Rawat Rambut Berhijabmu dengan 4 Rekomendasi Sampo Wardah Berikut (2020)

Rawat Rambut Berhijabmu dengan 4 Rekomendasi Sampo Wardah Berikut (2020)

Berhijab adalah kewajiban setiap muslimah. Meski kepala ditutup, namun jangan sampai kita meremehkan kesehatan rambut. Walau tidak terlihat, kita tetap harus menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. Simak cara merawat rambut berhijab agar senantiasa sehat bebas masalah. Selain itu, intip juga sampo Wardah yang cocok untuk kamu yang berhijab!

Wanita Berhijab kerap Mengalami Aneka Masalah Rambut

Berhijab memang kewajiban setiap wanita muslim. Hijab ditujukan agar wanita menutupi auratnya dari yang bukan muhrim. Memakai hijab adalah menutupi kepala, rambut, hingga terjulur ke dada. Hijab bertujuan untuk melindungi wanita. Ketetapan memakai hijab telah tertuang pada kitab suci Al-Qur’an. Sebagai seorang muslimah, sudah sewajarnya jika kita mematuhi perintah Allah.

Ada sisi positif dan negatif dari rambut yang ditutupi dengan hijab. Sisi positifnya adalah rambut lebih terlindung sinar matahari dan polusi. Namun, rambut yang terlalu lama tertutup bisa jadi terlalu panas dan akhirnya menjadi lembap. Jika sudah begini maka akan ada banyak masalah rambut pada wanita berhijab.

Salah satu masalah yang dialami wanita berhijab adalah rambut lepek. Kondisi ini tentu sangat mengganggu karena bikin rambut terlihat tidak sehat. Selain itu, wajah juga jadi terlihat kusam saat rambut lepek.

Kondisi rambut lain yang kerap dialami wanita berhijab adalah rambut berketombe. Ini terjadi karena kondisi kulit kepala panas, pengap, dan lembap. Rambut berketombe juga bikin kita jadi repot karena kulit kepala terasa gatal. Saat kulit kepala gatal, kita tentu repot menggaruknya saat memakai hijab.

Rambut berminyak juga jadi salah satu masalah wanita berhijab. Kondisi rambut semacam ini bikin rambut jadi bau apek dan bikin kita jadi kurang percaya diri. Selain itu, rambut wanita berhijab juga rawan rontok. Tak jarang saat melepas hijab, rambut rontok menempal pada hijab.

Nah, aneka masalah rambut tersebut tentunya akan makin mengganggu jika tidak segera diatasi. Jangan karena rambut tertutup hijab lalu kamu tidak peduli dengan kondisi rambutmu. Kamu tetap harus merawat rambutmu agar tetap terjaga kesehatannya.

Tips Menjaga Kesehatan dan Keindahan Rambut Meski Berhijab

Istirahatkan Rambut Saat tidak Berhijab

Meski berhijab, bukan berarti rambut kita tidak butuh istirahat. Saat di rumah dan berada bersama muhrim, kita bisa melepas hijab. Biarkan rambut terurai tanpa dijepit atau dikuncir agar bisa beristirahat. Bebaskan rambutmu selama beberapa jam. Dengan mengistirahatkan rambut maka kulit kepala kamu bisa bernafap dengan baik. Keringat pada kulit kepala bisa berkurang sehingga kepala juga terasa lebih segar meski hanya sejenak saja.

Selain itu, alangkah baiknya jika kamu menyediakan waktu khusus untuk berjemur di pagi hari di dalam area rumah. Usahakan rambut terpapar sejenak oleh sinar matahari pagi. Hal ini akan membuat kamu jadi lebih rileks. Selain itu, cara ini juga bisa membantu sirkulasi di bagian kepalamu. Jangan lupa pijat-pijat sedikit ya kulit kepalamu. Cara yang satu ini bikin pertumbuhan rambut kamu jadi lebih sehat dan bisa tumbuh dengan baik.

