Referensi Berbelanja 10 Oleh-oleh Halal dan Non Halal di Taiwan (2018)

Referensi Berbelanja 10 Oleh-oleh Halal dan Non Halal di Taiwan (2018)

Selain menawarkan keindahan alam dan budaya Tiongkok yang kental, Anda juga bisa berbelanja di Taiwan. Jangan takut kantong jebol, karena harga barang-barang di Taiwan cukup terjangkau, loh.

Serunya berbelanja oleh-oleh khas Taiwan

Taiwan dikenal sebagai surga belanja untuk para wisatawan Asia, termasuk Indonesia. Jika kamu hendak berkunjung ke Taiwan, maka pastikan untuk tidak melewatkan wisata belanja disini. Jangan khawatir dengan harga karena Taiwan menawarkan barang-barang dengan harga yang sangat terjangkau.

Sebagai tambahan informasi, 1 dollar Taiwan setara dengan Rp 437. Sehingga sangat menyenangkan dan murah berbelanja di sini.

Tempat berbelanja oleh-oleh khas Taiwan

Ada beberapa pusat perbelanjaan di Taiwan yang bisa kalian kunjungi jika hendak membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang ke tanah air, diantaranya adalah Wufenfu, ST Rao He Night Market, Shilin, Ximending, Chungsiao-FUhsing, Ruifeng Night Market, dan Taiwan Handicraft Promotion Center.

Wufenpu

Sumber gambar travelpod.com

Wufenfu adalah salah satu tempat berbelanja terbesar di Taipei. Kamu bisa menemukan ratusan toko yang menjual berbagai jenis barang unik dengan harga terjangkau. Ada banyak jenis fashion yang bisa kamu dapatkan disini, mulai dari fashion Taiwan, Korea, Jepang, hingga Eropa. Wufenfu bisa dikatakan sebagai Tanah Abang-nya Taiwan.

Di sini, harga jual barang-barangnya sangat murah, seperti celana jeans yang model robek bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 50.000 saja. Ada juga sepatu sneakers wedges yang hanya dibanderol 200 ribu rupiah saja. Kamu juga bisa menawar terlebih dahulu sebelum membeli.

Wufenfu terbuka hingga jam 11 malam. Jika kamu ingin ke tempat ini, silahkan naik kereta MRT dari stasiun Jiantan ke Stasiun Taipei selama 9 menit.

ST Rao He Night Market

Sumber gambar advisortravelguide.com

Pusat berbelanja lainnya yang juga kerap didatangi para wisatawan adalah Raohe St. Night Market. Disini, kamu bisa menemukan berbagai macam snack dan makanan khas Taiwan, seperti mie kaki babi, mie daging, daging iga yang direbus secara herbal, bubble tea, dan masih banyak lagi. Raohe St. Night Market juga menawarkan makanan yang eksotis seperti masakan Pakistan dan Aladdin’s India. Karena disini banyak makanan yang mengandung babi, ada baiknya kamu bertanya terlebih dahulu apabila tidak memakannya.

Jika kamu ingin berkunjung kesini, silahkan mengambil MRT Green Line 3 tujuan terminal station Songshan, exit 5. Pasar Raohe terletak di sebelah kanan seberang jalan dekat kuil. Apabila kamu dari Taipei Main Station, ambillah kereta api menuju Northbound ke Songshan Station dan ambil MRT, exit 5. Pasar ini cukup ramai sehingga kamu harus berhati-hati, apalagi jika membawa anak.

Perhatikan juga barang bawaan agar tidak tertinggal. Semakin malam, pasar ini akan semakin rame. Oleh sebab itu, sebaiknya datanglah lebih awal sekitar pukul 16.00. Sama seperti Wufenfu, kamu juga bisa menawar produk-produk yang ingin kamu beli sebelum membayarnya

Shilin

Sumber gambar hungrygowhere.com

Pasar malam terbesar lainnya di Taiwan adalah Shilin Night Market. Sepanjang jalan di Shilin, kamu akan menjumpai banyak makanan tradisional, lokal, maupun makanan Internasional yang dijual. Ada juga produk-produk merchandise yang dijual disini. Sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari souvenir untuk oleh-oleh.

