Takut Loyo? Ini 10 Resep Menu Sahur Kaya Nutrisi Agar Puasamu Lancar Seharian

Takut Loyo? Ini 10 Resep Menu Sahur Kaya Nutrisi Agar Puasamu Lancar Seharian

Sahur adalah salah satu sunnah atau aktivitas yang harus dilakukan agar tetap berenergi selama seharian berpuasa. Intip beberapa resep pilihan BP-Guide berikut untuk disajikan dan disantap saat sahur agar puasamu tetap lancar dan bertenaga.

Menu Sahur Spesial Di Bulan Istimewa

Sumber gambar teikan.chuo-bus.co.jp

Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa. Biasanya, ketika bulan Ramadhan sudah dekat, ibu-ibu akan semangat berbelanja ke pasar atau super market. Mereka bersemangat menyambut bulan istimewa ini dengan menyajikan menu-menu berbuka dan sahur untuk keluarga. Tapi, antusias ini terkadang hanya terjadi di awal-awal puasa, mengingat tubuh yang masih lelah karena aktivitas yang padat sehingga perasaan mengantuk terkadang menjadi penghalang untuk mulai memasak.

Nah, kalau sudah begini, menu sahur yang disajikan dari ke hari pun akan itu-itu saja dan lambat laun akan memunculkan rasa bosan untuk makan. Bagi ibu atau para anak muda yang sedang merantau dan jauh dari keluarga, kalian tidak usah khawatir karena kami telah menyediakan resep menu sahur atau berbuka yang praktis untuk membantu kalian tetap semangat menjalani puasa dan tentunya menu-menu ini mengandung nilai gizi yang tinggi.

5 Nutrisi Ini Harus Ada Dalam Menu Sahur

Sumber gambar hgh.co.jp

Bagi sebagian orang, berpuasa sangat menguras energi mereka sehingga tidak optimal dalam bekerja. Sebenarnya, puasa bukanlah suatu alasan untuk tidak dapat memaksimalkan pekerjaan. Poin utama yang harus diperhatikan adalah pola makan yang tepat. Asupan gizi yang masuk saat tidak berpuasa ataupun ketika berpuasa harus tetap sama.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan pola makan, serta menu ketika berbuka dan sahur. Kamu dapat mencoba memberi asupan gizi pada tubuhmu sebanyak tiga kali, yaitu saat berbuka, setelah shalat tarawih, dan saat sahur. Ada beberapa sumber nutrisi yang sebaiknya dihidangkan ketika kamu makan, yakni protein, serat, karbohidrat, vitamin, dan kalsium. Jangan lupa juga untuk minum air putih.

Protein

Sumber gambar nuts.com

Protein adalah menu yang sebaiknya ada ketika kamu berpuasa karena protein berfungsi sebagai cadangan energi. Ketika karbohidrat dan lemak habis, protein akan dipakai sebagai energi. Protein akan dipecah menjadi asam amino untuk darah dan otot di dalam tubuh. Selain itu, protein juga digunakan untuk memperbaiki sel yang rusak, mempertahankan daya tahan tubuh, dan mencegah hilangnya massa otot. Makanan seperti ikan, keju, telur, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan daging merupakan sumber protein yang sangat mudah didapat dan diolah.

Kamu dapat memasak sesuai dengan menu yang diinginkan, tentunya menu sahur yang disajikan akan semakin beragam dan tidak membuat kamu bosan. Namun demikian, untuk protein hewani dari daging, sebaiknya tidak menggunakan daging merah. Hal ini agar nutrisi protein yang kamu peroleh lebih banyak. Batasi juga mengkonsumsi lemak dalam jumlah tinggi. Kacang-kacangan, ikan laut, minyak kanola, minyak zaitun adalah contoh sumber lemak tak jenuh yang bisa jadi pilihan kamu.

