sebelumnya telah dibalur air jeruk nipis tersebut. Selain itu, kamu juga dapat mengkombinasikan jeruk nipis dengan putih telur. Caranya, campurkan putih telur dengan perasan jeruk nipis, lalu usapkan secara merata di wajah. Bilas dengan air hangat dan lakukan secara teratur sampai wajah terasa lebih cerah.

Masker Bengkoang

Sumber gambar shopee.com

Bengkoang tidak diragukan lagi menjadi bahan dasar pembuatan banyak produk kecantikan. Tidak hanya nikmat untuk dimakan, namun khasiatnya untuk memutihkan kulit sudah terbukti sejak dulu kala. Terlihat dari banyak produk kosmetik seperti sabun, bedak, pelembab, body lotion yang menggunakan buah berwarna putih ini.

Terdapat sejumlah kelebihan bengkoang untuk kulit yaitu tentunya mencerahkan kulit wajah, menyembunyikan flek-flek hitam dan bekas jerawat, memperkecil pori-porimu yang membesar, dan mengurangi kadar minyak muka.

Ingin membuat masker bengkoang sendiri? Ambil satu buah bengkoang, kuliti, dan cuci hingga bersih. Parut hingga rata, lalu peras air dari parutan bengkoang tersebut dan diamkan hingga mengendap. Hasil endapan tadi dapat kamu gunakan sebagai masker wajahmu dengan mengoleskannya ke wajah dan didiamkan selama 20-30 menit. Bilas dengan air hangat lalu dengan air dingin.

Mau yang lebih praktis? berikut ini beberapa pilihan produk berbahan bengkoang yang cocok untukmu, yakni Mustika Ratu Masker Bengkoang 15gr di shopee.co.id seharga Rp 11.000, Viva Face Masker Bengkoang 30gr dengan harga Rp 6.500 di bukalapak.com, dan Ayudya Masker Bengkoang 500gr di laman tokopedia.com seharga Rp 58.000.

Asam Jawa untuk Flek Hitam

Beruntungnya tinggal di Indonesia yang merupakan negara tropis penghasil banyak rempah-rempah alami yang siap mendukung kecantikanmu. Asam jawa ternyata memiliki manfaat mengurangi noda menghitam di kulit, mengurangi kerutan-kerutan penuaan, dan memperhalus kulit. Hal tersebut dikarenakan adanya kandunga vitamin B/C/E, serat, kalium, kalsium, fosfor, mangan, dan zat besi.

Lalu, bagaimana membuat masker ala-ala asam jawa? Mudah sekali. Hancurkan daging buah asam jawa, lalu tambahkan satu sendok minyak zaitun dan aduk. Hasil adonan tersebut dapat kamu oleskan di wajah selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan hal tersebut secara rutin dan dapatkan hasil wajah yang lebih segar dan bersih.

Masker Kunyit

Sumber gambar bukalapak.com

Kandungan kurkuminoid yang terdapat dalam kunyit memiliki manfaat anti-inflamasi dan kandungan antiseptik yang ampuh dalam membasmi jerawat yang sering hinggap di wajahmu. Khasiat kunyit pun diperkuat oleh semakin banyaknya produk kecantikan yang menjadikannya bahan utama pada produk andalannya.

Adapun sederet manfaat yang dimiliki kunyit antara lain menghilangkan jerawat, menghilangkan kadar minyak di wajah, menghilangkan garis-garis kerutan akibat penuaan dini, menyembuhkan kulit yang terbakar akibat sinar ultraviolet yang berlebih, menghilangkan bulu-bulu di tubuh, dan mencerahkan kulit secara bertahap.

Yuk, membuat masker kunyit murah meriah di rumah. Siapkan 1 sendok makan kunyit, 3 sendok makan rempah-rempah kunyit, yoghurt dan madu. Jadikan satu semua bahan, hancurkan dan aduk hingga menjadi adonan dengan tekstur menyerupai pasta yang kental. Masker kunyit pun siap digunakan! Oleskan merata di wajah dan diamkan kurang lebih sekitar 15 menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Ingin yang lebih simple? Ini dia beberapa produk masker kunyit rekomendasi untukmu, antara lain Masker Kunyit Momo yang dihargai Rp50.000 di bukalapak.com, Masker Kefir Kunyit di laman lazada.co.id seharga Rp70.000, dan Masker Kunyit Kiloan yang dijual di tokopedia.com dengan harga Rp 100.000.

Lulur Mangir

Sumber gambar bukalapak.com

Lulur mangir menjadi satu dari sekian banyak rahasia kecantikan putri-putri kerajaan atau keraton Indonesia, lho. Oleh karena itu, sulit rasanya untuk menghilangkan lulur mangir dari daftar kosmetik tradisional herbal andalan. Lulur mangir membuat kulitmu lebih mulus dan berwarna kuning langsat yang sudah menjadi ciri khas wanita Indonesia. Tidak hanya itu, lulur mangir juga mampu menghilangkan kulit rusak akibat bekas luka.

