10 Rekomendasi Minyak Kemiri yang Bikin Rambut Makin Subur (2022)

10 Rekomendasi Minyak Kemiri yang Bikin Rambut Makin Subur (2022)

Rambut yang indah dan tebal adalah idaman siapa saja. Anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan minyak kemiri untuk rambut. Yuk, cek rekomendasi produk minyak kemiri dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Minyak Kemiri Jadi Cara Alami Menutrisi Rambut

Kemiri yang sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk melezatkan masakan ini juga memiliki khasiat yang dapat diandalkan untuk menutrisi rambut. Buktinya, tak sedikit produsen yang memproduksi produk perawatan rambut dengan minyak kemiri sebagai bahan yang ditonjolkan di dalamnya.

Produk perawatan rambut berbahan minyak kemiri ini dibuat dan dipasarkan untuk memudahkan masyarakat memperoleh manfaat kemiri.

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut

Menebalkan Rambut

Rambut yang tipis dapat terjadi karena masalah rambut rontok ataupun masalah rambut yang patah. Penggunaan minyak kemiri secara rutin dapat mencegah rambut rontok dan menguatkan batang rambut supaya tidak mudah patah. Oleh karena itu, pemakaian minyak kemiri dapat membuat rambut menjadi lebih tebal.

Menghitamkan dan Membuat Rambut Berkilau

Kandungan omega 3 pada kemiri dapat membantu membuat rambut menjadi hitam dan berkilau. Di samping itu, kandungan asam gamma-linolenic yang ada di dalamnya dapat mengembalikan kelembaban rambut sehingga rambut pun menjadi sehat dan berkilau.

Menumbuhkan Rambut

Tak jarang para orang tua mengaplikasikan minyak kemiri pada kulit kepala bayi agar dapat merangsang pertumbuhan anak-anak rambut.Orang dewasa pun dapat menggunakan minyak ini untuk merangsang pertumbuhan rambut demi menebalkan rambut atau mengatasi kebotakan pada rambut.

Mengatasi Ketombe dan Menyehatkan Kulit Kepala

Karena mempunyai sifat yang melembabkan, pengaplikasian minyak kemiri pada kulit kepala dapat mengatasi kulit kepala kering dan mengelupas. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena minyak kemiri tidak akan membuat kulit menjadi berminyak.

Justru, pengaplikasian minyak kemiri pada kulit kepala dapat mengirimkan sinyal bahwa kulit sudah lembab, jadi kelenjar minyak tidak memproduksi lebih banyak minyak. Kulit kepala yang lembab dan sehat ini mampu mengatasi masalah ketombe.

Menguatkan Akar Rambut

Jika Anda termasuk yang sering mencoba berbagai gaya rambut, terutama dicepol atau diikat, Anda sebaiknya menutrisi rambut agar menjadi kuat. Pasalnya, rambut yang sering diikat kuat cenderung berisiko mengalami kerontokan. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan minyak kemiri untuk membantu menguatkan akar rambut agar rambut pun jadi tidak mudah tercabut.

Cara Memilih Minyak Kemiri Terbaik

Pilih yang Sesuai Kebutuhan

Berbagai pilihan merek produk minyak kemiri untuk kesehatan rambut kadang membuat Anda menjadi bingung mau pilih merek yang mana. Sementara kulit kepala setiap orang bisa berbeda-beda, ada yang jenisnya berminyak, kering, sensitif, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda dapat memperhatikan komposisi dari produk minyak kemiri itu dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Beli Produk yang Original

Bukan rahasia lagi bahwa saat ini banyak terdapat produk-produk tiruan yang tidak diproduksi dari pabrik aslinya. Jika Anda ingin mendapatkan produk yang aman dan berkualitas, Anda perlu memilih produk yang original. Anda dapat membelinya dari official store dari merek tersebut agar lebih terpercaya atau mencari review dari pembeli yang telah membeli produk ini di toko tertentu.

Cek Dulu Kemasannya

Penting untuk selalu memperhatikan kemasan produk karena disana terdapat berbagai info yang patut untuk Anda ketahui. Pada kemasan produk, Anda dapat mengetahui komposisi dari suatu produk di label kemasannya. Anda bisa mencocokkan info yang tertera pada kemasan produk itu dengan jenis permasalahan rambut yang Anda miliki.

