10 Rekomendasi Sampo Anti Lepek untuk Rambut Lebih Sehat Bervolume (2021)

10 Rekomendasi Sampo Anti Lepek untuk Rambut Lebih Sehat Bervolume (2021)

Rambut lepek sangat menganggu penampilan. Kesannya kamu jadi kusam, tidak merawat diri, dan tampak kurang bersemangat. Atasi segera rambut lepek supaya kamu bisa tampil lebih percaya diri. Kamu bisa cek tips mengatasi rambut lepek dari kami. Selain itu, cek juga rekomendasi sampo untuk atasi rambut lepek dari BP-Guide!

Rambut Lepek Bikin Bad Mood? Kenali Penyebabnya!

Wanita pastinya ingin tampil sempurna dengan rambut sehat bervolume. Sayangnya, tidak semua wanita beruntung memiliki rambut yang bervolume. Ada di antara kita yang bermasalah dengan rambut lepek. Rambut semacam ini bisa bikin kita jadi bad mood. Nah, kenali penyebabnya agar bisa segera dituntaskan, ya!

Salah satu penyebab utama rambut lepek adalah lingkungan. Cuaca panas, polusi tinggi, dan iklim tropis membuat rambut jadi lebih mudah lepek karena akar rambut berminyak. Rambut jadi kempes dan terkesan kurang sehat.

Penyebab lain dari rambut lepek adalah salah memakai produk. Salah pilih sampo dan kondisioner bisa bikin rambut jadi makin lepek. Pilih sampo sesuai dengan kondisi rambutmu, yakni rambut beminyak. Hindari sampo untuk rambut kering karena hanya akan membuat rambut makin berminyak.

Terlalu sering keramas juga bisa jadi penyebab rambut lepek. Biasanya karena cuaca panas dan aktivitas padat membuat kita jadi ingin keramas agar terasa lebih segar. Hal ini bisa bikin kulit kepala kering, rawan berketombe, dan jadi lepek. Ketika kita terlalu sering keramas, maka minyak alami rambut terkikis. Akibatnya, tubuh mengirim sinyal bahwa kulit kepala mengalami kekeringan dan akhirnya memproduksi minyak lebih banyak. Hal inilah yang pada akhirnya membuat rambut jadi lepek.

Keramas dengan suhu air yang terlalu panas juga bisa membuat rambut lepek. Air panas bisa menstimulasi produksi sebum atau minyak berlebih. Selain itu, jika kamu keramas dengan air hangat maka bisa melemahkan folikel rambut dan membuatnya lebih mudah rontok.

Kebiasaan lain yang bisa bikin rambut mudah lepek adalah memakai hijab atau menguncir rambut saat kondisinya masih basah. Rambut yang masih basah sebaiknya tidak diikat kuat atau ditutupi jilbab. Ini akan bikin rambut jadi lebih mudah berminyak. Jika sedang terburu-buru akan pakai hijab, ada baiknya kamu keringkan rambut dengan sempurna memakai hair dryer.

Tips Mengatasi Rambut Lepek

Keringkan Rambut dengan Benar

Keringkan rambutmu dengan benar usai kamu keramas. Rambut yang basah akan cepat lepek jika kamu tidak mengeringkannya dengan benar. Gunakan handuk, namun jangan menggosok rambut dan kulit kepala terlalu keras. Cukup tepuk-tepuk dan tekan rambut dengan handuk. Fokuskan pada bagian akar rambut. Semisal kamu memakai hair dryer, gunakan pada suhu medium supaya rambut tetap sehat dan tidak mudah lepek.

Gunakan Masker Rambut

Untuk merawat rambut berminyak dan lepek, kamu juga bisa memakai masker rambut. Beli saja masker rambut yang bisa mengatasi rambut lepek dan berminyak. Gunakan secara teratur seminggu sekali atau dua kali. Nah, selain membeli, kamu juga bisa membuatnya sendiri dari bahan alami yang ada di rumah.

Lidah buaya adalah salah satu bahan yang kaya akan vitamin, mineral, dan enzim yang bagus untuk menghilangkan minyak berlebih pada kulit kepala. Tanaman ini juga bisa membantu detoksifikasi kulit kepala dari kotoran dan debu. Selain itu, gel bening dalam lidah buaya bisa menutrisi rambut hingga ke akarnya sehingga rambut jadi lebih terawat.

Campurkan saja 1 sdt gel lidah buaya dengan 1 sdm sari lemon, lalu aduk merata. Aplikasikan masker pada rambut yang sudah dibasahi. Diamkan 10 menit, lalu bilas sampai bersih.

Sesekali Gunakan Dry Shampoo

Kamu bisa juga memakai dry shampoo saat kondisi rambut kamu sangat lepek. Sampo yang satu ini tidak perlu dibilas dan terbilang praktis sebagai solusi dari rambut lepek. Dry shampoo bisa membantu mengeringkan minyak pada rambut sehingga rambut tampak lebih bervolume. Selain itu, rambut juga bisa lebih segar dan lebih sehat. Aroma rambut juga terbilang jadi lebih segar karena minyaknya sudah berkurang.