Shilin Night Market terletak di antara Dadong Road, Danan Road, Wenlin Road dan Jihua Road. Agar bisa mencapai tempat ini, silahkan mengambil MRT Red Line 2 menuju Jiantan Station karena jarak cukup dekat darisini (jangan mengambil Shilin Station), lalu keluarlah melalui pintu exit 1 dan menyebranglah, kemudian ambil arah kiri menuju Shilin Night Market.

Shilin Night Market terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian yang menjual barang-barang fashion hingga elektronik dan bagian kedua berada di seberang Jiantan Metro Station, dekat dengan Bioskop Yang Ming di Jalan Anping. Sama seperti dengan yang lainnya, pasar ini akan semakin rame di malam hari dan tutup lewat tengah malam.

Jadi, sebaiknya datanglah di sore hari sekitar pukul 4. Ketika berbelanja, sebaiknya tawar terlebih dahulu barang yang hendak dibeli dan kamu bisa menggunakan Bahas Inggris ketika berbelanja. Taiwan dikenal dengan makanannya yang banyak mengandung Babi, sehingga bertanyalah terlebih dahulu sebelum membelinya.

Ximending

Sumber gambar tmichinese.com

Mari beralih ke Taiwan bagian barat, nah disini kamu juga akan mendapat sebuah pusat perbelanjaan yang sangat terkenal di kalangan turis lokal maupun Internasional, yaitu “Ximending”. Disini, kamu bisa menemukan ada banyak pilihan fashion dan aksesoris bergaya Jepang, Cina, dan Barat.

Sama hal nya dengan Shibuya di Jepang, Ximending dikenal sebagai pusat entertainment karena tempat ini kerap menjadi pusat para selebriti mengadakan konser dan event-event lainnya. Selain itu, tempat ini juga penuh dengan toko-toko yang menjual souvenir, ada bioskop, salon, tempat karaoke, dan lainnya.

Jika kamu ke sini, jangan lewatkan sajian kuliner khasnya “Ya Rou Bian” yaitu daging bebek dengan cita rasa yang lezat dan “Ay-Chung Flour-Rice Noodle”. Ada juga Simonfood Tempura Taiwan dan Lautianlu untuk jenis makanan rebus. Untuk sampai kesini, silahkan ambil MRT dari Bannan Line ke pintu exit no.6 di Stasiun MRT Ximen. Bagi kamu yang suka backpacker-an, Ximending adalah tempat yang sangat pas untuk dikunjungi karena menawarkan banyak akomodasi serta disini segala hal yang kalian inginkan tersedia. Pastikan kondisi fisik kamu baik bila ke tempat ini karena ada banyak gang yang bisa kamu tempati untuk berbelanja. Namun demikian, tetaplah berhati-hati karena tempat ini sangat ramai. Perhatikan juga kendaraan yang lalu lalang.

Chungsiao-Fuhsing

Sumber gambar life.108jakarta.com

Beralih dari Taiwan bagian barat ke bagian timur, disini juga kamu bisa menemukan pusat perbelanjaan Chungsiao-FUhsing dengan berbagai macam produk yang ditawarkan. Selain itu, disepanjang jalan terdapat ratusan kafe kopi dan restoran tempat nongkrong favorit. Terdapat juga gedung-gedung yang tidak hanya untuk kantoran, tetapi menyediakan tempat berbelanja, musik, galeri seni, dan sebagainya.

Ruifeng Night Market

Pasar malam lainnya adalah Rui Feng Night yang sangat populer di Kaohsiung, terletak di bagian utara kawasan Tsoying. Terdapat department store yang lumayan besar disini, yaitu Han Shen Arena dan menawarkan berbagai jenis makanan bahkan snack yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang ke Tanah air.

Rui Feng Night terletak di R14 Kaohsiung Arena MRT Stasion. Kamu bisa mengambil arah menuju Exit One, lalu berjalan sekitar 5 menit untuk menemukan Pasar Rui Feng Night ini. Makanan-makanan lokal yang dijual adalah babi guling, seafood, salad, dan ada juga beberapa souvenir lainnya.

Rui Feng Night juga sangat ramai sehingga jika kamu membawa anak, harus lebih waspada agar tidak terpisah. Tempat ini terbuka tiap hari, kecuali hari senin dan rabu. Terbuka mulai dari pukul 6 sore hingga pukul 3 subuh.

