Dapatkan Rambut Sehat Terawat dengan 10 Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik (2021)

Dapatkan Rambut Sehat Terawat dengan 10 Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik (2021)

Rambut sehat dan terawat adalah dambaan setiap orang tanpa memandang jenis kelamin dan usia. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk merawat rambut adalah dengan mengoleskan minyak kemiri secara rutin. Untuk masalah rambut Anda tentu tak boleh sembarangan memilih produk. Berikut adalah 10 rekomendasi minyak kemiri terbaik yang bisa Anda jadikan solusi perawatan rambut.

Kandungan Minyak Kemiri yang Kaya Manfaat

Kemiri adalah salah satu komoditas yang kerap diambil minyaknya untuk berbagai kegunaan. Minyak kemiri sendiri berada di dalam kulit yang sangat keras. Orang tua zaman dahulu sering mengoleskan minyak kemiri ke rambut agar menjadi hitam dan lebat. Kemiri yang juga disebut dengan candlenut umumnya juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan lilin. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai berbagai manfaat minyak kemiri, tentu Anda perlu mengetahui berbagai kandungan penting dalam komoditas ini.

Kandungan minyak kemiri yang kerap menjadi sorotan adalah asam lemak, mulai dari asam linoleic, asam linolenic, hingga asam oleic. Asam linoleic sendiri biasa digunakan pada produk kecantikan, karena dinilai mampu melembapkan kulit, bersifat antiradang, dan mengurangi risiko timbulnya jerawat. Kemudian, asam linolenic dinilai mampu menunjang pertumbuhan dan perkembangan. Sementara itu, asam oleic biasa digunakan sebagai bahan pengemulsi dalam sabun, pelunak, dan pelarut dalam produk aerosol.

Manfaat Minyak Kemiri yang Perlu Anda Ketahui

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Dengan kandungan yang berlimpah, minyak kemiri menyimpan berbagai manfaat bagi manusia. Salah satu manfaat yang sudah banyak diketahui adalah mampu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Kandungan asam amino dan asam lemak yang dimiliki mampu menutrisi batang rambut dan kulit kepala. Sehingga, rambut tampak halus, tebal, dan berkilau.

Minyak kemiri juga bisa mengatasi kulit kepala gatal dan ketombe. Minyak ini juga dipercaya mampu mencegah dan mengurangi rambut rontok dari akarnya. Kandungan protein dan mineral di dalamya membantu menguatkan akar rambut. Pertumbuhan rambut baru juga semakin cepat.

Melembapkan Kulit

Tak hanya untuk rambut dan kulit kepala, minyak kemiri juga bermanfaat bagi kulit secara umum. Salah satu manfaatnya adalah mampu melembapkan kulit. Kandungan asam lemak pada minyak kemiri mampu mengatasi kulit kering.

Minyak kemiri dapat meresap masuk ke dalam pori-pori dengan mudah. Hal ini membuatnya efektif menutrisi kulit. Kulit pun menjadi lebih halus, kenyal, dan lembap. Minyak ini juga tidak akan meninggalkan bekas pada kulit, sehingga nyaman diaplikasikan setiap saat.

Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Beraktivitas di luar ruangan setiap hari tentu membuat kulit menjadi rentan mengalami kerusakan. Bukan rahasia lagi, kulit rentang menerima radikal bebas dari berbagai sumber, seperti sinar matahari, debu, angin, dan partikel lingkungan lainnya. Oleh sebab itu, merawat kulit secara rutin sangat diperlukan untuk memelihara kesehatannya.

Minyak kemiri adalah salah satu komoditas yang bisa Anda jadikan pilihan untuk merawat kulit sehari-hari. Minyak ini mengandung berbagai vitamin yang bermanfaat bagi kulit, antara lain vitamin A, C, dan E. Ketiga vitamin tersebut berperan sebagai antioksidan yang membantu untuk melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas.

Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Selain membantu mengatasi kulit kering, minyak kemiri rupanya juga dapat membantu menyembuhkan beberapa masalah kulit. Mulai dari kulit pecah-pecah, iritasi ringan, luka ringan, luka bakar, bekas luka, eksim, jerawat, hingga psoriasis. Tentu hal ini dikarenakan berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki oleh minyak kemiri.

Salah satu kandungannya yang berperan dalam mengatasi masalah kulit adalah asam linoleic. Asam lemak tak jenuh omega-6 ini dipercaya bersifat antiradang, mampu mengurangi risiko timbulnya jerawat, serta melembapkan kulit. Kandungan vitaminnya juga berperan sebagai antioksidan yang membantu dalam mengatasi berbagai masalah kulit tersebut.

