Kesal karena Ketombe Gatal? Atasi dengan 10 Rekomendasi Sampo Antiketombe Berkualitas (2021)

Kesal karena Ketombe Gatal? Atasi dengan 10 Rekomendasi Sampo Antiketombe Berkualitas (2021)

Selain mengganggu penampilan, ketombe yang bermunculan di rambut dapat menimbulkan rasa gatal hingga rambut rontok. Anda harus segera mengatasi rambut yang berketombe dengan memilih salah satu dari sampo antiketombe yang BP-Guide rekomendasikan kali ini. Yuk, langsung cek dulu aja!

Ketombe Merupakan Salah Satu Masalah Rambut dan Kulit Kepala yang Kerap Muncul

Ketombe atau pityriasis simplex capillitti merupakan kondisi kulit kepala di mana sel-sel kulit kepala mati dan terlepas menjadi serpihan putih kecil seperti salju. Biasanya serpihan putih kecil tersebut ditemukan di permukaan kulit kepala, di antara rambut ataupun bahu.

Selain itu, terdapat gejala umum lainnya berupa gatal, radang, dan rasa kering di kulit kepala. Meskipun begitu ketombe tidak hanya bisa muncul di kulit kepala, namun bisa juga di tempat lain seperti telinga, alis mata, hidung, ataupun di tempat di mana kulitnya memproduksi banyak minyak.

Kondisi ini bersifat kronis, namun tidak perlu khawatir karena tidak ada resiko penularan. Kebanyakan ketombe terjadi disebabkan oleh adanya pertumbuhan jamur Malassezia berlebih. Jamur ini secara normal memang ada di kulit kepala sehingga tidak dianggap infeksi.

Umumnya ketombe terjadi pada pria usia dewasa muda dan bisa membuat resah ataupun kehilangan kepercayaan diri. Untuk mengatasi ketombe sebaiknya kenali penyebab ketombe dan pilihlah produk perawatan yang sesuai. Bagi sebagian orang, cara mengatasi ketombe adalah dengan menggunakan produk sampo khusus antiketombe.

Kenali Faktor-faktor Penyebab Munculnya Ketombe

Pemilihan Sampo yang Kurang Tepat

Ketombe umumnya terjadi karena pertumbuhan jamur yang berlebihan ataupun banyaknya sel kulit mati di kulit kepala. Lalu sel kulit mati tersebut menggumpal dan menjadi serpihan ketombe. Sel kulit mati dalam bentuk serpihan putih tersebut menumpuk di kulit kepala, mengering, dan berjatuhan. Selain itu, penyebab ketombe bisa dikarenakan kulit kepala kotor sehingga menjadikan ketombe makin parah.

Untuk mengatasinya pilihlah produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala, namun tetap harus perhatikan kandungan di dalamnya. Hal ini dikarenakan setiap produk mempunyai kandungan dan dampak yang berbeda-beda.

Bagi wanita ketika menggunakan kondisioner sebaiknya aplikasikan di tengah hingga ujung batang rambut. Hindari mengoleskan kondisioner pada kulit kepala karena dapat membuat kulit kepala menjadi lembap dan lengket sehingga menimbulkan permasalahan peradangan ketombe.

Stres dan Malas Menyisir Rambut

Penyebab ketombe parah dan berkerak adalah stres dan malas menyisir rambut. Kondisi stres yang terjadi dapat mengakibatkan rambut menjadi mudah rontok. Untuk mengatasinya sebaiknya cukupi kebutuhan tidur harian selama 8 jam dan lakukan rileksasi atau pemijatan agar pikiran dan badan menjadi lebih segar.

Selain itu, malas menyisir rambut juga dapat menimbulkan ketombe cukup parah sehingga Anda perlu rajin menyisir rambut agar rambut tetap lembut dan bersih dari kotoran serpihan sel kulit mati di kepala. Lakukan kebiasaan menyisir rambut setiap hari agar ketombe membandel bisa berkurang dan menghindari penumpukan sel kulit mati di kulit kepala.

