10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik Untuk Anda (2022)

10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik Untuk Anda (2022)

Extra Virgin Olive Oil atau EVOO adalah produk yang banyak digunakan untuk menghidangkan makanan sehat. Produk EVOO di pasaran juga mudah ditemukan lho. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi merk extra virgin olive oil terbaik buat Anda.

Extra Virgin Olive Oil Punya Lebih Banyak Manfaat Dibandingkan Minyak Zaitun Biasa

Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun yang paling murni, sehingga kualitasnya paling tinggi. Tidak heran jika manfaat EVOO ini lebih banyak dibandingkan dengan virgin olive oil atau VOO, juga dengan olive oil atau OO atau minyak zaitun biasa.

Anda dapat menggunakan EVOO untuk dikonsumsi secara langsung atau menggunakannya pada beberapa jenis masakan. Bahkan, ada produk yang diklaim aman untuk diminum ibu hamil.

Sebagai informasi, kebanyakan EVOO yang beredar di Indonesia saat ini merupakan produk impor. Negara produsen utama EVOO adalah Italia dengan persentase 45%, lalu disusul Spanyol dengan persentase 30%.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Extra Virgin Olive Oil

Keasliannya

Cara termudah untuk mengecek keaslian extra virgin olive oil (EVOO) adalah dengan melihat logo sertifikasi dari organisasi terkemuka pada kemasannya. Umumnya, EVOO yang dipasarkan ke seluruh penjuru dunia mencantumkan logo IOC sebagai jaminan keaslian.

Selain IOC, ada juga lembaga lain yang mengeluarkan logo sertifikasi untuk menjamin keaslian EVOO. Sebut saja California Olive Oil Council (COOC) dan North American Olive Oil Association (NAOOA). Di Indonesia sendiri ada BPOM dan LPPOM MUI yang memiliki wewenang untuk memberikan sertifikasi yang berkaitan dengan keamanan serta kehalalan produk.

Kemasan Produk

Extra virgin olive oil (EVOO) sangat mudah teroksidasi oleh udara dan cahaya. Oleh karena itu, kemasannya pun memegang peran penting untuk menjaga kualitas produk. Pilihlah produk EVOO yang dikemas dalam botol kaca. Utamakan botol yang berwarna gelap. Botol seperti ini sulit ditembus cahaya serta tidak mudah dilewati oksigen.

Kualitas minyak juga akan menurun akibat bersentuhan dengan oksigen setelah kemasannya dibuka. Oleh karena itu, sebaiknya pilih produk yang ukuran kemasannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Hindari produk berukuran besar jika Anda tidak terlalu sering menggunakannya karena minyak akan rusak jika terlalu sering terpapar dengan udara.

Informasi Produk

Umumnya, pada label kemasan terdapat informasi semacam negara produksi, pilihan bahan baku, kadar keasaman, metode perawatan, dan lain sebagainya. Termasuk juga informasi sertifikasi dari lembaga di masing-masing negara. Anda bisa mempertimbangkan hal ini saat memilih produk EVOO.

Anda sebaiknya tidak membeli produk yang tidak menerangkan informasi-informasi jelas pada labelnya. Meskipun harganya murah dan mencantumkan label “Extra Virgin Olive Oil”, Anda tetap perlu waspada, jangan sampai Anda membeli produk palsu.

Kebutuhan

Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, minyak zaitun dengan keterangan “Extra Virgin” ini lebih kuat atau lebih tahan terhadap suhu panas. Bahkan, dibandingkan dengan minyak nabati lainnya, jenis minyak zaitun yang satu ini yang lebih tahan panas.

Meski demikian, Anda sebaiknya tidak menumis atau menggoreng bahan makanan terlalu lama dengan extra virgin olive oil. Hal tersebut dapat menyebabkan kekayaan rasa dan aroma khas dari minyak ini jadi berkurang. Oleh karena itu, perlu untuk menyesuaikan jenis minyak yang digunakan berdasarkan jenis masakan ataupun metode masakan.

