Tampil Makin Gaya dengan 20 Tren Rambut Korea di Kalangan Seleb K-Pop (2020)

Tampil Makin Gaya dengan 20 Tren Rambut Korea di Kalangan Seleb K-Pop (2020)

Sumber gambar pinterest.com

Apa saja yang berbau Koea pasti menarik minat fans K-Pop, tidak terkecuali makeup dan gaya rambutnya. Selama tahun 2020 ini, ada banyak sekali gaya rambut yang tren di kalangan pria dan wanita. Apa aja sih? Yuk, simak rangkuman tren rambut Korea di tahun 2020 versi BP-Guide berikut ini.

Gaya Rambut Ala Korea Masih Terus Diminati

Sumber gambar allure.com

Segala sesuatu yang berhubungan dengan ke-Korea-an tampaknya masih punya peminat tinggi di kalangan masyarakat Indonesia. Tentu ini tidak lepas dari adanya pengaruh Korean Wave yang dibawa oleh sederet selebriti Korea, baik itu melalui drama maupun musik.

Minat masyarakat kini tidak hanya sebatas menjadi penikmat tontonan saja, tetapi juga mengikuti segala tren yang berkembang di negeri ginseng tersebut. Misalnya seperti kosmetik, makanan, hingga gaya rambut. Selebriti Korea dikenal suka melakukan eksperimen dengan rambut mereka, baik itu dalam hal warna maupun modelnya.

Kamu yang ingin tampi kece dan keren layaknya bintang K-Pop atau aktris dan aktor dalam drama bisa mengikuti tren rambut Korea yang sedang berkembang dan banyak diminati ini. Apa aja ya kira-kira? Simak dalam artikel berikut ya!

Tren Gaya Rambut Korea 2020 untuk Cewek

Long Curls - Bae Suzy

Sumber gambar pinterest.com

Gaya rambut aktris muda Bae Suzy memang selalu menarik untuk disimak. Terkenal dengan rambutnya yang panjang dan berkilau, Suzy kerap tampil berbeda dengan model long curl, terutama saat menghadiri acara-acara resmi. Gaya seperti ini memberikan kesan cantik dan innocent yang memang lekat dengan image Suzy sebagai selebriti.

Kamu yang punya rambut panjang dan lurus boleh lho sesekali mencoba gaya ini untuk mendapatkan kesan yang berbeda dari penampilanmu. Jika rambutmu lebat, tambahkan layer yang membuatnya semakin ber-volume. Supaya penampilan tetap maksimal, jangan lupa untuk merawat rambut secara rutin ya!

Half Up Messy Bun - Yeonwoo Eks Momoland

Sumber gambar pinterest.com

Gaya rambut berikutnya yang sedang tren di Korea adalah half up messy bun. Kamu yang super sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk menata rambut bisa banget lho mencoba gaya yang satu ini. Tidak peduli rambutmu panjang atau pendek, kamu bisa banget melakukan styling ini.

Messy bun yang jadi gaya khas cewek-cewek Korea saat di rumah atau sedang mengerjakan tugas kantor yang menumpuk ini dimodifikasi sedikit jadi gaya half up messy. Artinya, cuma separuh bagian atas rambut aja yang digelung dengan berantakan. Gaya ini bisa kamu contek dari Yeonwoo mantan personel Momoland yang tetap terlihat kece dengan rambut seperti ini.

Low Ponytail - Park Shin Hye

Sumber gambar pinterest.jp

Low ponytail adalah gaya rambut klasik yang membuat seorang wanita terlihat elegan. Gaya ini tidak ketinggalan zaman, namun juga tidak membuatmu terlihat kuno. Misalnya seperti gaya Park Shin Hye ini. Aktris cantik ini terlihat begitu menawan dengan rambut panjang yang diikat rendah.

Sentuhan sleek pada gaya rambut ini menciptakan efek smooth dan shiny. Cocok untuk gaya saat ke pesta atau sehari-hari. Untuk menonjolkan kesan feminin, kamu tinggal memadukan gaya rambut ini dengan dress atau bisa juga dengan padu padan celana jeans dan blus.

