10 Rekomendasi Aktivitas Ngabuburit yang Bermanfaat untuk Dilakukan di Bulan Ramadhan (2020)

10 Rekomendasi Aktivitas Ngabuburit yang Bermanfaat untuk Dilakukan di Bulan Ramadhan (2020)

Aktivitas ngabuburit kerap dilakukan orang di bulan Ramadhan. Agar lebih bermakna, coba lakukan dengan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat. Dengan begitu, waktu puasa pun pasti terasa cepat berlalu dan lebih menyenangkan.

Ibadah Puasa di Tahun 2020 Berbeda dari Tahun Sebelumnya

Bulan Ramadhan telah tiba dan kamu pun harus menjalankan ibadah puasa seperti tahun-tahun sebelumnya. Bulan penuh rahmat, berkah, dan ampunan ini memang dinantikan semua umat muslim di dunia, tak terkecuali Indonesia.

Akan tetapi puasa pada tahun 2020 ini berbeda dari sebelumnya. Ini karena dunia sedang menghadapi pandemi Covid-19. Covid-19 adalah penyakit yang menjangkit manusia yang disebabkan oleh virus Corona. Virus ini bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan pada manusia seperti batuk pilek ataupun kondisi yang lebih serius.

Awal mula penyakit ini muncul pada Desember 2019 di Wuhan, Tiongkok. Pemerintah Tiongkok pun memberlakukan sistem lockdown. Kini Wuhan sudah terbebas dari Covid-19. Namun, giliran negara-negara lain di dunia kini mengalami wabah Covid-19, tak terkecuali Indonesia.

Untuk itu pemerintah Indonesia menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB untuk menghentikan penyebaran virus ini. Tadinya PSBB diterapkan selama dua minggu saja dari pertama kali diterapkan. Namun data kasus Covid-19 belum kunjung turun, maka penerapan PSBB terus diperpanjang sampai angka menunjukkan penurunan.

Pemerintah membatasi adanya aktivitas berkumpul atau kegiatan masyarakat dalam skala besar, termasuk ibadah tarawih di masjid, kebaktian di gereja, sampai kegiatan musik, atau lainnya. Keadaan ini membuat suasana Ramadhan 2020 berbeda dari tahun sebelumnya. Namun, bukan berarti kondisi seperti ini menurunkan semangat menjalankan ibadah puasa.

Di bulan puasa di tahun-tahun sebelumnya, masyarakat biasa melakukan berbagai aktivitas di sore hari sambil menunggu berbuka puasa. Aktivitas ini biasa disebut dengan ngabuburit. Namun, di bulan Ramadhan kali ini, ada berbagai aktivitas ngabuburit yang bisa dilakukan walaupun sedang di rumah saja. Yuk, simak aktivitas ngabuburit apa saja yang bisa dilakukan selama puasa 2020.

10 Aktivitas Ngabuburit yang Bisa Dilakukan Selama Puasa 2020

Beribadah

Bulan puasa adalah bulan yang tepat untuk beribadah lebih banyak dan mendekatkan diri kepada Allah. Ada banyak jenis ibadah yang bisa kamu lakukan, misalnya saja dengan membaca Alquran. Bila pada hari biasa kamu tak bisa mengaji, sekarang saatnya membaca Alquran dan mengkhatamkannya. Jangan lupa untuk sesekali memperdalam arti pada setiap surat yang kamu baca.

Selain membaca Alquran, jangan lupa juga untuk salat lima waktu ditambah dengan salat sunah. Pada momen ini pula perbanyak juga membaca surat-surat untuk bacaan salat agar tak melulu membaca surat yang sama. Ini agar hati dan pikiran lebih tenang. Selesai salat, lanjutkan dengan berdoa dan berzikir.

Baca Buku

Selain beribadah, kamu bisa melakukan aktivitas ngabuburit dengan membaca buku. Langsung saja buat daftar buku yang ingin kamu baca dan kemudian beli secara online. Pilih genre favoritmu agar kegiatan membaca semakin menyenangkan dan tak terasa waktu cepat berlalu.

Bila kamu tak ingin buku berbentuk fisik, sekarang ini ada jenis buku dalam bentuk audio. Jadi kamu seakan didongengi. Menarik, ya. Kalau pun ingin tetap membaca, ada aplikasi untuk membaca buku atau komik secara online, misalnya saja Webtoon, Scribd, BacaSaya, iPusnas, dan sebagainya.

Mengikuti Kajian Agama

Mengikuti kajian agama juga bisa kamu lakukan untuk mengisi aktivitas ngabuburit selama puasa 2020 di rumah, lho. Mudahnya, kamu bisa membuka YouTube dan memilih channel yang mengupas kaidah ajaran agama Islam yang sebenarnya.

Kamu juga bisa membuka Instagram dan mengikuti beberapa akun pendakwah Islam yang memberikan ceramah atau kajian. Jangan lupa untuk mencatat poin-poin penting untuk menambah ilmu atau sekadar pengingat di masa depan.

Menonton Film

Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat ngabuburit, salah satunya adalah menonton film. Kamu bisa membuka berbagai situs atau aplikasi legal penyedia film asli tanpa bajakan dan memilih judul film yang menarik untuk kamu tonton. Beberapa di antaranya adalah Netflix, Viu, iFlix, Catchplay, ataupun HOOQ. Tinggal kamu pilih saja mana yang paling banyak menyediakan genre tayangan favoritmu.