Bagaimanapun juga, lemak sangat dibutuhkan dalam sistem pencernaan untuk mencerna vitamin A, D,E,dan K. Lemak juga mampu memperlambat metabolisme gula dan mempertahankan energi dalam jangka waktu yang lama. Perlu diingat, jangan memasak dengan kandungan garam yang tinggi karena dapat membuat kamu cepat haus saat menjalani puasa.

Serat

Sumber gambar healinglifestyles.com

Menu yang sebaiknya juga ada ketika sahur maupun berbuka adalah makanan berserat yang dapat kamu peroleh dari sayuran maupun buah-buahan. Biasanya, saat bulan puasa masalah pencernaan yang sering dialami adalah sembelit atau susah BAB. Kamu dapat mengatasi masalah ini dengan cara makan-makanan berserat. Selain dari sayur-sayuran dan buah-buahan, makanan berserat lainnya juga bisa kamu dapatkan dari makanan karbohidrat seperti oatmeal, beras hitam atau beras merah, dan cokelat.

Serat berfungsi untuk menurunkan kadar glukosa darah dan kolesterol dengan cara memperlambat pencernaan. Selain itu, makanan ini juga dapat membuat kamu tetap berenergi selama berpuasa karena makanan berserat dicerna secara perlahan-lahan di dalam tubuh sehingga memberi rasa kenyang yang lama da menghindarkan kamu dari asam lambung. Buah-buahan dan sayuran yang kamu konsumsi juga sebaiknya mengandung banyak air agar kamu tercegah dari dehidrasi. Perbanyak juga minum air putih untuk hasil optimal. Nah, jadi jangan lupa ya untuk menyediakan makanan berserat selama kamu berpuasa agar terhindar dari sembelit maupun dehidrasi.

Karbohidrat

Sumber gambar www.yourhealth.net.au

Seperti yang sudah diketahui, karbohidrat adalah sumber energi yang paling utama. Dalam menjalani puasa, sebaiknya pilihlah karbohidrat kompleks daripada karbohidrat sederhana. Hal ini karena karbohidrat sederhana dapat membuat kamu cepat lapar. Karbohidrat kompleks ini dapat diperoleh dari roti gandum, beras merah, oat, sereal, kentang, jagung, lentil, dan sebagainya.

Karbohidrat kompleks ini dapat menimbulkan rasa kenyang dalam waktu yang lama karena tubuh mencerna secara bertahap sehingga kadar gula darah dapat dikontrol. Selain mempertahankan energi kamu, konsumsi karbohidrat ternyata juga mampu menghindarkan kamu dari diabetes, asma, alzheimer, maupun kanker usus. Jadi, pastikan untuk tidak melewatkan karbohidrat saat sahur maupun berbuka yah!

Vitamin & Mineral

Sumber gambar www.ibdrelief.com

Selain protein, serat, dan karbohidrat pastikan juga untuk tetap mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral. Buah dan yoghurt boleh jadi menu praktis saat berbuka maupun sahur karena mengandung banyak vitamin dan kalsium. Selain itu, kandungan mineral seperti magnesium dan kalium juga harus kamu perhatikan. Buah-buahan seperti jeruk, pisang dan alpukat akan sangat membantu ketika kamu berpuasa karena kaya magnesium dan kalium. Magnesium dan kalium sangat bermanfaat dalam menjaga keseimbangan kadar air di dalam tubuh. Buah-buahan ini dapat langsung kamu makan atau dibuat jus.

Hindari mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran yang menghasilkan gas, seperti nangka, kol, dan kubis. Hindari juga minum minuman berkafein saat puasa karena dapat meningkatkan risiko insomnia. Jam istrahat kamu akan terganggu dan tentunya berakibat terhadap aktivitas yang akan kamu lakukan. Kamu dapat mengkonsumsi air kelapa ketika berbuka untuk menambah cairan dalam tubuh atau minum susu murni steril sebagai penggantinya. Susu dapat mempertahankan tubuh mu agar tetap fit karena mudah diserap.

