10 Rekomendasi Kurma Terenak untuk Menemani Kamu Menyambut Ramadan! (2021)

10 Rekomendasi Kurma Terenak untuk Menemani Kamu Menyambut Ramadan! (2021)

Bulan puasa sudah di depan mata, kamu tentu sudah melakukan banyak persiapan menyambut Ramadan. Salah satunya adalah mempersiapkan buah kurma sebagai menu buka puasa. Kamu wajib tahu cara memilih kurma yang bagus kualitasnya. Intip tips dari kami dan juga rekomendasi kurma yang enak untuk kamu konsumsi!

Kurma Bisa jadi Andalan untuk Membantu Menjaga Kesehatan

Kita tentu sudah tak asing dengan buah bernama kurma. Berasal dari Jazirah Arab, buah yang satu ini khas dengan rasa manis legitnya. Buah inibisa mudah ditemukan di berbagai supermarket. Menjelang Ramadan seperti sekarang ini, buah kurma banyak dicari karena umat muslim mengonsumsinya saat berbuka puasa sebagai salah satu sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Buah yang satu ini bisa tumbuh kapan saja sepanjang tahun. Namun, kebanyakan, kurma akan dipanen pada musim gugur atau awal musim dingin di Arab. Ini karena pada saat itu, kondisi buahnya adalah yang paling baik dan segar. Dalam kurma terdapat aneka kandungan seperti karbohidrat, serat, protein, kalium, mangan, tembaga, dan lain sebagainya. Berbagai kandungan tersebut tentu baik untuk menjaga kesehatan baik selama bulan puasa ataupun pada bulan lainnya.

Mengonsumsi kurma secara rutin bisa membuat kesehatan pencernaan terjaga. Kurma kaya akan serat yang bisa membuat pencernaan jadi makin lancar. Serat tak larut di dalamnya akan membantu memadatkan feses sehingga kamu terhindar dari masalah seperti diare dan sembelit. Ada juga kandungan fenolik di dalamnya yang bisa membantu membersihkan usus sehingga potensi terkena kanker usus bisa menurun. Kurma juga bisa memelihara mukosa lambung sehinga bisa bersifat antiradang dan membuat lambung tetap aman selama berpuasa.

Kurma memiliki rasa yang manis namun tetap aman dikonsumsi bahkan untuk yang diabetes sekalipun. Buah ini justru akan mengurangi risiko diabetes. Serat pada kurma bisa dicerna lebih lambat di dalam perut sehingga membantu tubuh mengontrol kadar gula darah dengan lebih baik. Indeks glikemiksnya rendah jadi tidak akan langsung melonjakkan kadar gula darah setelah makan.

Konsumsi kurma juga bisa meningkatkan kesehatan tulang. Kurma kaya akan mangan, selenium, magnesium, dan tembaga yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Ini bisa jugamencegah osteoporosis sehingga tulang lebih kuat.

Bagi kamu yang mengalami kekurangan zat besi alias anemia, kurma juga bisa kamu andalkan. Buah ini tinggi zat besi sehingga cocok untuk meningkatkan kadar darah agar kamu tetap sehat dan tak lemas selama berpuasa.

Kurma juga tinggi antioksidan yang membuatnya bisa mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Antioksidannya akan melindungi sel dan jaringan tubuh dari berbagai risiko penyakit. Beberapa antioksidan dalam kurma adalah asam fenolik, flavonoid, dan karotenoid. Zat tersebut juga bisa mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat kurma bagi tubuh. Kalau kamu ingin tetap bugar dan sehat selama puasa, jangan lupa konsumsi kurma, ya.

Tips Memilih Kurma yang Bagus dan Enak

Perhatikan Fisik Kurma

Saat memilih kurma, kamu tentu tak ingin mendapatkan kurma yang jelek kualitasnya. Jangan mau dibohongi dengan iklan dan rayuan gombal penjualnya. Kamu harus tahu sendiri ciri kurma yang baik. Salah satu caranya adalah dengan mengecek fisik kurmanya.

Kurma yang sudah dikeringkan memang umum terkesan basah. Ini karena cairan gulanya mengalir keluarn. Meski demikian, hal ini tak lantas membuat permukaan kurma jadi lengket atau keras. Kurma yang terlalu lengket dan basah umunya karena sudah ditambahkan dengan pemanis madu atau gula. Maka dari itu, jika ingin mengonsumsi kurma segar, ada baiknya kamu memilih kurma yang teksturnya tidak terlalu lengket dan keras.

Hindari juga memilih kurma yang kulitnya sudah mengerut. Ini tandanya kurma sudah terlalu lama disimpan. Pilih saja yang kulit ari kurmanya masih menempel dengan baik.

Perhatikan Warnanya

Hal lain yang perlu kamu perhatikan saat memilih kurma adalah mengecek warnanya. Kurma memiliki banyak varian warna, mulai dari merah, kuning, hingga cokelat kehitaman. Pilih yang warnanya merata. Selain itu, pastikan tidak ada bagian-bagian kurma yang rusak. Jika kurma memiliki ciri tersebut, dipastikan kurmanya bagus dan segar. Kadang ada juga kurma yang warnanya hitam namun jika tampilan fisiknya sudah banyak yang retak maka artinya buah tersebut sudah tidak segar lagi.

