Terganggu dengan Ketombe? Yuk, Cek 10 Rekomendasi Sampo Penghilang Ketombe yang Cocok untuk Pria dan Wanita (2020)

Terganggu dengan Ketombe? Yuk, Cek 10 Rekomendasi Sampo Penghilang Ketombe yang Cocok untuk Pria dan Wanita (2020)

Sumber gambar www.freepik.com

Ketombe memang permasalahan rambut yang menjengkelkan, baik bagi pria maupun wanita. Itu sebabnya kamu tidak boleh asal dalam memilih sampo penghilang ketombe. Yuk, cek dulu berbagai rekomendasi sampo dari BP-Guide ini!

Hampir Semua Orang Pernah Mengalami Masalah Ketombe

Sumber gambar https://www.freepik.com/

Ketombe merupakan permasalahan kulit kepala yang dialami oleh hampir semua orang, sebagian besarnya merupakan pria dewasa. Menurut data dari National Institute of Health, hampir separuh orang dewasa mengalami gangguan ini. Jika kamu merupakan salah satu yang mengalami masalah ini, jangan terlalu khawatir. Masalah ketombe merupakan permasalahan yang wajar terjadi.

Ketombe sendiri berasal dari sel kulit kepala yang sudah mati, kemudian terkelupas dan menjadi serpihan putih. Menurut ahli dermatologi, Dr. Debra Jaliman, proses pengelupasan kulit kepala bisa terjadi kurang maksimal dan justru menumpuk di kepala. Inilah yang menyebabkan ketombe. Namun dengan pengobatan yang tepat dan kedisiplinan dalam merawat kulit kepala, masalah ketombe ini mudah diatasi.

Bahan Alami yang Dipercaya Bisa Mengatasi Ketombe

Jeruk Nipis/ Lemon

Sumber gambar https://www.freepik.com/

Pertama, kamu bisa menggunakan jeruk nipis atau lemon. Vitamin pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut dan membantu membasmi ketombe.

Penggunaan secara rutin akan membantu kamu mengatasi rambut rontok, masalah kebotakan, juga masalah ketombe.

Cara menggunakannya adalah dengan membalurkan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon ke seluruh bagian kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas menggunakan air sampai bersih.

Tea Tree Oil

Sumber gambar https://www.scmedia.id

Tea tree oil sudah lama populer sebagai salah satu bahan yang ampuh untuk membasmi jerawat. Namun, belum banyak yang tahu bahwa bahan ini juga bisa membantu mengatasi permasalahan ketombe.

Mengutip dari Medical News Today, tea tree oil mengandung Terpinen-4 Ol yang berfungsi sebagai antimikroba. Sehingga, bahan ini dapat mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe pada kulit kepala dan meredakan gatal yang ditimbulkannya.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menggunakan sampo yang mengandung tea tree oil atau menggunakannya secara murni. Namun sebelum menggunakannya, pastikan bahwa kamu tidak alergi dengan bahan tersebut. Untuk mengetahui apakah kamu alergi atau tidak, oleskan sedikit tea tree oil pada lengan dan lihat reaksinya setelah 24 jam.

Jika tea tree oil menimbulkan reaksi kemerahan atau gatal pada kulitmu, sebaiknya hindari penggunaannya untuk kulit kepala. Jika kamu menggunakan tea tree oil murni pun, jangan langsung diusapkan ke kulit kepala. Campurkan beberapa tetesnya dengan sampo yang biasa kamu pakai dan gunakan untuk keramas seperti biasa.

Cuka Sari Apel

Sumber gambar https://www.freepik.com

Cuka sari apel mengandung enzim yang dapat membunuh jamur dan bakteri. Sifat asamnya juga dapat menghilangkan sumbatan pada pori-pori kulit kepala dan menyeimbangkan pH-nya. Inilah yang membuat cuka sari apel efektif untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan cuka apel dengan air bersih (perbandingan 1:1), lalu semprotkan ke seluruh bagian kulit kepala secara menyeluruh. Hindari konsentrasi cuka sari apel yang berlebihan karena bisa membuat kulit kepala sangat kering.