Adanya Jamur Malassezia

Setiap orang memiliki jamur Malassezia di kulit kepala. Jamur ini merupakan jenis jamur yang hidup di permukaan kulit dan bermanfaat untuk memakan sel-sel kulit mati dan minyak di kulit kepala. Meskipun jamur Malassezia sangat membantu, namun apabila jumlahnya berlebihan dapat memicu munculnya ketombe.

Untuk mengatasinya sebaiknya cucilah rambut secara teratur menggunakan sampo antiketombe agar populasi jamur tersebut terkendali. Bagi orang yang sensitif terhadap jamur, kemungkinan dapat mengalami ketombe sedikit lebih tinggi.

Kondisi musim dingin atau hujan selama berbulan-bulan dapat menyebabkan munculnya ketombe, sedangkan pada cuaca lebih hangat justru berkurang karena sinar ultaviolet-A (UVA) dari sinar matahari mampu melawan jamur.

Cuaca Sangat Terik

Perubahan suhu secara drastis seperti suhu dari panas ke dingin ataupun sebaliknya bisa menjadi pemicu munculnya ketombe. Paparan sinar UV yang setiap hari terserap juga dapat mengakibatkan kelembapan rambut berkurang sehingga rambut menjadi kusam, kering, rontok, patah, rapuh, bahkan kemerahan.

Terlalu sering terpapar cuaca yang terik, bukan tidak mungkin menimbulkan tumpukan ketombe di rambut Anda. Jadi, usahakan untuk selalu memberikan perawatan maksimal bagi rambut jika Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

Fakta Mengenai Bahan Aktif yang Terdapat pada Sampo untuk Mengatasi Ketombe

Zinc Pyrithione

Zinc Pyrithione merupakan turunan dari zinc yang sering ditemukan dalam bentuk sampo, krim, ataupun sabun wajah. Produk dengan kandungan Zinc Pyrithione juga biasanya digunakan untuk rambut berketombe yang disebabkan oleh ragi. Tentu Anda tidak asing kan jika melihat kandungan bahan ini pada komposisi sampo anti ketombe?

Nah, sebenarnya, zinc pyrithione adalah bahan aktif yang digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut seperti dermatitis seboroik/ketombe, psioriasis kulit kepala, dan jerawat. Kandungan ini dimilih karena memiliki sifat anti jamur, anti bakteri dan anti mikroba.

Tea Tree Oil

Sebagian besar wanita pasti tidak asing lagi dengan kandungan tea tree oil yang punya banyak manfaat untuk wajah. Ternyata, tidak hanya wajah saja yang dapat mengambil manfaat baik dari tea tree oil. Rambut yang berketombe pun dapat diatasi dengan kandungan tea tree oil, lho.

Hal ini dikarenakan tea tree oil mengandung memiliki sifat terapeutik dan anti jamur yang bisa mengatasi infeksi kulit, jerawat, athlete’s foot (infeksi jamur) ataupun penyakit peradangan lainnya. Selain itu, dapat mengurangi gatal, ketombe, membersihkan dan menguatkan rambut.

Asam Salisilat

Bahan ini pun biasanya ada dalam sampo-sampo anti ketombe, lho. Asam salisilat merupakan bahan aktif untuk mengatasi permasalahan kulit kepala, menghilangkan sel kulit mati, ataupun psoriasis. Bahan aktif tersebut dapat mengangkat, melunakkan dan menghilangkan sisik yang ada di kulit kepala. Sangat efektif mengatasi kulit kepala yang berketombe.

Coal Tar

Coal tar merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi kulit bersisik, terkelupas, gatal-gatal dan permasalahan kulit lain seperti dermatitis seboroik, dermatitis atopik dan psoriasis.

Sedangkan, penggunaan formula coal tar pada kulit kepala dapat membantu mengurangi kerak sekaligus mencegah terjadinya penumpukan sel kulit mati penyebab ketombe.

Selain itu, kandungan aktif coal tar dalam sampo efektif membasmi jamur, meredakan peradangan di kulit kepala, menghambat pertumbuhan sel kulit yang mengelupas ataupun tumbuh terlalu cepat.

