Atasi Masalah Rambut Rontok dengan 10 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut Rontok Terbaik (2021)

Atasi Masalah Rambut Rontok dengan 10 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut Rontok Terbaik (2021)

Siapa sih yang tidak terganggu dengan rambut rontok? Rambut rontok butuh perawatan ekstra dan tepat, lho. BP-Guide punya berbagai rekomendasi produk perawatan rambut rontok yang bisa kamu coba karena kualitasnya sudah pasti terbaik dan terjamin. Langsung aja cek di artikel ini, ya.

Rambut Rontok Adalah Masalah yang Umum Terjadi pada Banyak Orang

Hampir semua orang pernah mengalami kerontokan rambut, terutama pada orang dewasa. Bagi sebagian orang, kerontokan rambut bisa menjadi problem. Umumnya kerontokan rambut terjadi ketika keramas, menyisir rambut, mengikat rambut, saat bergesekan dengan bantal, dan lain-lain.

Untuk mengatasi kerontokan rambut sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit kepala dan faktor penyebab kerontokannya. Produk perawatan rambut rontok banyak digunakan meskipun tak jarang terdapat efek samping dari bahan kimiawi yang ditimbulkan.

Faktor Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Pemilihan Sampo yang Kurang Tepat

Kerontokan rambut dapat disebabkan karena penggunaan sampo yang kurang tepat. Selain itu kerontokan rambut juga dapat disebabkan oleh kebiasaan berganti-ganti sampo. Kebiasaan tersebut berpotensi membuat rambut dituntut untuk selalu beradaptasi sehingga rentan mengalami perubahan kondisi.

Terlebih lagi apabila rambut tidak cocok terhadap produk-produk tertentu kemungkinan dapat menimbulkan permasalahan lain pada rambut seperti ketombe ataupun rambut kering. Untuk itu sebaiknya pilihlah sampo dengan formula tepat agar rambut dan kulit kepala ternutrisi menyeluruh.

Berlebihan Memakai Hair Dryer

Penggunaan hair dryer dan catokan secara berlebihan dapat mengakibatkan rambut menjadi rusak. Terlebih lagi apabila suhu hair dyer terlalu panas bisa menyebabkan rambut kehilangan kelembapan alami karena kandungan airnya berkurang.

Pemakaian hair dyer yang terlalu sering dan panas dapat membuat rambut sulit untuk kembali tumbuh, rontok, rambut rusak, kering dan bercabang. Untuk menjaga kesehatan rambut sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan hair dryer ataupun catokan.

Kekurangan Protein

Protein memiliki peranan penting dalam membantu pertumbuhan rambut. Asupan protein yang terlalu rendah dapat mengakibatkan struktur rambut melemah dan pertumbuhan rambut terhambat. Selain itu kadar protein yang tidak cukup dapat menyebabkan perubahan warna rambut dan kerontokan rambut, terutama bagi yang sedang menjalankan diet rendah lemak.

Meskipun begitu kerontokan rambut tidak hanya terjadi apabila kekurangan protein saja, namun juga pada kekurangan vitamin dan nutrisi. Sedangkan jika kekurangan zat besi dapat mengakibatkan rambut mudah patah dan menipis. Untuk tetap mendapatkan asupan protein sebaiknya Anda mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, telur, produk unggas, ikan, serta produk susu seperti keju, susu dan yoghurt.

Gangguan Kelenjar Tiroid

Gangguan kelenjar tiroid merupakan kondisi dari kelenjar tiroid yang tidak mampu bekerja secara optimal dalam memproduksi hormon untuk metabolisme sekaligus pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Kondisi ini menyebabkan munculnya beberapa gejala seperti kelelahan, depresi, sembelit, kenaikan berat badan, hingga kesulitan konsentrasi.

Selain itu umumnya rambut, kulit, dan kuku mengalami keadaan mudah rapuh dan patah. Gangguan kelenjar tiroid disebabkan oleh asupan gizi yang kurang yaitu kekurangan iodina atau yodium dan biasanya cenderung terjadi pada wanita khususnya di umur 50-an.

Kulit Kepala Tidak Sehat

Kesehatan kulit kepala sangat mempengaruhi pertumbuhan rambut. Apabila kulit kepala dalam kondisi tidak sehat dapat menyebabkan terjadinya peradangan sehingga menghalangi pertumbuhan kulit.