Taiwan Handicraft Promotion Center

Sumber gambar travel.taipei

Bagi kamu yang tertarik dengan hasil kerajinan, pastikan untuk tidak melewatkan Taiwan Handicraft Promotion Center. Tempat ini dibangun pada tahun 1957 dan merupakan organisasi non-profit yang mengembangkan serta mempromosikan berbagai jenis industri kerajinan di Taiwan.

Salah satunya adalah Chinese Handicraft Mart dengan 20,000 jenis kerajinan mulai dari aksesoris, perhiasan, hingga barang seni lainnya. Tersedia juga layanan packing, shipping, dan money exchange bagi kamu yang membeli dalam jumlah banyak. Taiwan Handicraft Promotion Center terletak di dekat Rumah Sakit NTU.

Untuk sampai kesini, silahkan naik MRT jalur merah (Danshui), lalu berhenti di NTU Hospital Station Exit 2. Kemudian berjalanlah sekitar 5 menit dari Stasiun dan kamu akan mendapati Taiwan Handicraft Promotion Center. Tempat ini terbuka mulai pukul 17.00 sore hingga pukul 02.00 subuh.

Sebaiknya bawalah paspor ketika berbelanja karena kamu akan mendapatkan diskon untuk pembelian 2000 TWD. Sebagai informasi tambahan, souvenir-souvenir yang dijual disini memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dibandingkan di Night Market sehingga sebaiknya tempat ini adalah tujuan pertama kamu ketika ingin berbelanja agar tidak menyesal.

Rekomendasi oleh-oleh dan jajanan khas Taiwan halal

Taiwan adalah salah satu negara yang mayoritas non muslim sehingga jangan heran apabila makanan-makanan yang dijual dominan mengandung Babi. Namun demikian, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa makanan yang telah diberi label halal oleh The Taiwan Halal Integrity Development Association (THID) dan dari Chinese Muslim Association sehingga kamu tidak usah ragu untuk memakannya. Tapi, apabila kamu ingin tetap aman, ada beberapa rumah makan di Taiwan yang menjual makanan-makanan halal, seperti:

  • Yun Tai Muslim Food yang terletak di Wenzhou Street, Da’an District No.4. Rumah makan ini menyediakan makanan khas Thailand dan China yang halal.
  • Chungkuo Beef Restaurant yang terletak di Alley 7 Lane 137, Yian-Chi Street No.1.
  • Pharaoh’s yang terletak di Taishun Street, Da’an District No.28, dengan masakan khas mesir yang halal.
  • Taiwan's street food. Rumah makan ini juga menyediakan makanan untuk vegetarian.
  • Yunus Halal Restaurant yang berlokasi di Beining Rd., Songshan District 1F, No.36.

Beberapa rumah makan tersebut dijamin menjual makanan-makanan halal. Selain itu, bagi kamu yang hendak membeli oleh-oleh makanan yang halal, kamu bisa mencoba Pinneaple Cake atau almond nougat khas Vigor Kobo dan berbagai kue-kue halal lainnya dari Bakery halal Vigor Kobo Restoran yang berlokasi di Lane 81, Fuxing N. Rd, No.26.

Silahkan juga mengunjungi pusat oleh-oleh lainnya, seperti Taiwan Halal Food co 1 Longjiang Road, Taiwan Halal Meat 25 Lane 209, Liaoning Street, atau di Halal Butcher 14 Section 1, Heping East Road.
Ada juga aplikasi makanan halal di taiwan yang bisa membantu kamu untuk menemukan oleh-oleh makanan yang halal.

Untuk pengguna iOs, silahkan mengunjungi situs https://itunes.apple.com/us/app/halaltrip/id680194589
Pengguna android di situs https://play.google.com/store/apps/details?id=com.halaltrip.app.

Berikut adalah beberapa rekomendasi oleh-oleh dan jajanan khas Taiwan halal yang boleh jadi referensi kamu, diantaranya adalah barang branded, pineapple cake, telur herbal, teh hijau Oolong, Mochi, Aksesoris batu mulia, dan Minisky lantern.

