10 Produk Perawatan Rambut yang Menjadi Solusi agar Mahkota di Kepalamu Tetap Sehat dan Berkilau Indah

10 Produk Perawatan Rambut yang Menjadi Solusi agar Mahkota di Kepalamu Tetap Sehat dan Berkilau Indah

Rambut merupakan mahkota yang harus dijaga. Jangan sampai terlihat rusak dan kusam, karena bisa membuat kamu tak percaya diri dan merusak penampilan. Jadi kamu harus tahu bagaimana cara merawatnya dan produk apa saja yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatannya. Tertarik untuk tahu lebih lanjut? Simak selengkapnya dalam artikel yang satu ini.

Hair Treatment Penting untuk Dilakukan Setiap Orang, Terutama yang Suka Bergonta-ganti Gaya Rambut

Mempercantik rambut dengan cara pewarnaan, pengeritingan, pelurusan, dan lainnya, banyak dilakukan wanita agar bisa mendapat penampilan menarik dan tidak monoton. Tidak hanya dilakukan oleh kaum hawa, para pria pun saat ini banyak yang tertarik untuk mewarnai rambut agar bisa tampil lebih gaya.

Rambut dengan beragam model dan warna memang mampu menarik perhatian dan terlihat unik. Namun, jika tidak dirawat dengan baik setelah melalui berbagai macam proses tersebut, rambut bisa kehilangan kelembapan alami serta nutrisi. Akibatnya, rambut bisa kering, terasa kasar, lepek, bercabang bahkan rontok.

Oleh sebab itu, penting untuk memberikan perawatan rambut alias hair treatment pada rambut setelah kamu selesai melakukan proses pewarnaan atau pengeritingan. Perawatan rambut bisa kamu lakukan dengan tenaga bantuan profesional di salon atau hair spa. Namun, jika kamu ingin menghemat, kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan membeli beberapa produk hair treatment.

Produk perawatan yang tepat akan memberi beberapa manfaat pada rambut. Misalnya, mencegah rambut dari kerusakan seperti rambut patah atau berketombe, melembutkan, melembapkan, serta membuat rambut tampak lebih berkilau.

Cara Memilih Produk Perawatan Rambut

Merawat rambut bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Tentu saja, kamu bisa menggunakan beberapa produk yang ada di pasaran agar rambut bisa lebih sehat dan ternutrisi dengan panduan berikut ini.

Memilih Berdasarkan Jenis

Seperti halnya kulit, rambut juga membutuhkan produk perawatan yang sesuai. Saat ini, ada banyak produk perawatan rambut dan mengenali jenis produk yang ada dapat membantu kamu merawat rambut dengan cara yang tepat.

Mulai dari sampo untuk membersihkan dilanjutkan dengan kondisioner rambut yang bisa membantu kamu lebih mudah menata rambut. Selain itu, ada juga hair tonic yang bisa membantu rambut menjadi lebih subur serta menyehatkan kulit kepala dan mencegah ketombe.

Untuk perawatan sekitar 1—2 kali dalam seminggu, kamu bisa menggunakan krim rambut yang umumnya disebut juga dengan produk creambath. Setelahnya, kamu bisa menggunakan hair lotion jika rambut kamu termasuk tipe sangat kering. Produk ini bisa membantu rambut lebih lembap dengan kandungan zat makanan serta kadar air yang lebih tinggi daripada hair tonic.

Memilih Berdasarkan Kondisi Rambut

Kegiatan serta jenis rambut yang tidak sama bisa menimbulkan kondisi rambut yang berbeda-beda. Bagi kamu yang banyak beraktivitas di luar ruang, bisa saja rentan dengan rambut kering yang terjadi akibat paparan sinar matahari atau debu dan polusi. Bahkan, terlalu lama berada di ruangan dengan udara yang kering tanpa memberi perlindungan pada rambut juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering.

Selain rambut kering, ada juga rambut berminyak yang muncul karena kulit kepala memproduksi minyak atau sebum secara berlebih. Pada fungsi normal, sebum diperlukan untuk menjaga kelembapan tapi jika terlalu banyak sebum yang diproduksi, rambut akan berminyak dan jadi masalah baru.

Selanjutnya adalah rambut rusak yang umumnya terjadi karena berbagai macam faktor mulai dari perubahan hormon, penataan rambut dengan menggunakan banyak produk berbahan kimia yang kelewat keras sampai pengaruh cuaca.