Selenium Sulfide

Bahan lainnya yang terkandung dalam sampo anti ketombe adalah selenium sulfida. Bahan aktif ini digunakan untuk mengatasi dermatitis seboroik dan ketombe. Kelebihannya dapat mengurangi gatal, iritasi, kulit mengelupas dan kemerahan yang terjadi pada kulit kepala. Selain itu, bahan aktif ini juga digunakan untuk mengatasi perubahan warna kulit atau familiar disebut dengan panu.

Manfaat lain dari selenium sulfida adalah dapat menghancurkan jamur dalam golongan dermatofita yang ada di kulit kepala. Bahan aktif ini mampu menurunkan produksi sel di lapisan kulit bagian atas dan menurunkan produksi minyak alami/sebum yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea pada kulit. Jadi, tidak heran lagi kan kenapa bahan aktif ini ada di setiap sampo anti ketombe?

Rekomendasi Sampo Antiketombe Terbaik

Erhair Scalp Care Shampoo

Erhair Scalp Care Shampoo merupakan sampo untuk mengatasi ketombe dan dermatitis seboroik ringan. Dilengkapi dengan bahan aktif anti dandruff/sebostatic, anti inflamation dan scalp moisturizer. Untuk anti dandruff/sebostatic menggunakan kandungan climbazole dan piroctone olamine yang efektif sebagai anti jamur dan anti ketombe.

Untuk anti inflamation menggunakan kandungan green tea extract, lavender oil, dan aloe vera extract yang efektif menghilangkan gatal dan mengurangi peradangan di kulit kepala sekaligus rambut terasa lembut dan tidak kering.

Sedangkan untuk scalp moisturizer memiliki kandungan D-Panthenol. Cara penggunaan sampo ini seperti menggunakan sampo biasa, yaitu basahi rambut terlabih dulu, lalu busakan sampo dan gosokkan secara perlahan pada rambut dan kulit kepala.

Kemudian diamkan selama kurang lebih 1 menit, lalu bilas sampai bersih. Untuk hasil maksimal gunakan secara teratur minimal 3 kali seminggu agar mendapatkan rambut lebih sehat. Tersedia dalam kemasan 100 ml yang dapat Anda beli.

Harga Rp. 67.000-78.000

Sebamed Anti-Dandruff Shampoo

Sebamed Anti-Dandruff Shampoo merupakan sampo surfaktan ringan yang efektif mengatasi rambut dan kulit kepala dari ketombe dan gatal-gatal. Sampo ini sangat ideal digunakan untuk rambut berminyak dan berketombe karena mampu membersihkan rambut sampai ke dalam pori-pori ke kulit kepala.

Dilengkapi bahan aktif piroctone olamine yang efektif menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala dan moisturizer serta conditioner alaminya memberikan kemilau dan volume pada rambut. Selain itu, terdapat pula kandungan tenside dan protein yang menutrisi rambut hingga bagian terdalam dan ketombe tidak kembali.

Sebamed Anti-Dandruff Shampoo memiliki nilai pH 5,5, bebas dari parabean, tidak mengandung pewarna, alkohol, mineral oils, silicone oils ataupun halogenated organic compounds. Gunakan sampo ini sebanyak 2 kali sehari apabila rambut dalam kondisi berketombe, kemudian setelah ketombe sembuh sebaiknya pergunakan Sebamed Everyday Shampoo.

Sebamed Anti-Dandruff Shampoo tersedia dalam kemasaran 200 ml dan apabila dalam penggunaannya terjadi iritasi sebaiknya hentikan pemakaian.

Harga Rp. 80.000-110.000

Sunsilk Hijab Refresh Anti Dandruff

Sunsilk Hijab Refresh Anti Dandruff merupakan sampo khusus untuk memenuhi kebutuhan rambut wanita berhijab sehingga rambut tetap segar dan bebas ketombe.

Terbuat dari bahan natural, yaitu buah tin yang memiliki kandungan antioksidan dan fragnace release pearl sehingga menebarkan keharuman segar pada rambut sepanjang hari.