Setelah disemprotkan, tutup kulit kepala dengan handuk selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baking Soda

Bahan yang sering dipakai sebagai bahan pembersih alami ini ternyata juga ampuh membasmi ketombe secara cepat dan permanen. Baking soda dapat menghilangkan sel kulit mati serta mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala, sehingga ketombe mudah hilang dan tidak kembali lagi. Sama seperti cuka apel, jangan gunakan baking soda terlalu banyak.

Campurkan dengan beberapa tetes air, lalu gosokkan ke seluruh bagian kulit kepala. Setelah didiamkan selama beberapa menit, bilas menggunakan air hangat (tanpa sampo) sampai bersih. Kandungan alaminya dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang tersisa di kepala akibat proses pengelupasan yang kurang sempurna.

Daun Sirsak

Sumber gambar https://www.blibli.com

Daun sirsak adalah salah satu bahan makanan yang ajaib, karena sangat bermanfaat bagi manusia namun bisa menjadi sangat beracun bagi para parasit. Salah satu manfaat daun sirsak adalah untuk menghilangkan ketombe.

Daun sirsak mengandung sekumpulan senyawa aktif yang bisa membasmi kutu dan ketombe, juga berbagai racun di dalam tubuh. Kandungan acetogenin di dalam daun sirsak yang dipercaya sangat ampuh untuk membasmi ketombe pada kulit kepala.

Pertama-tama, tumbuk beberapa helai daun sirsak sampai halus lalu tambahkan sedikit air. Oleskan campuran tersebut pada rambut seperti menggunakan masker rambut, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih sampai benar-benar bersih dan bebas minyak. Lakukan perawatan ini minimal 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tips Memilih Sampo Penghilang Ketombe

Perhatikan Bahan Dasar Sampo

Sumber gambar https://www.freepik.com

Ketika memilih sampo anti ketombe, sangat penting untuk memerhatikan bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalamnya. Usahakan memilih sampo antiketombe yang menggunakan bahan-bahan lembut, sehingga tidak semakin merusak kondisi kulit kepala.

Ada juga bahan-bahan tertentu yang sangat efektif untuk membasmi ketombe, misalnya ZPT atau Zinc Pyrithione. ZPT ini bersifat anti bakteri dan anti jamur, sehingga bisa menghilangkan bakteri penyebab ketombe.

Ada juga bahan salicyd acid yang ampuh menghilangkan ketombe hingga di tingkat paling parah sekalipun. Pastikan memilih sampo dengan bahan terbaik dan cocok untukmu sehingga bisa menyingkirkan permasalahan ketombe mu dengan lebih efektif.

Pastikan Sampo Tidak Mengandung Silikon

Sumber gambar https://www.freepik.com

Tips kedua adalah pastikan untuk memilih sampo antiketombe tanpa kandungan silikon di dalamnya. Ini juga berlaku untuk pemilihan kondisioner yang akan kamu gunakan setelah sampo.

Silikon merupakan zat yang bersifat mengeringkan kulit kepala. Jika dipakai terus-menerus, silikon akan menyebabkan kulit kepala semakin kasar dan bisa jadi malah memperparah permasalahan ketombe karena kulit kepala yang terus mengelupas.

Sesuaikan dengan Kondisi Kulit Kepala

Sumber gambar https://www.freepik.com

Sebelum melakukan berbagai tipe perawatan, kamu perlu tahu kondisi kulit kepalamu terlebih dahulu. Apakah kamu memiliki tipe kulit kepala kering atau berminyak? Dengan begini, kamu bisa menentukan tipe perawatan apa yang cocok untuk mengatasi permasalahanmu atau mengakomodir kebutuhanmu.

Jika kamu punya kulit kepala yang kering, pilihlah sampo anti ketombe yang bersifat melembapkan. Jika kulit kepalamu adalah tipe yang berminyak, justru hindari produk perawatan rambut yang bersifat melembapkan karena bisa membuat kulit kepala semakin berminyak dan memperparah ketombe.

Pertimbangkan Sampo Antiketombe Organik

Sumber gambar https://www.freepik.com

Bahan-bahan organik bisa menjadi solusi untuk kamu yang sensitif terhadap bahan-bahan kimia. Sampo organik dapat membershkan kotoran pada rambut dengan bahan alami tanpa menyebabkan iritasi dan merusak kulit kepala.