Tidak hanya itu saja, lulur mangir juga memiliki aroma khas yang menenangkan dan menggairahkan tubuh, lho. Gunakan lulur mangir setiap hari secara rutin dan kamu akan dapatkan hasil yang maksimal. Yuk, buat lulur mangir buatanmu sendiri. Sediakan 1 genggam beras yang telah direndam kurang lebih 2 jam lamanya, tepung beras, temu giring, kunyit, bubuk kranggeran, kencur, dan 4 buah cengkeh. Hancurkan semua bahan tersebut dengan bantuan blender dan masker lulur mangir siap untuk digunakan! Kamu cukup mengoleskan adonan lulur tersebut ke tubuh dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

Nggak punya cukup waktu bikin racikan sendiri? Berikut ini beberapa opsi lulur mangir instan yang dapat kamu gunakan, yaitu Lulur Mangir Manten Keraton By Roro Mendut yang dibanderol Rp 52.500 di website lazada.co.id, Lulur Temugiring + Kemuning (Mangir) seharga Rp 10.000 di bukalapak.com, dan Sri Ratu Lulur Keraton Mangir Kuning Sachet 50 gr dengan harga Rp 12.000 di shopee.co.id.

Lulur Putih Telur

Sumber gambar lazada.com

Rekomendasi kosmetik tradisional berbahan herbal jatuh pada lulur putih telur. Pasalnya lulur bahan ini jika dikombinasikan dengan beberapa buah seperti jeruk nipis, alpukat, atau wortel ampuh untuk melembabkan kulit wajahmu yang kering, mempercepat proses regenerasi kulit, menghilangkan flek bekas jerawat, mengencangkan wajah, dan mengontrol kandungan minyak di wajah.

Untuk kamu yang ingin membuat sendiri lulur putih telur, ada beberapa treatment yang disesuaikan dengan kulitmu. Jika kamu dengan tipe kulit normal, kamu bisa campurkan putih telur dengan madu, lalu oleskan merata ke kulit wajahmu. Kamu dapat mengganti madu menjadi alpukat jika bertipe kulit kering, perasan lemon untukmu yang termasuk kulit berminyak, dan ketimun jika kamu masuk dalam golongan kulit yang berjerawat. Cara menggunakannya, lapisi kulit wajah dengan adonan lulur tersebut selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan rutin setiap hari untuk dapatkan hasil yang optimal.

Buat kamu yang ingin lebih praktis, tersedia produk Mask Egg White Peel Off Masker Putih Telur 85gr yang dihargai Rp13.000 di beberapa lama e-commerce seperti Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak.

Minyak Kelapa

Sumber gambar blibli.com

Selain digunakan untuk pijat, minyak kelapa ternyata ampuh bagi kecantikan kulit, lho. Hal ini terlihat dari kepopulerannya dalam beberapa waktu terakhir. Kelebihan minyak kelapa untuk kesehatan adalah mampu melawan bakteri jahat, menghalau gangguan lambung/maag, untuk kepentingan diet, sebagai antioksidan yang baik untuk jantung, mengurangi kadar lemak, dan mengurangi bahaya diabetes.

Untuk kecantikan sendiri, minyak kelapa atau biasa disebut virgin coconut oil (VCO) sebagai antibiotik yang dapat membersihkan jerawat dan mampu untuk melembabkan kulit yang kering atau mengelupas.

Apa bisa minyak kelapa dibuat sendiri? Jawabannya tentu saja bisa! Ada 3 cara yang bisa kamu gunakan untuk bisa menghasilkan minya kelapa murni.

  • Cara pertama
    Rebus parutan kelapa tua yang telah di blender dan di saring, selama 1 jam. Kemudian aduk hingga air mendidih hingga krimnya berwarna kecoklatan.
  • Cara kedua
    Potong daging kelapa tua, blender, lalu saring hasilnya yang berupa santan. Tambahkan air dan lakukan berulang hingga menghasilkan santan yang banyak. Diamkan selama 24 jam agar lapisan minyak pun terpisah dari santan, lalu kamu bisa masukkan ke kulkas.
  • Cara ketiga
    Potong kelapa segar dan keringkan satu hari penuh. Masukkan potongan tadi ke blender dan hancurkan semuanya. Pindahkan hasil blenderan tadi ke dalam toples yang hangat seharian. Kamu akan mendapati minyak kelapa di bagian permukaan toples tersebut.

Buat kamu yang ingin lebih praktis, berikut ini terdapat beberapa pilihan minyak kelapa siap pakai, antara lain Bali Nutra VCO Organik Minyak Kelapa Asli Bali seharga Rp 60,000 di blibli.com, Avara Bhumi Rasa Coconut Cooking Oil (Minyak Kelapa) ukuran 525 ml yang dibanderol Rp 48.600 di lemonilo.com, dan Minyak Kelapa NATURA 500ml Organic Coconut Oil di Bukalapak.com seharga Rp 49.600.

From our editorial team

Kosmetik Tradisional, Warisan Turun Temurun

Kosmetik tradisional, dulunya digunakan oleh para raja dan ratu, serta keluarga kerajaan. Kemudian, secara turun temurun, terus dipertahankan hingga akhirnya digunakan siapa saja. Sekarang sudah ada yang praktis. Produk yang direkomendasikan BP-Guide di atas, tentunya bisa jadi pilihan jitu bagi kamu.