Sampo ini menggunakan teknologi terkini perfume touch yang menjaga kesehatan rambut wanita berhijab. Tersedia dalam kemasan 170 ml yang dapat Anda beli.

Harga Rp. 18.000-20.900

Dove Dandruff Care Shampoo

Dove Dandruff Care Shampoo merupakan sampo penghilang ketombe yang menutrisi dari akar sampai ke ujung rambut dan menjadikan rambut sehat ternutrisi.

Dilengkapi dengan kandungan zinc pyrithione/ZPTO yang telah terbukti secara klinis mampu mengurangi ketombe dan micro moisture serum yang merawat permukaan rambut sehingga rambut lebih halus dan lebih lembut.

Formula aktifnya bekerja secara cepat membersihkan dan mencegah ketombe muncul kembali sejak pertama kali mencuci rambut. Tersedia dalam kemasan 160 ml yang dapat Anda beli.

Harga Rp. 22.800-27.500

Neril Anti-Dandruff Shield Shampoo

Neril Anti-Dandruff Shield Shampoo merupakan sampo penghilang ketombe yang mampu membersihkan kulit kepala dan mengurangi gatal-gatal. Selain itu, sampo ini dapat membantu memperkuat akar rambut dan menjaga rambut tetap sehat serta indah.

Terbuat dari kandungan ekstra piroctone olamine yang efektif melawan bakteri penyebab ketombe, memberikan elemen dan vitamin penting untuk rambut serta pembaharuan sel kulit kepala dan akar rambut sehingga rambut sehat setiap saat.

Selain itu, terdapat kandungan wheat dan cartham oil yang melindungi, merawat kesehatan kulit kepala dan merawat pertumbuhan rambut. Cara penggunaan dengan mengaplikasikan sampo pada rambut yang telah dibasahi, mulai dari ujung kepala sampai ujung rambut sampai berbusa.

Setelah itu, bilas dengan air bersih sampai tidak ada busa yang tersisa. Tersedia dalam kemasan 200 ml yang bisa Anda temukan di marketplace.

Harga Rp. 60.000-68.900

Good Virtues Co. Anti Dandruff Care Shampoo

Good Virtues Co. Anti Dandruff Care Shampoo merupakan sampo penghilang ketombe dari alam yang terbuat dari 100% bahan non hewani. Terbuat dari kandungan habatussauda oil dan vitamin B5 yang efektif menghilangkan, mencegah ketombe kembali dan memperkuat folikel sehingga rambut rontok berkurang.

Selain itu sampo ini tidak mengandung minyak mineral, SLES, ALES, paraben, pewarna sintetis dan tidak diuji pada hewan. Gunakan sampo ini ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala, kemudian bilas sampai bersih.

Untuk hasil maksimal sebaiknya gunakan Good Virtues Co. Helpful & Delightful Anti-Dandruff Care Conditioner. Produk ini tersedia dalam kemasan 180 ml yang dapat Anda beli.

Harga Rp. 46.000-53.500

Lifebuoy Shampoo Anti Dandruff

Rambut sehat memiliki ciri-ciri khusus yang bisa terlihat yaitu kuat, berkilau, lebat, wangi dan lembut. Berbagai aktivitas di luar seperti terpapar debu, kotoran dan sinar matahari dapat membuat nutrisi dalam rambut menghilang sehingga rambut rusak dan kusam.

Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala sekaligus menghilangkan kuman penyebab ketombe, Anda bisa menggunakan Lifebuoy Shampoo Anti Dandruff. Sampo ini memiliki kandungan Milk Protein Lock Formula dan zinc yang efektif menutrisi rambut dan merawat kesehatan kulit kepala.

Germ Guard Milk Formulanya mampu menutrisi sampai ke bagian terdalam rambut sehingga secara berkala dapat membuat rambut lebih sehat, kuat dan lebat dalam setiap kali keramas. Dengan pemakaian teratur, tidak ada ketombe yang terlihat. Tersedia dalam kemasan 170 ml yang dapat Anda pilih.

