6 Tips Ini akan Membuatmu Tidak Mengantuk Saat Puasa

6 Tips Ini akan Membuatmu Tidak Mengantuk Saat Puasa

Sumber gambar pixabay.com

Godaan di bulan puasa memang seringkali terjadi. Salah satunya adalah keinginan untuk tidur di siang hari karena rasa kantuk yang tak tertahankan. Yuk, cari tahu cara agar tidak mudah mengantuk di bulan puasa sehingga aktivitas yang lain tidak terbengkalai.

Ngantuk Saat Puasa? Ini Alasannya

Sumber gambar pixabay.com

Sebagai seorang muslim, puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban dan sebagai bagian dari rukun Islam ketiga. Secara harfiah, puasa dilakukan saat azan subuh berkumandang sampai waktu maghrib. Sebelum waktu subuh tiba, disunahkan untuk sahur dengan makan makanan bergizi agar tubuh kuat menjalankan puasa seharian.

Nah, dengan adanya waktu sahur, tentu jam tidurmu akan berubah. Biasanya hal itu yang menyebabkan ngantuk menerpa saat mendatangi jam kritis seperti jam 10 pagi ke atas. Namun, kamu perlu tahu lho, alasan sesungguhnya mengapa kita selalu ngantuk saat puasa.

Perubahan Jam Biologis Tubuh

Sumber gambar unsplash.com

Perubahan jam biologis menyebabkan ngantuk saat puasa. Biasa dikenal juga dengan istilah ritme sirkadian. Setiap sistem organ tubuh pada manusia memiliki jadwal kerja. Nah, biasanya pada jam tertentu akan bekerja keras dan selama puasa harus beristirahat dalam rentang waktu tertentu.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa tubuh perlu tidur yang cukup untuk tetap sehat serta menjaga fungsi fisik. Nah, bila pola tidur berantakan pada malam hari, akan terlihat dampaknya di siang hari.

Menunda Jam Tidur untuk Melakukan Beberapa Kegiatan

Sumber gambar unsplash.com

Di bulan Ramadhan, beberapa kegiatan ditunda sampai setelah berbuka, seperti berolahraga atau makan malam. Saat makan malam pun jamnya berubah. Sehingga jam tidur dan kualitas tidur pun berkurang. Nah, ini bisa menyebabkan kamu mengantuk dan kurang konsentrasi selama waktu siang atau berpuasa.

Kurang Zat Besi

Sumber gambar unsplash.com

Walau berpuasa, kebutuhan gizi harian tetap harus terpenuhi. Bila kamu sudah menerapkan pola tidur yang baik, cek konsumsi harianmu. Siapa tahu kamu kurang zar besi. Kekurangan zat besi saat berpuasa bisa menyebabkan ngantuk. Silakan mengonsumsi kacang-kacangan, ikan teri, atau sayuran hijau. Zat besi bisa menyerap banyak oksigen pada tubuh sehingga kamu tak akan cepat mengantuk.

Metabolisme Berubah

Saat tidak berpuasa, selayaknya kamu makan tiga kali sehari. Namun saat puasa berubah menjadi dua kali sehari, saat sahur dan berbuka. Hal ini bisa mengubah metabolisme tubuh. Suhu inti tubuh menjadi berkurang lalu hormon kortisol akan menurunkan jumlah produksinya. Hormon kortisol adalah hormon yang membantumu terjaga saat siang hari. Nah, bila produksi hormon ini turun, kamu tentu akan cepat ngantuk.

Kadar Glukosa Turun

Sumber gambar unsplash.com

Dari semua penyebab ngantuk, yang paling besar adalah karena kadar glukosa dalam darah menurun. Saat puasa, bila glukosa sudah menipis, maka hati akan mengambil cadangan glikogen untuk memberikan energi pada tubuh. Dengan cara ini, otak dan sistem tubuh akan tetap bekerja maksimal.

Bila sudah tak ada cadangan energi, tubuh akan lemas dan kadar gula dalam darah menurun. Ini yang membuatmu menjadi mengantuk saat puasa. Untuk itu, wajib kamu mengonsumsi karbohidrat kompleks saat sahur seperti ubi, jagung, singkong, beras merah, roti gandum, serta oatmeal.

Cara agar Tak Ngantuk Saat Puasa

Berolahraga Ringan

Sumber gambar unsplash.com

Rasa ngantuk bisa jadi muncul karena kekurangan oksigen. Kamu bisa menyiasatinya dengan berolahraga. Salah satu olahraga yang mudah dan murah adalah berjalan kaki. Survei yang dilakukan di Amerika Serikat menyatakan bahwa jalan kaki selama 10 menit bisa meningkatkan energi selama dua jam ke depan. Ini karena berjalan kaki bisa memompa oksigen langsung ke otak, otot, serta pembuluh darah.