Ukuran Kurma

Ukuran kurma juga bisa jadi patokan bagus tidaknya kurma tersebut. Ukuran bisa berpengaruh pada banyaknya kandungan gula yang kita konsumsi. Satu buah kurma umumnya memiliki berat 7,1 gram dan ini ukurannya setara dengan 1 sampai 2 jari orang dewasa.

Batasi konsumsi kurma maksimal 35 sampai 40 gram dalam sekali makan. Ini supaya kandungan gula yang masuk dalam tubuh kita tidak berlebihan.

Tekstur dan Rasa

Sebelum membeli kurma, alangkah baiknya kita mencicipinya. Ini supaya kita bisa benar-benar tahu rasa dan tekstur kurmanya masih bagus. Kamu wajib mencoba kurma jika membelinya secara langsung. Umumnya, penjual akan menyediakan tester kurma yang dijual. Mencicipi kurma juga bisa jadi cara untuk mengetahui kadar manis kurma. Kamu yang tidak terlalu suka manis bisa menyesuaikan kurma yang dipilih untuk dibeli dengan cara yang satu ini.

Ini Dia Rekomendasi Kurma Terbaik untuk Menemani Puasa Tahun Ini

Prince Buah Kurma Mabrum

Prince Buah Kurma Mabrum adalah rekomendasi pertama kami. Produk ini tergolong produk kurma premium. Buahnya kaya antioksidan dan juga mineral. Kurma Mabrum hadir dengan tekstur buah yang kenyal mirip jeli. Pastinya anak-anak hingga orang dewasa menyukai kurma yang satu ini. Rasa kurmanya manis namun tak berlebihan.

Nutrisi dalam kurma jenis mabroom ini membuatnya kerap menjadi salah satu bahan pembuatan obat tradisional di Arab. Dikemas dalam berbagai ukuran, salah satunya ukuran 1000 gram. Merek kurma ini sudah BPOM jadi aman dikonsumsi. Simpan kurma pada suhu ruang agar awet.

Harga Rp. 16.000-75.000

Bard Valley Medjool Dates

Bard Valley Medjool Dates merupakan salah satu merek kurma yang banyak digemari dan laris di pasaran. Buah yang satu ini ukurannya besar-besar jika dibanding kurma pada umumnya. Rasa kurmanya begitu manis namun bukan dari pemanis seperti gula atau madu. Manisnya asli dari kurmanya sendiri.

Ini adalah jenis kurma basah yang segar dan menggoda. Kurma jenis medjool ini bisa ditemukan dengan mudah karena berbuah sepanjang tahun. Buah yang satu ini banyak juga dibudidayakan di Bard Valley, California. Kurmanya bisa dikonsumsi langsung namun bisa juga diolah menjadi minuman, kue, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 135.000-210.000

Hikmah Buah Kurma Khalas

Pecinta kurma jangan sampai melewatkan Hikmah Buah Kurma Khalas. Kurma yang satu ini berjenis Khalas yang bisa dimaknai sebagai doa keselamatan untuk seseorang. Untuk yang sedang menantikan buah hati, kabarnya kurma khalas cocok untuk dijadikan ikhtiar agar segera diberi momongan.

Rasa kurmanya mirip karamel apalagi jika buahnya sudah kering. Kurma juga kaya serat jadi bagus untuk pencernaan. Saat puasa, serat dalam kurma akan membantu kamu tak mudah lapar dan bisa membantu kesehatan pencernaan juga. Dikemas dalam ukuran 1000 gram. Produk sudah BPOM jadi aman dikonsumsi. Agar lebih awet, kamu bisa menyimpannya pada suhu ruang.

Harga Rp. 38.000-65.000

Kurma Date Crown

Kurma Date Crown adalah pilihan yang pas untuk kamu. Kurma premium ini merupakan jenis kurma khalas. Berasal dari Arab, kurmanya berbentuk oval sempurna. Rasanya manis dan lezat sehingga bikin nagih. Daging buahnya lembut dan tidak seret di tenggorokan. Buah ini dikemas eksklusif dalam ukuran 1 kg. Kamu bisa mengonsumsinya untuk santapan berbuka puasa. Kurma ini kaya akan zat fosfor yang bagus untuk tulang dan juga penyakit neurologi.

Harga Rp. 48.000-78.000

Bin Afif Chocolate Dates Kurma Lapis Coklat

Bin Afif Chocolate Dates Kurma Lapis Coklat unik dan menarik untuk dicoba. Kamu yang penggemar cokelat tentu bisa lirik yang satu ini. Kurma lapis cokelat ini bisa memberi manfaat ganda untuk kamu. Selain rasanya enak, kurmanya juga sangat menyehatkan. Cokelatnya bisa bikin kamu jadi good mood sepanjang hari. Sementara kurmanya bisa menunjang kesehatan tubuh kamu dari radikal bebas.

