Tips Memilih Oleh-oleh Jepang yang Halal Beserta 10 Rekomendasinya yang Bisa Kamu Bawa Pulang

Tips Memilih Oleh-oleh Jepang yang Halal Beserta 10 Rekomendasinya yang Bisa Kamu Bawa Pulang

Buat kamu yang akan pergi ke Jepang, tentunya ingin membeli oleh-oleh yang tepat untuk keluarga atau temanmu. Salah satunya adalah camilan atau snack. Namun terkadang kita ragu untuk memberikannya untuk orang muslim, karena faktor halal atau tidaknya makanan tersebut. Nah ,berikut BP-Guide akan memberikan tips memilih snack Jepang yang halal beserta rekomendasi produknya.

Snack Khas Jepang Selalu jadi Primadona Oleh-oleh Wisatawan

Sumber gambar jurnalotaku.com

Popularitas Jepang sebagai salah satu destinasi wisata mancanegara favorit rasanya sudah tak terbantahkan lagi. Para pelancong dari Indonesia pun banyak yang berkunjung ke Negara Matahari Terbit ini untuk berlibur sambil melihat keunikan berbagai daerah yang ada di sana.

Sebagai salah satu negara maju, Jepang dikenal suka berinovasi dalam berbagai hal juga bidang. Tak cuma teknologi seperti gawai atau fesyen uniknya, makanan pun tidak luput dari perhatian masyarakat Jepang.

Orang-orang Jepang dikenal menyukai hal baru dan trendi. Tak terkecuali dalam dunia kuliner, kamu bakal geleng-geleng takjub dengan aneka penganan menarik nan unik dari Negeri Sakura satu ini.

Jika kamu berencana bertandang ke Jepang, jangan lupa pasang mata untuk melihat aneka makanan ringan unik yang hanya bisa diperoleh di sana. Tentunya, ini bisa jadi oleh-oleh khas dan berkesan bagi orang terdekat yang menunggu di Tanah Air.

Untuk Umat Muslim, Waspada Ya, karena Tidak Semua Oleh-oleh Jepang Halal

Sebagai negara minoritas Muslim, tentu kamu harus jeli dan berhati-hati memilih makanan ketika berada di Jepang. Masyarakat yang dikenal disiplin serta pekerja keras ini kebanyakan suka menyantap daging babi dan juga minum sake sebagai pelepas lelah saat bekerja. Maka, tak heran bila banyak kedai juga toko yang menjual makanan dan minuman nonhalal.

Namun, seiring perkembangan muslim traveller yang pesat, membuat Jepang lebih sadar akan kebutuhan muslim yang sedang bertandang. Hal ini bisa terlihat dengan tersedianya tempat beribadah di berbagai tempat mulai dari bandar udara hingga di pertokoan. Malah, beberapa hotel akan sigap memberikan perlengkapan shalat bagi Muslim yang menginap seperti kompas kiblat juga sajadah.

Tak ketinggalan, penikmat kuliner muslim juga akan dimanjakan dengan aneka jajanan dan masakan yang sudah dijamin kehalalannya oleh lembaga setempat. Kamu bisa mencari informasi lengkap seputar makanan halal di Jepang lewat situs halalmedia.jp atau jeli melihat restoran juga kedai yang menempel stiker halal.

Tips Memilih Oleh-oleh Jepang halal

Tertarik membeli oleh-oleh penganan untuk dibawa pulang? Yuk, intip dulu tips berikut.

Carilah Label Halal pada Kemasan

Sering melihat minuman dan makanan impor Jepang yang menggugah selera? Ingin mencicipi cita rasa uniknya? Coba cari makanan dan minuman yang sudah memiliki sertifikasi halal pada label kemasannya.

Salah satu perusahaan Jepang yang sudah mulai peduli dengan kebutuhan pelancong muslim yakni Sumitomo Corporation Group Kyushu, bekerja sama dengan Jakim (Department of Islamic Development Malaysia) untuk menciptakan standar halal.

