Cuci Rambut dengan 10 Rekomendasi Sampo Alternatif Buatan Sendiri agar Lebih Sehat dan Indah

Cuci Rambut dengan 10 Rekomendasi Sampo Alternatif Buatan Sendiri agar Lebih Sehat dan Indah

Rambut yang bersih dan sehat adalah hasil dari merawat rambut dengan baik. Keramas menjadi salah satu cara menjaga kesehatan rambut. Sayangnya, sampo yang kita gunakan kadang mengandung banyak bahan kimia yang justru membahayakan rambut. Nah, coba yuk beralih ke sampo alternatif yang bisa kamu buat sendiri. Bahan dan caranya bisa kamu lihat di bawah, ya!

Mencuci Rambut Tak Harus Memakai Sampo

Mencuci rambut adalah salah satu ritual yang wajib kita lakukan guna menjaga kesehatan rambut. Setiap orang tentu ingin memiliki rambut yang sehat dan indah. Dengan rambut yang sehat dan indah maka penampilan jadi bisa terdukung dengan baik dan kita bisa lebih percaya diri bertemu dengan banyak orang.

Saat mencuci rambut, kita tentu memakai produk sampo. Produk tersebut berfungsi untuk membantu kita membersihkan rambut secara menyeluruh. Tidak hanya mampu mengangkat debu, minyak, dan kotoran pada kulit kepala dan rambut, sampo juga berfungsi untuk bikin rambut jadi lebih segar, wangi, dan bebas lepek.

Pernahkan kamu membayangkan keramas tanpa sampo? Sebenarnya, kebiasaan memakai sampo saat keramas baru dikenalkan pada tahun 1970-an. Di Amerika, ada yang namanya terminologi conditioner washing atau yang kerap disebut dengan istilah no poo. Ini adalah kebiasaan keramas tanpa sampo. Gagasan ini dimunculkan oleh sebuah komunitas blogger di Amerika. Mereka menganjurkan untuk keramas tanpa sampo namun mengganti sampo dengan aneka bahan yang lebih alami. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan adalah air, aloe vera, teh, dan lain sebagainya.

Bahan-bahan dalam sampo memang mampu membasmi kotoran dan minyak di kulit kepala. Namun, tidak bisa kita pungkiri bahwa makin banyak kandungan kimia dalam sampo maka makin membahayakan pula untuk rambut kita. Minyak alami rambut malah ikut terbilas dan akibatnya rambut jadi terlalu kering dan rusak jika berlebihan.

Kebiasaan No Poo lebih kepada bagaimana kita menghindari penggunaan sampo dengan bahan pembersih. Kebiasaan ini juga menganjurkan kita untuk membuat sendiri sampo di rumah dengan bahan yang mudah didapat di sekitar kita. Hasilnya, sampo yang kita gunakan bebas bahan kimia dan tentu saja lebih menyehatkan untuk rambut dan kulit kepala. Nah, apa kamu tertarik mencoba keramas tanpa sampo?

Hal-hal yang Wajib Diperhatikan Saat Keramas Tanpa Sampo

Tak Ada yang Namanya Hasil Instan

Kebiasaan kita memang berbeda antara satu dengan lainnya. Ada yang gemar keramas setiap hari, ada pula yang lebih suka keramas 2 atau 3 hari sekali. Semua ini bergantung pada kondisi rambut kita. Jika rambut terasa begitu kotor usai beraktivitas seharian, tentu akan lebih baik keramas langsung. Namun jika rambut belum terlalu kotor dan apalagi kondisi rambutnya kering, maka ada baiknya keramas setiap 2 atau 3 hari sekali.

Jika kamu ingin menerapkan kebiasaan No Poo, alias keramas tanpa sampo demi mengembalikan kesehatan rambutmu, maka boleh juga. Namun, kamu harus ingat satu hal, tidak ada yang namanya hasil instan. Butuh waktu beberapa lama sebelum rambut kamu terbiasa tanpa sampo.

Kamu tidak bisa langsung mencoba keramas tanpa sampo secara terus menerus di awal. Agar rambut bisa menyesuaikan diri, maka kamu bisa keramas dengan sampo sesekali. Misalnya jika kamu keramas setiap hari, maka coba untuk tidak memakai sampo biasa hari ini, esoknya, coba ganti sampo dengan sampo alternatif berbahan alami yang kamu buat sendiri. Terus turunkan frekuensi pemakaian sampo biasa yang kamu gunakan hingga rambut kamu bisa lepas dari sampo biasa berbahan kimia.

Selama masa transisi, tentu saja ada kendala yang terjadi pada kondisi rambut. Misalnya saja, sangat berminyak, kering, dan lain sebagainya. Namun hal ini tidak akan bertahan lama. Rambut jadi lebih berminyak karena rambut memproduksi minyak lebih banyak saat kamu tidak keramas memakai sampo biasa. Namun, lama kelamaan kelenjar minyak di kulit kepala bisa mengontrol produksi minyak sehingga rambut tidak akan lagi terasa terlalu berminyak.