Selain itu, kulit kepala sangat kering dapat juga mengakibatkan terjadinya kerontokan rambut. Tak hanya itu saja, namun rambut bisa menjadi tipis, mengalami psoriasis, folikulitis dan tinea kapitis, dermatitis seboroik, dan infeksi jamur (ketombe).

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Konsumsi Makanan Bergizi

Kerontokan rambut dapat dikarenakan tubuh mengalami kekurangan vitamin ataupun mineral. Untuk menjaga kesehatan rambut sebaiknya selalu menjaga pola makan sehat dan lengkapi asupan nutrisi seperti protein, zinc, zat besi, biotin, asam folat, vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan antioksidan.

Nutrisi ini bisa diperoleh dari makanan tertentu seperti kacang-kacangan, ikan, telur, makanan laut, alpukat, bayam, daging, kacang kedelai, biji-bijian, ataupun suplemen nutrisi tambahan.

Selain itu, konsumsi pula makanan yang mengandung sumber asam lemak omega yang mampu memperbaiki rambut dari dalam, meningkatkan kekebalan sekaligus membantu sel-sel tubuh bekerja optimal.

Konsumsi juga ginseng agar merangsang pertumbuhan folikel rambut sekaligus membantu pertumbuhannya. Jangan lupa untuk selalu cukup minum air putih setidaknya 8 gelas sehari agar segala racun berbahaya dalam tubuh bisa terbuang.

Oleskan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk mengatasi segala permasalahan kulit dan rambut yaitu merangsang pertumbuhan rambut baru, memperbaiki jaringan rambut rusak, mengurangi ketombe, sekaligus menghitamkan setiap helaian rambut. Lidah buaya memiliki kandungan enzim proteolitik yang mampu memperbaiki sel kulit mati di kulit kepala.

Aplikasikan lidah buaya ke seluruh rambut terutama di bagian kulit kepala dan biarkan selama kurang lebih 45 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin. Untuk hasil maksimal sebaiknya oleskan gel lidah buaya minimal seminggu 2 - 3 kali.

Gunakan Teh Hijau dan Seledri

Teh hijau merupakan salah satu bahan makanan multifungsi yang memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan. Teh hijau dapat melindungi kulit kepala dan rambut dari kerusakan rambut yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Selain itu, teh hijau bisa mencegah rambut pecah-pecah sekaligus membuat rambut lebih bersinar.

Tak hanya teh hijau saja, namun seledri juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Kombinasi teh hijau dan seledri dipercaya mampu meredakan rambut rontk seketika karena kedua bahan tersebut memiliki kandungan senyawa antioksidan, vitamin A, dan vitamin B yang bagus untuk menguatkan akar rambut.

Cara menggunakannya adalah dengan menyeduh teh hijau dan seledri secara bersamaan, lalu oleskan air seduhan tersebut ke kulit kepala. Kemudian diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Untuk hasil maksimal gunakan minimal sebanyak seminggu 2 kali.

Gunakan Masker Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan protein tinggi, sulfur, fostor dan berbagai mineral yang dapat mengatasi kerontokan rambut sekaligus merangsang pertumbuhan rambut. Beberapa mineral tersebut adalah niasin, magnesium, riboflavin, natrium dan kalium yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Meskipun begitu putih telur mentah memiliki aroma amis pekat sehingga terdengar kurang menarik apabila digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut. Walaupun begitu putih telur dapat membantu mengatasi kerusakan rambut dan mengembalikan kondisi rambut dimana komponen rambut terdiri dari protein keratin sebesar 70%.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 butir putih telur dengan 1 sendok teh minyak zaitun dan madu, kemudian aduk sampai merata. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan rambut, lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas rambut menggunakan sampo ringan.

Keringkan Rambut dengan Cara yang Benar

Salah satu langkah untuk mengurangi kerontokan rambut adalah mengeringkan rambut dengan cara benar. Usahakan tidak mengeringkan rambut dengan cara menggosok-gosokkannya pada handuk karena dapat memicu kerontokan berlebihan dan justru menjadikannya bercabang.

Meskipun terdengar cepat dan praktis, menggosokkan rambut pada permukaan handuk yang kasar bisa memicu terjadinya abrasi rambut, merusak lapisan luar rambut sehingga rambut menjadi mudah kusut, tampak kering dan rontok.

Untuk mengeringkan rambut dengan cara tepat sebaiknya peras lembut rambut menggunakan handuk atau tutupi rambut menggunakan handuk agar airnya terserap. Gunakan handuk yang berdaya serap tinggi.

