Ingin Rambut Lurus dan Rapi? Kamu Bisa Coba 10 Pilihan Catok Rambut Terbaik versi BP-Guide Berikut!

Ingin Rambut Lurus dan Rapi? Kamu Bisa Coba 10 Pilihan Catok Rambut Terbaik versi BP-Guide Berikut!

Sumber gambar unsplash.com

Ingin punya rambut lurus yang teratur dan rapi? Jika iya, kamu bisa gunakan catok rambut yang mudah digunakan dan tidak merusak rambut. Mau tahu rekomendasi catokan rambut yang oke? Kamu bisa cek rekomendasi BP-Guide berikut!

Catokan Rambut Dapat Menghasilkan Rambut yang Lurus, Rapi, dan Berkilau

Sumber gambar lionessebeautybar.net

Bagi seorang wanita, rambut adalah salah satu aspek yang menunjang penampilan. Maka dari itu, menata rambut menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum beraktivitas. Namun, menata rambut bukan hal yang mudah bagi pemilik rambut mengembang dan sulit diatur. Perlu upaya khusus agar rambut dapat tertata rapi.

Tak perlu repot-repot ke salon, dengan bantuan catokan rambut, siapa pun bisa mendapatkan rambut lurus, rapi, dan berkilau. Catokan rambut atau hair straightener bahkan menjadi salah satu alat yang pasti dimiliki oleh kaum hawa. Selain untuk meluruskan rambut, catokan juga dapat digunakan untuk mengeriting rambut tanpa perlu mengeluarkan uang untuk menata rambut di salon.

Sebelum Menggunakan Catok Rambut, Perhatikan Hal Berikut!

Gemar mengubah gaya rambut, bukan berarti kamu bisa sembarangan menggunakan catok rambut. Yuk, perhatikan hal berikut ini sebelum menggunakan catokan!

Pilih Catokan Berlapis Keramik

Sumber gambar www.jd.id

Menjamurnya produk catokan membuatmu harus berhati-hati dalam memilih. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli catokan adalah material pada plat catokan. Mengapa material plat penting diperhatikan? Hal ini karena plat panas pada catok mampu memecah kelembaban rambut yang membuat rambut menjadi kering, kusam, dan kasar.

Ada tiga material plat yang umum di pasaran, yaitu tourmaline, titanium, dan keramik. Dari tiga bahan ini, plat keramik adalah yang paling direkomendasikan. Keramik adalah bahan yang mampu meratakan panas dengan baik serta meminimalkan kejadian rambut terbakar. Catok dengan bahan keramik sangat cocok terutama bagi yang memiliki rambut tipis, lantaran tidak terlalu banyak memancarkan ion negatif yang mampu merusak rambut.

Gunakan Vitamin Rambut

Sumber gambar www.huffpost.com

Bukan rahasia lagi bahwa sering mencatok rambut akan membuat rambutmu mudah rusak karena panas. Padahal, mencatok rambut adalah salah satu cara agar dapat tampil maksimal saat beraktivitas. Tentu kamu tidak mau jika rambut yang merupakan aset berharga mengalami kerusakan.

Untuk mencegah kerusakan pada rambut, maka kamu perlu memberikan rambutmu asupan nutrisi. Misalnya saja dengan rutin melakukan keramas menggunakan sampo yang menggunakan vitamin. Bahkan, saat ini vitamin rambut juga mudah didapatkan. Selain mencegah kerusakan, memberikan nutrisi pada rambut juga dapat membantumu untuk mendapatkan hasil catokan yang maksimal dan awet.

Jangan Meluruskan saat Rambut Basah

Sumber gambar www.thelist.com

Sebelum mencatok rambut, perhatikan kondisi rambutmu. Ketika kendak mencatok rambut, pastikan bahwa rambutmu dalam kondisi kering. Jangan pernah mencatok rambut yang masih basah atau belum kering sempurna. Mengapa demikian?

Rambut yang basah sangat rentan mengalami kerusakan. Suhu rambut yang rendah akan membuat rambut terlalu panas ketika dicatok. Hal ini akan menimbulkan bau gosong pada rambut, bahkan dapat merusak catokan karena perbedaan suhu yang signifikan. Selain itu, hindari juga melakukan pencatokan berulang pada lapisan rambut yang sama, karena akan membuat rambut terlalu panas dan mudah rusak.

Sesuaikan dengan Tipe Rambut

Sumber gambar lajollamom.com

Apa tipe rambutmu? Tak bisa sembarangan, rupanya memilih catok rambut juga harus disesuaikan dengan tipe rambut. Catok rambut tersedia dengan 5 jenis ukuran, mulai dari 0,5 cm hingga 2 inci. Dalam memilih catok rambut, prinsipnya adalah semakin pendek rambut, maka semakin tebal alat catok yang dibutuhkan.

Bagi kamu yang memiliki rambut panjang dan tebal, sebaiknya menggunakan alat catok yang lebih tipis.
Bila disesuaikan dengan ukurannya, bagi kamu yang memiliki rambut pendek dan berponi sebaiknya menggunakan catok berukuran 0,5 inci. Sedangkan, bagi kamu pemilik rambut pendek sedang, direkomendasikan menggunakan catok berukuran 1 inci.