Bersama munculnya standar halal ini, kamu tentu akan dimudahkan dalam mencari makanan juga minuman halal saat berada di Jepang. Jika bingung, kamu bisa mengunjungi beberapa toko seperti Toko-Indonesia yang terletak di Shin-Okubo, Tokyo atau Ninomiya Japan.

Jika kamu sedang melancong di Akihabara untuk melihat segala keunikannya, jangan lupa mencari produk halal di Halal Corner. Atau bisa juga kunjungi Gyomu Super, Halal Bakery Liaison di Minato-ku, Tokyo serta Imported Goods Store macam Kaldi, Mitsukoshi yang ada di Tokyo.

Cek Review Makanan Halal

Banyaknya kuliner dan makanan kecil membuat para pelancong di Jepang ingin menikmati kuliner khas di sana. Namun ada beberapa saja yang terjamin kehalalannya. Nah, untuk mengetahui makanan halal di Jepang bisa menggunakan aplikasi Halal Minds. Cukup dengan scan barcode dan langsung bisa ketahuan apakah makanan tersebut halal atau tidak.

Bisa juga kamu cek buku panduan seperti “85 best spots in Japan". Atau bisa follow akun Facebook yang me-review makanan halal di Jepang seperti Halal Japan atau Halal Japan Media.

Cermat Mengenali Huruf Kanji

Sumber gambar rizaldp.wordpress.com

Salah satu kesulitan yang umum dialami para pelancong saat bertandang ke Jepang adalah membaca huruf Kanji. Walau sudah banyak papan tanda dan kedai yang menghadirkan bahasa lain seperti bahasa Rusia dan bahasa Inggris, tidak ada salahnya kamu belajar untuk mengenali huruf Kanji.

Kamu juga bisa bertanya atau mengonfirmasi bahwa kamu seorang Muslim sebelum memutuskan makan di restoran atau kedai dengan bertanya, “Watashi wa Muslim dakara, ano tabemono wa halal desu ka?” dan pemilik dapat memberi informasi kehalalan makanan di tempatnya.

Ada beberapa huruf Kanji yang mengindikasikan bahan-bahan terlarang seperti dalam daftar berikut ini.

  • ラ-ド dibaca raado atau lard, bagian dari babi.
  • 酒, みりん, dibaca sake atau mirin, termasuk jenis alkohol.
  • アルコール, alkohol.
  • 豚肉, diterjemahkan sebagai daging babi.
  • 動物性油脂, lemak hewani. Konfirmasi apakah lemak dari hewan ini berasal dari sapi, ayam atau babi.
  • 植物性油脂, lemak nabati
  • 乳化剤, dibaca nyuukazai yang berarti emulsifier. Pastikan bahannya tidak mengandung bahan yang diharamkan.
  • ショートニング, dibaca shōtoningu yang berarti shortening dan bisa terbuat dari tanaman atau hewan. Maka, sebaiknya pastikan asalnya terlebih dahulu.

Pusing? Langsung Saja ke Toko yang Punya Beragam Oleh-oleh Jepang Halal

Masih kesulitan membaca deretan huruf Kanji di restoran? Coba kunjungi saja toko-toko yang menjual ragam oleh-oleh Jepang lezat nan halal dalam referensi berikut ini.

Toko Indonesia

Sumber gambar www.facebook.com

Tak cuma disukai di negeri sendiri, produk-produk makanan halal dari Indonesia pun dijual di berbagai negara termasuk Jepang. Salah satunya di Toko Indonesia.

Berlokasi di 1 Chome-19-18 Hyakunincho, Shinjuku, Tokyo, toko ini bisa dicapai dengan kereta dan turunlah di Stasiun Okubo.

Halal Corner

Sumber gambar www.jalan2kejepang.com

Jika sedang bertandang ke daerah Ginza, jangan lupa kunjungi Halal Corner yang terletak di Lawson Ginza Six, Tokyo-to, Chuo-ku, Ginza ini. Menjual aneka makanan ringan seperti wagashi, dan kue, makanan halal di tempat ini bisa dibeli mulai dari 1.000 yen (Rp 122.200).