Pilih Produk Perawatan Rambut yang Sesuai

Untuk mengatasi kerontokan rambut sebaiknya pilihlah produk perawatan rambut yang sesuai kondisi rambut. Pilihlah sampo yang bebas dari kandungan bahan kimia seperti sulfat (SLS), paraben, dan silikon. Hal ini dikarenakan bahan kimia tersebut dapat membuat rambut menjadi lebih rapuh dan lebih rentan mengalami kerusakan.

Untuk mengontrol kerusakan dan kerontokan rambut sebaiknya pergunakan sampo berbahan organik tanpa ada campuran dari bahan kimia. Selain itu, hindarkan rambut dari suhu panas dan berikan produk perawatan khusus seperti sampo, kondisioner, dan serum rambut.

10 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut Rontok Parah dan Menipis

Kerastase Specifique Bain Prevention

Kerastase Specifique Bain Prevention merupakan produk perawatan rambut yang efektif mengembalikan kondisi kulit kepala menjadi normal, tidak sensitif, gatal-gatal, berketombe, ataupun berminyak.

Produk ini mengandung formula bebas silikon dan menerapkan teknologi Pro Activ System yang mampu mengoptimalkan sirkulasi, menenangkan kulit kepala, meregenerasi pertumbuhan rambut, mengurangi rambut rontok, dan membuatnya bervolume.

Cara penggunaannya dengan mengaplikasikan di kulit kepala dan batang rambut basah secara merata, kemudian emulsikan dengan air dan berikan pijatan lembut, lalu bilaslah.

Untuk mencegah penipisan rambut atau kerontokan rambut sebaiknya kombinasikan dengan tonik kulit kepala. Gunakan Kerastase Specifique Bain Prevention secara teratur agar memperoleh rambut lebih lembut, alami, berenergi, dan halus.

Harga Rp. 290.000-395.000

Green Angelica Hair Nutrition Shampoo

Green Angelica Hair Nutrition Shampoo merupakan produk perawatan rambut dari bahan premium yang efektif mengangkat kotoran sampai ke akar, menyegarkan kepala, melembutkan kulit kepala, dan menghilangkan ketombe.

Produk ini memiliki kandungan aloe vera yang bisa membantu menyuburkan akar rambut sekaligus menghilangkan ketombe, kotoran rambut, dan mengurangi kelebihan minyak di rambut. Selain itu, terdapat kandungan angelica keiskei extract yang bisa memperbaiki sel-sel rambut sehingga meminimalkan kerontokan.

Terdapat pula kandungan ashitaba extract yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga akar rambut kuat sekaligus mempercepat pertumbuhan rambut.

Green Angelica Hair Nutrition Shampoo juga dilengkapi honey extract yang membantu merawat rambut bercabang, ketombe, ataupun kering. Dilengkapi pula dengan kandungan apple stem cell extract yang bisa meregenerasi sel rambut agar tumbuh lebih cepat. Green Angelica Hair Nutrition Shampoo sangat cocok digunakan untuk rambut rontok, berminyak, ketombe, kering, dan kusam.

Cara penggunaan sampo ini untuk rambut berminyak sebaiknya gunakan ketika rambut dalam kondisi kering dan belum dibasahi dengan air. Kemudian usapkan sampo pada akar rambut, lalu gosok dan berikan pijatan ringan. Setelah itu diamkan beberapa saat, lalu bilas. Untuk hasil maksimal pergunakan 2 hari sekali, namun apabila rambut mudah berminyak disetiap hari sebaiknya keramaslah setiap hari.

Selain itu, untuk penggunaan sampo pada rambut kering sebaiknya terlebih dulu basahi rambut, lalu usapkan sampo secukupnya dan berikan pijatan ringan, kemudian bilas dengan air sampai bersih. Pemberian pijatan dimaksudkan agar kotoran di kulit kepala terangkat. Untuk hasil maksimal kombinasikan dengan Green Angelica Hair Nutrition Tonic.

Harga Rp. 164.835-185.000

L'Oreal Paris Fall Resist 3X Hair Mask

L'Oreal Paris Fall Resist 3x Hair Mask merupakan rangkaian perawatan rambut dalam 3 aksi untuk melawan rambut rontok. Produk ini memiliki kandungan asam amino arginine protein yang berperan dalam pertumbuhan rambut, menutrisi kulit kepala, mengurangi patah, dan memperkuat batang serta ujung rambut.

