10 Rekomendasi Minyak Cengkeh Serbaguna dan Kaya Manfaat (2022)

10 Rekomendasi Minyak Cengkeh Serbaguna dan Kaya Manfaat (2022)

Minyak cengkeh adalah salah satu produk dari alam yang punya banyak manfaat lho. Mulai dari kesehatan hingga kecantikan, serta bisa juga digunakan oleh segala usia. Berikut ini BP-Guide akan memberikan rekomendasi minyak cengkeh serbaguna untuk Anda!

Minyak Cengkeh Serbaguna dan Kaya Manfaat

Cengkeh merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sering kali dijadikan sebagai bumbu masakan. Selain digunakan sebagai untuk memperkaya cita rasa makanan, cengkeh juga memiliki banyak khasiat sehingga dijadikan juga sebagai salah satu bahan obat-obatan herbal.

Karena banyaknya manfaat yang dikandung oleh cengkeh, maka diproduksilah minyak cengkeh. Minyak cengkeh sendiri dapat dibuat dengan cara menyaring tunas bunga kering cengkeh. Bagian lain dari pohon seperti batang dan daun pun bisa dimanfaatkan. Warna minyak cengkeh yang dihasilkan dapat bervariasi dari warna putih bening hingga kuning muda.

Manfaat Minyak Cengkeh

Meredakan Sakit Gigi

Minyak cengkeh mengandung bahan aktif eugenol yang dapat berfungsi sebagai anestesi alami, sehingga zat ini pun dapat membantu mengurangi rasa sakit untuk meringankan sakit gigi. Eugenol sendiri juga memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan, sehingga dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi pada gusi.

Mengatasi Mual

Cengkeh memiliki aroma yang sangat kuat dan minyaknya dapat dijadikan sebagai aromaterapi yang menenangkan. Bagi orang yang sering merasa mual, entah itu ketika berada di dalam perjalanan atau ibu hamil yang mengalami morning sickness, dapat menggunakan minyak cengkeh sebagai aromaterapi.

Detoksifikasi Tubuh

Minyak cengkeh juga dapat memberikan manfaat dalam mengurangi kadar racun di dalam darah. Hal ini karena minyak cengkeh dapat memurnikan trombosit atau keping darah. Maka dari itu, minyak cengkeh bermanfaat untuk membuat darah menjadi lebih bersih dan sirkulasinya pun menjadi lebih lancar.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Minyak cengkeh mengandung antioksidan. Kandungan antioksidan ini berperan dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai sel tubuh. Oleh karena itu, antioksidan yang ada di dalam minyak cengkeh ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah kerusakan sel.

Anti Kanker

Dilansir dari situs ui.ac.id, Dr.Fadilah, M.Si, Doktor Fakultas Farmasi (FF) UI meneliti senyawa eugenol dalam tanaman cengkeh yang ternyata dapat digunakan sebagai bahan penghambat kanker kolorektal. Kanker kolorektal adalah jenis kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon) atau rektum, biasanya berbentuk polip yang tumbuh di sepanjang dinding permukaan kolon atau rektum.

Cara Memilih Minyak Cengkeh

Sesuaikan Kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam menggunakan suatu produk yang memiliki kandungan tertentu. Sementara produk minyak cengkeh yang memiliki segudang manfaat ini juga terkadang dicampur dengan bahan lain yang juga memiliki beragam manfaat.

Oleh karena itu, sesuaikanlah pilihan produk minyak cengkeh sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih yang Murni

Beberapa produk minyak cengkeh diproduksi dengan mencampur minyak cengkeh bersama bahan lainnya. Jika produk minyak cengkeh dibuat dari bahan alami tanpa banyak campuran bahan kimia, Anda tentu akan lebih aman dan lebih leluasa dengan menggunakannya.

Sebagai tambahan, Anda pun bisa memilih minyak cengkeh yang terbuat dari tanaman cengkeh organik dan diolah dengan penyulingan yang terpercaya untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Pastikan Kemasannya Mampu Menjaga Kualitas Minyak Cengkeh

Botol kaca, khususnya yang berwarna lebih gelap seperti coklat atau amber, akan dapat lebih mempertahankan kualitas produk yang ada di dalamnya. Sebab, pengaruh perubahan suhu atau paparan sinar matahari pada botol dapat memungkinkan kualitas kandungan di dalam suatu produk menjadi berkurang.

Jadi, selain melihat komposisi pada label suatu produk minyak cengkeh, perhatikan juga bahan kemasan yang digunakan.

Rekomendasi Minyak Cengkeh yang Kaya Manfaat

Minyak Cengkeh Walikukun

Minyak cengkeh Walikukun ini mengandung 15% bahan minyak lainnya atau disebut juga sebagai carrier oil. Jadi, Anda tidak perlu mencampurnya dengan minyak lain saat menggunakannya.

Anda bisa langsung membalurkan minyak cengkeh ini ke tubuh untuk merelaksasikan diri, sambil memijat tubuh Anda. Carrier oil ini juga ditambahkan agar Anda tak perlu khawatir akan sensasi kulit terbakar saat memakainya.