Pemilik rambut sebahu lebih cocok menggunakan catok ukuran 1,25 inci, dan untuk pemilik rambut yang lebih panjang sebaiknya menggunakan catok berukuran 1,5 inci. Bagi kamu yang memiliki rambut melebihi bahu, sebaiknya menggunakan catok berukuran 2 inci. Pemilihan catok dengan plat yang lebar bagi rambut panjang dan tebal dimaksudkan agar mampu menjangkau banyak rambut, sehingga lebih efisien waktu.

Rekomendasi Catokan Rambut Terbaik untuk Kamu

Banyaknya produk catok di pasaran membuatmu bingung memilih catok rambut yang berkualitas? Ini dia rekomendasi catok rambut terfavorit untuk kamu.

PHILIPS HP8302-00 Hair Straightener

Sumber gambar Tokopedia

Rekomendasi produk yang pertama adalah PHILIPS HP8302-00 Hair Straightener. Catok rambut yang satu ini sangat direkomendasikan karena platnya terbuat dari bahan keramik yang membuat rambut lurus tanpa merusak rambut. Dengan konsumsi daya 33W, hair straightener ini memiliki waktu pemanasan yang cepat.

Mampu menghasilkan suhu hingga 210 derajat Celsius, kamu bisa dengan leluasa menggunakan catok keluaran PHILIPS ini karena memiliki kabel sepanjang 1,6 meter. Selain dilengkapi dengan teknologi kabel putar, catok ini juga memiliki ukuran plat 19x85 cm yang mampu menata rambut dengan mudah. Kamu bisa membelinya melalui Tokopedia seharga Rp 204.000 dan Lazada seharga Rp 216.000.

GlamPalm Hair Straightener GP 501 BL

Sumber gambar Shopee

Produk catok selanjutnya hadir dari GlamPalm, yaitu GlamPalm hair Straightener GP 501 BL. Produk ini istimewa karena terbuat dari material keramik dan memiliki sinar infra merah yang mampu menghasilkan tatanan rambut sempurna serta melindungi rambut kering dan bercabang. Dengan waktu pemanasan hanya 30 detik, produk ini dilengkapi oleh LED temperature control serta teknologi auto shut off dalam waktu 30 menit.

Kamu bisa mengatur suhu catok ini dari 100-200 derajat Celsius. Tergolong hemat listrik, hair straightener keluaran GlamPalm ini memiliki daya sebesar 50W. Tertarik? Kamu bisa membelinya melalui Shopee dengan harga Rp 2.159.200.

Sonar 8099 Catok Rambut Keriting

Sumber gambar Tokopedia

Selain keramik, ada pula catok rambut yang terbuat dari material tourmaline. Salah satu catok rambut yang terbuat dari bahan tersebut adalah Sonar 8099 Catok Rambut Keriting. Produk ini sangat cocok bagi kamu yang punya rambut tebal karena memiliki plat berukuran 4 cm yang tergolong besar dan tipis. Dengan pengaturan suhu digital, kamu bisa mengatur suhu dari 160-240 derajat celcius.

Catok Sonar ini hemat listrik, karena hanya menggunakan daya 45W. Hadir dengan inovasi baru, kamu bisa lebih leluasa menggunakan catokan rambut yang satu ini lantaran kabelnya yang dapat diputar 360 derajat. Catokan juga memiliki bantalan yang lebih menonjol, kamu bisa menata rambutmu seperti habis blow di salon. Segera dapatkan produk ini melalui Tokopedia seharga Rp 233.000 dan Bukalapak seharga Rp 147.000.

Mideas F202A Catokan Rambut

Sumber gambar Tokopedia

Mideas F202A catokan Rambut menjadi produk selanjutnya yang direkomendasikan. Catok yang satu ini menggunakan material titanium yang mampu memanaskan plat dengan cepat. Untuk suhunya, catok ini dapat diatur antara 140-220 derajat Celsius. Memiliki daya sebesar 60W, catok ini memiliki lebar flat 3,5 cm dan panjang 9,5 cm.

Keistimewaan produk ini terletak pada teknologi infra merahnya yang berfungsi untuk detoksifikasi dan menghilangkan bau rambut. Segera dapatkan produk ini melalui Tokopedia seharga Rp 382.000 dan Shopee seharga Rp 300.000.

Xiaomi YueLi Mini Hair Straightener

Sumber gambar Blibli

Bagi kamu yang gemar bepergian, membawa catokan kerap kali merepotkan. Nah, tak perlu khawatir karena kamu bisa memiliki produk Xiaomi YueLi Mini Hair Straightener yang praktis dibawa ke mana saja. Catokan portabel ini merupakan produk multifungsi, karena bisa juga digunakan sebagai power bank. Dengan bahan plat titanium, produk ini dikombinasikan dengan teknologi pengamplasan dan profesional MGH elemen pemanas.