Dikemas secara eksklusif, ada 20 butir kurma berbalut cokelat dalam satu kemasan. Dilapis dengan alumunium foil emas, kesan kemasannya begitu elegan. Kurma ini bentuknya juga tak mudah meleleh meski terkena panas. Rasa kurmanya empuk dan manisnya pas.

Harga Rp. 54.000-64.000

PalmFrutt Dattes

PalmFrutt Dattes juga bisa jadi pilihan yang pas. Produk yang satu ini kerap dikenal sebagai kurma tangkai. Berasal dari Tunisia, Afrika Utara, kurma ini cocok untuk kamu santap saat berbuka puasa. Bentuk kurmanya lonjong dan besar. Bagian dagingnya berisi dan sangat lembut. Kurma dikemas dengan tangkainya sehingga terjamin kesegarannya. Produk ini juga cocok disajikan kering. Kamu bisa menyimpannya dalam waktu lama tanpa takut kurmanya berjamur.

Kurma ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Mulai dari menambah energi kala puasa, melancarkan pencernaan, membantu program diet, dan lain sebagainya. Rasa kurmanya tak terlalu manis jadi cocok untuk kamu yang tidak suka manis berlebihan.

Harga Rp. 49.000-60.000

Al Qaseem Kurma Sukari

Al Qaseem Kurma Sukari hadir dengan rasa manis yang istimewa. Rasa manisnya mirip karamel sehingga bikin nagih. Kurma jenis sukari ini banyak dipilih sebagai makanan para raja di Timur Tengah dulunya. Meski rasanya manis namun tetap aman dikonsumsi siapa saja asalkan tidak berlebihan. Kurma sukari juga dikenal mampu menambah stamina pria. Dikemas dalam ukuran 500 gram, kamu bisa menyimpan kurmanya dalam kulkas jika tidak habis. Produk sudah BPOM dan dipastikan aman dikonsumsi.

Harga Rp. 120.000-135.000

Royal Kurma Muda (Ruthab)

Royal Kurma Muda (Ruthab) adalah salah satu merek kurma terbaik. Kamu yang sedang hamil dan ingin mencari asupan yang tepat untuk kehamilanmu maka bisa konsumsi kurma yang satu ini. Produknya bisa melancarkan program hamil dan juga bisa menutrisi kehamilan. Kurma muda tak kalah dengan kurma yang sudah matang, produk ini rasanya enak dengan tekstur renyah. Ada sedikit rasa asam namun tidak terlalu masam.

Satu kemasannya berisi 1 kilogram kurma muda. Kurma ini harganya lumayan mahal karena khasiatnya yang bagus.

Harga Rp. 238.100

Sultan Al Tamoor Ajwa Al Madinah

Sultan Al Tamoor Ajwa Al Madinah merupakan jenis kurma yang banyak dikonsumsi masyarakat. Pecinta kurma juga tak boleh melewatkan kurma ini. Jenis kurma ajwa adalah yang paling banyak dicari karena merupakan kurma favorit nabi Muhammad SAW. Bahkan, Rasulullah bersabda, memakan 7 butir kurma ajwa bisa menghilangkan racun dan ilmu sihir. Kurma ajwa memiliki ciri rasa yang manis dan legit. Tekstur dagingnya lembut dan tebal. Dalam satu kemasan berisi 1000 gram. Merek kurma ini sudah BPOM dan aman dikonsumsi.

Harga Rp. 68.000-185.000

Arabian Delights Chocodate

Arabian Delights Chocodate adalah jenis kurma terakhir yang kami rekomendasikan. Kurma yang satu ini tak hanya unik karena dipadukan dengan cokelat namun juga dipadukan dengan almond panggang. Biji kurmanya digantikan dengan kacang almond sehingga dipastikan rasanya jadi semakin enak.

Dikemas dalam kemasan plastik dilengkapi ziplock sehingga rasa dan tekstur produk bisa terjaga dengan baik. Desain kurmanya modern dengan visual yang menarik. Rasanya bikin nagih karena paduan renyah kacang dengan manisnya kurma dan cokelat berpadu dengan pas. Dalam satu kemasan berisi 10 butir kurma.

Harga Rp. 85.000-350.000
From our editorial team

Simpan Kurma dengan Baik

Saat membeli kurma, kita pasti tak membeli dalam jumlah sedikit yang habis sekali makan. Maka dari itu, kamu wajib tahu cara menyimpan kurma yang benar supaya kurma tetap enak dikonsumsi hingga habis. Kurma memiliki kandungan gula yang tinggi dan ini membuatnya mudah ditempeli debu dan pasir. Tutuplah kemasan kurma dengan rapat usai mengonsumsinya. Simpan dalam suhu ruang untuk menjaga kualitasnya. Namun, kurma yang disimpan dalam suhu ruang hanya bisa bertahan selama 1 bulan. Jika ingin lebih awet, kamu bisa menyimpannya dalam kulkas namun tetap harus dimasukkan dalam kontainer plastik yang rapat, ya. Kurma yang disimpan dalam kulkas bisa bertahan selama 3 bulan.