9 Rekomendasi Squalane Oil Terbaik yang Bermanfaat untuk Kulit dan Rambut (2020)

9 Rekomendasi Squalane Oil Terbaik yang Bermanfaat untuk Kulit dan Rambut (2020)

Squalane oil mengandung banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut sehingga menjadi produk yang banyak diincar oleh para wanita. Squalane oil mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit, mulai dari jerawat, kulit kering, hingga tanda penuaan, dan melindunginya dari kerusakan.

Squalane Oil Kini Banyak Digunakan untuk Perawatan Kulit Sehat

Memiliki kulit sehat menjadi dambaan semua orang terlebih para wanita yang selalu ingin tampil cantik dan terawat. Hanya saja, lingkungan dan usia yang terus bertambah menjadi penyebab masalah kulit karena kedua faktor tersebut membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya.

Nah, untuk menjaga kulit agar tidak kering, saat ini squalane oil banyak digunakan untuk merawat kulit karena kemampuannya dalam menjaga kelembapan kulit berkat kandungan emollient di dalamnya. Minyak ini diketahui mampu menyerap dengan baik dan melapisi kulit tanpa meninggalkan residu.Squalane oil memiliki molekul yang stabil dengan tingkat kejenuhan mencapai 100% dan diperoleh dari proses hidrogenasi.

Minyak ini bisa didapat dari tanaman dan hati hiu, tapi saat ini ekstraksi minyak squalane lebih banyak bersumber dari tanaman seperti tebu, minyak biji gandum, minyak biji padi, atau zaitun. Tubuh manusia pun sesungguhnya juga memproduksi squalane oil hanya saja produksinya mulai berkurang saat memasuki usia 20-an.

Selain Squalane Oil, Kenali Essence Oil Lainnya!

Rosehip Oil

Rosehip oil merupakan salah satu essence oil yang banyak digunakan dalam produk perawatan kecantikan karena dapat membuat kulit jadi lembap, kenyal, dan glowing. Dalam rosehip oil ada kandungan unsaturated fatty acids dan linolenic acids yang berperan dalam proses regenerasi sel. Rosehip oil juga mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas dan menetralkan stres oksidatif.

Minyak ini pun mengandung manfaat antiaging karena mampu meresap hingga ke lapisan kulit terdalam sehingga proses menutrisi kulit pun jadi lebih maksimal. Sifat antibakteri dan antijamur dalam minyak ini juga dapat digunakan oleh penderita eksem dan mencegah infeksi.

Tidak hanya itu saja, rosehip oil juga diketahui mampu mengurangi pembentukan komedo dan dapat mengurangi penyumbatan pori-pori. Kulit kemerahan akibat jerawat yang meradang pun bisa diatasi dengan rosehip oil. Bahkan minyak ini juga bagus digunakan untuk membantu proses pemulihan luka karena mampu menyamarkan bekas luka.

Olive Oil

Olive oil atau minyak zaitun siapa yang tidak mengenalnya? Minyak yang tinggi akan kandungan lemak tak jenuh ini mengandung phenolic, zat besi, vitamin E & K, oleik, polifenol, omega 9, omega 6, dan omega 3 yang baik untuk kesehatan. Olive oil ini bermanfaat untuk menghaluskan, melembapkan, melembutkan, dan menjaga elastisitas kulit.

Extra virgin olive oil menjadi antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas karena di dalamnya terkandung lebih dari 30 jenis senyawa fenolik. Kandungan nutrisi olive oil bagus untuk melembapkan dan melembutkan rambut, mempertahankan elastisitas kulit, menghaluskan kulit, dan membuat kulit tampak lebih bercahaya.

Olive oil sebagai pelembap alami yang mampu melindungi kulit dari cuaca dingin dan sinar matahari dapat membuat kulit lembap lebih lama tanpa memberikan sensasi lengket. Baiknya lagi minyak zaitun ini cocok untuk semua jenis kulit.

Rice Bran Oil

Rice bran oil (minyak dedak) merupakan minyak nabati hasil proses ekstraksi kulit padi yang dimurnikan. Dalam minyak dedak terkandung antioksidan alami seperti oryzanol, tokoferol, dan tokotrienol yang bagus untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Rice bran oil juga aman digunakan karena bebas dari kandungan zat-zat yang dapat menimbulkan alergi.

Dalam rice bran oil ada kandungan asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam ferulic, dan vitamin E yang tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga bagus untuk menutrisi kulit dan rambut. Rice bran oil diketahui bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan dini, menjaga kekenyalan kulit dengan cara melindungi kolagen dan elastin, mencegah pigmentasi melanin, serta melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Horse Oil

Sumber gambar cosmedi.com.ua

Horse oil merupakan minyak hasil ekstraksi daging kuda yang populer digunakan dalam banyak produk skincare, terlebih yang berasal dari Jepang dan Korea. Dalam minyak kuda ini ada kandungan asam lemak linolenic acid yang bermanfaat untuk memperbaiki lapisan kulit, meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, menyamarkan bintik hitam, menyempurnakan tekstur kulit, serta mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti eczema, kulit terbakar, jerawat, dan keriput. Horse oil ini sifatnya sangat mudah menyerap dan tidak lengket sehingga nyaman digunakan.