Bingung Memilih Menu Sahur Yang Bernutrisi? Cek Resep Berikut Ini!

Sumber gambar www.marinabaysands.com

Nah, menu yang sedikit susah disajikan ketika berpuasa adalah menu sahur. Alasannya tentu saja karena saat masih mengantuk sehingga badan terasa berat untuk memasak. Well, seperti yang sudah kami katakan di awal, kalian tidak perlu khawatir karena kami telah menyediakan beberapa resep menu sahur praktis yang tentunya kaya gizi dan dapat membantu kalian menjalani puasa. Menu sahur ini juga tidak akan membuat perut kamu terasa mual atau begah sehingga sangat pas untuk disantap saat sahur. Berikut adalah beberapa resep masakan yang dapat menjadi pilihan kamu ketika hendak sahur.

Ayam Goreng Kecap

Sumber gambar infokuliner.com

Resep pertama, yaitu ayam goreng kecap. Untuk membuat ayam goreng kecap dengan cita rasa yang enak, tentunya kamu harus memakai kecap yang bagus dan kental. Daging ayam yang digunakan juga sebaiknya masih segar. Kamu bisa menggunakan daging ayam potong maupun ayam kampung , sedangkan untuk kecap, silahkan pilih untuk menggunakan kecap ABC, Bango, atau jenis kecap lainnya. Sebelum membuat ayam goreng kecap, pastikan api kompor kamu menyala kecil sehingga bumbu dapat meresap ke dalam daging. Nah, berikut bahan dan cara pembuatan ayam goreng kecap.

Bahan Yang Diperlukan:

  • Daging ayam yang sudah dipotong-potong (12 potong atau sesuai selera)
  • 3 siung bawang putih
  • 10 buah bawang merah
  • 1 sdm ketumbar
  • Jahe (secukupnya)
  • Garam (secukupnya)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • Air 1500 ml

    Bahan Saus:

  • 1 buah tomat (potong dadu)
  • 3 siung bawang merah (iris tipis-tipis)
  • 2 siung bawang putih (iris tipis-tipis)
  • 1 jari Jahe (memarkan)
  • 1 jari lengkuas (memarkan)
  • 1 buah jeruk nipis (peras air nya)
  • 10 sdm kecap manis

    Cara Membuat Saus

  • Bumbu yang telah dipotong-potong dicampur dalam sebuah wadah sedang.
  • Tambahkan kecap manis secukupnya dan garam.
  • Tambahkan perasan jeruk nipis
  • Bumbu siap dihidangkan.

    Cara Memasak:

  • Daging ayam yang sudah dipotong-potong dicuci hingga bersih.
  • Masak air hingga mendidih, lalu masukkan semua bumbu (bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, dan garam).
  • Masukkan daging ayam dan rebus selama kira-kira 7 menit, angkat dan tiriskan.
  • Daging ayam yang sudah ditiriskan lalu masukkan ke dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan.
  • Angkat daging ayam yang sudah masak (terlihat kecokelatan) dan tiriskan.
  • Ayam goreng kecap siap dihidangkan.

Ayam Goreng Praktis

Sumber gambar qudapan.blogspot.co.id

Pastinya kamu sudah pernah dan mungkin hampir tiap saat makan ayam goreng, bukan? Yup.. menu yang satu ini sangat banyak dijual dan menjadi makanan favorit semua kalangan. Buat para ibu-ibu atau kamu yang ingin menyajikan ayam goreng sebagai menu berbuka atau sahur, silahkan mencoba resep ayam goreng praktis di bawah ini:


Bahan Yang Diperlukan

  • Daging ayam (potong-potong)
  • 2 batang serai (memarkan)
  • 1 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 2 jari lengkuas (parut)
  • 2 sdm air asam Jawa
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk atau (sesuai selera)
  • Garam
  • Air 650 ml
  • Minyak goreng

    Bumbu Halus

  • 7 siung bawang putih
  • 10 buah bawang merah
  • 5 butir kemiri
  • 2 jari kunyit

