Rawatlah Rambut agar Sehat dan Berkilau dengan 10 Rekomendasi Masker Rambut Ini (2020)

Rawatlah Rambut agar Sehat dan Berkilau dengan 10 Rekomendasi Masker Rambut Ini (2020)

Melakukan perawatan untuk rambut secara rutin menjadi hal yang harus dilakukan jika kamu ingin memiliki rambut yang sehat. Masker rambut menjadi salah satu produk perawatan rambut yang bisa menutrisi rambut dan menjadikannya sehat berkilau.

Masker Rambut Berguna untuk Menutrisi Rambut agar Lebih Sehat

Rambut yang indah dapat meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita karena juga akan mempengaruhi penampilan. Terbukti dengan cukup banyaknya wanita yang rela menghabiskan uang dalam jumlah banyak hanya untuk perawatan rambut.

Rambut sebagai mahkota memang harus dirawat dengan baik agar terlihat sehat dan bebas dari permasalahan rambut yang umum dialami seperti, rontok, kering, kusut, rapuh, bercabang, lepek, rusak, berminyak, dan berketombe.

Salah satu cara merawat rambut adalah dengan menggunakan masker rambut. Penggunaan masker rambut (hair mask) secara rutin bisa membuat rambut jadi lebih sehat, kuat, lembut, halus, dan mudah diatur. Produk hair mask kini beredar banyak di pasaran dengan beragam varian dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Masker rambut juga ada yang alami dan tentunya tidak kalah efektif dengan produk masker rambut kebanyakan. Masker rambut bisa digunakan minimal 2 minggu sekali. Namun, jika rambut sering terkena proses kimiawi sebaiknya gunakan masker 1 minggu sekali.

Fakta Mengenai Masker Rambut yang Wajib Kalian Ketahui!

Pakailah Sekali Dalam Seminggu

Masker rambut sebaiknya digunakan sekali seminggu untuk mendapat rambut yang sehat dan terjaga kelembapannya. Namun, untuk rambut yang tidak sehat, kering, dan rusak, penggunaan masker rambut bisa dinaikkan menjadi 2 kali seminggu. Jika kondisi kerusakan rambut sangat parah, frekuensi penggunaannya bisa menjadi lebih sering, yakni 3 kali dalam seminggu. Jadi, penggunaan hair mask bisa disesuaikan dengan kondisi rambut masing-masing.

Oleskan Masker pada Ujung Rambut

Bagian ujung rambut tak boleh terlewatkan saat memakai masker karena paling mudah rapuh dan bercabang. Karena bagian ujung rambut ini rentan rusak sebaiknya kamu lebih memperhatikan bagian ini dengan tetap mengoleskan masker. Agar pemberian masker optimal, kamu bisa memanfaatkan sisir bergigi lebar.

Sisirlah Rambut Ketika Memakai Masker

Saat memakai masker sebaiknya kamu juga menyisir rambut dengan sisir bergigi jarang. Penggunaan sisir ini akan membuat masker tersebar merata sehingga tidak ada bagian rambut yang terlewat. Hindari menggunakan sisir bergigi rapat karena dalam kondisi basah rambut menjadi rapuh. Setelah sisir terkena masker segera cuci bersih agar tidak ada sisa masker yang menempel.

Setelah Menggunakan Masker, Tetap Memakai Sampo dan Kondisioner

Pernahkah kamu berpikir bahwa setelah menggunakan masker rambut, sampo dan kondisioner tak lagi dibutuhkan? Padahal setelah mendiamkan masker kamu perlu mencuci rambut dengan sampo untuk menghilangkan sisa-sisa masker yang masih menempel.

Begitu juga dengan kondisioner yang bisa menjaga rambut tetap lembap sehingga manfaat dari masker pun bisa lebih optimal. Namun, pilihlah sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis dan masalah rambut. Pemilihan produk sampo dan kondisioner yang salah juga dapat memicu masalah rambut.

Tips Memakai Masker Rambut untuk Hasil Maksimal

Pastikan Keramas hingga Rambut Bersih

Sebelum mengaplikasikan masker rambut, keramaslah hingga bersih agar rambut bersih dari kotoran dan minyak yang bisa menghalangi penyerapan nutrisi yang ada pada masker rambut. Setelah keramas, kamu bisa mengeringkan rambut dengan handuk dan jangan menggunakan hair dryer karena bisa membuat rambut kering. Rambut yang kering akan membuat penyerapan nutrisi dari masker menjadi tidak optimal. Setelah rambut bersih dan dalam keadaan lembap, barulah kamu bisa mengaplikasikan masker pada rambut.

Keringkan Rambut

Waktu terbaik untuk mengaplikasikan masker rambut adalah dalam kondisi rambut lembap. Oleh karena itu, setelah keramas kamu harus mengeringkan rambut hingga setengah kering menggunakan handuk atau diangin-anginkan secara alami. Akan lebih baik jika kamu menggunakan handuk ultra-adsorben karena bisa membuat rambut jadi tidak kusut.