Saat berjalan kaki, jangan lupa untuk menghirup udara dalam-dalam agar oksigen bisa masuk dengan maksimal. Melihat pepohonan di depan rumah pun juga bisa menyegarkan mata.

Bila kamu tak ingin berjalan kaki, bisa dengan olahraga ringan seperti yoga. Tak hanya membuat kamu lebih rileks, yoga bisa membuat tubuhmu terbantu dalam memproses detoksifikasi dalam tubuh. Ini karena fokus yoga adalah teknik pernapasan. Dengan ini, oksigen pun akan mengalir ke otak dan akan membuatmu lebih nyaman saat puasa.

Selain yoga dan jalan kaki, ada lagi olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di rumah selama puasa untuk melawan ngantuk. Naik turun tangga memang terdengar remeh, tapi bisa membuat kalori dalam tubuh akan menurun dalam tubuh selama 10 menit.

Namun, melakukan olahraga ringan satu ini harus dilakukan dengan prosedur yang benar agar tak menimbulkan dehidrasi. Caranya dengan menjaga intensitas naik turun tangga agar berada dalam batas normal dan tidak berlebihan.

Mengganti Pemandangan

Sumber gambar unsplash.com

Salah satu cara agar tak mengantuk saat siang hari adalah melakukan beberapa pekerjaan. Namun, saat bosan dan mata lelah melihat komputer terus menerus bisa membuatmu menjadi mengantuk. Nah, kamu bisa mengalihkan pandanganmu sementara dari layar. Lakukan ini selama beberapa detik namun berkala. Misalnya saja, alihkan pandangan selama 20 detik setiap 20 menit sekali agar matamu tak merasa lelah.

Mandi

Sumber gambar unsplash.com

Bila ngantuk mulai menyerang, kamu bisa menyegarkan diri dengan mandi. Rangsangan dari luar ini bisa meningkatkan energi pada tubuh. Selain itu seluruh tubuh bisa lebih segar. Setelah mandi, kamu bisa memijat wajah agar lebih rileks dan tak mengantuk.

Namun, bila tak mungkin untuk mandi, mencuci muka dengan air dingin juga bisa meredakan ngantuk saat puasa. Jangan lupa setelahnya menyisir rambut serta aplikasikan makeup agar lebih baik.

Bekerja atau Melakukan Kegiatan di Tempat Terang

Sumber gambar unsplash.com

Saat berpuasa ada baiknya kamu bekerja di tempat terang atau cukup pencahayaan. Pencahayaan bisa didapatkan dari lampu ataupun cahaya matahari. Ini karena bila kamu bekerja di tempat minim cahaya, terutama saat puasa, bisa membuat mata lelah dan rasa ngantuk muncul. Untuk itu, pencahayaan penting untuk membuatmu tak ngantuk saat berpuasa.

Mengobrol

Sumber gambar unsplash.com

Bila kantuk masih saja menyerang, kamu bisa mengobrol dengan teman. Nah, karena di rumah saja pada kondisi ini, kamu bisa mengobrol dengan orang rumah atau dengan teman menggunakan aplikasi seperti Whatsapp, Zoom, Skype, Google Meet, dan sebagainya.

Agar ngantuk tak menyerang, kamu bisa mengobrol hal-hal yang cukup berat agar kamu berkonsentrasi penuh dan meningkatkan tingkat kewaspadaan. Selain itu, ini akan membuat kamu lebih nyaman secara psikologis karena ada teman mengobrol.

Tidur Cukup

Sumber gambar unsplash.com

Bila semua hal sudah dilakukan tapi masih saja mengantuk, cara yang paling tepat adalah tidur. Ini bisa dilakukan bila kantuk sudah tak bisa ditahan. Bisa dengan mencoba tidur selama 20 menit untuk lebih segar tapi tubuh tak lemas. Istilahnya adalah power nap. Kamu bisa melakukan ini dengan menyangga kepala dengan punggung kursi atau bantal. Saat bangun, kamu akan merasa lebih segar dan semakin produktif.

Bila malam datang, jangan lupa untuk tidur lebih cepat. Ciptakan suasana kamar nyaman agar kualitas tidur menjadi lebih baik. Sehingga saat berpuasa, kamu tak lagi merasa ngantuk berlebihan.

From our editorial team

Lawan Rasa Kantukmu Saat Puasa

Nah, kini kamu sudah tahu cara untuk menyiasati rasa kantuk di bulan puasa. Kini, tak ada alasan lagi untuk bermalas-malasan saat puasa. Isilah hari-harimu di bulan Ramadhan dengan aktivitas yang positif. Dengan begitu, puasa pun terasa nyaman untuk dijalani.

Tag