Kandungan Bahannya

Saat membeli produk perawatan rambut, kamu sebaiknya membaca label terlebih dahulu agar tahu kandungan apa saja yang ada di produk hair treatment. Selain memilih produk perawatan rambut yang mengandung bahan-bahan alami, sebaiknya kamu menghindari produk yang mengandung bahan-bahan berikut ini.

  • Parfum. Meski tampaknya bisa memberi kesegaran serta wangi yang enak pada rambut, kandungan parfum yang berlebihan pada produk hair treatment ternyata memberi dampak kurang baik karena bisa memperparah gejala asma serta menimbulkan reaksi alergi. Hal ini bisa lebih terasa pada mereka yang memiliki sensitivitas tinggi baik pada kulit dan rambut sehingga dianjurkan untuk memilih produk hipoalergenik.
  • Formaldehida. Bahan ini berbahaya karena diyakini bisa menyebabkan kanker serta menimbulkan kerusakan DNA. Zat satu ini termasuk berbahaya saat terhirup atau ketika menyentuh kulit. Selain bersifat karsinogenik, zat ini juga bisa menimbulkan reaksi alergi seperti asma dan iritasi pada kulit.
  • Sulfat. Zat ini bisa ditemukan pada produk kecantikan. Namun, sebaiknya kamu menghindari produk hair treatment yang mengandung silfat karena pada beberapa kasus, zat ini bisa menyebabkan eksim. Untuk menyiasati, kamu bisa beralih ke produk yang mengandung ammonium laureth.

Selain Sampo, Inilah Produk Perawatan Rambut Lain yang Harus Dimiliki

Selain membersihkan dengan sampo, kamu juga bisa merawat keindahan serta kesehatan rambut menggunakan produk-produk pendukung seperti dalam referensi berikut ini.

Kondisioner

Produk ini umumnya dipakai setelah menggunakan sampo dan berfungsi untuk memberi kelembutan serta kesegaran ekstra. Kandungan pada kondisioner bisa bekerja dengan cepat menutrisi rambut serta memberi kelembapan yang dibutuhkan. Kondisioner juga bisa membantu rambut tercegah dari kerusakan selama kamu memilih jenis yang tepat.

Ada berbagai jenis kondisioner di pasaran yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis rambut yang dimiliki. Jika kamu memiliki rambut bervolume, maka sebaiknya pilih kondisoner yang bisa melembutkan serta melembapkan. Lain lagi dengan kamu yang memiliki rambut cenderung rontok karena patah atau akarnya tidak kuat, pilihlah kondisioner yang mengandung bahan untuk menguatkan rambut seperti ginseng.

Vitamin Rambut

Tidak hanya kulit, rambut juga membutuhkan vitamin jika ingin senantiasa sehat dan lembut berkilau. Vitamin rambut umumnya diperkaya dengan berbagai jenis kandungan seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin E, vitamin B3, juga vitamin C. Kandungan pada vitamin rambut memberi proteksi agar rambut bisa lebih kuat dan juga lembap.

Selain itu, pada beberapa vitamin rambut dengan kandungan biotin juga bisa memberi manfaat seperti mencegah kerontokan rambut berlebih sementara betakaroten dan magnesium pada vitamin C, vitamin E dan vitamin B kompleks bisa membantu pertumbuhan rambut.

Dry Shampoo

Sumber gambar Beautyheaven

Mungkin ada sebagian dari kamu yang belum pernah mencoba produk satu ini. Dry shampoo alias sampo kering pada mulanya dipopulerkan oleh perusahaan kecantikan asal Perancis, Klorane, yang pada saat itu meluncurkan produk sampo dalam bentuk semprot alias spray.

Dry shampoo ini termasuk mudah digunakan. Cukup dengan mengocok botol kemudian semprotkan pada rambut dalam keadaan kering di jarak sekitra 30—40 sentimeter dan tidak perlu dibilas. Kemudian, pijat secara lembut dan biarkan terserap selama beberapa saat, lanjutkan dengan menyisirnya.

Kamu bisa menggunakan produk ini pada saat-saat tertentu ketika belum sempat keramas. Tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari karena jika digunakan berlebihan, dapat menimbulkan penumpukan kotoran dan minyak.

10 Pilihan Produk Hair Treatment yang Bisa Kamu Gunakan Setiap saat

PANTENE Conditioner Hair Fall Control 3 Minutes Miracle

Sumber gambar Tokopedia

Punya rambut rontok memang jadi salah satu kendala mendapat rambut indah. Belum lagi mood yang turun saat melihat helai-helai rambut mengotori pakaian bahkan lantai. Selain itu, rambut rontok juga bisa menurunkan kepercayaan diri.

