Horas! Inilah Pilihan 10 Terbaik Hotel di Medan yang Akan Membuat Anda Betah Berlibur di Medan

Berencana menjelajah objek-objek wisata di Medan yang menakjubkan? Kalau begitu jangan lupa juga untuk menyiapkan tempat beristirahat yang akan membuat Anda santai setelah melakukan aktivitas yang melelahkan. Dan tidak usah bingung! BP-Guide punya, kok, pilihan terbaik hotel di Medan. Dijamin Anda akan mengakhiri kunjungan di Medan dengan hati yang gembira.

Medan Ternyata Memiliki Potensi Pariwisata Terbaik di Indonesia

Sumber gambar www.idpelago.com

Sebagai tujuan wisata, Medan memang tidak sepopuler Bali, Lombok, atau Yogyakarta. Namun, bukan berarti Medan tidak punya daya tarik. Mungkin saja selama ini sebagian besar objek wisata di kota terbesar ke-3 di Indonesia ini jarang diangkat ke permukaan. Jadi, jangan coret kota yang satu ini dari peta wisata Anda.

Sebagai ibukota Provinsi Sumatra Utara, biasanya Medan dijadikan satu paket dengan kunjungan wisata ke daerah-daerah di provinsi yang bertetangga dengan Nanggroe Aceh Darusalam, Sumatra Barat, dan Riau ini. Sebenarnya, terdapat tidak kurang dari 40 objek wisata di kota ini, mulai dari tempat berpemandangan indah sampai yang nyaman untuk nongkrong.

Terdapat 33 kabupaten dan kota di Provinsi Sumatra Utara. Penduduknya terdiri dari beragam suku, seperti Batak, Melayu, Jawa, dan lain-lain. Sebagai ibukota, Medan menjadi semacam etalase dan titik awal sebelum Anda menjelajah provinsi ini. Ada tiga jalur untuk mencapai kota ini.

Pertama, jalur udara. Karena cepat dan lebih nyaman, pesawat merupakan moda transportasi yang paling banyak dipilih oleh orang yang berkunjung ke Medan. Jika Anda berasal dari Jakarta, ada beberapa maskapai yang melayani penerbangan ke Ibu Kota Provinsi Sumatra Utara ini. Antara lain, Garuda Indonesia, Sriwijaya, Citilink, dan Lion Air. Tiket pesawat rute Jakarta-Medan berkisar antara Rp 600.000 sampai Rp 1.000.000.

Kedua, jalur darat. Setidaknya, ada tiga perusahaan otobus yang melayani rute Jakarta-Medan, yaitu ALS, Lorena, dan Medan Jaya. Sebagai gambaran, Anda dapat memilih bus ALS berfasilitas AC dan toilet dengan harga tiket Rp 425.000 atau AC tanpa toilet dengan harga tiket Rp 345.000. Bus ini berangkat dari Terminal Rawamangun, Jakarta Timur. Jadwal keberangkatan bus AC-non toilet berangkat pada pukul 12.00 WIB dan 14.00 WIB, sedangkan bus AC-toliet pada pukul 12.00 dan 16.00 WIB. Bus Lorena juga berangkat dari Rawamangun, sedangkan Medan Jaya dari pool-nya di Cililitan, Jakarta Timur.

Ketiga, jalur laut. Anda dapat berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, dengan menumpang KM Kelud ke Pelabuhan Belawan, Medan. Tersedia lima pilihan kelas bagi pemumpang kapal ini, yaitu 1A, 1B, 2A, 2B, dan Ekonomi. Harga tiketnya berkisar antara Rp 412.000 sampai Rp 1.329.000 untuk orang dewasa, Rp 313.000 sampai Rp 1.001.000 untuk anak-anak, dan Rp 46.000 sampai Rp 138.000 untuk bayi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Medan yang Menarik untuk Dikunjungi

Provinsi Sumatra Utara memiliki berbagai objek wisata alam menawan yang terletak tidak jauh dari Medan. Tiga di antaranya adalah Bukit Lawang, Danau Toba, dan Air Terjun Dua Warna.

Bukit Lawang

Bukit Lawang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Di sini, Anda dapat menjelajah hutan dan melihat kehidupan orangutan liar. Selain itu, Anda juga dapat berarung jeram di Sungai Bahorok.