Produk keluaran Xiaomi ini memiliki kapasitas baterai 2500 mAh yang bisa kamu gunakan di saat darurat. Tertarik membeli? Kamu bisa mendapatkan produk ini melalui Blibli seharga Rp 309.000 dan Tokopedia seharga Rp 295.000.

Repit Titan Magic Brush Iron 2in1

Sumber gambar Tokopedia

Suka tampil dengan rambut curly? Kamu wajib mencoba produk catok rambut Repit Titan Magic Brush Iron 2in1. Produk Korea ini mampu menata rambutmu menjadi lurus, bergelombang, hingga menambah volume. Dengan bahan plat platinum pada brush iron, catok ini aman untuk rambut. Bagi kamu yang ingin meluruskan rambut, cukup tekan tombol buka (open). Sedangkan kamu yang menginginkan rambut keriting, kamu bisa menekan tombol kunci (lock).

Produk ini dilengkapi teknologi create ion dan memiliki 4 tingkatan temperatur. Hanya menghabiskan daya 35W, kamu bisa memiliki produk ini dengan membelinya melalui Blibli dan Tokopedia seharga Rp 1.919.200, atau di Shopee seharga Rp 1.847.230.

Amara 2 in 1 Professional Hair Straightener

Sumber gambar Shopee

Satu lagi catokan dengan material keramik yang direkomendasikan adalah Amara 2 in 1 Professional Hair Straightener. Tidak lengket dan tidak membuat rambut rusak, catokan ini dapat digunakan untuk meluruskan maupun membuat rambut menjadi curly. Dengan pengatur suhu dari 160-220oC, catok ini juga memiliki kabel anti lilit yang dapat berputar hingga 360 derajat.

Catokan bisa menghasilkan model rambut yang diinginkan dengan tahan lama dengan 5 level pengaturan panas. Bagi kamu yang berminat memiliki produk ini, kamu bisa membelinya di Lazada seharga Rp 150.000 atau Shopee seharga Rp 250.000.

Beauvrys Professional Hair Volumizer Catok Rambut

Sumber gambar Tokopedia

Catok rambut dengan plat keramik selanjutnya adalah Beauvrys Professional Hair Volumizer Catok Rambut. Catok ini cocok untuk kamu yang memiliki tipe rambut tipis. Untuk menambah volume rambut, kamu bisa menggunakan catok keluaran Beauvrys ini.

Dengan teknologi ION, catok ini juga dilengkapi teknologi yang mampu menghantarkan panas secara cepat dan merata. Suhunya bisa diatur dari antara 130-230 derajat Celsius. Produk dengan voltase 100-240 V ini hadir dengan black crimping plate.

Catok ini memiliki kabel elastis sepanjang 2,5m yang dapat berputar hingga 360 derajat. Dapatkan produk ini di Blibli dan Tokopedia seharga Rp 474.500. Kamu juga bisa mendapatkan produk ini di Bukalapak seharga Rp 350.000.

Elona Eclairre Cordless Styling Iron

Sumber gambar Bukalapak

Catok rambut berikutnya hadir dari Elona Eclaire Cordless Styling Iron. Dengan material titanium, catok ini mampu menghasilkan rambut lurus sempurna maupun lengkung halus. Cocok dibawa saat bepergian, catok yang satu ini dibuat tanpa kabel dan beroperasi menggunakan baterai. Kapasitas baterainya 2200mAh.

Terdapat pengaturan panas tiga level, yaitu 160, 180, dan 200 derajat Celsius. Praktis digunakan untuk retouch saat bepergian, kamu bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia seharga Rp 975.000 dan Bukalapak seharga Rp 1.053.000.

GHD Platinum Black Styler Catok Rambut

Sumber gambar Tokopedia

Rekomendasi catok rambut yang terakhir adalah GHD Platinum Black Styler Catok Rambut. Produk ini adalah produk kualitas unggul, bahkan terbukti mampu menurunkan potensi rambut rusak dan mampu menghasilkan tatanan rambut yang berkilau. Memiliki plat yang melindungi dari panas, kamu tak perlu khawatir kala melakukan styling dengan catok keluaran GHD ini.

Produk ini memiliki ultra zone yang memastikan panas merata di seluruh plat. Terdapat pula mode tidur otomatis jika sudah digunakan. Dengan temperatur maksimal 185 derajat Celsius, kamu tidak perlu menunggu lama, karena hanya perlu 20 detik waktu pemanasan. Produk ini bisa kamu peroleh di Tokopedia seharga Rp 5.799.000 dan Shopee seharga Rp 4.669.000.

From our editorial team

Gunakan Catok Rambut Seperlunya!

Mencatok rambut dan membuatnya terlihat rapi memang menyenangkan tapi jika kamu ingin rambut tetap sehat, ada baiknya jika kamu tidak terlalu sering mencatok rambutmu. Gunakan heat protectant untuk melindungi rambutmu dari kerusakan dan tentunya pilih jenis catokan yang berkualitas agar rambutmu tetap terjaga kelembapannya.