9 Rekomendasi Minuman Unik dan Menyegarkan ini Patut Dicoba saat Lebaran  2019

9 Rekomendasi Minuman Unik dan Menyegarkan ini Patut Dicoba saat Lebaran 2019

Saat lebaran, kita tentu akan menikmati berbagai hidangan nikmat yang biasanya cenderung berat dan bersantan. Anda bisa minum minuman yang segar untuk menetralkannya. Sejumlah minuman segar berikut ini bisa menjadi rekomendasi untuk disajikan saat Lebaran.

Bulan Ramadan telah tiba. Bulan suci bagi umat Islam ini disambut meriah dengan segala persiapan. Termasuk untuk menyajikan menu–menu sahur dan berbuka puasa bagi keluarga di rumah.

Bagi keluarga muslim yang bisa menunaikan ibadah puasa selama 30 hari penuh, bisa menjadi perayaan yang luar biasa bahagia ketika Lebaran. Selama Lebaran, kerabat dan handai tolan akan saling berkunjung dan meminta maaf jika ada kesalahan di masa lalu.

Tentunya, para tamu yang datang ke rumah tak bisa dibiarkan tanpa ada jamuan yang tersedia di atas meja. Pasti berbagai aneka kue kering, ketupat, dan rendang sapi seperti sudah menjadi kewajiban di setiap rumah sebagai bentuk awal merayakan hari Lebaran.

Tidak hanya itu, minuman–minuman khas daerah tertentu pada umumnya disediakan sebagai pendamping makanan pembuka. Biasanya, minuman yang disajikan sebagai jamuan tamu Lebaran berupa es sirop manis, teh, atau berbagai minuman dalam gelas yang instan.

Mengapa? Karena biasanya orang-orang hanya berfokus kepada makanan-makanan yang akan disajikannya dan kurang memikirkan menu minuman. Bagaimana jika Anda membuat minuman yang unik atau jarang disajikan untuk tamu dan sanak saudara? Pasti lebih bagus, bukan?

Karena selain makanan, tentunya sajian minuman menjadi salah satu hidangan yang membuat tamu semakin gembira dan betah. Bahkan Anda bisa membuatnya dengan mudah tanpa butuh biaya bahan yang mahal.

Minuman-minuman di bawah ini dijamin terjangkau dan yang pasti unik untuk dicoba dan disajikan kepada keluarga besar. Mari kita bahas minuman-minuman unik di bawah ini!

Es Mangga Serut

Apa Anda sudah pernah mencoba es yang satu ini? Kalau belum, Anda harus coba buat di rumah. Yang Anda butuhkan hanya mangga jenis kweni yang diserut dan dicampurkan dengan air dan gula, lalu tambahkan es.

Minuman ini sangat cocok bagi siapa saja yang menyukai rasa manis dan asam dari buah mangga. Apalagi disajikan setelah menyantap makanan lebaran. Kesegaran es mangga ini sangat cocok untuk menemani Lebaran seluruh anggota keluarga.

Es Bul-bul

Dari namanya saja sudah terdengar unik, bukan? Es yang berasal dari Bandung ini terdiri atas berbagai buah-buahan di dalamnya. Di antaranya adalah pepaya, nanas, bengkuang, semangka yang ditambah dengan air es, gula, perasan jeruk nipis, serta kayu manis.

Selain menyegarkan dan menyehatkan, es bul-bul juga mengenyangkan karena buah-buahan di dalamnya. Es ini sangat cocok untuk menemani Anda dan sanak saudara untuk berbuka pada bulan Ramadan serta saat hari Lebaran.

Es Blewah

Buah yang identik dengan rasa manis dan sedikit asam ini sangat menyegarkan apabila ditambah dengan es dan pemanis tambahan. Meskipun es blewah sudah menjadi minuman wajib saat berbuka, tidak ada salahnya es ini disajikan saat lebaran tiba.

Selain menyegarkan, es blewah ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan seperti menurunkan tekanan darah tinggi, menyehatkan mata, menyehatkan jantung, dan aman bagi penderita diabetes (bila tidak ditambahkan pemanis yang berlebihan). Tentunya cocok untuk segala kalangan usia.