Pakailah Masker Rambut

Saat mengaplikasikan masker rambut, tidak hanya batang rambut yang diberi masker, tapi kulit kepala pun juga harus. Masker rambut berfungsi untuk memberikan nutrisi pada rambut mulai dari akarnya. Kamu juga perlu memberikan pijatan ringan pada kulit kepada dengan gerakan melingkar.

Bungkuslah dengan Handuk Hangat

Agar kandungan nutrisi pada hair mask dapat terserap dengan maksimal, bungkuslah bagian kepala dengan handuk hangat atau bisa juga menggunakan shower cap. Suhu hangat ini akan membuat kulit kepala dan rambut lebih mudah dalam menyerap nutrisi.

Diamkan Rambut

Setelah mengaplikasikan hair mask dengan benar pada kulit kepala dan rambut, diamkanlah selama 10-30 menit agar penyerapan nutrisi bisa maksimal. Setelah itu baru bilas rambut dan kulit kepala hingga bersih menggunakan air hangat. Air hangat dapat membuat kutikula rambut terbuka sehingga menjadikan rambut lebih lembut dan berkilau. Untuk hasil yang maksimal kamu juga bisa menggunakan kondisioner setelahnya.

Rekomendasi Masker Rambut untuk Perawatan Rambut Sehat

NR Kur Mask

NR Kur Mask merupakan masker perawatan rambut yang terdiri dari 3 varian sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi rambut. Color Lock Mask cocok digunakan untuk rambut yang diwarnai agar rambut terus terlindungi dan warna rambut tidak cepat pudar. Varian Spa Therapy ditujukan untuk rambut rontok karena formulanya bekerja untuk memperbaiki struktur rambut dan bekerja dari dalam untuk membuat rambut berkilau dan elastis.

Untuk rambut kering dan rusak ada varian Hydrosilk mask. Varian ini mengandung argan oil dengan kandungan omega 6 dan vitamin E yang berguna untuk menjaga kelembapan rambut. Cocok sekali digunakan untuk merawat rambut yang rusak akibat proses kimiawi dan sengatan matahari.

Harga Rp. 6.700-9.900

XL Hair Mask

XL Hair Mask juga hadir dengan 3 varian berbeda yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi rambut. Ada peach & kiwi untuk rambut normal, strawberry & raspberry untuk rambut yang diwarnai dan grape & blueberry untuk rambut rusak.

Masker rambut dengan aroma buah yang segar ini tidak hanya menutrisi tapi juga antioksidan. Hasilnya rambut jadi lebih sehat, mudah diatur, dan kuat. Hair mask ini bisa digunakan 1-2 kali seminggu sebagai pengganti kondisioner. Hair mask bisa digunakan setelah menggunakan sampo dalam keadaan rambut basah.

Harga Rp. 5.000-6.500

Matrix Biolage Ultra Hydrasource

Matrix Biolage Ultra Hydrasource termasuk salah satu hair mask yang bagus untuk merawat rambut kering. Hair mask ini akan memberikan kelembapan ekstra sehingga rambut jadi mudah diatur dan tidak rapuh. Masker ini bekerja dengan cara melembapkan rambut secara intens dan menghidupkan kembali helai rambut yang kering sehingga rambut tampak lebih sehat dan berkilau.

Masker ini bebas kandungan paraben sehingga aman untuk rambut yang diwarnai. Masker rambut yang direkomendasikan untuk rambut yang tipis dan sedang ini bisa digunakan hingga 2 kali seminggu. Aplikasikan pada rambut yang basah dan diamkan sekitar 5 menit lalu bilas hingga bersih.

Harga Rp. 73.150-74.500

SYB Masker Rambut

SYB Masker Rambut hadir dengan kandungan cocoa yang berfungsi untuk melembapkan kulit kepala dan melindungi rambut dari kerusakan. Untuk hasil yang optimal, aplikasikan masker pada rambut yang lembap (setengah kering) dan diamkan sekitar 3 menit lalu pijat sekitar 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Masker ini bisa digunakan sesuai kebutuhan dan minimal 2 kali seminggu.

Harga Rp. 32.342-44.000

Pompia Hair Mask Amiglen

Pompia Hair Mask Amiglen adalah masker rambut yang dapat membuat rambut jadi lebih indah dan sehat. Kandungan nutrisinya berasal dari buah-buahan yang sudah terkenal manfaatnya untuk kecantikan.

Seperti buah anggur yang sangat bagus untuk rambut karena mengandung antioksidan yang tinggi, vitamin, dan mineral. Nutrisi dari anggur juga bagus untuk mencegah kerontokan dan mampu mendorong rambut jadi cepat tumbuh. Varian hair mask dari Pompia ini terdiri dari anggur, vanila, yoghurt, delima, susu, lily, cokelat, dan stroberi.

