Atasi Ketombe pada Rambut dengan 10 Rekomendasi Sampo Ketombe Terbaik (2021)

Atasi Ketombe pada Rambut dengan 10 Rekomendasi Sampo Ketombe Terbaik (2021)

Jangan biarkan ketombe merenggut kepercayaan dirimu. Masalah kepala berketombe biasa diatasi dengan sampo yang tepat, kok. Simak artikel berikut ini untuk menemukan rekomendasi sampo ketombe terbaik versi BP-Guide.

Rambut Berketombe akan Merusak Harimu

Siapa sih yang nggak bete dengan rambut berketombe? Kepercayaan diri jelas akan menurun jika rambutmu berketombe, apalagi saat ketombe berjatuhan di atas pakaian. Gejala ketombe biasanya ditandai dengan kulit kepala yang gatal dan bersisik.

Penyebab ketombe sendiri sangat bermacam-macam. Mulai dari kulit kepala yang kering dan menimbulkan serpihan-serpihan kecil yang menjadi ketombe. Kebersihan rambut juga sangat berpengaruh lho. Ketombe sangat mudah muncul pada rambut yang kotor dan jarang dikeramasi.

Pada kondisi yang parah, kulit kepala ditumbuhi oleh jamur yang menyebabkan munculnya ketombe. Jamur pada kulit kepala biasanya merupakan akibat dari lembabnya kulit kepala karena keringat dan minyak berlebih.

Zat Aktif Dalam Sampo yang Ampuh Melawan Ketombe

Asam Salisilat

Bahan aktif pertama yang biasanya ditemui pada sampo anti ketombe adalah asam salisilat. Senyawa asam ini bekerja melepaskan sel kulit mati yang membuat kulit kepala kering dan bersisik. Saat keramas, asam salisilat akan memecah tumpukan sel kulit mati menjadi serpihan kecil yang dapat disiram dengan air. Bahan ini juga dapat melembapkan rambut dan mencegah rambut dari kekeringan.

Ketoconazole

Sebenarnya, ketoconazole lebih ideal digunakan pada bagian tubuh lainnya. Namun bukan berarti bahan ini tidak ampuh dalam membersihkan kulit kepala dari jamur. Sama seperti asam salisilat, ketoconazole juga dapat meluruhkan sel kulit mati di kepala dan membuat kulit kepala lebih sehat, tidak bersisik. Namun sampo berbahan ketoconazole tidak boleh dijual bebas di pasaran dan hanya bisa dibeli dengan resep dokter.

Zinc Pyrithione

Zinc Pyrithione biasanya disingkat dengan ZPT. Bahan ini pasti sudah sering kamu temui di berbagai produk sampo anti ketombe. Bahan kimia aktif ini bertugas untuk membasmi jamur dan bakteri di kulit kepala. Dengan pemakaian yang rutin, pertumbuhan jamur di kulit kepala dapat dihentikan oleh ZPT.

Selain itu bahan ini juga cocok untuk kulit kepala berminyak dan sensitif. Seiring berjalannya waktu, ZPT dapat memperbaiki kondisi kesehatan kulit kepala dan mengurangi kerontokan rambut yang disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati.

Selenium Sulfide

Selenium sulfide pada sampoo antiketombe bertujuan untuk menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan infeksi kulit kepala. Zat ini juga mampu menyembuhkan infeksi seperti dermatitis seboroik. Kalau ketombe di kepalamu cukup parah disertai gatal, iritasi, bahkan ruam kemerahan, maka kamu wajib memilih sampo yang mengandung bahan ini.

Tea Tree Oil

Berbeda dengan bahan-bahan sebelumnya, bahan aktif ini terbuat dari bahan organik. Tea tree oil dikenal sebagai komponen yang ampuh dalam membasmi jerawat membandel di wajah. Ternyata manfaatnya tidak berhenti sampai disitu.

Sampo dengan kandungan tea tree oil terbukti mampu mengurangi ketome dengan sangat ampuh. Bahan ini juga dapat mengurangi kelebihan minyak pada kulit kepala dan membersihkan kotoran pada kulit kepala.

Tips Memiliih Sampoo Antiketombe yang Aman untuk Kulit Kepala

Utamakan Sampo Jenis Amino Acid

Sampo amino acid adalah sampo yang aman untuk kulit kepala karena tidak dapat memberikan stimulus. Amino acid juga tidak mempengaruhi regenerasi kulit kepala dan dapat menghilangkan ketombe secara bertahap. Jenis asam amino pada sampo anti ketombe biasanya adalah lysine, glycine, cystine, proline, glutamine, cysteine, methionine, dan proline.