10 Rekomendasi Minyak Kemiri Terbaik untuk Menutrisi Rambut

Happy KemiriKu Minyak Rambut

Manfaat minyak kemiri dalam menutrisi rambut memang tak perlu diragukan lagi. Happy KemiriKu Minyak Rambut adalah salah satu produk minyak kemiri terbaik yang bisa diandalkan untuk merawat rambut Anda. Produk ini terbuat dari minyak kemiri asli yang kaya manfaat untuk perawatan rambut.

Berbagai manfaat yang ditawarkan, yaitu menghitamkan, menyuburkan, dan mencegah kerusakan rambut. Produk ini baik digunakan setelah keramas, saat kondisi rambut masih setengah basah. Cara aplikasinya cukup mudah, yaitu tuang Happy KemiriKu Minyak Rambut secukupnya dan ratakan ke seluruh rambut. Pijat kulit kepala dengan lembut untuk hasil yang lebih maksimal.

Harga Rp. 9.888-12.400

Al-Khodry Minyak Kemiri

Al-Khodry Minyak Kemiri adalah produk minyak kemiri asli yang dibuat secara tradisional dan alami. Berbagai manfaat yang ditawarkan, antara lain menghitamkan rambut dan mengatasi rambut rontok. Minyak kemiri ini juga cocok bagi Anda yang ingin menyuburkan rambut, jambang, kumis, jenggot, bulu mata, dan alis.

Produk ini cocok untuk crembath dan bisa digunakan untuk segala umur. Bahkan, Al-Khodry Minyak Kemiri bisa digunakan untuk melebatkan dan menghitamkan rambut bayi. Minyak kemiri ini bisa digunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal. Caranya adalah mengoleskan minyak secukupnya pada bagian yang diinginkan sehabis mandi.

Harga Rp. 15.000-15.900

FORA Minyak Rambut Kemiri Ibu dan Anak

FORA Minyak Rambut Kemiri Ibu dan Anak adalah salah satu produk minyak kemiri terbaik yang ada di pasaran. Produk andalan FORA ini telah dipercaya sejak tahun 1952 untuk menyuburkan rambut. Selain terbuat dari minyak kemiri asli, produk ini juga dilengkapi bahan pendukung lainnya, seperti kukui nut oil dan jojoba oil.

Minyak kemiri ini memiliki aroma wangi dan tidak lengket di rambut. FORA Minyak Rambut Kemiri Ibu dan Anak cocok untuk segala usia. Produk ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi rambut si kecil yang tipis. Selain menyuburkan alis dan rambut, produk ini juga mampu menghaluskan dan menghitamkan rambut.

Harga Rp. 16.000-25.000

Gogofield Kukui Oil

Produk minyak kemiri terbaik berikutnya adalah Gogofield Kukui Oil. Terbuat dari minyak kemiri asli dan dibuat dari biji kemiri berkualitas, produk ini diolah dengan teknologi cold press dan difilter lagi dengan paper filter. Pengolahan ini membuat minyak kemiri yang dihasilkan bersih dari residu dan endapan yang tidak diperlukan.

Gogofield Kukui Oil tidak memiliki bau yang menyengat, sehingga nyaman digunakan sehari-hari. Produk ini berguna untuk mempercepat pertumbuhan rambut, memperkuat akar rambut, dan mencegah ketombe. Tak hanya untuk perawatan rambut, minyak kemiri ini juga dapat melembapkan kulit kering. Hadir dengan kemasan spray membuatnya lebih praktis untuk diaplikasikan.

Harga Rp. 33.200-51.500

Herbalove Minyak Kemiri

Herbalove Minyak Kemiri adalah produk berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi. Produk ini berasal dari biji kemiri berkualitas yang melalui serangkaian proses tertentu untuk menghasilkan minyak yang berkualitas. Minyak kemiri ini juga menggunakan bahan-bahan berkualitas lainnya yang alami dan aman digunakan.

Manfaat utama dari Herbalove Minyak Kemiri adalah membantu mengitamkan, menyuburkan, serta mengatasi kebotakan agar Anda tampil lebih percaya diri. Produk ini bisa digunakan sebagai tonic setelah atau sebelum keramas. Tersedia dalam ukuran 30 ml dan 60 ml, Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Harga Rp. 58.000-150.000

KUKUi Minyak Kemiri

Rekomendasi minyak kemiri terbaik berikutnya adalah KUKUi Minyak Kemiri. Produk ini dilengkapi dengan minyak argan yang diolah dengan teknologi modern cold pressed tanpa katalis dan pemanasan. Dengan demikian, kemurnian dan kandungan nutrisi di dalamnya tetap terjaga dengan baik. Terbuat dari buah kemiri asli membuat warnanya lebih kuning dan kental.