Produk ini sesuai dengan cuaca serta kondisi rambut Indonesia sehingga efektif mengatasi kerontokan rambut. L'Oreal Paris Fall Resist 3x Hair Mask telah lolos uji instrumen, yaitu penggunaan sampo, kondisioner, masker versus sampo biasa, dan uji konsumen pada teknologi sampo.

Cara pemakaiannya cukup mudah yaitu dengan mengaplikasikan sampo sampai berbusa pada rambut yang telah dibasahi, kemudian bilas. Dengan pemakaian teratur Anda kerontokan rambut akan berkurang, tampak sehat, indah dan kuat sejak dari pangkalnya.

Harga Rp. 46.900-59.500

Klorane Anti-Hair Loss Strengthening Serum

Klorane Anti-Hair Loss Strengthening Serum merupakan serum rambut untuk mengatasi kerontokan rambut secara intensif. Serum ini memiliki manfaat menguatkan rambut, melembapkan, dan menebalkan rambut sehingga cocok untuk perawatan rambut tipis dan stres yang terjadi karena perawatan medis ataupun setelah melahirkan.

Produk ini mempunyai kandungan quinine yang bersifat menguatkan rambut dan kafein yang memberikan energi pada rambut sehingga memperkuat rambut lemah, lelah dan kurus. Selain itu, terdapat vitamin B5 yang dapat melembapkan rambut dan membuat rambut tampak lebih penuh, tebal, dan kuat. Klorane Anti-Hair Loss Strengthening Serum telah lolos uji dermatologist paraben free yang aman digunakan.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah yaitu oleskan pada rambut kering atau bisa gunakan handuk kering setelah memakai Kloranes Quinine Shampoo and Conditioner. Kemudian berikan semprotan sebanyak 10 kali di seluruh kulit kepala dan semprotkan sebanyak 5 kali pada panjang rambut, lalu berikan pijatan lembut agar serum terserap sempurna. Setelah itu, sisir rambut dan jangan dibilas lagi.

Untuk hasil optimal sebaiknya gunakan 2-3 aplikasi per minggu minimal 6 minggu. Dalam 12 minggu pemakaian, Anda akan melihat hasilnya.

Harga Rp. 775.000-980.000

Wella Professionals Balance Hair and Scalp Anti Hair Loss Serum

Wella Professionals Balance Hair and Scalp Anti Hair Loss Serum merupakan serum perawatan rambut rontok dan ketombe yang diakibatkan produksi minyak berlebih karena paparan panas.

Serum ini bekerja dengan cara meresap, menstimulasi kulit kepala, dan akar rambut agar rambut menjadi lebih kuat dan tebal. Produk ini memiliki kandungan bambu, caffeine, dan methol yang menyegarkan kulit kepala dan menjaga tetap sehat.

Selain itu, formulanya anti dandruff, jernih, dan lembut untuk kulit kepala sensitif dan bisa menjaga kelembapan pada setiap helai rambut.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu usapkan secara merata di kulit kepala, lalu berikan pijatan lembut dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari. Setelah itu, sebaiknya jangan dibilas lagi menggunakan air.

Harga Rp. 311.000-388.080

Rene Furterer Complexe 5 Stimulating Plant

Rene Furterer Complexe 5 Stimulating Plant merupakan serum perawatan rambut yang digunakan sebelum keramas untuk membersihkan kulit kepala, membantu pertumbuhan akar rambut, dan mencegah kerontokan.

Selain itu, dapat berfungsi untuk mencegah rambut rontok, meningkatan mikrosirkulasi kulit kepala dan bisa mengefektifkan perawatan anti rambut rontok sebanyak 10 kali.

Serum ini memiliki kandungan essential oil lavender dan orange yang dapat membantu melancarkan peredaran darah, membersihkan mendalam, membantu pertumbuhan akar rambut, dan mencegah kerontokan rambut.

Harga Rp. 879.000-960.000

ERHAIR HairGrow Shampoo

ERHAIR HairGrow Shampoo merupakan sampo perawatan rambut untuk pria dan wanita yang berfokus mengatasi kerontokan rambut sekaligus menutrisi rambut.

Terbuat dari ekstrak panax ginseng dan ekstrak pumpkin seed yang efektif mengatasi kerontokan sekaligus merangsang pertumbuhan rambut baru.