Beristirahat

Sudah melakukan banyak kegiatan dan merasa lelah, jangan lupa luangkan waktu untuk beristirahat atau tidur. Dengan beristirahat, kamu bisa mengembalikan tenaga untuk melakukan kegiatan atau ibadah lain. Namun, bukan berarti sepanjang puasa kamu tidur sepanjang hari. Hal ini justru tidak baik untuk kesehatan.

Berolahraga

Bukan berarti karena kamu puasa maka kamu hanya berdiam diri saja. Kamu harus tetap melakukan olahraga walau tak seberat pada hari-hari biasa. Pada bulan puasa, kamu malah dianjurkan untuk berolahraga ringan seperti yoga, pilates, ataupun berjalan kaki.

Semua itu bisa kamu lakukan dengan membuka Youtube lalu cari jenis olahraga yang ingin kamu lakukan. Kalaupun ingin tetap berolahraga berat seperti zumba atau cardio, bisa kamu lakukan menjelang buka puasa agar tidak terlalu lelah.

Membereskan Kamar

Coba ingat kembali kapan terakhir kali kamu membereskan kamar? Manfaatkan waktu di bulan puasa ini untuk membersihkan dan merapikan kamarmu. Membereskan kamar juga menjadi waktu yang tepat untuk memilah kembali barang-barang yang sudah lama tak dipakai.

Barang-barang ini bisa di daur ulang, diberikan kepada yang membutuhkan, atau jika benar-benar sudah rusak dibuang saja. Apalagi bila kamarmu dirasa sudah terlalu banyak barang, dijamin seharian kamu akan asyik memilah barang sambil mengingat kenangan di dalamnya.

Memasak Menu Baru

Bila biasanya kamu membeli makanan takjil untuk berbuka puasa, momen puasa tahun ini bisa kamu redam dulu untuk tidak terlalu sering keluar rumah untuk membeli makanan. Kalau pun ingin membeli, bisa dengan memilih untuk membelinya di tempat-tempat yang dekat dengan rumah atau memesan secara online.

Kalau ingin hemat, coba deh untuk memasak sendiri. Kamu bisa membuat menu-menu baru yang mudah dipraktikkan di rumah dan dijamin anti gagal bila kamu melakukannya. Selain bisa berhemat, kamu pun akan lebih puas dengan hasil usahamu.

Ada banyak situs ataupun aplikasi memasak yang bisa kamu sontek resepnya seperti Cookpad, Tasty, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa melihat video-video turorial masak di Youtube. Coba intip channel Putri Miranti Indra, KokikuTV, TasteMade, Farah Quinn, dan sebagainya.

Mengikuti Webinar

Bukan berarti karena kamu “terjebak” di rumah jadi tak bisa meningkatkan kemampuan diri. Ketahuilah bahwa dengan adanya wabah ini, salah satu hikmahnya adalah beberapa perusahaan ataupun komunitas mengadakan webinar atau seminar dalam bentuk online. Pelaksanaan webinar dilakukan menggunakan aplikasi Zoom atau aplikasi bawaan dari perusahaan atau komunitas tersebut.

Tema-tema yang diangkat pun menarik, tergantung dari hal apa yang ingin kamu ketahui. Beberapa perusahaan dan komunitas yang biasanya mengadakan webinar pada saat ini adalah GetCraft, Kreativv, sampai Blogger Perempuan.

Tak hanya itu, beberapa dari selebgram atau influencer pun juga terkena imbas dari pandemi ini. Namun, mereka pun tetap harus membuat konten Instagram-nya. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan IG Live dan berkolaborasi dengan perusahaan, komunitas, ataupun influencer lain.

Pada wadah itu, mereka akan menyelipkan ilmu-ilmu yang dimiliki dan membagikannya kepada pengikutnya. Beberapa selebgram yang rajin dan suka mengadakan IG Live adalah Alodita, Kartu Pos, Whatravel, Prita Ghozie, Rabbit Hole, dan banyak lagi.

Silaturahmi Menggunakan Panggilan Video

Siapa bilang karena kamu sedang "di rumah saja" jadi tak bisa silaturahmi. Bersyukurlah karena kini teknologi sudah berkembang pesat. Berbagai cara komunikasi menggunakan video dan mengumpulkan orang dari berbagai wilayah bisa dilakukan. Paling mudahnya, kamu bisa menggunakan aplikasi Whatsapp untuk melakukan panggilan video untuk menghubungi orang-orang tercinta dan bertatap muka.

Kalau ingin melalukan panggilan video lebih dari 10 orang, coba gunakan aplikasi Zoom, Pexip, Skype, Google Hangouts, ataupun Slack. Dengan bantuan aplikasi tersebut, kamu juga bisa melakukan buka puasa virtual bersama, lho.

From our editorial team

Menjalani Puasa dengan Sabar dan Ikhlas

Ibadah puasa di tahun ini mungkin terasa lebih berat. Inilah waktunya untuk memupuk kesabaran dan keikhlasan untuk menjalaninya. Dengan kesabaran dan keikhlasan, kita pasti bisa melalui masa-masa ini dengan lebih ringan dan memetik hasilnya di masa depan.

Tag