Barang Branded

Ada beberapa tempat di Taiwan yang menjual berbagai macam barang-barang branded, namun yang paling terkenal adalah Taipei 101. Bangunan tertinggi di Taiwan ini merupakan pusat perbelanjaan yang mahal karena menjual produk-produk ternama. Di bagian dasar, terdapat shopping mall dengan banyak etalase branded, seperti Chanel, Louis Vuitton, Dior, BVLGARI, Superdry, Zara, dan Dunhill.

Di akhir tahun, Taipei 101 akan memberikan diskon hingga sekitar 60% untuk segala jenis produk. Pada bagian underground, kamu bisa mencoba makanan di Din Tai Fung atau langsung ke restorannya yang terletak di Dongmen MRT Station Exit 5. Tapi untuk mencoba makanan ini, kamu harus sedikit sabar karena antriannya sangat panjang.

Selain itu, Restoran Din Tai Fung mempunyai menu andalan, yakni Xiao Long Bao (pangsit isi sup) dan nasi goreng. Tak hanya Din Tai Fung, ada banyak makanan di foodcourt ini, termasuk McDonald. Harga makanan di tempat ini berkisar Rp 60.000. Untuk bisa mencapai Taipei 101, kamu bisa menaiki MRT Red Line (Xin Tin Line) TAIPEI Station Exit No.4.

Selain Taipei 101, kamu juga bisa datang ke ATT 4 Fun yang terletak di dekat MRT Blue LIne. Barang-barang branded lainnya seperti ZARA, Uniqlo, NET, Forever 21, dan sebagainya juga terdapat disini. Di lantai atas, kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam makanan di foodcourt, cafe, bioskop, hingga bar (Lava, Babe 18). Jika belum puas, masih ada H&M di seberang Gedung The Breeze. H&M ini sangat besar dan masih ada department store di dalamnya. Terdapat atrium dan jembatan-jembatan yang sangat menarik disini. Kamu pun bisa menikmati pemandangan sekitar gedung dari tempat ini. Bila weekend tiba, terkadang ada pertunjukan baik yang resmi maupun dari seniman-seniman Taiwan. Untuk mencapai lokasi ini, kamu cukup berjalan sekitar 3 menit dari arah MRT Xinyi LIne Taipei 101/ World Trade Center Station Exit 4.

Ada juga pusat perbelanjaan dengan konsep outdoor, yakni Zhongxiao Dunhua Kembaran ATT4Fun. Jika kamu berangkat dari Taipei, kamu bisa berjalan kaki dengan melewati 2-3 MRT. Tapi sebaiknya tidak berjalan kaki karena jaraknya sangat jauh. Disini, kamu bisa menemukan barang-barang branded dari ZARA, SOGO, Forever 21, Toko Buku Eslite, NET, dan lain-lain. Tempat ini terbuka selama 24 jam sehingga kamu bisa puas berbelanja.

Pineapple Cake

Sumber gambar kirbiecravings.com

Oleh-oleh makanan Taiwan yang sering menjadi incaran para wisatawan adalah Pineapple cake dengan bentuk bujursangkar berukuran 5x5 cm dan tebalnya berkisar 1 cm. Kue ini terdiri dari dua bagian, ada bagian kulit dari tepung dan selai nanas pekat sebagai filling nya. Pineaplle cake dapat kamu temukan di minimarket atau langsung ke sumbernya di Vigor Kobo-Pineapple Cake Dream Factory.

Kamu bisa langsung melihat kebun nanas nya, sejarah pabriknya, belajar mengenal bahan dasar hingga ikut mencetak adonan. Terdapat juga menu berbahasa Indonesia dan pembeli boleh memilih kue serta boks yang diinginkan. Rasa yang paling favorit adalah Charcoal Pineapple Cake.

Apabila kamu tertarik mengikuti Dream Factory, silahkan membayar tiket dengan harga 50 dollar Taiwan atau setara Rp 21.000 dan jika ingin ikut membuat adonan kue, kamu cukup menambah 200 dollar Taiwan atau sekitar Rp 86.000. Untuk 1 kotak Pineapple cake isi 5, kamu cukup memberi NT$ 180 atau setara dengan Rp 78.000, untuk Pineaplle cake isi 10 seharga NT$$ 360 atau setara Rp 155.000 dan untuk jenis lainnya dijual dengan harga berkisar NT$ 150 atau setara dengan Rp 65.000. Vigor Kobo-Pineapple Cake Dream Factory terletak di Lane 81, Fuxing N. Rd, No.26.