Selain itu, terdapat kandungan ekstrak cucurbita pepo seed dan niacinamide yang berfungsi melancarkan mikrosirkulasi darah di kulit kepala, mengoptimalkan penyerapan vitamin dan mineral sehingga memperbaiki kualitas rambut.

Cara penggunaannya sama seperti menggunakan sampo pada umumnya yaitu dengan mengaplikasikan di rambut dan kulit kepala yang telah basah, kemudian berikan sedikit pijatan lembut dan diamkan selama kurang lebih 1-2 menit.

Setelah itu bilas rambut sampai bersih. Tersedia dalam kemasan 100 ml yang dapat Anda gunakan setiap hari. Untuk hasil maksimal sebaiknya gunakan bersama dengan Erhair Tonic atau Erhair Hairgrow Serum.

Harga Rp. 57.256-63.700

ERHAIR HairGrow Serum

Erha HairGrow Serum merupakan serum penumbuh rambut untuk pria ataupun wanita yang mampu mengatasi kerontokan dan kebotakan serta merangsang pertumbuhan rambut baru.

Produk ini tidak mengandung SLS ataupun SLES sehingga aman digunakan untuk kulit kepala sensitif. Serum ini memiliki kandungan Kopexil dan ekstrak Panx Ginseng yang mampu mengurangi kerontokan, menutrisi, dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga regenerasi rambut lebih cepat sekaligus menyehatkan rambut dari akarnya.

Cara memakainya, pergunakan 1 botol setiap hari dan aplikasikan di kulit kepala serta berikan pijatan perlahan agar terserap sempurna. Untuk hasil maksimal, kombinasikan dengan Erha HairGrow Shampoo.

Dengan pemakaian teratur dapat mengurangi kerontokan rambut dalam 3 minggu saja dan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dalam 4 minggu.

Harga Rp. 190.080-364.800

Matrix Biolage Scalppure Aminexil

Matrix Biolage Scalppure Aminexil merupakan produk perawatan rambut profesional yang berfokus mengatasi kerontokan parah, termasuk karena berhijab. Selain itu serum ini dapat memberikan nutrisi pada kulit kepala, memperpanjang umur rambut, menyegarkan, sekaligus menstimulasi pertumbuhan rambut.

Produk ini memiliki kandungan Aminexil yang efektif menstimulasi sekaligus menutrisi kepala sehingga merangsang aktivitas akar rambut untuk tumbuh dan berkembang. Terdapat pula formula ScalpSync yang membuat rambut terlihat bersih dan sehat. Serum ini telah teruji klinis mampu mengurangi kerontokan rambut hingga 5% dalam penggunaan rutin selama beberapa minggu.

Cara penggunaannya cukup mudah yaitu ambil 1 ampul Aminexil, lalu pasangkan di aplikator. Biasanya 1 ampul dipergunakan untuk 2 kali pemakaian saja. Kemudian aplikasikan secara merata pada kulit kepala dan berikan pijatan ringan. Matrix Biolage Scalppure Aminexil sangat praktis digunakan dan tidak perlu dibilas. Untuk perawatan intensif, gunakan setiap hari atau 3 kali dalam seminggu

Harga Rp. 240.000-262.000

Kiehl’s Magic Elixir

Kiehl’s Magic Elixir merupakan konsentrat minyak alami yang mampu membuat rambut sehat dan bersinar. Produk ini dibuat dari konsentrat avocado oil dan rosemary oil yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut sekaligus melembutkan dan membuat rambut berkilau alami.
Selain itu Kiehl’s Magic Elixir sangat direferensikan untuk mengatasi permasalahan kerontokan rambut yang telah terjadi bertahun-tahun.

Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mengaplikasikan sedikit pada rambut kering sebelum keramas. Setelah itu berikan pijatan dengan gerakan berputar secara lembut di seluruh kulit kepala.
Kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit agar mendapatkan hasil optimal. Untuk menjaga kesehatan rambut sebaiknya pergunakan Kiehl’s Magic Elixir secara teratur.

Harga Rp. 410.000-685.000
From our editorial team

Jangan Dulu Risau, Gunakan Perawatan yang Sesuai

Rambut rontok memang cukup mengganggu, maka perlu perawatan ekstra untuk merawat rambut yang memiliki kerusakan seperti ini. Kamu bisa mulai dengan memilih sampo, serum rambut, dan masker rambut yang diperuntukkan bagi rambut rontok. Gunakan secara teratur agar rambut rontokmu berkurang, ya.