    Cara Membuat

  • Daging ayam yang telah dipotong-potong, lalu dibersihkan dan dilumuri dengan bumbu halus, diamkan kira-kira selama 30 menit.
  • Tumis daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk hingga harum.
  • Masukkan daging ayam, aduk lalu masukkan air.
  • Tambahkan Air asam Jawa, garam, dan kaldu bubuk.
  • Aduk daging ayam hingga kuahnya mengering dan daging empuk. Angkat dan biarkan dingin.
  • Apabila daging ayam sudah dingin, goreng hingga matang, lalu angkat dan tiriskan.
  • Goreng sisa bumbu, lalu taburi di atas ayam goreng.
  • Ayam goreng siap dihidangkan.

Nasi Goreng Smoked Beef

Sumber gambar lifestyle.okezone.com

Siapa sih yang tidak suka dengan Nasi goreng? Makanan ini seperti sudah menjadi menu favorit orang-orang Indonesia, apalagi proses membuatnya tidak ribet dan bahan-bahan yang digunakan sangat mudah ditemukan. Bisa juga jadi bekal untuk sarapan di kantor, di sekolah, atau menu sarapan di rumah. Bagi kamu yang suka dengan menu ini, tidak ada salahnya untuk mencoba sendiri di rumah dengan mengikuti resep di bawah ini.


Bahan Yang Diperlukan

  • 2 piring nasi putih (sesuai selera)
  • 2 buah cabe merah besar
  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • ½ buah bawang bombay (iris tipis-tipis)
  • 1 sdt chicken powder
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm mixed vegetable (siap pakai)
  • 2 lembar smoked beef (potong kecil-kecil)
  • 3 sdm mentega

Cara Membuat :

  • Blender/ulek cabe merah besar, bawang merah, bawang putih, chicken powder hingga halus.
  • Tumis bumbu yang telah dihaluskan, masukkan bawang bombay, tumis hingga harum.
  • Masukkan smoked beef yang telah dipotong-potong dan mixed vegetable. Tumis hingga smoked beef tercampur merata dengan bumbu.
  • Terakhir, masukkan nasi dan aduk hingga merata dengan bumbu.
  • Angkat dan nasi goreng siap dihidangkan.
  • Tambahkan telur mata sapi atau telur dadar di atasnya sebagai pelengkap.

Nasi Goreng Putih

Sumber gambar www.harianindo.com

Pernahkan kamu mencoba nasi goreng putih? Meskipun menu nasi goreng sudah banyak dalam berbagai varian, namun nasi goreng putih sudah jarang ditemukan di rumah-rumah makan atau di warung-warung pinggir jalan. Nah, bagi kamu pecinta nasi goreng ini, ada baiknya kamu mencoba resep di bawah ini:


Bahan Yang Diperlukan

  • 2 piring nasi putih (sesuai selera)
  • 75 gram ayam fillet (dipotong-potong)
  • 1 butir telur (kocok lepas)
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 bungkus sosis ayam (potong-potong)
  • ½ sdm kecap ikan
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt kaldu ayam bubuk
  • ¼ sdt merica bubuk
  • 50 gram mixed vegetable
  • 1 batang daun bawang (iris tipis-tipis)
  • Minyak goreng

    Cara Membuat

  • Bawang putih ditumis hingga wangi, lalu tambahkan telur dan aduk hingga berbutir.
  • Masukkan fillet dan sosis ayam, aduk hingga warnanya berubah.
  • Masukkan mixed vegetable dan aduk merata hingga layu.
  • Masukkan nasi putih dan aduk.
  • Tambahkan garam, merica bubuk, kecap ikan, kaldu ayam bubuk, dan daun bawang. Aduk merata dan masak hingga matang.
  • Nasi goreng putih siap dihidangkan.