Untuk menuju ke objek wisata ini dengan kendaraan umum, Anda dapat menumpang taksi dari Bandara Kualanamu ke Terminal Pinang Baris. Lalu, Anda naik bus jurusan Bukit Lawang dengan ongkos Rp 50.000 per orang. Kalau ingin lebih santai, Anda dapat menginap di sebuah hotel di Medan dan menyewa kendaraan ke sini dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Danau Toba

Sumber gambar cosmopolitanfm.com

Danau vulkanik yang satu ini tidak hanya dibanggakan rakyat Sumatra Utara, tetapi juga bangsa Indonesia. Salah satu wujud kebanggaan itu dituangkan dalam uang kertas Rp 1.000 tahun 1992 yang bergambar Danau Toba.

Terbentuk karena letusan dahsyat gunung berapi purba ribuan tahun lalu, Danau Toba sebetulnya merupakan kawah sangat besar yang lama-lama terisi air. Sejak lama, danau ini menjadi ikon pariwisata Sumatra Utara. Banyak wisatawan domestik dan mancanegara terpesona dengan keindahan alamnya.

Air Danau Toba berwarna biru jernih menjadi paduan warna yang elok dengan warna hijau pegunungan yang melingkupinya. Anda dapat menikmati lukisan alam karya Sang Maha Pencipta sambil menghirup udara segar sepuas-puasnya.

Jika ingin menyeberang ke Pulau Samosir yang terletak di tengah Danau Toba, Anda dapat menempuh dua pilihan. Pertama, jalur darat dengan mengitari tepian danau sampai ke Panguruan. Kedua, jalur air dengan menumpang kapal feri dari Pelabuhan Ajibata, Parapat atau dari Balige dan sebaiknya Anda memesan tiket kapal beberapa jam sebelum berangkat.

Selagi di Parapat, Anda dapat melihat-lihat cendera mata khas Parapat di pusat perbelanjaan oleh-oleh Jalan Siburak-Burak. Ada banyak pilihan yang mungkin Anda ingin bawa pulang, seperti gitar Batak berbahan kayu, kalender Batak kuno beraksara Batak, dan berbagai benda unik lain. Harganya berkisar antara puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah.

Air Terjun Dua Warna

Sumber gambar www.ayonews.com

Keunikan utama yang menjadi daya tarik air terjun ini adalah perbedaan suhu air. Ada air dingin berwarna biru dan air hangat berwarna putih. Ada dua sebutan untuk objek wisata yang satu ini, yaitu Air Terjun Telaga Dwi Warna dan Air Terjun Sibolangit.

Terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, air terjun ini dapat dicapai setelah Anda menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Medan. Untuk merasakan sensasi petualangan yang seru, gunakanlah bus antar kota jurusan Kabanjahe dari Terminal Pinang Baris. Turunlah di Bumi Perkemahan Sibolangit. Setelah beristirahat sebentar, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 2 jam.

Dari bumi perkemahan, Anda akan melewati hutan lebat berudara sejuk dan menyeberangi beberapa sungai kecil. Tidak perlu takut tersesat di hutan karena sepanjang jalan sudah dipasang petunjuk arah ke Air Terjun Dua Warna. Jika waktu libur masih panjang, Anda dapat berkemah di sekitar air terjun.

Rekomendasi Terbaik 10 Hotel di Medan yang Bisa Dijadikan Pilihan

Ada banyak hotel di Medan. Agar tidak buang-buang waktu untuk mempertimbangkan hotel mana yang akan dipilih, Anda dapat membaca rangkuman berikut ini.

Grand Swiss-Belhotel Medan

Sumber gambar www.agoda.com

Entah Anda datang dari Bandar Udara Kualanamu atau Pelabuhan Belawan, Grand Swiss-Belhotel Medan dapat dicapai dengan mudah. Lokasinya dekat dengan Stasiun Kereta Api Medan yang terhubung langsung dengan dua pintu masuk Provinsi Sumatra Utara itu. Dari stasiun, Anda dapat berjalan kaki sekitar 20 menit ke sini atau menumpang kendaraan umum. Selain itu, hotel Medan yang satu ini terletak di sebelah pusat perbelanjaan Cambridge City Square. Kalau ingin membawa pulang bika Ambon sebagai oleh-oleh, Anda dapat membelinya di toko yang berjarak hanya sepelemparan batu dari hotel.

Harga sewa kamar hotel ini mulai dari Rp 820.000 dengan waktu check-in pukul 14.00 siang dan check-out pukul 12.00 siang. Kamarnya bersih dan lega sehingga Anda akan merasa nyaman. Selama menginap di sini, Anda dapat tetap rutin berolahraga di pusat kebugarannya. Tersedia juga ruang serbaguna berfasiltas lengkap untuk acara kantor, keluarga, atau komunitas.