Halal Corner sendiri didirikan oleh Aisha Maharani, Yusi Herawati, dan Imaduddin Indrissobir pada tahun 2011 sebagai wadah untuk memberi informasi seputar kebutuhan Muslim akan produk halal.

Don Quijote Asakusa

Sumber gambar matcha-jp.com

Asakusa punya berbagai tempat menarik untuk dikunjungi seperti Namikase yang ramai oleh wisatawan baik lokal mau pun mancanegara. Bahkan, kamu juga bisa melihat Sky Tree yang terkenal dari kejauhan di tempat ini.

Ada berbagai macam penganan yang dijual di Asakusa seperti kue bolu pasta kacang dan kue manju tapi jika kamu ragu akan kehalalannya, silakan berkunjung ke Don Quijote Asakusa.

Harga produknya terjangkau dengan pelayanan ramah, kamu bisa pergi ke toko oleh-oleh yang terletak di 2 Chome-10 Asakusa, Taitō-ku, Tokyo. Dibuka pada tahun 2015, Don Quijote Asakusa menarik banyak wisatawan yang mencari aneka makanan ringan sebagai oleh-oleh.

Halal Bakery Liaison

Sumber gambar www.eatflyhalal.com

Lapar tapi enggan makan berat? Coba cicipi roti yang lezat dari salah satu bakery halal di Jepang seperti Halal Bakery Liaison ini. Terletak di 4 Chome-1-9 Mita, Minato, Tokyo, toko roti ini dibuka pada tahun 2014 lalu.

10 Rekomendasi Oleh-oleh Jepang Halal yang Bisa Kamu Bawa Pulang

Bagaimana? Sudah lega karena mendapat info tempat oleh-oleh halal? Kini, saatnya memilih aneka makanan yang bisa kamu jadikan buah tangan orang tersayang di Tanah Air lewat referensi berikut ini.

Gaufrette

Suka dengan karakter imut kucing putih Hello Kitty? Kini kamu bisa membeli Gaufrette yang terletak di 2 Chome-10-14 Asakusa, Taitō, Tokyo. Mendapat sertifikasi halal dari JAKIM Malaysia, cookie ini dijual dalam tiga varian rasa berbeda.

Kamu bisa memilih cookie lucu mulai dari rasa matcha, stroberi, dan pisang yang lezat dengan rasa manis menggiurkan. Bawa pulang dengan harga Rp 123.000.

Garasha

Sumber gambar www.11street.my

Punya teman yang lagi diet? Coba beri oleh-oleh yang bermanfaat untuk kesehatan seperti garasha atau teh celup jepang. Tersedia dalam beberapa macam seperti sencha dalam kemasan hijau dan genmaicha yang dibuat dari campuran teh hijau dengan butiran beras merah panggang.

Tentunya, produk ini mudah ditemukan di toko makanan halal seperti Don Quijote Asakusa dengan harga Rp 59.000 yang belum termasuk pajak.

Okaki

Sumber gambar www.shoporiente.com.br

Saat mengunjungi Chitose, jangan lupa mampir ke terminal Domestic 2 F, Blue Sky untuk membeli oleh-oleh okaki. Snack satu ini terbuat dari nasi dan garam, mirip senbei alias kerupuk nasi.

Proses produksi okaki ini umumnya memakan waktu selama seminggu dan butuh tenaga ekstra saat membuatnya. Ini jadi salah satu keunikan tersendiri yang membuat okaki cocok dijadikan buah tangan buat teman-teman kamu di kantor.

Meiji Pudding

Sumber gambar alvadjp.wordpress.com

Ingin menghadiahkan makanan penutup lezat yang terkenal? Kamu bisa beli Meiji Pudding yang sudah diverifikasi kehalalannya oleh Join Halal Items pada tahun 2015. Tersedia di beberapa toko makanan yang ada di Jepang.

