Tips Pintar Manfaatkan Libur Lebaran Idul Adha 2018

Tips Pintar Manfaatkan Libur Lebaran Idul Adha 2018

Bagi orang Indonesia, mudik sudah menjadi sebuah tradisi yang tak bisa ditinggalkan. Meskipun hanya libur singkat, namun tak ada salahnya Anda memanfaatkan waktu berlibur ini sebaik mungkin. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

Momen Idul Adha memang hanya dimanfaatkan segelintir orang untuk berlibur. Namun, Idul Adha sama halnya dengan liburan panjang biasa. Biasanya puncak keramaian terjadi setelah solat Idul Adha. Liburan singkat ini banyak dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu berlibur di sejumlah tempat wisata. Terutama bagi mereka yang tak memiliki jatah libur Lebaran Idul Fitri kemarin. Nah, tak ada salahnya Anda memanfaatkan waktu berlibur Idul Adha dengan memperhatikan tips berikut ini.

1. Buat Rencana Secara Matang

Bila Anda jarang berkumpul bersama keluarga, manfaatkan momen untuk pergi berlibur bersama keluarga. Tentukan destinasi tujuan wisata yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Selain berlibur, Anda bisa juga berlibur sambil mengunjungi sanak saudara sebagai bentuk silaturrahmi keluarga. Membuat rencana secara matang tentunya akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Anda Berniat Berlibur ke Pantai, Cek Infografik Wisata Pantai yang Bisa Anda Kunjungi di Instagram BP Guide

bpguide_id
instagram.com

2. Persiapkan Pakaian yang Diperlukan

Ketika mengemas pakaian ke dalam tas atau koper, kadang kita tidak menyadari ada saja pakaian yang tidak terlalu dibutuhkan saat berlibur. Libur Idul Adha pastinya sangat singkat jadi tak perlu membawa baju terlalu banyak. Bawalah pakaian yang sesuai dengan tempat tujuan Anda. Cek juga cuaca kota tujuan Anda agar tidak salah dalam memilih pakaian. Jangan membawa pakaian tebal bila cuaca di kota itu sedang terik. Bisa-bisa Anda kepanasan.

3. Membawa Power Bank dan Charger

Smartphone sudah menjadi barang yang wajib dimiliki untuk semua orang. Dalam perjalanan, banyak kendaraan yang tidak tersedia colokan atau listrik. Anda bisa menyediakan power bank dengan kapasitas yang besar agar Anda tidak perlu khawatir lagi jika smartphone Anda kehabisan baterai. Selain itu, smartphone Anda sebaiknya memiliki daya pengisian yang cepat. Atau bisa juga menggunakan kabel penghubung se merk dengan smartphone agar saat mencharge lebih cepat dan tidak buang-buang waktu.

4. Pilih Kendaraan yang Tepat dan Sehat

Jika Anda memilih kendaraan pribadi, pastikan supir Anda memiliki kesehatan dan kondisi tubuh yang fit. Perhatikan pula bahan bakar kendaraan Anda. Jika sudah hampir habis, cepat lah mengisinya di pom bensin terdekat. Bisa saja kendaraan Anda habis bahan bakar ketika macet? Pasti sangat merepotkan bila hal itu terjadi. Lain lagi bila Anda memilih kendaraan umum seperti kereta dan pesawat. Anda harus memesan tiket jauh-jauh hari sebelum tanggal perjalanan. Bila Anda membeli tiket secara mendadak, Anda bisa saja harus mengantri dan desak-desakan dengan pembeli tiket lainnya. Anda juga bisa membeli tiket lewat internet. Banyak aplikasi terkenal untuk pemesanan tiket pesawat yang dilengkapi dengan fitur perubahan jadwal. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi bila ada perubahan jadwal.

5. Memilih Rumah Saudara atau Kerabat daripada Hotel

Bila Anda berencana berencana mengunjungi sanak saudara, tak ada salahnya memilih menginap di rumah saudara. Waktu berkumpul pastinya lebih lama terutama bagi Anda yang jarang bertemu. Tak hanya itu, menginap di hotel jauh membuang-buang uang karena biaya nya yang akan mahal dan pastinya tidak hanya digunakan sehari semalam saja. Menginaplah di rumah keluarga Anda agar tetap terjaga harmonis dan pastinya lebih hemat. Anda juga dapat lebih menjalin tali silaturahmi dengan keluarga dan tetangga di rumah itu.

6. Menetapkan Pengeluaran

Liburan pasti tidak akan puas bila tidak bermain di kota orang yang dituju. Anda akan tergiur untuk menikmati kota tujuan Anda karena pasti sangat jarang berada disana. Namun, tetapkan dulu pengeluaran harian Anda. Jika tidak, uang Anda akan boros di awal dan akan sedikit di hari-hari terakhir Anda disana.

7. Andalkan Promo dan Cicilan

Agar pengeluaran Anda tidak membengkak saat membeli tiket. Anda bisa membeli tiket yang memiliki promo terbaik. Anda dapat mengecek situs web pemesanan tiket lalu cari tiket yang memiliki promo. Mulai dari kartu kredit, kupon atau yang lainnya. Meskipun diskon atau potongannya tidak terlalu besar, setidaknya itu mengurangi harga aslinya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan metode cicilan agar uang Anda tidak ludes sebelum lebaran. Manfaatkan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit yang di berikan oleh beberapa aplikasi pemesanan tiket yang terkenal. Tentu itu akan memudahkan pengeluaran Anda agar tidak melonjak karena transportasi.

From our editorial team

Bersabar menghadapi macet

Itulah tips pintar yang dapat Anda manfaatkan sebelum melakukan mudik. Jangan lupa berdoa sebelum berangkat. Bagi yang membawa kendaraan sendiri, pastikan Anda bersabar saat menghadapi macet. Sediakan makanan juga agar Anda tidak kelaparan di jalanan yang tiba-tiba macet. Selamat mudik!

Tag