Mengenal Aneka Jenis Concealer dan Rekomendasi Concealer Wardah untuk Riasan Lebih Sempurna! (2020)

Mengenal Aneka Jenis Concealer dan Rekomendasi Concealer Wardah untuk Riasan Lebih Sempurna! (2020)

Riasan wanita akan makin sempurna jika memakai concealer. Produk yang satu ini memang selalu bisa diandalkan untuk bikin kekurangan pada wajah bisa tertutupi dengan baik. Kenali jenisnya dan cari tahu cara mengaplikasikannya yang benar bersama kami! Jangan lupa, cek juga rekomendasi concealer dari Wardah!

Concealer, Makeup Tak Tergantikan untuk Wanita

Bagi wanita, makeup memang wajib digunakan. Apalagi jika untuk keluar rumah dan bertemu orang lain. Agar lebih enak dipandang dan lebih percaya diri, makeup wajib digunakan.

Baik makeup yang natural maupun yang glamor, tetap saja kamu wajib memakai beberapa produk makeup dasar. Beberapa makeup dasar tersebut adalah pelembap, foundation, concealer, bedak, dan lipstik. Dengan makeup dasar ini, maka kamu siap tampil lebih segar dan lebih flawless.

Concealer merupakan salah satu bagian makeup dasar yang tidak bisa tergantikan oleh produk makeup lainnya. Fungsi utama dari concealer adalah untuk menutupi kekurangan yang ada pada wajah. Kekurangan seperti jerawat, bekas jerawat, noda hitam, dan lainnya bisa tersamarkan sehingga wajah terkesan lebih sempurna tanpa cacat.

Concealer bisa digunakan oleh berbagai jenis kulit, mulai dari kulit kering, berminyak, berjerawat, dan kombinasi. Tentu saja, pilihan concealer-nya disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit. Dengan begini, makeup bisa lebih tahan lama di wajah dan riasan jadi lebih flawless.

Concealer juga bisa berfungsi untuk memperjelas riasan mata. Selain menutupi kekurangan di wajah, concealer juga bisa menutupi mata panda. Concealer juga bisa jadi primer sebelum kamu memakai eyeshadow. Kamu juga bisa memakai concealer untuk memperbaiki bentuk winged eyeliner yang kamu terapkan. Concealer juga bisa memperjelas alis mata yang sudah kamu buat.

Begitu banyak fungsi concealer sehingga tidak berlebihan jika kita mengatakan concealer merupakan makeup tak tergantikan untuk wanita. Concealer juga tidak bisa digantikan dengan foundation. Yuk, cek perbedaan concealer dan foundation di bawah ini!

Perbedaan Antara Concealer dan Foundation

Dalam dunia kecantikan, kita mengenal foundation dan concealer. Keduanya memiliki tekstur dan fungsi yang berbeda. Keduanya tidak bisa menggantikan satu sama lain. Keduanya bisa melengkapi satu sama lain. Simak perbedaanya berikut.

Dalam hal fungsi, foundation digunakan untuk menciptakan warna kulit yang lebih merata. Sementara concealer fungsinya adalah menutupi noda di wajah agar tampak lebih flawless.

Foundation hadir dalam berbagai warna dan kekentalan. Ini agar bisa menciptakan makeup dasar untuk berbagai warna dan jenis kulit. Foundation juga berfungsi untuk membuat kulit terlihat lebih mulus dan lebih halus. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memilih foundation sesuai jenis kulit.

Concealer juga hadir dalam banyak warna. Kendati demikian, tujaunnya bukan untuk menyelaraskan dengan warna kulit, namun tujuannya untuk menutupi berbagai ketidaksempurnaan di kulit wajah, seperti noda bekas jerawat dan bintik hitam.

Formula dari foundation dan concealer juga berbeda. Foundation bisa diaplikasikan ke area yang lebih besar maka dari itu formulanya cenderung lebih cair jika dibandingkan dengan concealer. Kamu bisa memilih ingin hasil akhir sheer, light, medium, atau full coverage. Sementara itu, concealer tersedia dalam berbagai kemasan multi-formula, dan warna berbeda.

Tipe foundation dan concealer sama-sama beragam. Keduanya hadir dalam bentuk stick, powder, liquid, hingga krim. Dalam hal penggunaan, concealer bisa digunakan sebelum atau sesudah memakai foundation.

Kenali Aneka Jenis Concealer

Stick

Kamu wajib tahu aneka jenis concealer agar tahu mana yang sekiranya sesuai untukmu. Pertama ada jenis concealer stick. Jenis yang satu ini bisa diaplikasikan di bawah mata. cara aplikasinya mudah, kamu cukup mengaplikasikannya selayaknya kamu mengaplikasikan lipstik. Gunakan concealer stick setelah atau sebelum menggunakan alas bedak.