Mie Siram Sarden

Sumber gambar balikpapan.prokal.co

Bagi kamu yag suka dengan mie, tidak ada salahnya untuk mencoba resep mie siram sarden. Menu ini sangat cocok untuk dihidangkan saat sahur maupun berbuka. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat simple dan mudah di dapatkan. Berikut resep mie siram sarden yang patut kamu coba.


Bahan Yang Diperlukan

  • Mie telur secukupnya (sesuai selera)
  • 3 siung bawang merah (haluskan)
  • 2 buah kemiri (sangrai, haluskan)
  • 1 jari lengkuas (memarkan)
  • 1 batang serai (putihnya di ambil dan memarkan)
  • 4 buah cabai merah keriting (haluskan)
  • 1 sdt bubuk kunyit
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 buah jeruk nipis (airnya diperas)
  • 4 sdm saus tomat
  • 1 kaleng ikan sarden (takaran sesuai selera, pisahkan ikan dan airnya)
  • 10 buah jamur merang (iris tipis-tipis)
  • Minyak goreng

    Bahan Pelengkap

  • 1 batang daun bawang (iris tipis-tipis)
  • Bawang goreng secukupnya (sesuai selera)

    Cara Membuat

  • Mie telur direbus dan tiriskan.
  • Tumis bawang merah, cabai merah, kemiri, dan gula pasir hingga wangi.
  • Tambahkan kunyit bubuk, lengkuas, dan serai.
  • Masukkan air sarden, air jeruk nipis, dan saus tomat. Masak hingga matang.
  • Tambahkan jamur dan ikan sarden. Aduk merata hingga matang.
  • Siapkan piring dan letakkan mie yang telah ditiriskan.
  • Siram mie dengan kuah sarden dan taburi bawang merah serta daun bawang di atasnya.
  • Mie siram sarden siap dihidangkan.

Tumis Buncis Udang

Sumber gambar www.royco.co.id

Wanita adalah kaum yang tidak akan pernah lepas dari kata “memasak”, apalagi jika sudah menjadi seorang isteri atau Ibu. Tentunya, rutinitas memasak akan menjadi aktivitas setiap hari di rumah. Kamu tentu tidak ingin menyajikan menu yang itu-itu saja, bukan? Nah, berikut ada resep Tumis Buncis Udang yang boleh jadi referensi menu masak kalian.

Bahan Yang Diperlukan

  • 300 gr buncis (bersihkan dan potong-potong)
  • 250 gr udang (kupas)
  • 3 siung bawang putih (iris tipis-tipis)
  • 4 siung bawang merah (iris tipis-tipis)
  • 3 jari lengkuas (memarkan)
  • 3 cabai merah besar (keluarkan bijinya dan iris serong)
  • 1 lembar daun salam
  • ½ buah tomat (iris tipis-tipis)
  • 1 ¼ royco kaldu sapi (sesuai selera)
  • ½ sdt gula pasir
  • Minyak goreng
  • 50 ml air

    Cara Membuat

  • Bawang merah dan bwang putih ditumis hingga wangi.
  • Tambahkan lengkuas, cabai, dan daun salam. Tumis sampai terlihat layu.
  • Tambahkan udang dan tumis hingga udang berubah warna.
  • Tambahkan buncis, gula, royco kaldu sapi, dan air. Masak hingga matang.
  • Masukkan tomat dan aduk hingga merata.
  • Tumis buncis udang siap dihidangkan. Sajikan bersama nasi putih dan hidangan lauk-pauk lainnya.

Tumis Sosis Sayuran

Sumber gambar www.johnsonville.com

Nah, berikut ada resep lain yang pastinya akan menambah selera makan kamu dan keluarga. Yup.. Tumis sosis sayuran yang dibuat dari berbagai jenis sayuran menyehatkan dan tentunya ditambah dengan sosis. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat simple dan mudah ditemukan di supermarket atau pasar. Membuatnya pun sangat mudah, berikut info resep tumis sosis sayuran.