Keramas Rutin dan Gunakan Produk Perawatan Rambut

Cara merawat rambut berhijab lainnya adalah dengan keramas secara rutin. Namun, ingatlah untuk menyisir rambut sebelum keramas. Meski sepele, ternyata hal ini juga bisa mengurangi risiko kerontokan rambut. Menyisir rambut dapat melancarkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Selain itu, rambut jadi bebas kusut sehingga lebih mudah disisir saat selesai keramas.

Keramaslah dua hingga tiga hari sekali agar kebersihan kulit kepala dan rambut tetap terjaga. Dengan keramas rutin maka tumpukan sebum dan lemak berlebih pada kulit kepala bisa lebih bersih. Saat rambut bebas sebum maka akar rambut lebih sehat dan kulit kepala bebas gatal. Gunakan produk yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Jika rambut sedang berketombe maka gunakan sampo untuk rambut berketombe, jika rambut sedang kering maka gunakan produk sampo untuk rambut kering, dan seterusnya.

Pastikan juga untuk memakai kondisioner dan juga masker rambut yang sesuai. Pemakaian kondisioner dan masker rambut berfungsi untuk menutrisi rambut lebih baik dan membuatnya jadi lebih sehat dan lebih subur. Gunakan kondisioner setiap usai keramas. Sementara itu, untuk masker rambut bisa kamu gunakan seminggu sekali.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Masalah rambut seperti rambut rontok, rusak, kering, hingga berminyak juga bisa disebabkan karena kurang nutrisi. Kamu yang berhijab juga wajib menjaga kesehatan rambut dengan mengonsumsi makanan bergizi. Konsumsilah makanan tinggi protein, rendah lemak, dan rendah karbohidrat. Nutrisi seperti vitamin B12, omega 3, mineral, dan biotin sangat dibutuhkan oleh rambut untuk mencegah kerontokan rambut.

Perbanyak konsumsi sayuran hijau, daging berwarna merah, hingga hati karena kaya zat besi. Kamu juga bisa mengonsumsi telur dan daging-dagingan sebagai sumber protein. Dengan nutrisi yang tercukupi maka rambut bisa lebih sehat dan kuat. Selain itu, rambut juga bisa lebih berkilau dan bebas kusam.

Gunakan Hijab dengan Bahan Nyaman

Wanita berhijab perlu memilih hijab yang digunakan secara hati-hati. Seperti kita tahu, bahan hijab di pasaran sangatlah beragam. Kamu bisa pakai hijab apa saja untuk disesuaikan dengan suasana dan acara yang akan kamu hadiri. Kendati demikian, demi kesehatan rambut, kamu wajib mengecek bahan hijab yang kamu gunakan.

Kamu bisa pilih bahan sutera lembut atau katun. Kedua bahan ini bisa dibilang sebagai bahan hijab paling aman dan nyaman. Bahan ini bisa mencegah gesekan yang bisa merusak tekstur rambut selama memakai hijab. Di sisi lain, ada juga aneka hijab bahan sintetis yang bisa kamu gunakan. Sayangnya, bahan sintetis mudah membuat rambut patah karena gesekan dengan bahan tersebut.

Jika hanya untuk memakainya dalam waktu singkat, sah-sah saja kamu memakai hijab bahan sintetis seperti poliester atau nilon. Kamu bisa juga memakai ciput agar bahan hijab tidak menempel langsung pada rambut. Dengan cara ini maka helaian rambut kamu juga tidak akan keluar dari hijab.

Hindari memakai hijab bahan sintetis untuk keseharian atau untuk waktu yang lama. Hijab semacam ini tidak menyerap keringat sehingga kulit kepala lebih pengap dan lembap. Ini berisiko membuat kepala jadi bau dan berketombe. Beda halnya dengan hijab bahan katun dan sutera. Bahannya bisa menyerap keringat dan bisa membantu masuknya sirkulasi udara untuk masuk ke celah-celah rambut.

Hindari Pakai Hijab jika Rambut Masih Basah

Jangan lupa untuk mengeringkan rambut dengan sempurna usai keramas. Jangan keburu mengikat rambut saat basah atau setengah kering. Hal ini hanya akan membuat rambut rontok dan mudah patah. Hindari juga memakai hijab saat rambut masih setengah kering. Ini hanya akan bikin rambut jadi bau.