Manfaat Squalane Oil yang Wajib Kamu Tahu!

Melembapkan Kulit

Squalane oil bermanfaat dalam menghidrasi dan melembapkan kulit dengan baik. Teksturnya yang ringan dan tidak lengket ini meresap cepat ke dalam pori sehingga membuat kulit lembap lebih lama. Squalane oil sangat cocok digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit kering, pecah-pecah, dan kusam.

Hasilnya, kulit tidak hanya lembap tapi juga jadi sehat dan bersinar. Untuk mendapatkan manfaat dari minyak ini kamu bisa mengoleskannya pada kulit wajah dan leher lalu pijat hingga meresap. Selain itu dapat juga dicampurkan dengan krim pelembap dan eye cream.

Antiaging

Permasalahan kulit seperti garis halus, keriput, dan berbagai permasalahan kulit akibat proses penuaan juga bisa diatasi dengan squalane oil. Manfaat antiaging dalam squalane oil mampu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, sementara kandungan vitamin C-nya melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kandungan vitamin C ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen, mengurangi hiperpigmentasi, dan mempercepat sistem perbaikan alami kulit. Hasilnya kulit jadi lebih sehat, cerah, dan tampak lebih awet muda. Minyak ini pun aman digunakan semua jenis kulit termasuk kulit sensitif, berminyak, hingga acne prone.

UV Protection

Squalane oil diketahui juga berperan sebagai UV protection yang melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Squalane oil ini dapat mengurangi pigmentasi kulit, mengatasi kulit mengelupas, dan mempercepat regenerasi sel kulit. Tidak hanya itu saja, minyak ini juga mampu melindungi kulit dari polusi yang mempercepat proses penuaan dan hiperpigmentasi kulit.

Oil Control

Squalane oil juga bermanfaat sebagai oil control karena mampu mengontrol dan menyerap produksi minyak berlebih di wajah. Sifatnya yang noncomedogenic membuat minyak ini aman digunakan karena tidak akan menyumbat pori-pori wajah. Kamu pemilik jenis kulit berminyak pun tak perlu merasa khawatir komedo dan jerawat akan bermunculan setelah memakai minyak alami ini.

Perawatan Rambut

Squalane oil tidak hanya bagus untuk perawatan kulit, tapi juga rambut. Minyak ini akan menutrisi rambut dan menjadikannya kuat dan berkilau. Minyak ini diketahui mampu menembus batang rambut dan melindunginya dari dalam. Squalane oil akan melindungi mulai dari akar hingga ujung rambut dan menjaga kelembapannya.

Minyak ini pun juga bisa melindungi rambut dari kerusakan akibat proses hair styling dan polusi. Hasilnya rambut jadi tidak kering, lembut, tidak lepek, dan berkilau. Penggunaan squalane oil pada rambut bisa dengan cara menggosok minyak pada telapak tangan hingga hangat lalu usapkan pada batang rambut.

Rekomendasi Produk Squalane Oil Terbaik

Biossance 100% Squalane Oil

Biossance 100% Squalane Oil berasal dari tebu yang menjadi pelembab terbaik dari alam. Squalane oil murni ini dapat menghidrasi kulit dan mengunci kelembapan esensial sehingga kulit jadi terasa lembut dan halus. Selain itu minyak alami ini juga dapat mengurangi tanda iritasi dan kemerahan pada kulit.

Biossance dapat digunakan pada wajah, tubuh, dan rambut. Untuk kulit berminyak, basahi wajah terlebih dahulu dengan campuran air atau micronutrient fine mist, lalu aplikasikan dan pijat lembut agar meresap. Untuk perawatan rambut, Biossance dapat mengatasi masalah rambut kusut dan bercabang.

Harga Rp. 150.000-1.102.500

The Bath Box Pure Squalane

The Bath Box Pure Squalane sebagai moisturizer bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit. Produk ini terbuat dari tebu dengan kandungan yang lebih stabil, cruelty free, dan renewable. Produk ini bisa diaplikasikan setelah penggunaan toner dan serum. Penggunaannya juga bisa dicampur dengan foundation untuk mendapatkan hasil riasan yang dewy look. Bisa juga digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering pada bagian siku atau kutikula.

Harga Rp. 40.000-183.210

Indie Lee Squalane Facial Oil

Indie Lee Squalane Facial Oil merupakan minyak squalane turunan dari minyak zaitun. Produk ini dapat mempertahankan kelembapan dan meningkatkan elastisitas kulit dan kulit pun terasa jadi lebih kencang, kenyal, halus, dan bercahaya. Selain itu juga dapat mengurangi pigmentasi dan bintik-bintik penuaan sehingga warna kulit tampak lebih merata. Produk ini aman digunakan untuk kulit berminyak sekali pun karena mudah menyerap dan noncomedogenic.