Hotel Aryaduta Medan

Sumber gambar www.pegipegi.com

Hotel Aryaduta Medan terletak di jantung Ibu Kota Provinsi Sumatra Utara. Lokasinya strategis karena berdekatan dengan Kantor Wali Kota Medan, Mall Grand Palladium, dan tidak jauh dari Stasiun Medan. Ketiga tempat itu dapat ditempuh dengan berjalan kaki dalam hitungan menit dari hotel ini.

Anda dapat menginap dalam kamar yang bikin betah di hotel ini dengan harga mulai dari Rp 703.494 per orang per malam. Dengan harga itu, Anda akan mendapat akses WiFi secara cuma-cuma. Tersedia juga paket lain dengan harga terjangkau yang mencakup sarapan lezat. Selama menginap di sini, Anda dipersilahkan untuk menggunakan fasiltas kolam renang dan pusat kebugaran. Waktu check-in di Hotel Aryaduta Medan pada pukul 14.00 siang dan check-out pukul 12.00 siang. Para staf hotel selalu siap membantu agar Anda memiliki pengalaman berkesan menginap di hotel Medan yang satu ini.

Adimulia Hotel

Sumber gambar www.agoda.com

Adimulia Hotel Medan terletak di jalan yang sama dengan Kantor Gubernur Provinsi Sumatra Utara, yaitu Jalan Diponegoro, Medan. Terdapat 261 kamar berdesain indah di hotel ini. Sebagai gambaran, lantai kayu/parketnya menjadikan kamar terkesan hangat. Kamar-kamar itu dilengkapi lemari pakaian serta handuk bersih dan baru.

Setelah seharian sibuk dengan urusan bisnis atau puas jalan-jalan, Anda dapat duduk-duduk santai sambil menikmati secangkir teh. Selain itu, tanpa perlu ke mana-mana, Anda tetap bisa terhubung dengan keluarga, mitra kerja, atau teman karena di dalam kamar tersedia WiFi gratis.

Anda dapat bermalam di hotel ini dengan membayar sewa kamar mulai dari Rp 701.446 per orang per malam dengan waktu check-in pukul 14.00 dan check-out pukul 12.00. Resepsionis dan layanan kamar selalu siap membantu Anda dalam 24 jam. Begitu juga dengan petugas keamanan, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Pihak hotel menyediakan menu makanan yang beragam. Namun, jika ingin makan di luar, Anda dapat berwisata kuliner di sekitar hotel. Dengan lokasi strategis dan pelayanan prima, Adimulia Hotel Medan merupakan pilihan yang tepat untuk melengkapi liburan atau perjalanan bisnis Anda.

Swiss-Belinn Medan

Sumber gambar www.booking.com

Mencari hotel di Medan dengan harga sekitar Rp 400.000? Anda dapat memilih Swiss-Belinn Medan. Selain dekat dengan Stasiun Medan yang terhubung langsung dengan Bandara Kualanamu dan Pelabuhan Belawan, hotel ini dikelilingi tempat makan khas Medan dan Mandarin, seperti Mie Tiong Sim Restaurant. Kalau menginap di sini, Anda akan tidur nyenyak dan gampang makan enak. Oh, juga mudah untuk membeli Bolu Meranti sebagai oleh-oleh.

Waktu check-in di Swiss-Belinn Medan pada pukul 14.00, sedangkan check-out pukul 12.00. Hotel ini sangat cocok untuk Anda yang doyan backpacking dengan anggaran ketat. Namun, bukan berarti kamarnya biasa-biasa saja. Desain dan arsitekturnya dirancang secara khusus untuk enak dilihat. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan fasilitas yang lengkap di hotel ini untuk acara kantor atau keluarga.

Hotel Deli River

Sumber gambar www.agoda.com

Hotel Deli River berlokasi di pinggir Kota Medan, tetapi tetap mudah dicapai karena dekat Jalan Lintas Timur Sumatra, tepatnya di Jalan Raya Namorambe No. 129, Deli Serdang, Sumatra Utara. Kalau memiliki acara di Royal Sumatra Golf Course dan sekitarnya, Anda tidak perlu memilih hotel di Medan yang berjarak sekitar hampir 1 jam perjalanan, tetapi lebih baik bermalam di sini.

Dibandingkan dengan hotel di Medan yang lain, hotel ini memberi Anda bonus pemandangan lingkungan hutan tropis yang asri. Tidak usahlah ditanyakan tentang fasilitas, seperti WiFi gratis, kamar mandi pribadi, kolam renang, serta menu lezat khas Indonesia dan barat, yang biasa didapatkan dari hotel-hotel lain. Semua itu bisa Anda nikmati di Hotel Deli River.

