10 Rekomendasi Sampo Anti Ketombe dan Anti Jamur untuk Rambut Berketombe (2021)

10 Rekomendasi Sampo Anti Ketombe dan Anti Jamur untuk Rambut Berketombe (2021)

Rambut merupakan mahkota yang bisa kita kreasikan semenarik mungkin. Namun, semenarik apapun kreasinya, akan jadi kurang bagus jika rambut kita berketombe. Atasi ketombe dengan benar dan gunakan sampo yang tepat. Cek rekomendasi sampo terbaik untuk kamu!

Ketombe Bikin Kurang Percaya Diri

Rambut yang indah bikin tampilan kita jadi lebih percaya diri. Sayangnya, ada saja masalah yang bikin rambut jadi kurang menarik. Salah satu masalah rambut paling mengganggu adalah ketombe.

Masalah yang satu ini tidak bisa disepelekan. Ketombe bisa menyerang siapa saja, pria ataupun wanita. Kondisi di mana kulit kepala mengelupas dan mengeluarkan serpihan kulit mati berminyak dan berwarna putih ini bikin kulit kepala jadi gatal. Selain itu, ketombe bisa bertebaran dan bahkan berjatuhan ke bahu. Saat kita memakai pakaian warna gelap, ketombe yang tampak di baju tentu akan sangat mengganggu penampilan.

Adanya ketombe bikin kita jadi kurang percaya diri. Kita bisa saja dilihat sebagai orang yang kurang bisa menjaga kebersihan rambut. Ini membuat kita jadi malu, tidak nyaman, dan ingin segera mengenyahkan ketombe dari rambut dan kulit kepala.

Ketahui dulu penyebab munculnya ketombe agar kamu tahu cara mengatasinya. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan ketombe. Pertama adalah karena kamu tidak rutin membersihkan rambut dengan cara keramas. Atau mungkin saja keramasnya kurang bersih. Kedua, bisa saja karena kamu jarang menyisir rambut. Rambut yang jarang disisir membuat sel kulit mati menumpuk di kulit kepala dan menyebabkan ketombe.

Hal lain yang menyebabkan ketombe adalah jamur dan bakteri. Ada jenis jamur malassezia yang membuat kulit kepala iritasi dan menimbulkan banyak sel-sel kulit yang tumbuh. Ini bikin kulit kepala gatal dan kamu jadi risih dengan ketombe.

Nah, setelah mengenal aneka penyebab ketombe, yuk, kenali cara mengatasinya dengan baik!

Tips Mengatasi Rambut Berketombe

Gunakan Sampo yang Tepat

Keramas adalah cara paling ampuh untuk menghilangkan ketombe. Namun, jika ketombe kamu parah, maka kamu butuh sampo yang tepat yang bisa mengurangi minyak dan penumpukan sel kulit kering di kulit kepala.

Pilihlah sampo dengan kandungan bahan aktif ketoconazole. Bahan yang satu ini ampuh mengatasi jamur dan bakteri di kulit kepala penyebab ketombe.

Kamu bisa juga memilih sampo dengan kandungan selenium. Sampo semacam ini bisa mengurangi malassezia yang merupakan jamur penyebab ketombe. Sampo selenium juga bisa membuat kulit kepala bebas kering dan gatal.

Pilihan lainnya adalah sampo dengan bahan antifungal. Kulit kepala akan bebas gatal dan bikin kamu tak lagi risih dengan ketombe.

Gunakan Bahan Alami

Untuk mengatasi ketombe membandel, kamu bisa juga memakai bahan alami. Dengan bahan alami maka efek sampingnya lebih sedikit. Kendati demikian, kita memang harus rela sedikit ribet untuk melakukan perawatan dengan bahan alami.

Bahan pertama adalah tea tree oil. Kamu bisa gunakan bahan ini untuk keramas. Campurkan dengan sampo yang biasa kamu gunakan lalu bilas seperti biasa.

Boleh juga memakai minyak kelapa. Bahan ini cukup dipijatkan pada kulit kepala. Gunakan 5 sendok makan minyak kelapa untuk dicampur pada sampo saat keramas. Lakukan keramas seperti biasa dan bilas hingga bersih.

Lemon juga bisa kamu andalkan dalam hal ini. Ambil 2 sendok makan sari lemon, pijatkan di kulit kepala, lalu bilas dengan air.