Rekomendasi Minyak Kemiri Untuk Merawat Rambut

KUKUi Candlenut Oil

KUKUi Candlenut Oil ini terbuat dari seratus persen minyak kemiri alami dengan segala manfaatnya untuk kebaikan kulit kepala dan kesehatan rambut Anda.

Produk ini pun dikemas dengan kemasan yang simpel dan mengedepankan unsur kesederhanaan, sesederhana jumlah jenis bahan alami yang digunakannya.

Jika Anda mencari produk minyak kemiri yang alami dan terbuat seratus persen dari kemiri asli, Anda dapat memilih produk yang satu ini.

Harga Rp. 20.000-50.000

Cantiqa Kemiri Minyak Kemiri

Di samping memproduksi Saripati Kemiri, Cantiqa Kemiri juga memproduksi minyak kemiri. Kedua produk tersebut sama-sama terbuat seratus persen dari kemiri murni.

Untuk menutrisi rambut, menguatkan akar rambut, menebalkan rambut, mengatasi masalah ketombe, menghitamkan rambut, dan mendapatkan berbagai kebaikan kemiri lainnya, Anda dapat menggunakan Cantiqa Kemiri Minyak Kemiri sebagai perawatan rambut Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda bisa mencampurkan 1 sdt minyak kemiri dan 0,5 sdt saripati kemiri (atau jumlah lain dengan skala 2:1 untuk minyak kemiri:saripati kemiri), lalu mengoleskannya ke kulit kepala, rambut, dan alis.

Harga Rp. 75.000-150.000

Tropee Bebe Candlenut Oil

Minyak kemiri yang satu ini dibuat khusus untuk perawatan kulit kepala bayi dan anak-anak. Produk ini pun dikemas dengan kemasan lucu bergambar kartun sehingga terlihat menarik bagi anak-anak. Produk ini juga merupakan tipe spray sehingga Anda lebih praktis saat menggunakannya.

Tropee Bebe Candlenut Oil ini memiliki molekul yang dapat meresap lebih cepat ke dalam lapisan epidermis kulit. Oleh karena itu, produk ini dapat langsung bekerja secara maksimal saat dioleskan ke kulit kepala.

Di samping itu, warna produk ini juga bening karena dalam proses produksinya, minyak kemiri diekstraksi tanpa proses pemasakan sehingga nutrisinya lebih terjaga dan tidak berkurang.

Harga Rp. 50.000-100.000

Cussons Baby Hair Lotion Candle Nut & Celery

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan merek yang menjual kebutuhan bayi ini, bukan? Cussons Baby juga memproduksi produk perawatan kulit kepada dan rambut bayi, lho.

Seperti namanya, produk ini mengandung kemiri dan seledri yang dapat membantu menutrisi rambut bayi agar sehat, tampak hitam dan berkilau.

Untuk menjaga rambut anak agar tetap sehat, hitam, tebal, dan terasa segar, Anda dapat mengaplikasikan Cussons Baby Hair Lotion Candle Nut & Celery pada rambut dan kulit kepalanya setelah keramas.

Harga Rp. 15.000-50.000

Cultusia Minyak Kemiri

Cultusia memproduksi berbagai produk perawatan tubuh dan rambut. Salah satu produk perawatan rambut yang dihadirkannya adalah Cultusia Minyak Kemiri yang menganduk ekstrak minyak kemiri.

Kandungan ekstrak minyak kemiri pada Cultusia Minyak Kemiri ini sangat baik untuk menguatkan akar rambut, menyuburkan, dan menghitamkan rambut, serta mengatasi masalah ketombe.

Produk ini juga diperkaya dengan vitamin E dan argan oil untuk menutrisi rambut Anda dengan lebih maksimal.

Harga Rp. 10.000-20.000

FORA Minyak Kemiri

FORA Minyak Kemiri mengandung minyak kemiri asli dan diperkaya dengan minyak jojoba yang mampu melembabkan rambut, sehingga dapat Anda gunakan juga untuk mengatasi masalah rambut bersisik. Produk ini juga mengandung bahan pendukung lainnya seperti Paraffinum Liquidum dan Isopropyl Myristate serta pewangi.

Sebagai minyak kemiri ibu dan anak, produk dari FORA ini dapat menyuburkan rambut Anda dan si kecil. Bahkan produk perawatan ini bukan hanya mampu mengatasi permasalahan rambut kering, patah, dan rontok, melainkan juga mampu merangsang pertumbuhan rambut, bulu mata, dan alis.