Telur Herbal (Tea Eggs/Marble Egg)

Sumber gambar wikipedia.org

Telur pindang adalah jenis masakan Tionghoa yang juga dapat dijadikan oleh-oleh. Telur pindang ini juga biasa disebut telur marble atau telur herbal karena dibuat dari bahan-bahan herbal. Telur ini dibiarkan setengah matang, lalu diretakkan kemudian direbus kembali dalam teh dan bumbu-bumbu. Jenis telur yang biasa digunakan adalah telur ayam. Kamu bisa menemukannya di Pasar Malam Shida yang terletak di samping Universitas Nasional Taiwan. Disini, kamu juga bisa menemukan bakso khas Taiwan yang disebut Bawan. Bakso ini terbuat dari ketan dnegan isi rebung, daging, dan jamur shitake. Masih banyak lagi jajanan khas Taiwan yang bisa kamu temukan di Pasar Malam Shida dengan harga yang relatif murah.

Telur herbal ini juga tersedia di Pasar Malam Raohe, Pasar Malam Shilin, dan Semua jaringan seven eleven yang ada di Taiwan. Jika kamu ingin ke Pasar Malam Raohe, silahkan ambil MRT Green Line 3 yang menuju terminal station Songshan, exit 5. Pasar Raohe terletak disebelah kanan seberang jalan di dekat kuil. Jika dari arah Taipei Main Station, ambil kereta api lokal menuju northbound ke Songshan satation, lalu ambil MRT exit 5, sedangkan jika kamu ingin ke Pasar Malam Shilin, ambil MRT Red Line 2 ke Jiantan Station dan keluar melalui pintu exit 1. Kemudian, menyeberanglah lalu bergerak ke arah kiri tempat Shilin Night Market berada. Harga telur pindang ini berkisar 5NT atau setara dengan Rp 2.000.

Teh Hijau Oolong

Sumber gambar aliexpress.com

Ada lagi oleh-oleh khas dari Taiwan yang patut kamu coba, yakni Teh Hijau Olong. Teh ini terbuat dari daun tanaman camellia sinensis dimana daun teh dilayukan terlebih dahulu, kemudian dijemur dan diayak. Setelah itu, dikeringkan lagi dan diproses hingga mempunyai bentuk menyerupai daun terpilin. Selanjutnya, dikeringkan lagi. Ada beberapa jenis teh hijau Olong, yaitu Ding Ding Ooling tea dan Bai Hao Oolong Tea. Ding Dong Oolong Tea mempunyai warna minuman mengkilap emas, sedangkan Bai Hao Oolong Tea mempunyai aroma madu dan buah-buahan dengan warna minuman orange kemerahan. Teh Hijau Olong dapat kamu temukan di Wang Tea dengan harga berkisar 600-800 NTD / 600g atau setara dengan Rp 263.000.

Ada juga jenis highmountain Oolong yang dijual berkisar 1200-1600 NTD / 600g atau setara dengan Rp 526.000. Tempat ini berlokasi di Lane 64, Chongqing N. Rd., Sec. 2, No.26. Selain Wang Tea, ada juga Wang De Chuan Tea House yang menjual Oolong Tea. Tempat ini terletak di Section 1, Zhongshan North Road No.95 dan terbuka pada pukul 10 pagi hingga jam 9 malam. Teh Hijau Olong juga bisa kamu temukan di Taiwan's Night Market, seperti Wufenpu, Shilin, dan Ruifeng.

Konon katanya, rasanya tidak senikmat dengan yang dijual oleh gerai-gerai khusus seperti dua tempat yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya.