Koikeya Karamucho Hot Chili

Kalau di Indonesia ada keripik balado, maka Jepang punya Koikeya Karamucho Hot Chili. Keripik kentang satu ini cocok buat kamu yang menyukai rasa pedas dan ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Tak cuma pedasnya yang diperkaya dengan daging juga sayuran, produk makanan ini sudah lama diproduksi yakni sejak tahun 1984. Sangat pas sebagai buah tangan yang tahan dibawa bepergian.

Lotte Koala No Machi

Siapa yang suka dengan film animasi Shin-chan? Kamu mungkin sering ya melihat tokoh kocak satu itu merengek minta dibelikan snack biskuit renyah berisi cokelat. Kudapan ini ternyata tak cuma disukai anak Misae-san, loh.

Lotte Koala No Machi adalah salah satu produk yang laris dari Lotte. Berukuran imu dan berisi cokelat manis, penganan ini telah mendukung Yayasan Koala Australia sejak tahun 1994 dan berdonasi hampir $8 juta dalam membantu pelestarian binatang yang hobi tidur itu.

Samurai Ramen

Sumber gambar www.pinterest.com

Ciri khas yang susah lepas dari Jepang, ramen! Kamu tentu penasaran, apa saja perbedaan mi produksi Indonesia dengan mi produksi Jepang? Coba cicipi Samurai Ramen yang lebih sehat karena tanpa MSG ini.

Di Jepang sendiri, Samurai Ramen sudah terkenal dan masuk aneka restoran serta hotel. Beberapa item lain yang tak kalah mendapat popularitas adalah krim udang mangga, gulungan tuna pedas dan ramen seafood pedas.

Bourbon Alfort

Sumber gambar ph.carousell.com

Camilan satu ini akan disukai oleh para pecinta makanan manis legendaris, cokelat. Bourbon Alfort hadir dalam beberapa jenis rasa seperti cokelat putih, cokelat teh hijau, dark chocolate dan cokelat susu klasik.

Untuk satu kotaknya bisa didapat dengan merogoh kocek sekitar 100 yen atau setara dengan Rp 12.300. Snack ini cukup mudah dijumpai pada sebagian besar toko yang ada di Jepang.

Royce' Potatochip Chocolate

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Sudah bosan dengan keripik kentang rasa pedas atau gurih? Bagaimana kalau mencicipi Royce' Potatochip Chocolate yang punya perpaduan unik dari keripik kentang dan cokelat?

Keripik satu ini mengundang selera dan rasa penasaran karena pada salah satu sisinya terdapat lapisan cokelat yang sulit diabaikan. Kombinasi unik rasa gurih berpadu manis, akan membuat kamu jadi ketagihan, bukan?

Meiji Almond & Macademia

Sumber gambar www.ebay.com

Jika berkunjung ke Jepang, jangan lupa membeli kudapan ringan yang tak cuma lezat tapi juga menyehatkan seperti Meiji Almond & Macademia satu ini. Produk yang terbuat dari kacang almond ini dibalut dengan lapisan cokelat yang lembut dan tak sulit digigit.

Sebagai salah satu perusahaan raksasa di Jepang, Meiji telah memproduksi cokelat sejak tahun 1918 yang kemudian merilis Milk Chocolate di tahun 1926. Hadir dalam berbagai varian yakni sekitar 130 produk makanan ringan seperti cokelat juga cokelat rasa kakao.

From our editorial team

Menentukan Makanan Jepang yang Halal Sebelum Membeli

Jalan-jalan ke Jepang memang mengasyikkan dan ketika waktunya tiba untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga atau rekan-rekan terutama yang Muslim, kita pasti akan mempertimbangkan halal tidaknya makanan tersebut. Untuk tips amannya, alangkah baiknya sebelum membeli oleh-oleh kamu browsing dulu makanan apa yang halal untuk dikonsumsi. Atau memang paling aman adalah kamu mendatangi pusat oleh-oleh yang memang menjual makanan halal. Jangan lupa untuk mengecek tanggal kedaluwarsa makanan.