Jenisnya

Sebagian dari Anda mungkin belum tahu apa itu extra virgin olive oil (EVOO). EVOO adalah salah satu jenis minyak zaitun yang mempunyai kualitas terbaik karena merupakan tipe minyak zaitun yang paling murni.

Selain extra virgin, ada lagi jenis minyak zaitun lain, seperti virgin olive oil (VOO) atau minyak zaitun murni, olive oil (OO) atau minyak zaitun, serta refined olive oil atau minyak zaitun olahan. Ketiga jenis minyak zaitun ini diklasifikasikan oleh International Olive Association (IOC). Anda bisa menggunakan minyak zaitun ini untuk masakan yang berbeda.

Beda 3 Jenis Olive Oil yang Dijual di Pasaran

Extra Virgin Olive Oil

Extra Virgin Olive Oil atau EVOO adalah minyak yang diekstrak dengan metode cold-pressed tanpa pelarut atau proses pemurnian. Karena itu, EVOO dianggap sebagai minyak zaitun dengan kualitas paling tinggi.

Karakteristik EVOO lainnya adalah memiliki kandungan oleic acid tidak lebih dari 0,8%. Menurut International Olive Council (IOC), makin rendah kadar oleic acid, makin bagus pula kualitas minyak zaitunnya.

Namun, karena tidak tahan panas, jenis ini sebaiknya digunakan sebagai salad dressing, tidak dipakai untuk menumis ataupun menggoreng makanan.

Virgin Olive Oil

Virgin olive oil atau VOO adalah minyak zaitun dengan kualitas satu tingkat di bawah EVOO. Kandungan oleic acid yang dimiliki VOO adalah sebanyak 1,5%, kurang lebih 2x lipat oleic acid yang dikandung EVOO. VOO ini lebih tahan panas dibandingkan dengan EVOO sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menumis makanan.

Olive Oil

Olive oil atau OO atau minyak zaitun ini diperoleh dari pemurnian virgin olive oil. Minyak ini memiliki kandungan oleic acid tidak lebih dari 1%. Meski persentase asamnya lebih rendah dari virgin olive oil, kandungan nutrisi olive oil banyak hilang dalam proses pemurnian. Namun, Anda dapat menggunakan minyak zaitun ini untuk menggoreng, karena minyak zaitun memiliki smoke point yang tinggi.

Rekomendasi Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik Buat Anda

Olitalia Extra Virgin Olive Oil

Bicara soal kualitas, tentu Olitalia Extra Virgin Olive Oil tak bisa diabaikan. Produk EVOO ini dapat Anda gunakan sebagai dressing untuk salad, atau dioleskan ke baguette untuk menciptakan perpaduan yang memanjakan lidah.

Selain dijadikan sebagai saus atau olesan, Anda juga bisa mengandalkannya sebagai penyedap rasa pada hidangan dingin. Anda pun bisa menggunakan EVOO sebagai penggugah selera makan.

Produk ini mempunyai kombinasi rasa kencang dan sedikit pahit. Terdapat sejumlah nutrisi seperti vitamin E untuk kesehatan tubuh Anda. Kemasan botol kaca warna hijau gelap pun akan menghadirkan kesan oriental pada ruang dapur ataupun meja makan Anda.

Harga Rp. 150.000-200.000

Rafael Salgado Extra Virgin Olive Oil Glass Jars with Handle

Hidangkan makanan penuh cita rasa dengan tumpahan extra virgin olive oil ini! Rafael Salgado meracik produk ini sehingga terciptalah minyak zaitun dengan keasaman rendah, yang sangat aman dan menyehatkan untuk tubuh.

Ketika dilanda turunnya selera makan, cobalah tuangkan sedikit minyak ini sebagai dressing pada makanan, maka nafsu makan Anda akan kembali membuncah! Cita rasa yang pas pada minyak ini diperoleh dari buah zaitun asal perbukitan Cordoba atau Seville yang dikenal akan rasanya yang lembut.