Ash Violet - Red Velvet Irene

Sumber gambar pinterest.com

Kalau membahas tren rambut yang sedang diminati oleh selebriti Korea, tentu tidak bisa lepas dari warna-warna rambut yang sering diganti. Pada idol K-Pop memang sering berganti warna rambut dan tidak jarang menciptakan warna baru yang akhirnya menjadi tren.

Misalnya seperti warna rambut ash violet dari leader Red Velvet, Irene. Warna ini sangat enerjik, pas banget buat kamu yang punya kepribadian ceria alias si moodmaker. Ash violet adalah warna bold yang akan membuatmu terlihat menonjol, sehingga kamu akan selalu menjadi pusat perhatian kemana pun kamu pergi. Jadi, kamu sudah siap coba warna ini?

Pixie Hair - Jungyeon TWICE

Sumber gambar pinterest.com

Tren rambut cewek Korea tidak melulu soal rambut panjang dan feminin look aja lho. Lihat deh pixie hair yang chic ala Jungyeon TWICE ini. Meskipun kurang populer karena dianggap terlalu ekstrem untuk kaum hawa, nyatanya banyak juga lho yang mencoba gaya rambut ini.

Karena pendeknya rambut pixie, penampilanmu pun terlihat jauh lebih ringkas dan simpel. Tidak perlu bingung menata rambut setiap sebelum beraktivitas deh! Kamu yang sudah bosan dengan gaya rambut yang itu-itu aja, bisa ganti gaya pixie yang manis ini.

Blunt Bob - Bae Doona

Sumber gambar www.cosmopolitan.co.id

Kayaknya makin banyak aja nih cewek Korea yang mencoba gaya rambut pendek. Aktris senior Bae Doona yang membintangi serial populer Kingdom ikut dalam tren rambut blunt bob yang terkesan vintage ini. Gaya rambut ini sesuai dengan image Bae Doona yang fearless.

Gaya simpel ini juga tergolong low maintenance dan anti ribet. Tinggal sisir belah tengah, jadi deh gaya super kece! Potongan blunt bob terlihat sangat pas pada rambut yang lurus.

Shoulder Length Hair - Kim Hye Yoon

Sumber gambar www.allthingshair.com

Penampilan aktris Kim Hye Yoon saat memerankan Eun Dan Oh di drama Extraordinary You ini memberi kesan cute dan innocent. Untuk menyempurnakan image ini, kamu bisa menambahkan see through bangs yang juga jadi tren di Korea.

Gaya rambut seperti ini nggak sekadar membuat penampilanmu semakin sempurna, tetapi juga bisa menutupi kekuranganmu. Yup, kamu yang merasa punya jidat lebar dan sering tidak percaya diri karena ini bisa menggunakan see through bangs untuk menutupinya.

Medium Short Wavy Hair - IU

Sumber gambar readysteadycut.com

Tren berikutnya dibawa oleh IU, aktris sekaligus penyanyi saat membintangi drama pendek Netflix, Persona. Medium short wavy hair memberikan warna baru pada rambut sebahumu yang lurus dan terkesan monoton. Gaya yang sedikit messy ini bisa kamu coba ketika kamu menghadiri acara yang sifatnya semi formal hingga kasual. Juga untuk kamu yang punya rambut tipis, gaya ini akan membuatnya terlihat lebih bervolume dan makin cantik!

Ombre Bob with Bangs - Kim Dami

Sumber gambar pinterest.com

Kamu penikmat drama Itaewon Class pasti terkesan dengan penampilan Kim Dami, pemeran utamanya. Pilihan outfit dan gaya rambutnya yang tidak biasa menjadikan aktris pendatang baru ini pusat perhatian. Kim Dami tampil dengan rambut pop pendek dengan full bangs.

Namun bukan hanya model potongannya aja lho yang membuatnya menarik. Tapi ombre hair-nya dengan gradasi warna yang sangat cantik itu. Gaya rambut ini sangat pas untuk wanita modern yang dinamis dan energik.