Bahan yang Diperlukan

  • 150 gr jagung manis pipil
  • 3 buah Wortel (sesuai selera dan potong korek api)
  • 1 sdm mentega/margarin
  • ½ bawang bombang (cincang halus)
  • 3 siung bawang putih (haluskan)
  • 50 gr jamur kuping (iris tipis-tipis)
  • 4 buah sosis sapi (potong kecil-kecil)
  • 1 lembar kembang tahu (potong kotak-kotak) dan rendam
  • 50 gr kacang polong (rendam di air hangat)
  • 25 gr kapri
  • Garam
  • ¼ sdt bubuk merica
  • 1 batang daun bawang (iris tipis-tipis)
  • 1 sdt kecap manis
  • 1 batang seledri (cincang halus)
  • 50 ml santan kental
  • 2 sdm tepung maizena (larutkan)

    Cara Membuat

  • Sisihkan wortel, jagung manis pipil, dan jamur kuping yang telah dibersihkan.
  • Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga wangi.
  • Tambahkan sosis dan aduk merata.
  • Tambahkan sayur, kacang polong, kembang tahu, dan kapri. Aduk merata.
  • Tambahkan garam, kecap manis, bubuk merica, dan santan kental. Aduk merata hingga matang.
  • Masukkan seledri dan daun bawang
  • Tambahkan santan dan larutan maizena. Aduk hingga mengental.
  • Jika sudah matang, angkat dan tumis sosis sayuran siap disajikan.

Tongseng Kacang Panjang

Sumber gambar www.rotinrice.com

Siapa yang tidak kenal kacang panjang? Kacang panjang tergolong jenis sayuran sehat yang memiliki kandungan gizi tinggi, seperti fosfor, pektin, zat besi, Vitamin B1, dan B2. Kacang panjang dapat diracik menjadi tongseng dan boleh jadi pilihan kamu yang ingin sedikit berkreasi dengan menu sahur maupun berbuka. Hampir sama dengan tongseng pada umumnya, tongseng kacang panjang juga dibuat dengan campuran santan kental dan tentunya akan terasa nikmat bisa dimakan dengan nasi putih yang masih hangat. Berikut resep membuat tongseng kacang panjang.


Bahan yang Diperlukan

  • Kacang panjang (Takaran sesuai selera. Bersihkan dan potong-potong kecil)
  • 3 lembar daun kol (Sesuai selera)
  • 75 gr labu siam (bersihkan dan iris-iris)
  • 1 batang serai (memarkan)
  • 2 lembar daun salam
  • Hati ampela (takaran sesuai selera, rebus dan potong-potong)
  • 600 ml kaldu ayam
  • 400 ml santan kental
  • Garam
  • 1 sdm gula merah (diserut)
  • 2 sdm kecap manis
  • Minyak goreng

    Bumbu Halus

  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 3 butir kemiri (sangrai)
  • 5 buah cabai keriting
  • 1 sdt kari bubuk

    Cara Membuat

  • Kol, kacang panjang, dan labu siam yang telah bersih dan dipotong-potong, disisihkan.
  • Tumis bumbu halus, tambahkan serai dan daun salam. Tumis hingga wangi.
  • Tambahkan hati ampela, aduk sebentar, lalu angkat dan sisihkan.
  • Santan dan kaldu di didihkan bersamaan, lalu masukkan hasil tumisan.
  • Tambahkan kecap manis, gula merah, dan garam. Aduk hingga merata.
  • Masukkan sayur-sayuran yang telah disisihkan tadi dan masak hingga matang.
  • Tongseng kacang panjang siap dihidangkan.

Semur Tempe

Sumber gambar strongertogether.coop

Tidak kalah enaknya dengan semur jengkol, semur ayam, dan semur telur, menu semur tempe juga mempunyai cita rasa yang enak dan tentunya bergizi. Membuatnya pun tidak susah dan bahan-bahan yang digunakan sangat sederhana dan mudah didapatkan. Selain itu, kamu nggak harus mengeluarkan banyak biaya untuk membuat semur tempe ini karena semua bahan yang digunakan tidak mahal. Berikut info resep semur tempe yang bisa jadi pilihan kamu untuk berbuka dan sahur.