Biasanya, sampo antiketombe organik menggunakan tea tree oil sebagai bahan utamanya. Namun selain itu, ada banyak bahan lain yang digunakan seperti ekstrak lidah buaya, rosemary, jojoba, minyak kelapa, dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut memiliki khasiatnya masing-masing, mulai dari melembabkan kulit kepala hingga mengusir ketombe.

Dapatkan Rambut Sehat Bebas Ketombe dengan 10 Rekomendasi Sampo Penghilang Ketombe Berikut Ini

Garnier Neril Anti-Dandruff Shield Shampoo

Sampo anti ketombe yang satu ini mampu mencegah ketombe, memperkuat akar rambut, serta menjaga rambut agar tetap sehat dan indah. Di dalamnya terkandung prictone olamine sebagai salah satu elemen penting dalam vitamin rambut.

Selain prictone olamine, sampo ini juga mengandung berbagai ekstrak tumbuhan lain yang bagus untuk rambut, seperti tumbuhan nettle, chamomile, birch, wheat, dan horse tail. Semua bahan tersebut dipilih dengan teliti untuk melindungi dan merawat jaringan pembuluh darah kapiler di kulit kepala.

Harga Rp. 66.800-68.900

Syoss Anti-Dandruff Shampoo

Dapatkan rambut yang tebal dan halus dengan sampo anti ketombe yang satu ini. Brand ini sudah sangat terkenal di Jepang, namun produk-produknya terbuat di Tiongkok. Tanpa kandungan silikon, sampo ini sangat cocok untuk kamu yang punya jenis rambut cenderung kering.

Kombinasi seng, asam amino, dan keratin di dalam satu produk samoo bekerja bersama mengangkat ketombe yang menempel di kulit kepala, membersihkannya, membunuh bakteri penyebab ketombe, menghilangkan gatal, lengket, dan lepek, menyehatkan kulit kepala, serta mencegah ketombe datang kembali.

Harga Rp. 23.000-319.000

Redken Scalp Relief Dandruff Control Shampoo

Penyebab ketombe sangat bermacam-macam. Salah satunya adalah tingkat stres yang cukup tinggi sehingga meningkatkan pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala.

Jika stres adalah penyebab masalah ketombe pada kulit kepalamu, maka sampo ini merupakan senjata yang tepat untuk membantumu mengatasinya.

Redken Scalp Relief mengandung ekstrak kayu putih dan akar liquorice yang berfungsi meredakan ketegangan kulit kepala secara instan. Selain itu, ia juga memberikan efek menenangkan yang lebih lama dari teknologi Suspensi Penenang eksklusif milik Redken.

Sampo ini cocok untuk kamu yang punya kulit kepala sensitif karena akan merawat kulit kepalamu dengan lembut, namun tetap ampuh dalam membersihkannya.

Harga Rp. 295.000-305.000

Selsun Blue Shampoo

Selsun Blue mampu membersihkan dan melembutkan rambut berketombe. Di dalamnya terkandung Selenium Sulfide yang dapat menghilangkan ketombe tingkat awal sampai tingkat sedang. Bahan tersebut juga ampuh dalam mengurangi gatal yang disebabkan karena ketombe.

Banyak yang menyebut bahwa Selenium Sulfide ini jauh lebih efektif dibandingkan ZPT dan sulfur, sehingga khasiatnya untuk membersihkan ketombe pun tentunya jauh lebih efektif dibandingkan kedua bahan lainnya.

Selain membasmi ketombe, Selsun Blue juga ampuh dalam mengurangi kulit kepala kering, gatal, serta menjaga rambut agar tetap sehat.

Harga Rp. 40.000-44.600

Kaminomoto Medicated Shampoo

Kaminomoto Medicated Shampoo sangat efektif untuk menghilangkan ketombe dan gatal-gatal. Kandungan bahan terbaik di dalamnya mampu memberikan perlindungan dan perawatan rambut dengan maksimal.

Selain itu, sampo yang dibuat di Jepang ini juga mengandung bahan pembasmi kuman, sehingga rambut lebih bersih dan sehat. Dapatkan hasil terbaik dengan menggabungkan penggunaannya dengan Kaminomoto Conditioner dan Kaminomoto Hair Tonic.

Harga Rp. 299.000-315.000

Good Virtues Co. Anti-Dandruff Care Shampoo

Good Virtues Co memiliki khasiat menjaga kelembutan helai rambut dengan harum, lembut, dan tahan lama. Rambut pun menjadi lembut serta bebas dari ketombe dan rambut rontok. Hal ini disebabkan adanya kandungan black seed oil di dalamnya.