Harga Rp. 10.000-25.000

Healing Solutions Clove Essential Oil

Minyak cengkeh yang satu ini merupakan produk asal Amerika, tetapi bahan bakunya berasal dari Indonesia, yakni dari cengkeh yang dibudidayakan secara organik.

Setiap bunga cengkeh disuling dan diuji kualitasnya. Hasilnya adalah minyak cengkeh dengan aroma wangi yang lebih kuat sebagai aromaterapi nan memiliki beragam manfaat kebaikan bagi tubuh Anda.

Harga Rp. 100.000-150.000

Serambi Botani Clove Oil

Brand Serambi Botani terkenal dalam hal memproduksi berbagai obat herbal dan produk alami lainnya yang organik.

Salah satu produknya adalah minyak esensial cengkeh yang diolah dari cengkeh pilihan yang kaya akan manfaat seperti sebagai aromaterapi yang dapat merilekskan tubuh dan pikiran Anda.

Harga Rp. 50.000-100.000

Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua

Minyak cengkeh yang satu ini telah memiliki klaim dapat meredakan sakit gigi. Tidak heran memang, karena kandungan di dalam cengkeh pun memiliki khasiat untuk meringankan rasa sakit gigi.

Anda dapat menggunakan minyak ini ketika gigi terasa sakit atau pada gusi yang bengkak untuk mengurangi nyeri dan peradangan. Namun, agar tidak kambuh lagi, Anda sebaiknya memeriksakan gigi Anda pada dokter gigi ya.

Harga Rp. 10.000-20.000

Nusaroma Clove Bud Essential Oil

Diolah dari minyak cengkeh murni, produk minyak cengkeh dari Nusaaroma juga memiliki segudang manfaat bagi Anda, mulai dari menghangatkan tubuh, melancarkan peredaran darah, hingga meningkatkan imunitas. Anda boleh mencampurnya dengan carrier oil untuk dibalurkan ke tubuh.

Anda juga bisa meneteskan minyak ini ke dalam bak mandi atau bathtub untuk agar suasana mandi jadi lebih rileks.

Harga Rp. 35.000-50.000

Darjeeling Clove Bud Essential Oil

Anda dapat menggunakan minyak cengkeh ini pada diffuser, lalu uap aromaterapinya akan tersebar mengisi sudut-sudut ruangan dan wanginya akan tercium untuk menenangkan tubuh dan pikiran Anda.

Ruangan pun menjadi lebih wangi dan sebagai bonus, uap ini juga dapat bertindak sebagai desinfektan yang berfungsi membuat udara menjadi lebih bersih dari sumber penyakit.

Harga Rp. 25.000-150.000

Minyak Cengkeh Cap Merpati Putih

Minyak Cengkeh Cap Merpati Putih ini berasal dari Ambon, kota yang sedari dulu terkenal sebagai kota penghasil rempah-rempah berkualitas. Tak jarang produk ini pun sering dijadikan sebagai cenderamata dari Ambon.

Khasiatnya sangatlah banyak, dan salah satu manfaat minyak cengkeh ini adalah sebagai obat keseleo. Tidak ada salahnya untuk membekali diri dengan minyak cengkeh ini.

Harga Rp. 25.000-100.000

Al Ghuroba Minyak Cengkeh

Produk minyak cengkeh ini dapat digunakan untuk membantu meredakan perut kembung, masuk angin, sakit gigi, dan gatal-gatal akibat serangga.

Minyak ini disuling dari bunga cengkeh kering tanpa campuran bahan kimia lainnya. Oleh karena produknya dibuat dari minyak cengkeh murni, minyak cengkeh ini pun aman digunakan oleh ibu hamil.

Harga Rp. 25.000-50.000

Happy Green Clove Bud Essential Oil

Pada kemasannya tertulis bahwa minyak cengkeh ini dapat digunakan untuk membantu meredakan sakit gigi.

Anda dapat menggunakan minyak cengkeh ini sebagai obat kumur dengan meneteskan minyak ini ke dalam segelas air. Berkumur dengan larutan itu dapat membasmi bakteri jahat yang ada di dalam mulut. Mulut pun menjadi lebih bersih dan segar.

Harga Rp. 30.000-100.000

Minyak Cengkeh Cap Gajah

Minyak Cengkeh Cap Gajah ini dikenal akan khasiatnya yang beragam untuk kesehatan. Anda dapat menggunakannya untuk meredakan sakit gigi, mengobati jerawat, menghilangkan bau mulut, serta mengatasi nyeri sendi.

Bahkan, minyak cengkeh ini juga dipercaya dapat digunakan untuk meningkatkan gairah seksual. Wangi aromaterapi nya juga dapat menenangkan pikiran, membuat tubuh menjadi lebih rileks, dan mengatasi masalah pernapasan.

Harga Rp. 10.000-30.000
From our editorial team

Perhatikan Cara Penggunaan Minyak Dengan Teliti Ya!

Memilih minyak cengek alami terbaik seperti rekomendasi BP-Guide di atas belum cukup lho. Anda juga harus memperhatikan cara penggunaannya dengan sangat teliti. Selain itu, pastikan minyak cengkeh yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda ya!

Tag