Harga Rp. 42.500-141.000

Go Street Hair Mask

Go Street Hair Mask ditujukan untuk rambut yang kering dan rusak akibat proses pewarnaan dan paparan bahan kimia lainnya. Masker rambut ini wanginya juga tahan lama hingga 2 hari dengan keharuman khas dari Filipina. Aplikasikanlah masker mulai dari pangkal hingga ujung rambut secara merata dan biarkan meresap selama 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih tanpa menggunakan sampo maupun kondisioner.

Harga Rp. 34.000-77.700

Hair Mask Coklat QBast

Hair Mask Coklat QBast mengandung banyak manfaat untuk rambut. Kandungan lemak dari cokelat akan melembapkan rambut sehingga rambut jadi lebih segar dan sehat. Fenetilamin dan anandamida dapat memberikan efek rileksasi pada kulit kepala. Kandungan proteinnya membuat rambut jadi lebih kuat dan subur sehingga rambut jadi tak mudah patah, rontok, maupun bercabang.

Kulit kepala pun bisa bebas dari masalah ketombe karena kandungan polifenol telah terbukti mampu mengendalikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan ketombe. Sebelum menggunakan masker ini, kamu bisa keramas dengan sampo dan menggunakan kondisioner terlebih dahulu.

Setelahnya kamu bisa aplikasikan masker ini pada kulit kepala dan rambut dan memijatnya selama 3 menit. Lalu diamkan sekitar 20 menit sambil dibungkus dengan handuk hangat. Setelah itu baru bilas rambut hingga bersih.

Harga Rp. 10.000-100.000

Nara Masker Rambut

Nara Masker Rambut hadir dengan formula yang bagus untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut seperti rambut rontok, lepek, patah, berminyak, berketombe, dan rambut yang sulit tumbuh. Hasil masker rambut yang satu ini tak kalah bagus dengan hair mask dari salon-salon mahal. Hasilnya rambut jadi mudah diatur, bersinar, dan jadi lebih sehat.

Harga Rp. 55.000-79.000

Elmi Hair Mask

Elmi Hair Mask adalah masker rambut yang menjadikan rambut lembut dan wangi. Bagusnya lagi masker ini aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Pilihan aromanya banyak dengan manfaat yang berbeda-beda sehingga kamu bisa pilih sesuai dengan masalah rambut.

Harga Rp. 14.250-17.500
  • Varian Ginseng untuk menguatkan dan menutrisi rambut sehingga rambut jadi tidak mudah kusut dan rontoknya berkurang.
  • Varian Strawberry bermanfaat untuk menghilangkan ketombe, mencegah rambut bercabang dan berminyak, serta melindungi rambut dari sengatan matahari. Hasilnya rambut jadi sehat, lembut, dan berkilau.
  • Varian Avocado bagus untuk kamu yang ingin memiliki rambut tebal, hitam, berkilau, dan kelembapannya terjaga.
  • Varian Coklat dan Kopi akan membuat rambut jadi hitam, lembut, halus, dan berkilau. Aromanya pun bisa membuat kamu menjadi lebih rileks.
  • Varian Aloe Vera akan menjadikan rambut lebih sehat, halus, tebal, hitam, dan terlindung dari paparan sinar matahari yang bisa membuat rambut rusak.
  • Varian Milk cocok digunakan untuk rambut kering, rontok, dan bercabang. Kandungan susunya akan membuat rambut jadi lebih halus dan berkilau.
  • Varian Mint ditujukan untuk masalah pertumbuhan rambut yang tidak normal seperti patah dan bercabang. Hair mask ini juga sekaligus bekerja untuk mencegah kerontokan rambut dan ketombe. Rambut pun jadi lebih kuat dan sehat mulai dari akar hingga ujung rambut.

Masker Rambut Lae Sa Luay Keratin

Masker Rambut Lae Sa Luay Keratin merupakan masker rambut dari Thailand yang terbuat dari bahan alami yang kaya nutrisi. Masker yang dapat memberikan hasil menakjubkan ini bermanfaat untuk menghilangkan ketombe dan mematikan kutu rambut. Selain itu juga bekerja efektif untuk menjadikan rambut lebih kuat, tidak kering dan bercabang. Hasilnya rambut jadi sehat, tidak berminyak, dan bersinar alami.

Harga Rp. 53.999-54.500
From our editorial team

Yuk, Mulai Rutin Memakai Masker Rambut agar Rambut Sehat dan Berkilau

Mulailah rutin merawat rambut menggunakan masker rambut untuk mendapatkan rambut yang sehat, cantik, dan berkilau. Sesuaikanlah varian masker rambut yang dipilih dengan permasalahan rambut yang sedang dialami. Jangan lupa untuk menggunakan masker rambut dengan benar agar hasilnya maksimal.