Namun, Anda perlu membawa sikat gigi sendiri karena pihak hotel tidak menyediakannya. Selain itu, tidak ada kulkas kecil di dalam kamar, tapi siapa pula yang butuh kulkas? Kalau ingin makan, Anda tinggal memesan ke The Omlandia Restaurant. Gampang, kan?

Hotel Deli River memiliki waktu check-in pukul 13.00 dan check-out pukul 12.00. Namun, jika memesan terlebih dulu, Anda akan diprioritaskan. Staf hotel akan membantu Anda selama 24 jam agar Anda mendapatkan pelayanan terbaik.

JW Marriott Hotel Medan

Sumber gambar www.venuetomeet.com

Sebagai salah satu hotel di Medan yang berpredikat bintang 5, kualitas pelayanan dan kelengkapan fasilitas di JW Marriott tidak perlu diragukan lagi. Sebut saja kamar luas, peralatan untuk membuat kopi dan teh, kursi dan meja kerja, TV kabel layar datar, serta iPod dock. Di dalam kamar yang berjumlah 287, ada juga tempat mandi lengkap dengan rainshower dan peralatan mandi yang selalu bersih dan baru. Masih kurang? Anda dapat berolahraga di pusat kebugaran serta kolam renang indoor dan outdoor.

Ingin memanjakan tubuh dan pikiran dengan perawatan pijat, mandi uap dan bathtub terapi? Anda tinggal minta bantuan staf hotel yang akan menyiapkan segalanya. Di Prime Steak House, Jade Chinese Restaurant, dan Marriott Cafe, Anda dipersilakan untuk menyantap hidangan internasional yang menggugah selera.

Harga sewa kamar di hotel ini beragam, antara lain, Rp 883.300 per orang per malam dengan waktu check-in pukul 15.00 dan waktu check-out pukul 12.00 siang. JW Marriott Hotel Medan berlokasi di Jalan Putri Hijau No. 10, Medan. Pihak hotel menyediakan kendaraan antar-jemput dari Bandara Internasional Kualanamu dengan biaya tambahan. Namun, layanan antar-jemput di dalam Kota Medan dapat dimanfaatkan tanpa biaya.

Hotel ini tidak jauh dari pusat perbelanjaan Sun Plaza serta tempat peribadatan Vihara Borobudur, Kuil Shri Mariaman, dan Masjid Agung Sumatra Utara. Jadi, selain badan bugar setelah dipijat dan tidur di hotel mewah, jiwa Anda pun ringan setelah beribadah.

Four Points by Sheraton Medan

Sumber gambar www.pegipegi.com

Wajar saja jika Anda belum terlalu sering mendengar soal hotel di Medan yang satu ini. Awalnya, hotel ini bernama Grand Serela Hotel and Convention Medan. Walaupun tidak menyediakan sikat gigi, Four Points by Sheraton Medan merupakan tempat singgah nyaman dan aman. Lagi pula, kalau hanya sikat gigi, Anda pasti sudah menyiapkannya demi menjaga kebersihan sendiri, bukan? Jadi, hal sepele itu tidak usah dipersoalkan, tetapi mari kita bahas kelebihan yang ditawarkan hotel ini.

Pertama, hotel ini berlokasi di salah satu jalan protokol, yaitu Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan. Kalau Anda penggemar berat durian, Anda hanya perlu berjalan kaki ke Ucok Durian atau Durian House. Kedua, sarana transportasi umum pun mudah didapat karena hotel ini dekat dengan Plaza Millenium Medan. Dari Stasiun Medan pun, jaraknya hanya 3,12 km.

Ketiga, untuk menginap di sini, Anda dapat membayar sewa kamar mulai harga sekitar Rp 700.000 dengan waktu check-in pukul 14.00 siang dan check-out pukul 12.00 . Keempat, salah satu hotel di Medan ini memiliki ruang serba guna yang luas. Anda dapat memanfaatkannya untuk acara keluarga atau kantor. Terakhir, tetapi paling penting, stafnya yang ramah dan andal siap memberikan layanan istimewa bagi Anda.

Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa

Sumber gambar www.accorhotels.com

Jika membawa kendaraan pribadi, sewaan, atau jemputan, Anda dapat mencapai Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa dari Bandara Internasional Kualanamu selama sekitar 1 jam. Jika tidak, Anda disarankan untuk menggunakan kereta api ke Stasiun Medan, lalu berjalan kaki sekitar 15 menit ke hotel ini.