Sayangnya, kamu tidak bisa memakai dry shampoo setiap hari. Ini karena dry shampoo bisa menghasilkan residu yang membuat rambut tampak kotor. Selain itu, dry shampoo juga tidak bisa membersihkan rambut secara menyeluruh. Jadi, hanya gunakan pada saat penting atau terdesak saja, ya.

Pilih Sampo yang Tepat dan Bilas dengan Benar

Pemilihan sampo tentu saja memegang peranan penting dalam mengatasi rambut lepek. Kamu harus memakai sampo yang fungsinya memang untuk menghilangkan lepek atau mengurangi minyak di kulit kepala serta bisa membuatnya lebih bervolume. Memilih sampo yang bebas kandungan minyak juga bisa jadi solusi kamu.

Selain memilih sampo, cara membilas yang benar juga bisa jadi cara untuk menghilangkan rambut lepek. Saat keramas, bilas sampai bersih jangan sampai ada busa atau sampo yang tidak terbilas. Usahakan membilas sampo dengan air dingin agar rambut tidak makin berminyak. Air hangat hanya akan merangsang kelenjar penghasil minyak di rambut sehingga bikin makin lepek.

Gunakan 10 Rekomendasi Sampo untuk Rambut Lepek ini untuk Segarkan Rambutmu

Love Beauty and Planet Tea Tree Oil & Vetiver Shampoo

Love Beauty and Planet Tea Tree Oil & Vetiver Shampoo merupakan rekomendasi pertama kami. Sampo yang satu ini memakai bahan yang ampuh untuk membuat rambut bebas lepek. Hasilnya, rambut jadi lebih bervolume, segar, bebas lepek, dan tentu saja memiliki aroma yang wangi. Salah satu bahan utamanya adalah tea tree oil yang ampuh untuk meminimalisir produksi minyak. Rambut jadi lebih mudah diatur, lebih sehat, dan lebih berkilau.

Harga Rp. 22.100-95.000

Pantene Anti-Lepek Shampo

Pantene Anti-Lepek Shampo tentu saja bisa jadi andalan kamu. Produk yang satu ini cocok untuk kamu yang kerap menata dan mnstyling rambut dengan aneka alat penata rambut seperti catok, hair dryer, dan lainnya. Aneka alat styling tersebut bisa membuat rambut jadi mudah lepek. Selain itu, sampo ini hadir dengan micro cleanser yang bisa membersihkan kulit kepala dari polusi, zat kimia, dan minyak berlebih. Rambut jadi memiliki aroma lebih segar, lebih sehat, dan pastinya lebih mudah diatur.

Harga Rp. 22.100-73.000

The Body Shop Fuji Green Tea Refreshingly Purifying Shampoo

The Body Shop Fuji Green Tea Refreshingly Purifying Shampoo merupakan sampo dengan ekstrak teh hijau dari Jepang dan Community Trade honey. Kandungan bahan alami tersebut bisa membersihkan rambut lebih maksimal agar bebas minyak. Produk ini juga bisa menyingkirkan penumpukan kotoran dan residu produk penata rambut yang bikin rambut jadi lepek. Sampo ini akan mengembalikan volume rambut dan bikin rambut lebih ternutrisi dan sehat.

Harga Rp. 75.000-142.000

Dove Volume Nourishment Shampoo

Dove Volume Nourishment Shampoo adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini akan bikin rambut lepek yang terlihat tipis jadi lebih bervolume dan sehat. Dengan bahan micellar oxyen yang bisa mengurangi minyak pada kulit kepala, sampo juga bisa membuat rambut lebih bervolume. Formula samponya ringan sehingga bisa menutrisi setiap helai rambut sampai ke ujungnya. Gunakan sampo secara rutin supaya bisa membuat rambut lebih mudah diatur dan lebih sehat. Ada kemasan ukuran 160 ml dan 320 ml yang bisa dipilih.

Harga Rp. 35.000-47.000

Erhair Scalp Care Shampoo

Erhair Scalp Care Shampoo mampu mengatasi rambut lepek tanpa membuat kulit kepala jadi kering. Saat kulit kepala terlalu lembap maka bisa terjadi kondisi parah pada kulit kepala yang membuat rambut jadi kurang sehat dan kurang ternutrisi dengan baik.

Sampo yang satu ini hadir dengan zat climbazole dan piroctone. Kedua bahan tersebut bisa mengatasi dermatitis seboroik, ketombe, dan rambut berminyak. Ada juga kandungan aloe vera dan pro vitamin B5 yang bisa mengurangi garal di kulit kepala. Ada kemasan ukuran 100 ml dan 250 ml yang tersedia.