Es Mentimun

Sumber gambar cookpad.com

Buah yang satu ini dikenal sebagai pendamping lalapan atau makanan utama. Untuk minuman? Jangan salah. Anda bisa memanfaatkan buah mentimun sebagai minuman saat Lebaran dengan hanya menyerut bagian daging putihnya (buang bijinya) dan campurkan ke dalam air es dan sedikit gula. Bisa juga dengan menambahkan melon di dalamnya. Unik dan murah bukan?

Jus Kurma Susu

Kurma adalah buah yang identik dengan bulan Ramadan, Memakan buah ini sebelum berbuka adalah sunah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Kurma juga dijadikan sebagai jamuan camilan saat lebaran. Namun untuk jus kurma, apakah Anda sudah pernah mendengarnya?

Sedikit unik karena jarang buah kurma dijadikan sebuah jus. Caranya sangat mudah, hanya dengan menghaluskan daging kurma air, dan susu secukupnya dengan blender. Setelah itu boleh disaring. Lalu tuangkan ke dalam gelas serta tambahkan es. Pastikan Anda bisa mencoba minuman unik ini, ya!

Es Cendol

Es yang satu ini sudah sangat familiar di kalangan pencinta kuliner. Es cendol biasanya dijadikan sebagai minuman pendamping atau hanya sekadar cemilan. Tetapi es ini juga bisa dijadikan minuman yang disajikan saat lebaran.

Selain unik, cendol di dalamnya memiliki berbagai manfaat. Diantaranya dapat melancarkan pencernaan, meningkatkan energi, menguatkan tulang, menjaga tekanan darah. Cendol juga dapat dimanfaatkan untuk makanan diet karena karbohidrat dalam cendol cepat mengenyangkan.

Jika Anda malas untuk membuat minuman yang satu ini, Anda bisa membelinya di tempat terdekat atau hanya sekadar membeli cendolnya saja di pasar. Namun, saat meracik es cendol, jangan lupa mengatur kadar gulanya, ya.

Jika Anda menyajikannya saat Lebaran, pasti akan langsung ludes oleh sanak saudara karena memang es ini adalah es segala kalangan.

Es Teh Tubruk

Bosan menyajikan es teh biasa kepada para tamu saat Lebaran? Es teh tubruk solusinya. Es ini biasanya disajikan di warung makan atau tempat makan sederhana sebagai minuman pendamping.

Namun, tidak salah kan jika kita menjadikannya sebagai jamuan minuman para tamu Lebaran serta minuman untuk berbuka puasa?

Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan teh tubruk, es batu, gula, air, dan lemon secukupnya lalu campur secara merata. Pastinya tidak akan bosan karena rasanya tidak seperti es teh pada umumnya.

Pisang Ijo

Minuman unik selanjutnya adalah pisang ijo khas Makassar. Ini adalah paket komplet karena selain minuman, terdapat makanan juga di dalamnya yaitu pisang ijo. Minuman ini sangat terkenal dan unik karena penyajiannya serta rasanya yang pasti enak.

Biasanya pisang yang dipakai adalah jenis pisang raja. Pisang ini dibungkus oleh adonan tepung terigu berwarna hijau (diberi pewarna alami makanan, contohnya pandan). Pisang ijo disajikan dengan kuah santan, sirop, dan es serut sehingga lebih menyegarkan.

Anda bisa membuatnya di rumah karena bahannya cukup terjangkau. Anda bisa mencoba pisang ijo sebagai jamuan lebaran yang pastinya akan ludes diserbu oleh sanak saudara.

Es Soda Melon

Sumber gambar bebeclub.co.id

Minuman yang terakhir adalah es soda melon. Minuman ini hanya menggunakan air, es batu, sirop rasa melon, serta minuman bersoda sesuai selera. Bisa juga ditambahkan buah melon di dalamnya. Cukup unik bukan?

Tetapi jangan salah, karena minuman ini cukup menyegarkan untuk pendamping berbuka di bulan Ramadan dan hidangan pendamping saat Lebaran. Selain simpel dan bisa dibuat di rumah, minuman ini dapat diminum oleh segala kalangan (tergantung sirop dan soda yang digunakan).

From our editorial team

Berkreasi dengan Minuman Lebaran

Nah, itu dia beberapa ide minuman unik yang patut dicoba saat Lebaran. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang menginginkan menu baru dan unik saat berbuka puasa serta Lebaran. Anda juga bisa mengkreasikan resep-resep ini sesuai selera. Selamat mempraktikkan, ya..