Harga Rp. 899.000-1.258.400

Peter Thomas Roth Oilless Oil 100% Purified Squalane

Peter Thomas Roth Oilless Oil 100% Purified Squalane ini dimurnikan secara bioteknologi yang berasal dari ekstrak tebu dan bebas pengawet. Teksturnya yang begitu ringan membuatnya tidak terkesan berminyak. Squalane oil yang bebas bau ini juga bersifat nonkomedogenik sehingga tidak akan mengundang munculnya jerawat. Minyak ini bisa digunakan untuk wajah, tubuh, dan rambut.

Harga Rp. 609.000-891.800

Timeless Squalane Oil 100% Pure

Timeless Squalane Oil 100% Pure berasal dari turunan zaitun murni dengan konsentrasi tinggi. Diformulasikan dengan bahan aktif, produk ini dirancang untuk memperbaiki, memulihkan, dan mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit. Selain itu juga bermanfaat untuk menghidrasi dan menyehatkan kulit.

Minyak yang begitu ringan ini tidak hanya mengunci kelembapan kulit, tapi juga melindungi kulit dari polutan. Produk ini juga aman untuk kulit berjerawat karena juga mengandung antibakteri, bahkan juga bisa untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah.

Harga Rp. 249.000

The Bath Box Lupin Squalane

The Bath Box Lupin Squalane ini bersumber dari tebu dan menjadi salah satu moisturizer terbaik untuk mengembalikan elastisitas dan kelembapan kulit. Teksturnya ringan, elegan, tidak lengket, dan terasa lembut dan halus. Formula yang begitu ringan menjadikan minyak ini tidak akan menyumbat pori dan tidak meninggalkan kesan berminyak pada kulit. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit baik untuk wajah, tubuh, dan rambut.

Harga Rp. 183.210-229.000

The Ordinary 100% Plant Derived Squalane

The Ordinary 100% Plant Derived Squalane ini bersifat noncomedogenic sehingga aman untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat sekali pun. Minyak ini akan menyerap minyak berlebih dan mengontrol produksi sebum di wajah.

Produk ini cocok digunakan pada kulit wajah yang memiliki fungal acne atau bruntusan yang disebabkan oleh jamur. Produk akan menghidrasi dan melembapkan kulit dengan baik dan membantu menyamarkan garis halus dan keriput serta memperbaiki sel kulit yang rusak akibat penuaan dini.

Manfaat lainnya adalah untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah serta melembapkan kulit kering pada area mata. Minyak ini juga bersifat UV protection dan dapat mengurangi pigmentasi kulit. Bahkan produk ini juga bisa diaplikasikan pada rambut untuk mendapatkan rambut yang berkilau, kuat, dan fleksibel.

Harga Rp. 47.500-249.900

Biossance Squalane + Vitamin C Rose Oil

Biossance Squalane + Vitamin C Rose Oil yang ringan dan mewah ini akan melembapkan, mengencangkan ,dan mencerahkan kulit. Produk ini bermanfaat untuk menyehatkan kulit, mengurangi garis halus dan kerutan, serta membuat kulit tampak lebih sehat, halus, dan bercahaya.

Kandungan vitamin C yang mencerahkan ini larut dalam minyak dan terbukti 50 kali lebih kuat. Selain itu minyak ini juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan menyamarkan bintik hitam. Yang jelas produk ini bebas dari paraben, pewangi, PEG, dan bahan berbahaya lainnya.

Harga Rp. 1.050.000-1.468.500

Olivarrier Fluid Oil Squalane

Olivarrier Fluid Oil Squalane yang murni tanpa tambahan pewangi ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Minyak squalane bersumber dari buah zaitun yang bekerja sebagai skin barrier. Kandungan hyaluronic acid-nya membuat kulit jadi lembap dan memiliki kadar pH 5.5 yang aman untuk keseimbangan asam kulit wajah. Produk yang 100% berasal dari tumbuh-tumbuhan ini juga telah mendapatkan sertifikat Cosmos Dermatest, Cert Clean, dan EWG untuk produk natural dan organik sehingga tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Harga Rp. 260.000-637.000
From our editorial team

Miliki Squalane Oil untuk Merawat Kulit Cantikmu

Setiap wanita ingin tampil cantik dan memilih untuk melakukan berbagai perawatan kecantikan. Salah satunya adalah rutin menggunakan skincare agar kulit tetap sehat, cantik, dan bebas dari permasalahan kulit. Squalane oil ini tentunya menjadi produk yang harus kamu miliki untuk mendapatkan kulit sehat, terawat, dan awet muda.