Supaya pemakaiannya lebih merata dan hasilnya bagus, jangan menarik atau menggores-goreskannya. Ini hanya akan membuat kulit jadi kendur. Jika area sekitar mata memiliki garis halus, ada baiknya gunakan pelembap ringan dulu. Pastikan juga pelembapnya tidak terlalu berminyak agar kesannya tidak berat di wajah.

Semisal kamu mengaplikasikan terlalu banyak pelembap, maka tepuk-tepuk memakai tisu atau spons supaya pelembapnya bisa dikurangi. Concealer jenis stick kurang cocok untuk kulit wajah berminyak.

Liquid

Berikutnya, ada concelaer bentuk liquid yang bisa jadi andalan. Jenis concealer ini umumnya hadir dalam bentuk tabung. Concealer cair memiliki tongkat aplikator supaya kamu bisa lebih mudah saat mengaplikasikannya.

Kamu bisa memakai jenis concealer yang satu ini memakai jari atau memakai aplikatornya. Cukup bubuhkan berupa titik-titik kecil pada area kulit yang ingin ditutupi lalu tepuk-tepuk sampai meresap dan merata.

Concealer cair memiliki tekstur ringan dan tidak terlalu berminyak. Ini membuat kamu bebas menambahkan lapisannya lagi jika dirasa belum bisa menutup ketidaksempurnaan pada wajah. Concealer cair sedikit susah diatur karena bentuk cairnya membuatnya lebih mudah terbaur kemana-mana. Liquid concealer paling pas untuk semua jenis kulit kecuali kulit yang sangat kering.

Kamu bisa memilih liquid concealer dengan finishing yang kamu inginkan. Secara umum, liquid concealer dengan hasil akhir matte lebih tahan lama dibandingkan hasil akhir satin. Kendati demikian, liquid concealer dengan hasil satin bisa memberi tampilan yang natural.

Pen

Berikutnya, ada jenis concealer pen yang bisa kamu gunakan. Produk yang satu sangat praktis digunakan. Ini cocok untuk kamu yang ingin bepergian namun tidak ingin membawa banyak peralatan makeup. Bentuknya yang mirip pen tidak makan banyak tempat pada puch makeup kamu.

Ujung concealer pen begitu lembut dan mirip kuas. Ini membuat kamu lebih mudah mengaplikasikannya dan membaurkannya pada wajah. Tingkat coverage concealer pen tidak kalah dengan concealer lainnya. Namun, kamu tetap wajib berhati-hati saat mengaplikasikannya agar makeup tidak terlalu tebal.

Powder Concealer

Kamu juga wajib tahu bahwa ada yang namanya powder concealer. Mungkin memang jarang ada dan jarang ditemukan. Kendati demikian, powder concealer memiliki fungsi yang sama seperti concealer laiinnya. Bentuknya mirip bedak padat atau tabur yang biasanya kita gunakan. Keunggulan dari powder concealer adalah daya coverage nya lebih tinggi. Untuk memakainya juga sangat praktis. Kamu tinggal memakainya seperti kamu memakai bedak pada umumnya. Jenis concealer ini tentu sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak.

Krim

Concealer berikutnya hadir dalam bentuk krim. Concealer semacam ini biasanya dimasukkan dalam wadah kecil mirip eyeshadow. Tekstur concealer krim adalah lembut dan sedikit creamy.

Jenis concealer ini mudah diaplikasikan pada wajah. Kamu bisa memakai jari, kuas, atau spons. Jenis concealer ini paling pas untuk kulit kering. Tekstur creamy-nya bisa melembapkan dengan baik. Concealer krim juga lebih mudah dibaurkan pada wajah.

Meski demikian, ada juga kekurangan dari jenis concealer yang satu ini. Bisa jadi konsistensinya menjadi terlalu tebal dan berminyak. Jika sudah begini maka garis muka jadi lebih terlihat jelas.

Tips Memakai Concealer

Untuk memakai concealer, kamu wajib tahu langkah yang benar. Ini supaya wajah bisa tercover dengan sempurna dan makeup bisa terkesan lebih flawless. Kamu juga bisa jadi lebih percaya diri jika sudah mengaplikasikan concealer dengan benar.

Kunci pertamanya adalah tetap mengaplikasikan foundation sebelum memakai concealer. Foundation akan berperan untuk membuat warna kulit lebih merata dan bisa membuat kulit jadi lebih halus secara merata. Maka, bagaimanapun juga jangan melewatkan pemakaian foundation.

Kunci selanjutnya agar concealer bisa lebih sempurna adalah memilih warna yang sesuai. Umumnya, concealer hadir dalam berbagai warna. Misalnya warna hijau khusus untuk menutupi jerawat. Warna peach untuk menutupi mata panda, dan warna kuning untuk meratakan warna kulit wajah.