Bahan Yang Diperlukan

  • 300 gr tempe (takaran sesuai selera, potong kotak-kotak)
  • 1 batang serai (memarkan)
  • 1 jari jahe (memarkan)
  • 4 butir kemiri (haluskan)
  • 2 lembar daun salam
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • 6 siung bawang merah (haluskan)
  • ¼ sdt bubuk pala
  • 2 buah tomat merah (potong-potong)
  • 2 jari lengkuas (memarkan)
  • Kecap manis secukupnya
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 500 ml air
  • Minyak goreng

    Cara Membuat :

  • Bawang putih, bawang merah, dan kemiri ditumis hingga wangi.
  • Masukkan serai, daun salam, lengkuas, dan jahe.
  • Tambahkan potongan tomat dan tempe. Aduk hingga layu.
  • Tambahkan air dan biarkan hingga mendidih.
  • Masukkan garam, bubuk pala, gula, dan kecap manis. Aduk merata hingga matang dan kuah menyusut.
  • Semur tempe siap dihidangkan.

Tumis Brokoli Telur Asin

Sumber gambar www.foodnetwork.com

Bagi kamu penggemar brokoli dan ingin berkreasi membuat menu baru berbahan dasar brokoli, kini ada resep tumis brokoli telur asin yang dapat kamu praktekkan di rumah. Tumis brokoli ini dibuat dengan menambahkan telur asin. Mm...Nyummy ! Lidah kamu akan dimanjakan dengan hidangan yang lezat ini. Pengen tahu cara membuatnya? Berikut info resep selengkapnya:



Bahan Yang Diperlukan

  • 300 gr brokoli (takaran sesuai selera, bersihkan dan potong-potong. Bagian batang dipotong serong)
  • 2 butir telur asin yang sudah matang (kupas dan cincang kasar)
  • 2 buah cabai merah besar (buang bijinya dan potong kotak kecil)
  • 100 ml air
  • Minyak goreng

    Bumbu Tumisan

  • ½ buah bawang bombay (haluskan)
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • ¼ sdt bubuk merica
  • Garam
  • 1 sdt maizena (larutkan dalam air)

    Cara Membuat

  • Tumis brokoli, lalu tambahkan garam secukupnya. Tumis hingga matang, angkat dan sisihkan.
  • Tumis bawang putih, cabai merah, dan bawang bombay hingga wangi.
  • Masukkan telur asin yang telah di cincang kasar. Aduk hingga merata.
  • Tambahkan garam dan bubuk merica. Aduk lagi hingga merata.
  • Masukkan air dan masak hingga mendidih.
  • Tambahkan larutan maizena, masak sambil diaduk hingga meletup.
  • Letakkan brokoli yang telah disisihkan tadi di atas piring.
  • Siram brokoli dengan saus telur asin yang telah matang.
  • Tumis brokoli telur asin siap dihidangkan.

Gimana, resep menu sahurnya? Sangat praktis, bukan? Semoga resep masakan di atas dapat menjadi referensi menu sahur kalian yah, biar kalian nggak pusing lagi mau masak apa. Selamat menjalankan ibadah puasa!

From our editorial team

Jangan Malas Menyajikan Menu Bergizi Untuk Mengawali Puasa

Sahur tentunya dilakukan untuk mengawali berpuasa karena tanpa mengkonsumsi makanan di awal hari tentu puasamu akan terasa berat karena kurangnya energi dan asupan gizi. Oleh sebab itu, ibu atau kalian yang memasak sendiri menu sahurmu sebaiknya bangun lebih awal untuk menyiapkan dan memasak makan sahur. Untuk lebih praktisnya, kamu bisa menyiapkan bahan yang akan dimasak sebelum tidur agar saat bangun kamu segera bisa memasaknya.