Bahan lain yang bisa digunakan adalah minyak zaitun. Hangatkan minyak zaitun sebentar lalu pijatkan ke kulit kepala. Diamkan 45 menit lalu bilas dengan sampo dan kondisioner.

Tingkatkan Asupan Omega 3

Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3. Kekurangan nutrisi omega 3 bisa membuat kulit kering, rambut kering dan berketombe, dan lain sebagainya. Masukkan makanan atau minuman tinggi omega 3 dalam menu keseharian kamu. Beberapa contoh makanannya adalah ikan trout, salmon, hingga makarel. Kamu bisa juga mengonsumsi flaxseed, walnut, hingga chia seed. Boleh juga mengonsumsi suplemen minyak ikan, namun pastikan berkonsultasi dengan dokter mengenai suplemen yang bagus ya.

Kendalikan Stres

Salah satu penyebab utama ketombe adalah stres. Kamu yang ingin bebas ketombe harus bisa mengendalikan stres. Saat stres terkendali, kamu bisa jadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, kulit juga bisa lebih bebas kering dan gatal.

Ketika kita tidak bisa mengendalikan stres, maka sistem imun tubuh bisa menurun. Tubuh jadi kurang bisa melawan mikroba, termasuk juga melawan jamur penyebab ketombe.

Ini Dia Deretan Sampo Anti Ketombe dan Anti Jamur yang Bagus

Ketomed Scalp Solution

Ketomed Scalp Solution merupakan rekomendasi pertama kami. Kamu yang mengalami ketombe parah karena jamur, bisa mengandalkannya. Sampo ini kaya akan ketoconazole untuk mencegah ketombe yang disebabkan mikroba. Sampo ini juga bisa mencegah kerontokan dan mencegah gatal di kulit kepala. Rambut jadi lebih lebat, bebas ketombe, bebas jamur, dan lebih sehat.

Harga Rp. 41.000-56.000

Erha Erazol

Erha Erazol Shampo bisa digunakan bagi mereka yang ingin mengobati infeksi jamur di kulit kepala. Kondisi seperti dermatitis seboroik, ketombe, dan pityriasis versicolor bisa diatasi dengan baik. Sampo ini hadir dengan kandungan ketoconazole sebanyak 20 mg jadi akan membuat kulit kepala bebas gatal dan jamur. Cukup basahi rambut dan kulit kepala lalu tuang sampo secukupnya. Pijatkan pada kulit kepala lalu bilas hingga bersih.

Harga Rp. 148.000-180.000

Sebamed Anti Dandruff Shampoo

Sebamed Anti Dandruff Shampoo bisa digunakan bagi mereka yang memiliki gejala mirip dermatitis seboroik pada kulit kepala. Sampo ini akan mengatasi ketombe dan jamur yang membandel di kulit kepala. Rambut jadi lebih sehat dan tidak mudah rontok. Dengan kandungan ketoconazole, sampo bisa mengatasi bakteri dan jamur yang bikin kulit jadi berkerak. Sampo ini bebas paraben, pewarna, alkohol, mineral oil, dan silikon. Kandungan moisturizer dan kondisioner alami mampu memberikan kemilau alami dan juga membuat rambut jadi lebih bervolume.

Harga Rp. 86.000-148.000

Serasoft Complete Hair Therapy Shampoo

Serasoft Complete Hair Therapy Shampoo bisa jadi andalan kamu. Sampo ini bisa digunakan bagi yang memiliki ketombe parah. Dibuat dengan lidah buaya dan ketoconazole, sampo ini akan melawan ketombe yang disebabkan jamur di kulit kepala. Rambut juga bisa ternutrisi dengan baik sehingga tidak akan mudah patah dan rontok. Kebotakan bisa dicegah dan rambut jadi makin lebat. Kamu juga bisa merasakan rambut lebih halus dan mudah ditata dengan pemakaian teratur.

Harga Rp. 9.000-39.000

Erhair Scalp Care Shampoo

Erhair Scalp Care Shampoo merupakan produk yang inovatif. Dibuat oleh tim dermatologi dan dokter terbaik, samponya ampuh untuk mengatasi ketombe yang membandel. Sampo ini juga akan mengatasi jamur malassezia penyebab gatal di kulit kepala. Kandungan climbazole dan piroctone olamine dapat mengatasi jamur dan bakteri. Ada juga kandungan lidah buaya dan pro vitamin B5 untuk membuat rambut jadi lebih halus, lebat, dan mudah diatur.