Jangan Hanya Fokus pada Batang Rambut

Ketika kita keramas tanpa sampo biasa maka kita wajib lebih bersih saat mencuci rambut. Tujuan keramas tentu saja untuk mengangkat minyak dan kotoran pada batang rambut dan kulit kepala. Maka dari itu, saat keramas tanpa sampo, usahakan untuk membersihkan bukan hanya batnag rambut namun juga kulit kepalanya.

Pijat kulit kepala dengan ujung jari namun jangan terlalu keras. Tekan ujung jari menembus lapisan rambut hingga menyentuh kulit kepala lalu pijat dengan gerakan pendek namun lembut. Ini akan memabntu meratakan minyak yang disekresikan secara alami oleh kulit kepala. Dengan begini, rambut jadi lebih bersih dan juga sehat.

Kurangi Pemakaian Pengering Rambut

Ketika kita membiasakan keramas tanpa sampo, kita juga wajib untuk menghindari atau mengurangi pemakaian catok hingga pengering rambut. Kondisi rambut bisa jadi terlalu kering jika kita terlalu sering memakai catok dan pengering rambut. Sebisa mungkin kurangi pemakaian pengering rambut dan biarkan rambut kering secara alami.

Kamu bisa memakai handuk microfiber atau kain kaos untuk mengeringkan rambut. Hindari menggesek-gesek rambut terlalu keras karena akan membuatnya mudah bercabang. Cukup angin-anginkan rambut hingga kering secara alami.

Pilih Bahan Alami Sebagai Alternatif Sampo

Sebagai pengganti sampo alias sampo alternatifnya, kamu bisa memakai berbagai bahan alami. Tentunya ini ditujukan agar rambut lebih indah dan sehat. Hasilnya memang tidak langsung terlihat. Namun jika rutin memakainya, sampo alternatif tentu lebih aman untuk rambut dan kulit kepala ketimbang sampo biasa yang kaya bahan kimia.

Keramas dengan sampo bahan alami akan bisa mengatasi berbagai masalah yang dialami pada rambut. Gejala rambut berminyak, rusak, kering, berketombe, hingga rontok akan berkurang secara nyata. Memang penggunaan sampo alternatif berbahan alami terbilang lebih rumit karena kita harus meracik bahannya sendiri. Namun, kita bisa memastikan bahwa bahannya aman dan tidak memiliki efek samping yang buruk pada rambut dan kulit kepala.

Ini Loh Deretan Bahan Dapur yang Bisa jadi Alternatif Sampo untuk Kamu

Lemon dan Kuning Telur

Bahan pertama yang bisa kamu gunakan sebagai sampo alternatif untuk rambut kamu adalah kombinasi lemon dan kuning telur. Lemon merupakan buah yang mudah didapatkan. Dalam lemon terkandung asam sitrat, zat besi, kalium, kalsium, dan bahan aktif lainnya. Berbagai bahan aktif tersebut bisa mencegah rambut berketombe, berminyak, rontok, dan masalah lainnya. Kombinasikan dengan telur yang kaya protein agar rambut makin kuat dan subur.

Untuk membuat sampo alternatif ini cukup mudah. Kamu bisa mencampurkan empat tetes perasan lemon ke dalam dua buah kuning telur. Kocok merata lalu gosok pada kulit kepala dan diamkan 10 menit. Bilas rambut dengan air hangat layaknya mencuci rambut biasanya.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel juga merupakan bahan yang bisa kamu gunakan sebagai sampo alternatif. Di dalam cuka apel terdapat bahan asam alpha hydroxy yang mampu meningkatkan kualitas rambut. Keasaman dari cuka apel sendiri mampu memperlambat pertumbuhan jamur yang bikin rambut tontok. Cuka apel juga kaya akan mineral dan vitamin yang penting untuk mendukung kilau, kekuatan, dan kehalusan rambut.

Untuk memakainya sebagai sampo alternatif juga sangat mudah. Kamu tinggal mencampur sesendok makan cuka sari apel dengan secangkir air dalam botol dan kocok sampai merata. Selanjutnya, tuang ke rambut seperti saat akan keramas. Diamkan sebentar dan pijat-pijat, lalu bilas sampai bersih.

Soda Kue

Bahan lain yang bisa digunakan untuk sampo alternatif adalah soda kue. Jangan takut duluan, karena ini memang benar efektif. Dalam soda kue ada eksfolian alami yang bisa mengangkat sel kulit mati dan kotoran. Soda kue juga mampu mengurangi minyak berlebih di kulit kepala. Bukan hanya itu, soda kue juga bisa menghilangkan gatal dan kulit bersisik di kulit kepala.

Caranya mudah saja, ambil sesendok makan soda kue lalu campur dengan segelas air. Aduk merata lalu tuang dalam botol. Semprotkan cairan tersebut ke rambut yang sudah dibasahi. Pijat dan gosok perlahan mulai dari akarnya. Diamkan sebentar lalu bilas.