Anda hanya perlu mengoleskan minyak kemiri ini pada bagian yang diperlukan. Jika Anda ingin memakaikannya pada bulu mata dan alis, gunakanlah dengan hati-hati agar tidak mengenai mata dan membuatnya perih atau iritasi.

Harga Rp. 5.000-20.000

HerbaLove Minyak Kemiri

HerbaLove Minyak Kemiri dibuat dari biji kemiri yang diproses dengan serangkaian teknik tertentu sehingga menghasilkan minyak kemiri yang berkualitas sebagai produk perawatan rambut.

Karena menggunakan bahan-bahan alami yang berkualitas, produk ini aman digunakan untuk membantu menghitamkan, menyuburkan, serta mengatasi kebotakan yang seringkali mengganggu rasa percaya diri.

Produk minyak kemiri ini dapat Anda jadikan sebagai hair tonic. Anda cukup mengusapkan minyak kemiri ini pada kulit kepala dan rambut sambil memberikan pijatan secara perlahan. Lakukanlah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Harga Rp. 50.000-100.000

Zwitsal Baby Hair Lotion Natural with Aloe Vera Kemiri Seledri

Produk-produk perawatan dari Zwitsal sudah lama dipercaya untuk merawat bayi dengan kondisi kulit sensitif. Produk ini pun sudah teruji secara klinis aman untuk digunakan pada kulit bayi. Jadi Anda dapat menggunakan produk Zwitsal ini sebagai perawatan rambut bayi.

Produk perawatan rambut dari Zwitsal ini memiliki campuran minyak kemiri, seledri, dan lidah buaya atau aloe vera. Paduan ketiga bahan ini dapat membantu pertumbuhan rambut bayi agar tumbuh hitam, lebat, dan lembut.

Selain menutrisi rambut agar tetap sehat, Zwitsal Baby Hair Lotion Natural with Aloe Vera Kemiri Seledri juga memiliki aroma yang menyegarkan sehingga rambut bayi pun jadi harum sepanjang hari.

Harga Rp. 10.000-30.000

Roro Mendut Minyak Kemiri

Roro Mendut memanglah tokoh legenda yang terkenal sebagai perempuan tangguh. Namun, nama Roro Mendut juga merupakan merek produk perawatan tradisional herbal yang berasal dari Yogyakarta. Salah satu produknya adalah Roro Mendut Minyak Kemiri yang dapat Anda gunakan untuk perawatan rambut herbal.

Produk minyak kemiri Roro Mendut ini terbuat seratus persen dari minyak kemiri, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk mencegah rambut kering, menguatkan rambut, membuat rambut berkilau, serta mencegah ketombe. Produk ini dapat digunakan oleh semua umur.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda dapat mencampurkan minyak kemiri Roro Mendut dengan saripati kemiri Roro Mendut dengan takaran 2:1 untuk minyak kemiri:saripati kemiri. Setelah mencampurkan keduanya, oleskanlah pada kulit kepala secara merata sambil memijat kulit kepala secara perlahan agar dapat meresap lebih cepat.

Harga Rp. 100.000-150.000

Lovana Happy KemiriKu Minyak Rambut

Rekomendasi minyak kemiri selanjutnya adalah Lovana Happy KemiriKu Minyak Rambut yang diolah dari minyak kemiri yang mampu menutrisi kulit kepala dan rambut agar tumbuh sehat dan cantik berkilau.

Produk ini juga dilengkapi dengan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan untuk membantu proses pemeliharaan kesehatan rambut dan rambut pun menjadi awet.

Cara penggunaannya pun sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengoleskan produk ini ke kulit kepala sambil memberikan pijatan lembut. Baik untuk digunakan sehabis keramas saat kondisi rambut setengah basah. Lakukan dengan rutin, maka rambut pun akan menjadi lebih lembut dan terawat.

Harga Rp. 8.500-20.000
From our editorial team

Rajin Keramas Juga Membantu Rambut Jadi Lebih Sehat

Tidak hanya minyak kemiri seperti rekomendasi BP-Guide saja lho yang bisa membuat rambut terlihat indah dan berkilau. Rajin keramas juga membantu menyehatkan rambut. Setelah itu, setiap selesai keramas, oleskan minyak kemiri ke akar dan batang rambut.