Gunakan saja pengering rambut jika kamu terburu-buru ingin mengikat rambut atau memakai hijab. Gunakan pengering rambut dengan temperatur rendah atau sedang. Hindari memakai temperatur tinggi karena bisa membuat rambut kering dan jadi mudah patah.

Meski bisa dikeringkan dengan pengering rambut, namun jangan sering-sering menggunakannya, ya. Ini akan merusak rambut dan bikin rambut jadi kering dan bercabang.

Ini Dia Sampo Wardah yang Cocok Jadi Pilihan Kamu

Wardah Nutri Shine Shampoo

Wardah Nutri Shine Shampoo menjadi rekomendasi pertama dari kami. Ini adalah sampo yang dibuat dengan bahan alami yakni argan oil. Sampo ini akan menutrisi tiap helai akar rambut dan membuatnya jadi lebih sehat. Kamu yang memiliki rambut kusam, bercabang, dan rusak akibat styling rambut bisa mengandalkan sampo yang satu ini. Produk ini juga dilengkapi dengan grapeseed extract sehingga bisa melindungi rambut dari kerusakan. Rambut kusam akan segera tergantikan dengan rambut indah berkilau. Teknologi fragrance lock membuat aromanya bisa terkunci dan rambut jadi wangi sepanjang hari.

Harga Rp. 18.900-27.450

Wardah Shampoo Hairfall Treatment

Wardah Shampoo Hairfall Treatment ini juga bisa jadi pilihan kamu. Sampo yang satu ini cocok untuk kamu yang mengalami masalah rambut rontok. Sampo ini juga dilengkapi dengan bahan aktif seperti ginseng yang bisa menguatkan akar rambut. Ada juga rosemary extract yang bisa menutrisi kulit kepala dan meningkatkan proses pertumbuhan rambut. Sampo juga hadir dengan keratin yang bisa menjaga kekuatan batang rambut agar tidak rapuh dan mudah patah.

Dengan scentlock fragrance, maka aroma sampo bisa terkunci di tiap helai rambut. Aromanya begitu segar dan unik sehingga bikin kamu makin semangat dan percaya diri.

Harga Rp. 18.486-25.200

Wardah Daily Fresh Shampoo

Wardah Daily Fresh Shampoo ini juga bisa jadi pilihan kamu. Sampo dari Wardah ini cocok untuk kamu yang aktif bekerja di luar ruangan. Aroma rambut yang apek dan bau akibat terpapar matahari bisa disingkirkan dengan sampo ini. Kaya akan aloevera dan seaweed extract, sampo yang satu ini bisa menutrisi, menyegarkan, dan membuat rambut terasa lebih lembut. Rambut jadi lebih sehat, lebih mengembang, bebas lepek, dan mudah diatur. Produk ini dikemas dalam botol warna putih dengan ukuran 170 ml. Wanginya segar dan bikin kita jadi lebih semangat menjalani hari.

Harga Rp. 18.288-24.000

Wardah Anti Dandruff Shampoo

Wardah Anti Dandruff Shampoo menjadi rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini cocok untuk rambut yang berketombe. Sampo Wardah ini hadir dengan bahan aktif alami tea tree oil, pepermint extract, dan double zinc active. Ketombe berkurang dan kulit kepala menjadi segar. Dikemas dalam botol 170 ml, produk ini hadir dengan scentlock fragrance yaitu teknologi yang mengunci keharuman parfum pada setiap batang rambut. Aroma rambut jadi lebih wangi sepanjang hari sehingga bebas bau apek.

Harga Rp. 18.288-27.000
From our editorial team

Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Saat berhijab memang kita kerap mengikat rambut, utamanya jika rambut kita panjang. Namun, ingatlah untuk tidak mengikat rambut terlalu kencang setiap hari. Ikatan yang terlalu ketat bisa membuat rambut jadi lemah dan rapuh. Kulit kepala pun jadi lembap sehingga rentan berketombe. Gunakan saja ikat rambut berbahan kain yang lebih longgar. Kurangi pula tekanan pada ikatan rambut agar rambut tidak mudah rontok.