Harga Rp. 61.000-129.000

TRESemme Scalp Care Shampoo

TRESemme Scalp Care Shampoo cocok untuk kamu yang ingin memiliki rambut lebat dan bebas ketombe. Rambut lebat adalah impian semua wanita. Sayangnya, kadang ketombe bikin risih dan bikin rambut mudah rontok. Sampo yang satu ini hadir dengan ZPTO yang akan melawan jamur penyebab ketombe di kulit kepala. Ada juga tea tree oil sehingga bisa menutrisi dan menguatkan akar rambut. Sensasi dingin pada kulit kepala akan terasa berkat bahan yang satu ini. Rambut tumbuh lebih lebat dan sehat.

Harga Rp. 24.000-63.000

Davines Naturaltech Purifying Shampoo

Davines Naturaltech Purifying Shampoo mampu membersihkan tanpa menyebabkan iritasi. Hadir dengan ekstrak dandelion yang kaya akan antioksidan dan antiinflamasi, samponya akan membersihkan ujung rambut hingga kulit kepala. Ada kandungan selenium sulfide yang bisa bekerja sebagai antimikroba untuk mengurangi ketombe dengan melawan pertumbuhan jamur.

Terbuat dari bahan yang aman, samponya cocok untuk kulit kepala sensitif. Sampo ini juga ampuh mengurangi ketombe dan memperbaiki kondisi kulit kepala.

Harga Rp. 180.000-288.000

CLEAR Ice Cool Menthol

CLEAR Ice Cool Menthol wajib jadi pilihan kalau rambut kamu berketombe karena bakteri dan jamur. Kaya akan zinc, samponya bisa meminimalisir adanya bakteri penyebab jamur. Sampo ini juga mengandung Nutrium 10 dari 10 nutrisi dan ekstrak tumbuh-tumbuhan. Ada sensasi cooling menthol yang menyegarkan kulit kepala. Kamu jadi merasa segar dan siap kembali beraktivitas. Rambut bebas lepek, bebas ketombe, dan kamu bebas bergaya dengan rambut indahmu.

Harga Rp. 42.000-67.000

Dancoly Green Tea Shampoo for anti dandruff

Dancoly Green Tea Shampoo bikin rambut kamu jadi bebas bau. Jika kamu termasuk orang yang aktif seharian, pastinya kulit kepala terasa gerah, gatal, dan bau. Kalau dibiarkan ini akan menimbulkan ketombe. Segera gunakan sampo yang satu ini. Kaya ini akan ekstrak teh hijau murni, samponya bisa mengangkat minyak berlebih dari rambut dan kulit kepala. Ekstrak teh hijau murni juga bisa mencegah infeksi bakteri. Usai keramas kamu bisa menikmati sensasi segar aroma sampo untuk relaksasi. Sampo hadir dengan amino acid namun bebas silikon sehingga aman untuk kulit kepala.

Harga Rp. 195.000-273.000

Dove Dandruff Care Shampoo

Dove Dandruff Care Shampoo merupakan rekomendasi terakhir kami. Sampo yang satu ini bisa menjaga kulit kepala dari bakteri dan jamur. Kaya akan zinc pyrithione, samponya ampuh menghilangkan ketombe dan gatal pada kulit kepala. Produk ini bisa digunakan setiap hari atau sesuai kebutuhan. Kulit kepala bebas bakteri dan jamur, gatal pun tak kembali ke kulit kepala. Kamu jadi lebih bisa menikmati indahnya rambut tanpa gangguan ketombe.

Harga Rp. 9.000-31.000
From our editorial team

Ketahui Kapan Harus Ke Dokter

Ketombe memang tidak akan meningkatkan risiko komplikasi. Meski demikian, kondisi ini wajib diwaspadai jika ada beberapa gejala lain yang muncul. Kamu wajib waspada jika semisal ada gejala infeksi seperti kulit kemerahan dan pembengkakan. Waspada juga jika ketombe tidak kunjung hilang meski sudah menjalani pengobatan. Hati-hati juga jika ada tanda eksem dan psoriasis. Jika ada berbagai tanda-tanda tersebut, alangkah baiknya segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Tag