Harga Rp. 128.000-250.000

Kérastase Specifique Bain Divalent Shampoo

Kérastase Specifique Bain Divalent Shampoo hadir dengan formula bebas lepek. Produk sampo juga bisa membuat rambut kamu bebas bercabang. Ada kandungan vitamin B6 dan juga glycine yang bisa bikin rambut ternutrisi lebih baik. Produk ini juga bisa merawat kulit kepala dengan cara mengontrol produksi minyak berlebih. Setiap helaian rambutmu jadi lebih terawat dan mudah diatur. Rambut jadi lebih sehat dan aromanya juga lebih segar sepanjang hari.

Harga Rp. 298.000-420.000

The Body Shop Rainforest Balance Shampoo

The Body Shop Rainforest Balance Shampoo bantu kamu untuk menghilangkan kesan lepek akibat rambut berminyak. Produk juga bisa mengembalikan kilau alami rambut yang tertutupi akibat tumpukan minyak. Sampo yang satu ini hadir dengan aneka bahan alami seperti pracaxi oil, white nettle, dan seaweed. Aneka bahan tersebut bisa membantu mengurangi produksi sebum pada kulit kepala sehingga rambut tidak tampak lepek.

Sampo bisa menyeimbangkan kadar minyak dan juga bisa membuat rambut lebih ternutrisi. Hasilnya, rambut lebih lembut, mudah diatur, bebas lepek, dan lebih bervolume. Sampo ini tidak memakai silikon, deterjen, sulfat, paraben, dan pewarna. Ini membuatnya aman untuk digunakan siapa saja.

Harga Rp. 129.000-339.000

Herbal Essences Bio Renew Volume White Grapefruit and Mosa Mint Shampoo

Herbal Essences Bio Renew Volume White Grapefruit and Mosa Mint Shampoo merupakan sampo yang bagus untuk atasi rambut lepek. Sampo bisa menutrisi rambut kamu lebih baik. Dengan bahan ekstrak tumbuhan asli dari Royal Botanic Garden di Kew, Sussex, produk ini dijamin bikin rambut lebih sehat. Bahan lainnya adalah lidah buaya, rumput laut, mint, dan grapefruit.

Produk dibuat dengan memperhatikan hak-hak hewan sehingga bisa dibilang cruelty free. Sampo ini memiliki aroma segar paduan dari citrus, mint, dan velvet peach. Nikmati sensasi segar aroma rambut usai keramas dengan sampo yang satu ini.

Harga Rp. 81.980-201.000

Colab Dry Shampoo Active

Colab Dry Shampoo Active jangan sampai kamu lewatkan sebagai pilihan. Produk ini bisa praktis mengatasi rambut lepek agar lebih sehat dan lebih bervolume. Sampo kering dari Colab juga bisa mengatasi bau apek pada rambut yang berminyak. Cukup semprotkan saja samponya pada rambut dan tunggu beberapa saat.

Ada banyak varian seperti Tropical Fragrance, Fruity Fragrance, dan Active Dry Shampoo+. Tiap varian memiliki aroma segar yang bikin semangat. Selain itu, setiap jenis varian juga hadir dengan formula transparan yang dapat menyerap minyak dengan baik. Tidak ada residu atau warna putih pada rambut.

Harga Rp. 98.000-178.000

Batiste Dry Shampoo

Batiste Dry Shampoo merupakan sampo yang cocok untuk kamu yang sibuk dan selalu aktif sampai tidak sempat keramas. Dry shampoo ini memiliki kualitas yang bagus. Performanya dalam mengatasi masalah minyak berlebih dalam rambut dan kulit kepala juga patut diacungi jempol. Dikemas dalam botol kaleng dengan desain yang lucu dan banyak varian wanginya, membuat produk ini makin laris manis di pasaran. ada ukuran 50 ml dan 200 ml yang bisa dibeli.

Dry shampoo ini cocok untuk rambut lepek dan berminyak agar terlihat lebih bervolume dan lebih sehat. Ucapkan selamat tinggal pada rambut yang bikin wajah tampak kusam. Hanya dalam beberapa detik saja, rambut bisa lebih segar, wangi, dan tampak lebih sehat. Kamu bisa pilih varian fresh, oriental, original, cherry, dan heavenly volume.

Harga Rp. 59.500-85.000
From our editorial team

Ubah Arah Belahan Rambutmu

Sesekali, mengubah gaya rambut itu penting dilakukan. Pertama, ini supaya kita bisa tampil beda. Kedua, hal ini juga bisa membuat rambut kita jadi bebas lepek. Salah satu cara mengubah gaya rambut adalah dengan mengubah arah belahan rambut. Cara ini simpel dan banyak disepelekan namun sangat efektif mengatasi rambut lepek. Ubah belahan rambut ke arah sebaliknya dari yang biasa kamu lakukan. Cara ini bikin rambut lepek yang kamu alami jadi tersamarkan dengan baik. Rambut yang lepek biasanya adalah bagian yang lebih sering terekspos dengan lingkungan. Dengan mengubah belahan rambut, maka rambut lepek bisa tertutupi oleh rambut yang biasanya ada di bagian dalam.