Argan oil yang melengkapinya mampu meminimalisir terjadinya bau tengik dan tidak membuat kulit kepala berminyak. Berbagai kandungan yang dimiliki oleh KUKUi Minyak Kemiri, antara lain omega 3, 6, dan 9, serta vitamin E dan B complex. Produk ini cocok untuk menghitamkan dan menyuburkan rambut, serta mengatasi rambut rontok dan bercabang.

Harga Rp. 33.500-45.000

Cantiqa Kemiri Minyak & Saripati Kemiri

Cantiqa Kemiri Minyak & Saripati Kemiri adalah produk minyak kemiri berkualitas yang dapat digunakan untuk dewasa dan anak-anak. Produk ini terbuat dari kemiri berkualitas yang diolah dengan metode pengolahan tradisional asli Payakumbuh, Sumatera Barat. Diolah tanpa penjernih, bahan pengawet, pewarna, maupun pewangi buatan, membuatnya aman bagi kulit kepala sensitif.

Produk ini bermanfaat untuk menghitamkan, melebatkan, dan memperkuat akar rambut. Cantiqa Kemiri Minyak & Saripati Kemiri juga bisa menjadi solusi kerontokan parah, kebotakan, serta rambut bercabang. Minyak kemiri ini membantu mencegah rambut bercabang, menghilangkan ketombe, mencegah tumbuhnya uban, dan membuat rambut lebih mengkilap.

Harga Rp. 150.000-160.000

Djeng Ayu Minyak Kemiri

Djeng Ayu Minyak Kemiri adalah produk minyak kemiri terbaik yang hadir dengan dilengkapi vitamin E. Mengandung minyak kemiri yang kaya manfaat untuk menutrisi rambut dan kulit kepala, produk ini juga diperkaya dengan vitamin E sebagai antioksidan. Rambut menjadi lebih sehat, kuat, dan terjaga kilau alaminya.

Komposisi dari produk ini, antara lain Mineral Oil, Aleurites Moluccana Send Oli, Fragrance, Tocopheryl Acetate, Solvent Yellow 33 (CL 47000). Cara pakainya cukup sederhana, yaitu oleskan minyak kemiri ke seluruh kulit kepala dan pijat dengan lembut. Anda bisa menggunakannya setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Harga Rp. 6.099-8.000

CO.E Olive Kemiri Oil

Produk berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah CO.E Olive Kemiri Oil. Dibuat dengan perpaduan olive dan kemiri membuatnya lebih kaya nutrisi. Minyak kemiri ini mampu merawat rambut untuk membuat rambut sehat dan berkilau, walaupun dalam kondisi diwarnai. Produk ini ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut yang Anda miliki, mulai dari ketombe hingga rambut rontok.

CO.E Olive Kemiri Oil cocok untuk Anda yang mendambakan rambut panjang, sebab mampu memberikan hasil pertumbuhan rambut 3-10 cm dalam waktu sebulan. Komposisi produk ini, antara lain Olive (Olea Europaea) Oil, Aleurites moluccana seed oil, Tocopheryl Acetate, Phenoxyethanol, Fragrance, dan PEG-40 Hydrogenated Castor Oil.

Harga Rp. 27.440-43.900

Lus Ayu Minyak Kemiri

Lus Ayu Minyak Kemiri adalah produk minyak kemiri terbaik terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi. Produk ini hadir dalam dua varian, yaitu Lus Ayu Kuning dengan aroma Sweet Flower dari Rose & Freesia, serta Lus Ayu Hijau dengan aroma Jasmine & Musk. Meski hadir dengan aroma yang berbeda, kedua produk ini memiliki manfaat yang sama.

Minyak kemiri ini memiliki kandungan nutrisi yang menjadikan rambut lebih cantik dan berkilau. Kandungan vitamin E di dalamnya juga merawat rambut, sehingga menjadi lebih sehat. Sama seperti minyak kemiri pada umumnya, Anda cukup mengoleskannya secara merata pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat. Diamkan selama 30-60 menit, lalu bilas dengan sampo hingga bersih.

Harga Rp. 7.000-8.800
From our editorial team

Jangan Sembarangan Memilih Minyak Kemiri untuk Si Kecil

Para ibu kerap mengoleskan minyak kemiri ke rambut dan alis si kecil agar lebih lebat dan hitam. Perlu dipahami bahwa bayi memiliki kulit yang masih sensitif, sehingga Anda perlu selektif dalam memilih produk, termasuk minyak kemiri. Pastikan bahwa produk yang Anda pilih diolah secara higienis tanpa tambahan alkohol, pengawet, pewarna, maupun pewangi buatan. Bila perlu, pilih produk yang memang dirancang khusus untuk bayi, sehingga lebih terjamin keamanannya.