Mochi

Sumber gambar longyu-sh.com

Alternatif oleh-oleh lainnya yang bisa kamu bawa pulang adalah Mochi. Mochi sebenarnya berasal dari Jepang, namun kue ini sudah menjadi sajian populer pada perayaan tahun baru. Kue ini mempunyai tekstur kenyal dan biasanya diisi dengan adonan kacang merah yang telah dihaluskan, buah-buahan, atau daging. Mochi juga terdiri dari beraneka rasa, ada rasa cokelat, selai strawberry, wijen, teh hijau, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang ingin membawa Mochi pulang ke Tanah air, kamu bisa mendapatkannya di Royal Mochi Museum yang berlokasi di Ziqiang 3rd Road No.3, Nantou City. Tempat ini mulai terbuka pada pukul 09.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Disini, kamu juga bisa mengetahui sejarah pembuatan Mochi, termasuk alat-alat yang digunakan dalam pembuatannya bahkan tersedia kursus singkat untuk mempelajari pembuatan Mochi.

Tempat lainnya yang bisa kamu datangi untuk membeli Mochi adalah Jota Food Enterprise. Disini, kamu bisa mendapatkan Mochi dalam berbagai varian rasa. Tempat ini terletak di Nanpin rd , sec 1 Gen-an Hualien No 258. Toko pembuat Mochi lainnya adalah IJYSHENG’s. Disini, Mochi yang dijual memiliki kulit yang lembut, ringan, dan lumer di mulut. Tempat ini berada di 2nd Floor, Beiping West Road (Taipei Railway Station), Zhongzheng District No. 2. Terbuka pada pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam. Harga satuannya kurang dari 60 sen atau sekitar Rp 500.

Aksesoris Batu Mulia

Sumber gambar aliexpress.com

Selain makanan, oleh-oleh berupa aksesoris batu mulia juga bisa menjadi alternatif pilihan kamu. Beberapa tempat seperti Taiwan Jewellery & Gem Fair yang biasa hadir dalam event di Taipei World Trade Center, Hall 1 in Taipei. Di event ini, akan ada banyak produk yang dipamerkan oleh perusahaan perhiasan lokal di Taiwan. Tempat selanjutnya yaitu Taiwan Handicraft Promotion Center.

Tempat ini berlokasi di Xuzhou Rd., Zhongzheng District No.1 Terbuka pada pukul 17.00 hingga pukul 02.00. Kamu bisa kesana dengan MRT jalur merah dan berhenti di NTU Hospitasl Station Exit 2. Ada juga sebuah tempat yang disebut Ho che Zhan. Toko ini menjual segala jenis perhiasan dan aksesoris Taiwan. Tempat ini berlokasi di belakang Taipei Railway Station/Bus Terminal, area didalam Civic Ave.

Mini Sky Lantern

Sumber gambar blogspot.com

Mini Sky Lantern juga adalah oleh-oleh Taiwan yang sangat unik. Mini Sky Lantern menggambarkan sebuah lampion yang diterbangkan ke langit. Hal ini berarti bahwa orang tersebut sedang mengirimkan doa kepada Sang Pencipta. Penerbangan lampion sampai sekarang masih dilakukan masyarakat Taiwan, khusunya di kawasan Shifen Old Street. Apabila kamu tertarik dengan jenis oleh-oleh yang satu ini, silahkan datang ke Shifen Old Town Di Shifen. Kamu bisa menemukan lampion dalam berbagai bentuk. Untuk sampai di tempat ini, silahkan naik kereta dari Taipei Main Station menuju Pingxi Line.

Selain Shifen Old Town, kamu juga bisa mendatangi Ningxia Market. Tempat ini dikenal sebagai pusat jajanan khas Taiwan dan juga menyediakan Mini Sky Lantern. Ningxia Market terletak di Ningxia Road, Datong District, Taipei City, Taiwan 103 antara Nanjing W. Rd. dan Mingshen W. Rd. Tempat ini terbuka setiap hari pada pukul 5 sore hingga pukul 12 malam. Untuk mencapai tempat ini, silahkan naik MRT jurusan ke Shuanglian MRT dan berhenti di Zhongsan MRT Stop dan Zhongsan MRT Stop. Dari Shuanglian, ambillah pintu Exit 1 dan berjalanlah ke arah barat di Minsheng Road selama 15 menit hingga mencapai Ning Xia Road.