Long Bob Layered Hair - Jennie Blackpink

Sumber gambar www.allkpop.com

Satu lagi gaya rambut klasik yang bisa kamu jadikan inspirasi. Kali ini dari Jennie, si trendsetter personel girlband Blackpink. Meski kerap tampil dengan rambut panjang lebat, Jennie ternyata pernah tampil dengan rambut long bob sebahu lho.

Bukan sekadar blunt bob biasa, Jennie menambahkan layer untuk membuat rambutnya terlihat bervolume dan gaya. Model rambut seperti ini bisa dikatakan "aman", sehingga kamu yang nggak mau ambil pusing dalam styling rambut bisa banget mencoba gaya ini. Entah itu buat ke kantor atau untuk sehari-hari, kamu dijamin nggak akan salah gaya deh.

Tren Gaya Rambut Korea untuk Cowok di 2020

Messy Quiff - Lee Jong Suk

Sumber gambar pinterest.com

Gaya rambut berponi sebenarnya sudah populer di kalangan kaum pria sejak tahun 1950-an. Seiring berjalannya waktu, model gaya rambut berponi juga mengalami perubahan. Salah satunya adalah perpaduan antara quiff dengan messy hair yang pas banget dipadukan dengan poni.

Kamu bisa mencontek gaya rambut Lee Jong Suk ini. Style messy seperti ini membuatmu terlihat cool dan effortlessly stylish. Model ini bertujuan untuk membuat rambut terlihat lebih bervolume, bisa kamu coba jika kamu punya rambut yang tipis.

Sided Curtain Haircut - Kim Seon Ho

Sumber gambar sindonews.com

Aktor Kim Seon Ho berhasil memikat banyak wanita di dunia melalui perannya dalam drama Start-Up. Salah satu faktornya adalah gaya rambut yang menunjang penampilannya sebagai businessman yang terlihat dewasa. Gaya rambut seperti ini disebut dengan sided curtain haircut.

Sayangnya, gaya seperti ini tidak bisa dipakai oleh semua rambut lho. Perlu rambut tebal untuk bisa membuat gaya rambut ini terlihat sempurna. Selain itu, kamu juga perlu menyisihkan waktu untuk styling sebelum pergi beraktivitas.

Side Swept Wavy - Hyun Bin

Sumber gambar review.bukalapak.com

Pesona Captain Ri memang sulit untuk ditolak, bahkan oleh kaum pria sekali pun. Gaya rambut aktor yang satu ini bisa dijadikan inspirasi untukmu yang ingin tampil beda namun tidak mau dengan model yang terlalu ekstrem. Gaya rambut bernama side swept wavy hair ini ditampilkan oleh sang aktor pada sebuah pemotretan.

Pada dasarnya, ini adalah rambut model quiff yang dibentuk wavy secara merata mulai dari poni hingga rambut bagian atas kepala. Kamu akan memerlukan bantuan hairspray dan pomade untuk mendapatkan tampilan yang sempurna.

Undercut Quiff - Park Seo Joon

Sumber gambar flickr.com

Tren rambut berikutnya yang bisa kamu adopsi adalah undercut quiff dari aktor Park Seo Joon. Kamu yang punya rambut tebal bisa membuat gaya ini terlihat makin sempurna. Kuncinya adalah selalu mencukur rambut bagian kanan, kiri, dan belakang agar tetap tipis. Sementara untuk rambut bagian atas dibiarkan tebal dan disisir rapi ke belakang.

Gaya rambut ini pas banget untuk menunjang office look yang modern dan tidak terlalu kaku. Cukup lakukan styling dengan pomade untuk membuatnya terlihat lebih rapi dan simetris.

Shadow Perm - Chanyeol EXO

Sumber gambar review.bukalapak.com

Bagi kaum pria, punya rambut ikal itu gampang-gampang susah untuk ditata. Tapi dengan shadow perm, kamu bisa tampil oke setiap saat. Untuk bisa mendapatkan gaya rambut ini, kamu harus memanjangkan rambutmu sampai tebal.

Baru setelah itu, kamu bisa memotongnya dengan gaya shadow perm. Seperti gaya rambut Chanyeol EXO ini. Tetapi gaya rambut seperti ini memerlukan perhatian lebih. Kamu harus sering-sering merapikan bagian sampingnya agar tetap tipis. Dengan demikian, rambut akan terlihat lebih seimbang.