Selain itu, kandungan habbatussauda oil dan vitamin B5-nya juga cenderung aman untuk kamu dengan kulit kepala sensitif. Sampo ini hanya menggunakan bahan-bahan nonhewani dari alam, tanpa uji coba kepada hewan pula. Untuk hasil rambut yang lebih lembut dan bercahaya, gunakan dengan Good Virtues Co Conditioner.

Harga Rp. 75.000-85.000

Zinc Men Active Cool Anti Dandruff Shampoo

Produk sampo yang satu ini lebih banyak digunakan oleh pria. Bukannya tanpa alasan, itu karena bahan-bahan di dalamnya memang diformulasikan khusus untuk mereka dengan kulit kepala yang super berminyak dan sering beraktivitas di luar ruangan.

Di mana kondisi ini paling sering dialami oleh para pria. Dilengkapi dengan formula yang sudah diperbarui, seperti complex ZPT-O inovasi dari Jepang, sampo ini mampu mengatasi ketombe hingga 99% dan mencegahnya datang kembali.

Dengan berbagai kandungan di dalamnya, sampo ini efektif menjadikan kulit kepala lebih segar, bebas ketombe, lembut, dan mudah diatur.

Harga Rp. 24.500-91.910

Rene Furterer Melaleuca Anti-Dandruff Shampoo

Sampo anti ketombe yang satu ini mengandung tea tree oil yang cocok untuk kulit kepala berminyak. Ia mengandung minyak esensial melaleua yang bersifat antijamur dan dapat menenangkan serta membersihkan kulit kepala.

Kulit kepala akan menemukan keseimbangan alaminya. Sampo ini juga sudah teruji klinis dapat membersihkan ketombe hingga 93% dalam 14 hari pemakaian. Dapatkan rambut berkilau dan sehat dengan penggunaan secara rutin.

Harga Rp. 354.000-511.000

Wardah Anti Dandruff Shampoo

Wardah Anti Dandruff Shampoo sudah terkenal akan kesegaran yang bisa diberikan di setiap pemakaiannya. Kesegaran ini didapatkan dari kandungan peppermint extract di dalamnya, sehingga memberikan sensasi dingin setiap kali kamu keramas menggunakan sampo ini.

Selain itu, juga mengandung tea tree oil dan double zinc active. Dari bahan-bahan pilihan itupun sudah terlihat bahwa sampo ini memang diformulakan untuk rambut dan kulit kepala berminyak yang rentan berketombe.

Uniknya lagi, Wardah Anti Dandruff Shampoo juga memiliki teknologi scentlock fragrance yang dapat membuat rambut wangi sepanjang hari, bahkan jika tertutup hijab ataupun terpapar terik matahari seharian. Sampo ini nyaman dipakai setiap hari berkat kesegaran yang diberikan.

Harga Rp. 19.300-20.000

Sariayu Hijab Intense Series Anti Dandruff Shampoo

Sariayu Hijab Intense Shampoo memiliki khasiat membersihkan rambut dan kulit kepala tanpa membuat kering. Selain itu, ia juga dapat mengurangi dan melindungi kulit kepala dari jamur penyebab ketombe, gatal, dan kemerahan.

Bahan unik yang terkandung di dalam produk ini adalah ekstrak delima dan seledri. Ekstrak delima berkhasiat untuk menutrisi kulit kepala dan merawat rambut agar sehat alami.

Sedangkan seledri bermanfaat untuk menghitamkan rambut, menyuburkan rambut, menghilangkan ketombe, dan mengontrol pengelupasan kulit kepala.

Harga Rp. 22.061-26.700
From our editorial team

Pilih Kandungan Sampo yang Paling Cocok untuk Kulit Kepalamu

Kondisi kulit kepala seseorang baik itu pria ataupun wanita tentunya berbeda. Sehingga kamu perlu menyesuaikan kandungan bahan apa saja yang cocok untuk kulit kepalamu agar kandungan nutrisi sampo terserap dengan maksimal untuk rambutmu dan tidak menimbulkan masalah lain di kulit kepalamu. Yuk, rawat rambut agar bebas dari ketombe!