Untuk mengatasinya, kamu bisa coba menggunakan PANTENE Conditioner Hair Fall Control 3 Minutes Miracle ini. Produk yang digunakan selama 3 menit setelah keramas ini mengandung formula Pro-V dan diperkaya kandungan aktif histidine yang bisa memperkuat bagian inti rambut dan mempertahankan kekuatan serta mengurangi kerontokan rambut karena patah.

Produk ini bisa diperoleh melalui situs klikindomaret.com seharga Rp 12.700 atau dengan harga Rp 25.500 di Tokopedia.

Eucalie Restore Organic Hair & Scalp Treatment Oil

Sumber gambar Lemonilo

Rambut yang indah dimulai dari kulit kepala yang sehat. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk menggunakan produk penunjang seperti Eucalie Restore Organic Hair & Scalp Treatment Oil ini.

Kombinasi minyak esensial pada produk ini bisa mengatasi iritasi pada kulit kepala serta membantu menguatkan akar rambut, mengurangi kerontokan, serta membantu memperbaiki rambut yang bercabang. Diperkaya dengan virgin coconut oil organik, vitamin E, minyak jojoba, minyak argan organik, kukui nut oil serta pure essential oil blend, produk ini mudah digunakan.

Cukup dengan mengaplikasikannya pada rambut kemudian pijat secara menyeluruh sampai ke kulit dan diamkan selama 30 menit. Lanjutkan dengan pemakaian sampo serta kondisioner. Bisa dibeli seharga Rp 129.000 di situs lemonilo.com dan milamili.com.

MANE N TAIL ORIGINAL CONDITIONER

Sumber gambar Blibli

Sempat booming, kondisioner satu ini juga disukai karena diyakini mampu memberikan hasil yang apik pada rambut. Mengandung minyak alami yang bisa mencegah pengelupasan pada kulit kepala serta diperkaya dengan essential moisturizing untuk rambut lebih lembut.

Selain itu, Mane N Tail Original Conditioner juga diperkaya dengan micro-enriched protein formula yang bisa membantu mencegah rambut dari pecah-pecah, bercabang, juga kusut.

Bisa didapatkan melalui situs pusatkosmetik.com seharga Rp 180.000 dan dengan harga Rp 70.000 di Blibli per 355 mililiter. Untuk kemasan 60 mililiter, bisa dipesan melalui Orami seharga Rp 60.000.

Cultusia Creambath Strawberry

Sumber gambar Tokopedia

Tidak harus selalu di salon, kamu juga bisa melakukan creambath di rumah dengan menggunakan Cultusia Creambath Strawberry. Produk ini mengandung ekstrak stroberi yang dikenal sebagai buah dengan antioksidan paling tinggi di antara jenis yang lain. Diperkaya dengan kandungan mint, Cultusia Creambath Strawberry bisa kamu pilih untuk mendapat sensasi creambath yang menyegarkan.

Produk ini dapat membantu mengatasi bakteri pada rambut, membantu melindungi rambut dari kering dan bercabang serta mencegah rambut dari kerusakan.

Bisa diperoleh melalui Lazada seharga Rp 23.000 untuk kemasan 500 mililiter atau seharga Rp 38.000 di Shopee dan Rp 35.000 di Tokopedia untuk kemasan 1 kilogram.

NR Hair Tonic

Sumber gambar Pusat Kosmetik

Menutrisi rambut yang tengah rusak bisa kamu dukung dengan penggunaan hair tonic. Salah satu yang bisa dipilih adalah NR Hair Tonic dengan kandungan tumbuhan, vitamin, serta senyawa aktif yang diramu dengan emulsi alkohol. NR Hair Tonic dapat membantu mencegah peradangan di kulit kepala serta merangsang pertumbuhan rambut. Bisa dipesan seharga Rp 73.000 di situs pusatkosmetik.com, Rp 90.200 di Lazada dan dengan harga Rp 56.000 di Shopee.

Makarizo Salon Daily Hair Mask Repair Treatment

Sumber gambar Tokopedia

Masker rambut dapat dipakai agar rambut bisa mendapat perawatan serta nutrisi ekstra. Untuk memaksimalkan hasilnya, bisa didukung dengan steamer. Namun, kamu bisa menggantinya dengan handuk hangat dan menggunakan Makarizo Salon Daily Hair Mask Repair Treatment sebagai produk pilihan.