Hindari Sampo dengan Bahan yang Kuat

Sampo yang mengandung bahan pembersih yang sangat kuat dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Kamu yang punya kulit kepala sensitif harus berhati-hati dengan ini. Jika kamu ingin membeli sampo antiketombe, pastikan tidak ada kandungan alkohol dan petroleum di dalamnya.

Pilih Sampo Berbahan Organik

Sampo ketombe yang paling aman adalah sampo yang terbuat dari bahan-bahan organik. Bahan yang sering digunakan adalah tea tree oil, apple cider vinegar, coconut oil, dan aloe vera. Kandungan nutrisi yang ada pada bahan alami tersebut merupakan komponen utama yang diandalkan untuk menghilangkan ketombe dan memelihara kesehatan kulit kepala.

Rekomendasi Sampo Antiketombe Terbaik yang Dapat Mengembalikan Kesehatan Rambut

Garnier Neril Anti Dandruff Shield Shampoo

Ketombe pada rambut bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Garnier Neril Anti Dandruff Shield Shampoo dapat menjadi solusi yang tepat untuk masalahmu. Produk pembersih rambut ini mengandung piroctone olamine yang sangat efektif dalam melawan jamur penyebab ketombe di kulit kepala. Kandungan wheat protein dan cartham oil di dalamnya dapat merawat rambut setiap hari.

Selain bisa membersihkan kulit kepala dari ketombe, sampo ini juga dapat menjaga kulit kepala agar tidak diserang ketombe lagi. Dapatkan rambut yang lebih sehat, lebat, dan bebas ketombe.

Harga Rp. 60.000-110.000

Pantene Pro-V Shampoo Anti Dandruff

Membahas sampo antiketombe terbaik tentu tidak bisa meninggalkan merek yang satu ini. Pantene Pro-V Shampoo Anti Dandruff menciptakan formula terbaik untuk membantu kamu mengatasi masalah ketombe yang bikin pusing.

Sampo ini diperkaya dengan Pro Vitamin yang sangat efektif melawan jamur penyebab ketombe, menutrisi rambut dengan baik, membuat rambut tumbuh lebih lebat. Buat kamu yang sering menghabiskan waktu di luar ruangan, sampo ini bisa membersihkan rambut dari debu dan kotoran secara maksimal, meredakan gatal di kulit kepala.

Harga Rp. 15.000-75.000

Good Virtues Co. Happy & Heavenly Anti-Dandruff Care Shampoo

Good Virtues Co. Happy & Heavenly Anti-Dandruff Care Shampoo adalah produk yang terbuat dari 100% bahan non hewani tanpa tambahan zat aditif. Tidak hanya dikenal ampuh melawan ketombe, sampo ini juga dapat menguatkan folikel rambut. Dua masalah rambut yaitu ketombe dan rontok dapat diatasi dengan sampo yang satu ini.

Kandungan alami di dalamnya antara lain adalah habbatussauda oil, vitamin B5, dan piroctone olamine yang dapat mengatasi masalah pada kulit kepala. Aman digunakan oleh semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekali pun. Belum lagi kemasannya yang cantik akan membuatmu mudah jatuh cinta dengan produknya.

Harga Rp. 50.000-160.000

Sunsilk Hijab Recharge Refresh Anti Dandruff

Wanita berhijab pasti sering mengalami rambut berketombe karena kondisi kulit kepala yang cenderung lembab akibat tertutup sepanjang hari. Kamu juga merasakan hal yang sama? Kini kamu tidak perlu lagi khawatir karena ada Sunsilk Hijab Recharge Refresh Anti Dandruff. Sampo ini diformulasikan khusus untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap segar dan wangi dalam keadaan tertutup.

Produk ini diperkaya dengan ZPTO yang dapat membunuh jamur penyebab ketombe, ekstrak jeruk nipis dan buah tin yang bekerja melindungi kulit kepala dari ketombe dan membuatnya tetap segar. Sampo amino acid ini tidak akan memberi rangsangan kuat pada kulit kepala. Teknologi perfume touch mampu menjaga aroma rambut tetap segar selama 48 jam setelah keramas. Kini rambut yang segar, wangi, dan bebas ketombe bukan lagi sekadar mimpi!

Harga Rp. 15.000-50.000

Wardah Anti Dandruff Shampoo

Brand Wardah kini tidak hanya fokus pada produk makeup dan skincare saja, tetapi mulai merambah produk perawatan rambut. Kamu bisa mempercayakan perawatan rambut berketombe dengan Wardah Anti Dandruff Shampoo. Sampo halal ini diperkaya dengan kandungan tea tree oil dan zinc actives yang sangat efektif menghilangkan ketombe.