Harga Rp. 12.700-17.500

Clear Anti Dandruff Ice Cool Menthol Shampoo

Clear Anti Dandruff Ice Cool Menthol Shampoo merupakan sampo anti ketombe yang efektif merawat rambut dan kulit kepala agar terbebas dari ketombe dan kotoran menempel.

Sampo generasi baru ini menerapkan teknologi triple AD yang dilengkapi protein dan vitamin B3 serta terdapat sensasi dingin menthol sepanjang hari.

Diformulasikan khusus dengan Nutrium 10 yang merupakan perpaduan dari nutrisi, vitamin dan mineral sehingga memberikan perlindungan lebih lama terhadap ketombe. Tersedia dalam kemasan 160 ml yang dapat Anda beli.

Harga Rp. 14.300-22.700

Kaminomoto Medicated Shampoo

Kulit kepala yang mengalami abnormal ditandai dengan adanya ketombe, gatal, dan kulit kepala berminyak. Kondisi tersebut apabila tidak diatasi dapat mengganggu proses regenerasi rambut sehingga membuat rambut menjadi tipis.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan sampo anti ketombe seperti Kaminomoto Medicated Shampoo. Sampo ini merupakan sampo herbal anti ketombe dari Jepang dengan merek dagang Scalp Care yang efektif menghilangkan ketombe dan gatal-gatal di kulit kepala, mendorong pertumbuhan rambut dan melindungi kulit kepala dan rambut sehat.

Sampo ini dapat membersihkan dan menghilangkan kotoran berlebihan yang ada di pori-pori kulit kepala. Bisa juga digunakan untuk mengatasi rambut rontok, patah dan mengurangi minyak berlebih sehingga rambut menjadi lebih bersih, sehat, lembut, kuat dan ringan.

Terbuat dari bahan pembasmi kuman seperti glycyrrhetinic acid yang efektif menghilangkan ketombe, mengurangi gatal di kulit kepala dan menjaga kulit kepala tetap sehat. Selain itu, ada kandungan piroctone olamine yang menghilangkan pertumbuhan reproduksi germ sehingga kulit kepala sehat dan bersih. Tersedia dalam kemasan 300 ml yang dapat Anda beli di market place.

Harga Rp. 279.000-379.000

Rene Furterer Melaleuca Anti-Dandruff Shampoo for Dry, Flaking Scalp

Rene Furterer Melaleuca Anti-Dandruff Shampoo for Dry, Flaking Scalp merupakan sampo khusus untuk kulit kepala kering yang diakibatkan ketombe. Sampo ini mampu mengatasi permasalahan kulit kepala kering sampai 89% dan mengurangi rasa gatal akibat ketombe sampai 95%.

Selain itu, dapat menutrisi kulit kepala dan mengangkat sel-sel kulit mati. Produk ini telah teruji klinis dan mampu mengatasi kulit kepala kering hingga 93% dalam 14 hari pemakaian.

Terbuat dari kandungan tea tree oil, carthamus oil, cimentrio, cimentrio, zinc pyrithione lactamide MEA, acetamide, camphor dan glycine yang bekerja sebagai antiseptic dan antibakteri untuk kulit berketombe.

Cara pemakaian dengan mengaplikasiannya pada kulit kepala dan rambut yang telah basahi dengan air, kemudian tuangkan sampo secukupnya saja dan busakan.

Setelah itu, ratakan pada kulit kepala dan berikan pijatan secara perlahan dengan lembut, lalu bilas rambut hingga bersih dengan air dan keringkan.

Rene Furterer Melaleuca Anti-Dandruff Shampoo for Dry, Flaking Scalp aman dipakai setiap hari dan tersedia dalam kemasan 150 ml.

Harga Rp. 258.900-459.000
From our editorial team

Yuk, Segera Atasi Rambut Ketombe Anda!

Bagaimana pun rambut menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan, termasuk saat rambut yang kita miliki memiliki masalah ketombe. Hal paling utama adalah pastikan Anda selalu melakukan perawatan rambut seperti keramas dengan sampo yang tepat dan memberikan rambut perawatan ekstra seperti memberikan hair tonic atau vitamin rambut agar tetap terjaga kesehatannya.

Tag