Caranya sangat mudah, setelah keramas cukup dengan mendiamkan masker sekitar 5—10 menit menggunakan hangat kemudian bilas. Kandungan Pro-Vitamin B5, kolagen serta phytantirol pada produk ini bisa membantu melindungi kutikula rambut yang kering serta menjaga elastisitas, kelembutan juga kekuatan rambut.

Bisa dipesan seharga Rp 60.000 di Tokopedia atau seharga Rp 96.000 di situs pusatkosmetik.com untuk kemasan 500 gram.

Barbara Walden Hair Styling Spray Extra Hold

Sumber gambar Tokopedia

Ingin rambut yang mudah ditata dan tidak cepat berantakan? Kamu bisa menggunakan produk hair styling seperti Barbara Walden Hair Styling Spray Extra Hold ini. Caranya sangat mudah, cukup menyemprot dengan jarak 30 sentimeter dari rambut kemudian atur tatanan sesuai keinginan. Produk praktis ini bisa diperoleh melalui situs pusatkosmetik.com dengan harga Rp 33.000 atau seharga Rp 25.000 di Tokopedia dan Rp 23.000 di Lazada.

SUNSILK Hijab Recharge Shampoo

Sumber gambar Tokopedia

Penggunaan hijab memang bisa melindungi rambut dari sinar matahari serta debu dan polusi. Namun, bukan berarti kamu bisa menyepelekan perawatan rambut, ya. Kamu dianjurkan untuk tetap melakukan perawatan seperti membersihkan rambut secara teratur.

Jika memungkinkan, pilihlah sampo yang sudah diformulasi untuk pengguna hijab seperti Sunsilk Hijab Recharge Shampoo ini. Sampo ini diperkaya dengan buah tin yang mengandung antioksidan. Keharuman sampo yang menyegarkan didukung dengan ‘Release Pearl’ agar kamu bisa merasa fresh sepanjang hari. Bisa dipesan lewat Blibli dengan harga Rp 16.300 atau melalui situs jd.id seharga Rp 14.000.

Joico Moisture Recovery Treatment Balm

Sumber gambar Tokopedia

Mewarnai rambut mungkin jadi hobi banyak orang. Namun, jangan lupa untuk mengembalikan kesehatan rambut setelah proses pewarnaan dengan menggunakan produk perawatan seperti Joico Moisture Recovery Treatment Balm ini. Mengandung zaitun dan shea butter, produk ini bisa membantu kamu untuk memperoleh rambut yang lembut dan halus.

Joico Moisture Recovery Treatment Balm cocok bagi rambut kering dan bisa digunakan sekitar 2—3 kali dalam seminggu sebagai produk perawatan tambahan. Cukup oleskan ke rambut dalam keadaan basah, diamkan selama kurang lebih 3—5 menit lalu bilas hingga bersih.

Bisa dipesan melalui Tokopedia seharga Rp 198.000 atau melalui situs id.strawberry.net.com dengan harga Rp 242.730. Jika kehabisan, silahkan kunjungi situs id.ozcosmetics.com untuk memperoleh produk ini seharga Rp 365.400.

Bioaqua Yungo Hair Cleansing Treatment

Sumber gambar Tokopedia

Membersihkan rambut alias keramas sebaiknya tidak dilakukan setiap hari terutama bagi kamu yang memiliki jenis rambut kering. Hal ini bisa menyebabkan rambut dan kulit kepala kehilangan kelembapan alami.

Cucilah rambut setidaknya 2 kali sehari dengan produk yang memberi kelembutan serta kelembapan seperti Bioaqua Yungo Hair Cleansing Treatment. Produk ini 100 persen non silikon dan bisa membersihkan serta membuat rambut tampak lebih halus serta bersinar.

Tidak hanya itu, Bioaqua Yungo Hair Cleansing Treatment juga bisa membantu mengurangi kerontokan saat menyisir rambut dan menjadikannya lebih elastis. Dapat diperoleh melalui Shopee seharga Rp 120.000 dan melalui Tokopedia dengan harga Rp 125.000.

From our editorial team

Sering Meluruskan atau Mengeriting Rambut? Lakukan Perawatan Rambut yang Tepat

Apabila kamu adalah tipe yang gemar bereksperimen dengan gaya rambutmu, misalnya rutin mengeriting, meluruskan, hingga mewarnai, maka kamu juga harus rutin dalam merawat rambut. Seminggu sekali lakukan hair mask, jangan lupa mengaplikasikan hair serum sebelum menata rambut, dan masih banyak jenis perawatan lainnya yang harus dilakukan jika ingin mahkota di kepalamu tetap sehat.

Tag