Kamar-kamar terbaik telah disediakan untuk Anda oleh hotel di Medan yang satu ini. Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa dilengkapi dengan tempat tidur mewah, perabotan bergaya kekinian, TV panel datar, dan WiFi gratis di area umumnya. Pusat kebugaran dan kolam renang juga bisa Anda manfaatkan untuk berolahraga.

Kalau Anda ingin sekadar bersantai di sekitar kolam, boleh juga. Anda akan mendapatkannya jika menginap di hotel ini dengan harga sewa kamar mulai dari Rp 726.000. Waktu check-in di sini pada pukul 14.00 siang, sedangkan check-out pukul 12.00 siang, tetapi Anda akan diprioritaskan jika memesan terlebih dulu. Anda juga dapat menyelenggarakan acara yang mendatangkan banyak orang karena Grand Ballroom hotel ini bisa menampung 1.200 orang.

Karena hotel ini terletak di jantung Kota Medan, Anda dapat dengan mudah mengunjungi objek-objek wisata andalan ibukota Provinsi Sumatra Utara ini. Salah satunya kawasan terpadu Podomoro City Deli Medan yang berjarak hanya 700 meter dari Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa. Dengan pelayanan yang terus ditingkatkan, hotel ini dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda selama berada di Medan.

Hotel Santika Premiere Dyandra

Sumber gambar hotelmedan91.blogspot.hk

Apakah Anda mencari hotel yang berjarak 1 km kurang dari Stasiun Medan? Hotel Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention sangat layak dipertimbangkan. Selain itu, jarak ke Mal Grand Palladium dan Lippo Plaza Medan pun hanya sekitar 200 meter dari hotel ini.

Selain itu, hotel di Medan ini memiliki kamar yang bikin betah dan sarapan yang sedap. Yang paling penting, fasilitasnya lengkap, termasuk pusat kebugaran, kolam renang, WiFi di area-area umum hotel. Jika ingin memanjakan tubuh dengan spa, Anda dapat meminta batuan staf hotel dengan biaya tambahan. Hotel Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention menyediakan ruang serba guna jika Anda akan menggelar acara perusahaan atau keluarga yang dihadiri banyak orang.

Untuk menginap di Hotel Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention, Anda dapat membayar sewa kamar sekitar Rp 670.000. Waktu check-in di hotel ini pada pukul 14.00 siang dan Check-out pukul 12.00 siang. Dengan layanan yang ciamik dan staf sigap, hotel ini selalu membuat urusan bisnis atau acara liburan Anda lebih asyik.

Grand Aston Cityhall Hotel & Serviced Residences

Sumber gambar www.booking.com

Grand Aston City Hall Medan dapat dijangkau dengan berjalan kaki dari Stasiun Medan. Jaraknya hanya sekitar 300 meter dari stasiun yang menghubungkan pusat kota dengan dua gerbang utama Sumatra Utara, yaitu Bandara Internasional Kualanamu dan Pelabuhan Belawan. Dari Mall Grand Palladium pun, jaraknya hanya selemparan batu.

Waktu check-in hotel di Medan yang satu ini pukul 3 sore, sedangkan check-out pukul 12 siang. Harga sewa kamar per orang per malam mulai dari Rp 868.780. Anda akan menikmati fasilitas lengkap, antara lain, WiFi di area-area umum hotel ini, seperti kolam renang atau pusat kebugaran. Jika ingin memanfaatkan fasilitas spa, silakan Anda mengubungi staf hotel yang siap membantu selama 24 jam. Anda pun bisa menggunakan ruang serbaguna di Grand Aston City Hall Medan untuk acara yang dihadiri banyak orang, seperti gathering perusahaan bersama keluarga.

Kamar Grand Aston City Hall Medan bikin betah--bahkan mungkin seperti sedang berada di rumah. Sekali coba, Anda mungkin akan selalu memilih hotel ini jika ada urusan bisnis di Medan. Tidak dilarang juga jika Anda ingin menjadikannya tempat singgah semalam sebelum melanjutkan petualangan ke objek-objek wisata menarik di Provinsi Sumatra Utara. Selamat mencoba!

From our editorial team

Hotel yang Nyaman Memang Penting, Tetapi Jangan Lupa Sesuaikan dengan Bujet

Melihat daftar hotel di Medan di atas, Anda telah mengetahui bahwa ada beragam hotel yang menawarkan kamar-kamar dengan harga bersaing. Kami mengerti jika Anda pasti ingin mencoba hotel yang mewah, namun sebaiknya sesuaikan dengan bujet yang Anda punya. BP-Guide tentu tidak ingin Anda kembali dengan kantong bolong hanya karena memaksakan diri menginap di hotel yang megah. Jadi, selamat menikmati Medan tanpa pusing, ya!

Tag