Pilihan oleh-oleh khas Taiwan yang mengandung babi

Pilihan oleh-oleh khas Taiwan selain yang halal, juga ada yang mengandung Babi atau menggunakan bahan lard (lemak babi) dan pork (daging babi). Tentunya, bagi kamu yang tidak mengkonsumsi makanan ini, sebaiknya bertanya dahulu sebelum membelinya. Taiwan memang dikenal dengan makanannya yang banyak mengandung Babi bahkan kamu bisa melihat babi guling panggang secara langsung, seperti di Shilin Night Market. Bagi kamu yang doyan dengan daging Babi, berikut beberapa daftar oleh-oleh di Taiwan yang bisa kamu bawa pulang, seperti Sosis Babi Panggang, Almond Original Flavor Crispy Pork Paper, dan Bawan Babi.

Sosis Babi Panggang

Sosis Babi Panggang terbuat dari daging babi yang berlemak dicampur dengan daging non lemak dan dicincang serta diaduk dengan garam, gula, dan bumbu perasa. Adonan ini lalu dimasukkan ke dalam pembalut sosis dan dipanggang hingga matang. Kabarnya, sosis panggangg ini juga diberi tambahan bawang putih dan kayu manis. Sosis babi panggang bisa kamu dapatkan di Bridge Sausage Museum atau langsung ke perusahaan Black Bridge yang terletak di Hankou Street, XMD (Near East Dragon Hotel) No. 9. Kamu juga bisa mengunjungi website resminya di "http://www.blackbridge.com.tw.

Selain itu, sosis babi panggang juga bisa kamu beli di Hsin Tung Yang Food yang terletak di Bo Ai Rd, XMD (East of Zhonghua Rd) No. 77 atau langsung kunjungi website resminya di "http://www.hty.com.tw" dan lakukan pemesanan secara online. Alternatif lainnya, kamu juga membeli sosis babi panggang ini di Taiwan's Night Market. (Fengjia, Wufenpu, Shilin,Ruifeng). Biasanya, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 13.000 per 100 gram.

Almond Original Flavor Crispy Pork Paper

Sumber gambar pinterest.com

Almond Original Flavor Crispy Pork Paper juga adalah oleh-oleh khas Taiwan yang bisa kamu bawa pulang. Makanan ini menyerupai lembaran daging yang digoreng bersama bumbu pedas manis. Jika kamu makan, akan terasa renyah dan garing di mulut seperti kerupuk. Kamu bisa mendapatkannya di KUAI CHE Traditional Food Shops yang berlokasi di Sec.1, Roosevelt Rd, Zhongzheng District, No.22-1.

Kamu juga bisa mendapatkannya di Carrefour Taiwan yang menjual berbagai macam snacks khas lokal. Carrefour Taiwan ada yang terletak di Jingguo Road, Taoyuan District, No. 369. Atau bisa juga kunjungi Shilin Night Market yang terletak di antara Dadong Road, Danan Road, Wenlin Road dan Jihua Road. Untuk sampai di tempat ini, telah kami bahas di paragraf paling atas. Kamu akan menemukan beberapa pork paper dengan harga bersahabat. Biasanya, Almond Original Flavor Crispy Pork Paper ini dijual mulai dari.Rp 60.000 per 3 lembar.

Ba Wan Babi

Selain Almond Original Flavor Crispy Pork Paper dan Sosis Babi Panggang, makanan khas Taiwan lainnya yang mengandung Babi dan bisa dijadikan oleh-oleh adalah Bawan Taiwan. Bawan adalah bakso Taiwan. Bedanya dengan bakso di Indonesia, Bawan ini terbuat dari daging babi, jamur yang telah ditumis, rebung dan dibungkus adonan tepung beras atau tepung ubi, lalu direbus dan digoreng.

Bawan daging ini dapat kamu beli di Pasar Malam Shida yang terletak di samping Universitas Nasional Taiwan, di Pasar Malam Raohe, dan di Pasar Malam Shilin. Untuk harganya, Bawan Taiwan ini dibanderol dengan harga NT$5 atau sekitar Rp 2.000 per potong.

From our editorial team

Nikmati liburan di Taiwan dengan berbelanja

Beberapa oleh-oleh khas Taiwan yang Halal dan Non Halal yang BP-Guide tuliskan di atas bisa menjadi referensi bagi kamu untuk dibawa pulang ke Tanah Air. Jika kamu berbelanja ke Taiwan, Jangan lupa bawa ole oleh khas ini yah ! Happy Holiday !