Ekstrak daun mint pada shampoo memberikan efek dingin pada kulit kepala, membuatmu merasa lebih tenang dan nyaman. Sampo ini juga cocok digunakan oleh wanita berhijab karena tidak membuat rambut lepek dan berkeringat.

Harga Rp. 15.000-35.000

Sebamed Anti-Dandruff Shampoo

Sebamed Anti-Dandruff Shampoo adalah produk yang dibuat untuk penderita dermatitis seboroik. Sampo ini juga aman untuk semua kondisi kulit kepala, baik yang sensitif maupun yang normal. Mengandung bahan aktif piroctone olamine, tenside, dan protein yang bekerja mengatasi ketombe, mengurangi minyak pada kulit kepala, dan jerawat di kulit kepala.

Kandungan pH di dalamnya adalah 5,5 yang dirancang untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala. Sampo ini bebas alkali dan bebas sabun, sehingga tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit.

Harga Rp. 85.000-150.000

Head & Shoulders Cool Menthol

Ingin merasakan sensasi dingin di kulit kepala setelah keramas? Kamu perlu kenalan dengan Head & Shoulders Cool Menthol. Mengandung kadar pH seimbang yang aman digunakan sehari-hari. Kandungan menthol di dalamnya meninggalkan sensasi dingin dan segar di kulit kepala. Rambut pun terasa lebih lembut dan halus.

Sampo ini dibuat dengan teknologi 3 Action Formula yang sangat efektif untuk melindungi, melembabkan, dan membersihkan kulit kepala. Ada pula kandungan piroctone olamine yang memampu mengusir ketombe dari rambut secara menyeluruh dengan penggunaan yang rutin.

Harga Rp. 15.000-65.000

Kiehl’s Amino Acid Shampoo

Rekomendasi shampoo anti ketombe berikutnya adalah Kiehl’s Amino Acid Shampoo. Produk ini dapat membersihkan rambut secara menyeluruh tanpa menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Terbuat dari minyak kelapa dan amino acid, menghasilkan busa lembut yang dapat membersihkan rambut secara maksimal.

Sampo ini sangat aman digunakan sehari-hari karena bebas dari silikon dan paraben. Kandungan hydrolyzed wheat protein membantu meningkatkan kelembaban rambut dan kulit kepala. Kamu yang punya rambut dan kulit kepala kering sangat cocok menggunakan produk yang satu ini.

Harga Rp. 100.000-500.000

Davines Naturaltech Purifying Anti-Dandruff Shampoo

Davines Naturaltech Purifying Anti-Dandruff Shampoo dijual dengan harga yang lebih mahal dari produk sampo biasa. Namun sampo ini memang diformulasikan dengan bahan-bahan khusus untuk kulit kepala yang sensitif.

Diperkaya dengan ekstrak dandelion yang membersihkan kulit kepala tanpa menyebabkan iritasi. Tidak hanya itu, ketombe akan hilang, namun kondisi rambut dan kulit kepala tetap sehat. Sampo ini juga mengandung antimikroba yang sangat ampuh dalam melawan pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Dijamin ketombe akan kapok dan tidak kembali lagi.

Harga Rp. 400.000-1.000.000

Angel En Provence Green Tea Anti Dandruff Shampoo

Produk terakhir yang akan direkomendasikan padamu adalah Angel En Provence Green Tea Anti Dandruff Shampoo. Ini adalah sampo yang cocok untuk kulit kepala dan rambut berminyak. Mengandung ekstrak teh hijau alami yang bekerja membersihkan rambut dan kulit kepala secara efektif.

Sampo ini juga mampu mencegah minyak berlebih pada rambut serta menghilangkan bau rambut tidak sedap. Penggunaan rutin juga mampu mencegah infeksi bakteri pada kulit kepala. Kamu bisa mengucapkan selamat tinggal pada rambut tidak sedap dan kulit kepala gatal.

Harga Rp. 200.000-500.000
From our editorial team

Keramas Secara Rutin Sangat Penting untuk Melawan Ketombe

Agar ketombe yang membandel bisa hilang, kamu tidak hanya perlu memilih produk yang tepat. Rajin keramas secara teratur dan selalu menjaga kebersihan rambut juga sangat berpengaruh dalam mengatasi ketombe. Produk rekomendasi BP-Guide di atas dijamin akan membuat rambutmu bebas dari ketombe selamanya!

Tag