Santan Kelapa

Para wanita Asia, utamanya dari Filipina, banyak memanfaatkan santan kelapa untuk pengganti sampo. Nah, kamu juga bisa mencoba cara mereka untuk memiliki rambut yang tebal, panjang, dan sehat. Santan kelapa memiliki kandungan asam lemak dan protein yang bisa merawat folikel rambut agar pertumbuhan rambut makin lebat.

Kamu cukup memakai santan murni untuk diaplikasikan ke rambut. Pijat kulit kepala perlahan lalu diamkan agar santan menyerap. Selanjutnya bilas sampai bersih.

Peppermint

Daun peppermint tentu tidak asing untuk kita. Daun ini meski kecil ukurannya namun memiliki aroma mentol segar dan bisa dimanfaatkan sebagai bahan minuman atau masakan. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai bahan untuk sampo alternatif. Di dalam daun peppermint terdapat vitamin, mineral, dan juga antioksidan. Ini bisa membuat residu dan ketombe hilang serta bisa memberi rasa sejuk dan segar di kulit kepala.

Rebuslah segenggam daun peppermint pada air selama 10 menit. Saring airnya lalu pisahkan dengan daunnya. Diamkan sampai suhunya normal. Selanjuntnya, kamu bisa memakai air tersebut untuk keramas. Daunnya bisa kamu gunakan untuk memijat kulit kepala.

Rosemary

Rosemary juga merupakan bahan yang bisa jadi sampo alternatif untuk kamu. Bahan yang satu ini akan cocok menggantikan sampo bahan kimia. Hasilnya bikin rambut jadi segar dan juga lebih wangi alami. Kaya akan vitamin C yang tinggi antioksidan, rosemary bisa melindungi rambut dari radikal bebas.

Kamu cukup ambil rosemary secukupnya lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan air secukupnya lalu rendam rambut ke dalam ramuan rosemary tersebut selama delapan menit. Selanjutnya, kamu bisa membilas rambut dengan air bersih.

Yoghurt dan Baking Soda

Yoghurt merupakan bahan lainnya yang sayang untuk dilewatkan sebagai bahan sampo alternatif. Dalam yoghurt terkandung vitamin B6, B12, dan folat yang mampu memperkuat folikel rambut. Kamu bisa mencampurnya dengan baking soda agar rambut lebih bersih dari minyak dan juga kotoran membandel di kulit kepala.

Ambil 3 sendok makan yoghurt lalu campur dengan 1 sendok makan baking soda. Gunakan sebagai masker rambut dan diamkan 15 menit. Bilas dengan air sampai bersih.

Lemon dan Mentimun

Lemon bisa juga dikombinasikan dengan mentimun. Lemon kaya akan asam sitrat yang bisa memecah penumpukan sebum di kulit kepala. Mentimun merupakan bahan alami yang mampu menenangkan kulit kepala dan membuat setiap helai rambut jadi lebih lembut. Kombinasi lemon dan mentimun bisa bikin rambut jadi lebih bersih dan lebih berkilau.

Campurkan saja lemon dan mentimun lalu blender sampai halus. Aplikasikan di kulit kepala lalu diamkan 15 menit. Selanjutnya bilas sampai bersih.

Teh Chamomile

Teh chamomile memang sudah tidak diragukan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Nah, kamu juga bisa memakainya untuk kesehatan rambut. Teh yang dibaut dari bunga chamomile ini bebas kafein dan tinggi antioksidan. Kamu bisa memakainya untuk sampo alternatif. Aneka nutrisi di dalamnya bisa melembutkan rambut dan menyehatkan rambut.

Seduh teh chamomile seperti biasa dengan sedikit air saja. lalu aduk hingga jadi pasta. Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan 15 menit lalu bilas hingga bersih.

Madu dan Perasan lemon

Madu merupakan bahan yang kaya vitamin, minral, dan antioksida. Keramas dengan madu tidak akan bikin rambut kamu jadi lengket. Kandungan dalam madu bisa menyehatkan rambtu dan melembutkan rambut yang kaku dan kering. Kamu bisa mencampurnya dengan perasan lemon agar rambut lebih berkilau, bersih, dan sehat.

Campur saja dua sendok makan madu dan satu sendok makan lemon. Larutkan dengan segelas air. Usap pada rambut sampai merata dan pijat sebentar. Diamkan 10 menit lalu bilas sampai bersih.

From our editorial team

Cucilah Rambut Sesuai dengan Kebutuhan

Tidak ada aturan dalam mencuci rambut harus berapa kali dan seberapa sering. Kita boleh saja mencuci rambut setiap hari jika memang seharian kita berolahraga, beraktivitas di luar ruangan, dan rambut terasa lepek terkena polusi. Sesuaikan juga dengan kebutuhan dan kondisi rambut kamu. Jika rambut kamu sudah tipis dan kering, maka ada baiknya kamu mengurangi intensitas keramas. Cucilah rambut hanya apabila diperlukan saja. nah, cek sampo alternatif yang bisa kamu buat sendiri di atas agar rambut lebih sehat.

Tag