Slicked Back Hair - Jay Park

Sumber gambar review.bukalapak.com

Ini dia nih gaya rambut andalan kaum pria yang ingin terlihat selalu rapi tapi tidak meninggalkan sisi bad boy-nya. Slicked back hair yang jadi andalan Jay Park tidak pernah ketinggalan zaman. Potongan rambut ini mirip dengan crew cut, tetapi seluruh sisi depan rambut disisir ke belakang seluruhnya.

Kamu harus melakukan styling menggunakan gel atau pomade untuk membuatnya tetap rapi. Agar kamu semakin standout, tambahkan juga highlight dengan warna mencolok seperti merah kecokelatan.

Mullet Hair - Baekhyun EXO

Sumber gambar pinterest.com

Mullet hair adalah gaya rambut ala era 90-an yang kembali dipopulerkan oleh personel EXO, Baekhyun. Gaya ini ditampilkan Baekhyun saat promosi lagu Ko Ko Bop. Untuk membuatnya terlihat lebih menonjol, kamu bisa menambahkan highlight pada rambutmu.

Ciri khas dari gaya rambut ini adalah poni berbentuk seperti gorden, namun dengan panjang di bawah telinga. Buat kaum pria, rambut ini tergolong rambut gondrong. Untuk menciptkana gaya sempurna, kamu tinggal melakukan styling dengan sedikit pomade agar hasilnya tidak terlalu kaku.

Slanted Sweep Hairstyle - Lee Min Ho

Sumber gambar popbela.com

Awal tahun ini, Lee Min Ho sukses comeback ke layar kaca lewat drama The King: Eternal Monarch. Selain wajah tampan yang selalu menyita perhatian, gaya rambut Lee Min Ho juga banyak digandrungi oleh kaum pria lho. Gaya ini terlihat sangat maskulin dan gagah.

Area rambut bagian atas dibiarkan tebal hingga jatuh ke depan seperti poni. Poni tidak dibiarkan menutupi bagian dahi, tapi dibelah ke sisi kiri dan kanan untuk menciptakan kesan mature. Selain itu, rambut bagian bawah belakang dipangkas rapi dan tipis.

Medium Undercut - Cha Eun Woo

Sumber gambar pinterest.com

Si ganteng Cha Eun Woo sering terlihat dengan gaya rambut comma hair atau curtain cut yang membuat terlihat semakin innocent. Namun ada kalanya ia mencoba gaya rambut super maskulin seperti medium undercut ini. Model rambut ini aman banget untuk cowok-cowok Indonesia lho.

Terutama buat kamu yang punya rambut medium, tinggal merapikan sedikit saja untuk mendapatkan gaya rambut ala Cha Eun Woo ini. Kuncinya adalah rambut yang tipis di sisi pelipis kiri dan kanan, belah tengah, lalu disisir rapi ke belakang.

Layered Bowl Cut - Nam Joo Hyuk

Sumber gambar review.bukalapak.com

Terakhir ada rekomendasi layered bowl cut ala Nam Joo Hyuk. Buat kamu yang punya rambut tipis dan ingin membuatnya terlihat lebih bervolume, bisa banget mencoba gaya ini. Potongan bowl cut yang terlihat mirip seperti mangkok ini dibeti sentuhan layer agar terlihat lebih fresh.

Namun gaya rambut ini bisa terlihat berantakan jika tidak di-styling dengan rapi. Jangan lupa untuk menyemprotkan sedikit hairspray agar rambut selalu terlihat rapi.

From our editorial team

Sudah Menemukan Gaya Rambut Favoritmu? Buruan Pergi ke Salon Yuk!

Sama halnya dengan tren fashion, tren gaya rambut pun akan terus berubah. Apalagi dunia fashion Korea yang sangat dinamis itu. Di masa depan pasti akan lebih banyak muncul gaya rambut yang semakin unik dan menarik. Dari deretan gaya rambut versi BP-Guide di atas, mana nih yang kamu sukai?