Hindari memakai warna concealer yang terlalu terang sebab bisa memberi kesan wajah keabuan dan bisa membuat wajah terkesan belang. Pilih saja yang concealer satu tingkat lebih terang dibanding warna kulit.

Selain digunakan untuk menutupi kekurangan pada wajah, kamu juga bisa memanfaatkan concealer untuk memberi efek bibir lebih penuh. Gunakan concealer untuk bagian tengah bibir agar memberikan efek bibir yang penuh. Jadi semisal kamu memiliki bibir tipis, kamu bisa mensiasatinya dengan mengaplikasikan concealer pada bibir sebelum memakai lipstik.

Ini Dia Rekomendasi Concealer Wardah untuk Kamu

Wardah Double Function Kit

Wardah Double Function Kit ini merupakan produk pertama untuk kamu. Concealer dari Wardah ini hadir dengan pilihan warna basic. Jenis concealer ini bisa bikin kamu tampil natural kapan saja dan dimana saja.

Dikemas dalam bentuk yang mirip eyeshadow, produk ini adalah concealer dengan fungsi ganda dalam satu kemasan yang compact. Kemasannya mudah dibawa kemana saja. ini juga cepat diaplikasikan dengan mudah. Gunakan light concealernya untuk mencerahkan area sekitar mata dan tulang hidung. Sementara itu, dark concealernya bisa menutupi noda hitam dan bisa membuat shading pada wajah. Produk ini juga bisa jadi eyeshadow base sehingga eyeshadow jadi lebih tahan lama.

Harga Rp. 21.000-49.000

Wardah Lightening Liquid Concealer

Kamu juga tidak bisa melewatkan Wardah Lightening Liquid Concealer. Ini merupakan concealer yang bisa memberikan coverage medium hingga high. Jenis concealer ini bisa menutupi noda hitam dan bekas jerawat di wajah. Keunggulan concealer ini adalah mudah digunakan karena bentuknya cair. Ada juga aplikatornya yang memudahkan kita memakainya.

Produk ini formulanya ringan sehingga nyaman digunakan dalam keseharian. Dalam concealer ini dilengkapi dengan Micronized Bright Pigment untuk mencerahkan dan dapat menyamarkan bekas jerawat. Concealer ini formulanya bisa tahan hingga 12 jam. Kulit kamu jadi lebih halus tanpa cracky. Uniknya, produk ini non comedogenic sehingga kamu tidak perlu khawatir saat memakainya.

Concealer ini cocok untuk segala jenis kulit. Bahannya halal dan dipastikan sudah teruji secara klinis. Kamu bisa memakainya sesudah atau sebelum memakai foundation. Ada varian warna light dan beige yang bisa dipilih.

Harga Rp. 29.000-40.000

WARDAH Instaperfect QUICK FIX Cover Correct Concealer

WARDAH Instaperfect QUICK FIX Cover Correct Concealer ini adalah produk yang bisa kamu andalkan selanjutya. Produk yang satu ini memiliki tekstur yang lembut. Formulanya ringan sehingga cepat diserap pada kulit. Produk ini juga akan segera merasuk ke kulit saat diaplikasikan.

Daya coverage nya cukup tinggi dan tahan lama. Concealer ini bisa menyamarkan kemerahan, noda gelap, dan ketidaksempurnaan pada area wajah. Kemasannya praktis dan mudah dibawa kemana saja. Pen concealer ini hadir dengan kuas pada bagian ujungnya. Kuasnya pipih dan ukurannya pas, sehingga kamu bisa memakainya di area bawah mata, tulang hidung, dan bekas jerawat dengan sempurna. Produk ini hanya perlu diputar ujungnya sampai mengeluarkan bunyi dan produk akan keluar pada kuas.


Ada shade light untuk menutupi tampilan kantung mata yang gelap sekaligus ingin meng-highlight area wajah. Ada juga shade beige untuk menutupi bekas jerawat atau kemerahan pada kulit wajah. Coveragenya cukup tinggi sehingga tidak perlu berulang kali aplikasi.

Harga Rp. 75.000-99.000
From our editorial team

Hindari Mengaplikasikan Concealer dengan cara Diusap

Hasil makeup yang sempurna didapatkan ketika concealer tampak menyatu dengan kulit. Namun ada kesalahan yang biasa kita lakukan secara tidak sadar. Kesalahan yang biasanya dilakukan adalah membaurkan concealer dengan cara diusap atau digeser. Hal ini yang bisa menjadikan tekstur dan warna concealer terlihat tak rata. Cara untuk membuat concealer terbaur secara alami yaitu dengan meratakan concealer dengan cara ditepuk-tepuk perlahan. Kamu bisa menggunakan kuas khusus concealer atau makeup sponge untuk hasil yang lebih natural.

Tag