Kemasan kaca yang cantik akan membuat Anda menanti-nanti waktu makan malam bersama keluarga. Rafael Salgado menawarkan extra virgin olive oil dengan ukuran kemasan paling beragam. Jadi, Anda bisa dengan mudah membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Harga Rp. 15.000-150.000

Borges Extra Virgin Olive Oil Original

Borges memilih zaitun berkualitas tinggi hasil budi daya di bawah matahari Mediteranian sebagai bahan baku produknya. Karena itu, produk ini memiliki aroma dan rasa original yang sangat nikmat saat digunakan ke dalam hidangan.

Anda bisa menuangkannya sebagai dressing pada salad, ditambahkan sebagai minyak pada proses tumis atau panggang, maupun sebagai saus pada hidangan Anda. Minyak ini mengandung vitamin sebagai khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Produk EVOO dari Borges ini juga tidak mengandung gula dan garam tambahan, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet.

Harga Rp. 30.000-150.000

Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil

Tropicana Slim merupakan nama merek dagang asli Indonesia yang dimiliki oleh perusahaan Nutrifood Indonesia. Brand ini terkenal akan produk-produk sehatnya, mulai dari pemanis rendah kalori, susu, hingga bahan-bahan untuk memasak, termasuk juga Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil.

Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil ini bisa Anda gunakan untuk menumis, bahkan memanggang makanan. Selain membuat rasa makanan lebih nikmat, kandungan vitamin E dan asam lemak tak jenuhnya baik untuk kesehatan Anda.

Soal rasa, Anda tak perlu khawatir! Tropicana Slim menggunakan buah zaitun terbaik, sehingga menjadikan produk ini memiliki rasa dan aroma yang kaya serta lembut khas zaitun.

Harga Rp. 85.000-150.000

Bertolli Extra Virgin Olive Oil Rich Taste

Tanah Mediteranian memang terkenal akan produksi zaitunnya yang berkualitas. Bertolli juga memanfaatkan buah zaitun berkualitas yang berasal dari tanah Mediteranian ini. Produk berbahan zaitun organik ini telah mendapatkan label dari USDA Organics

Untuk menghasilkan produk ini, Bertolli mengolah setiap zaitun dengan sistem cold-pressed sehingga mampu mempertahankan rasa fruity yang alami. Jadi, sesuai dengan namanya, Bertolli Extra Virgin Rich Taste Olive Oil menawarkan rasa yang sangat kaya saat dicampur ke masakan. Hanya dengan sedikit tetesan minyak ini, hidangan Anda akan mendapatkan rasa mewah khas Mediteranian.

Bagi Anda yang ingin berdiet pun bisa mencoba EVOO dari Bertolli ini. Bahan-bahannya bukan hanya aman, tetapi juga bebas gula dan garam sehingga cocok untuk Anda yang sedang diet. Hebatnya lagi, extra virgin olive oil dari Bertolli ini merupakan produk pertama yang mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

Harga Rp. 100.000-150.000

Pietro Coricelli Extra Virgin Olive Oil

Pietro Coricelli adalah brand asli Italia yang sudah berkiprah sejak tahun 1939. Jika dihitung, sudah 80 tahun lebih lamanya. Resep rahasia pengolahan minyak zaitunnya telah diturunkan selama 4 generasi, sehingga kualitas dan kemurniannya tetap terjaga.

Rasa dari extra virgin olive oil keluaran Pietro Coricelli ini sedikit pekat, namun tidak meninggalkan kesan berminyak saat Anda menelannya. Teksturnya pun tidak terlalu lengket, sehingga Anda pun bisa menggunakannya pada wajah atau rambut dengan nyaman.

Jika Anda sedang mencari produk perawatan alami untuk rambut, jatuhkan saja pilihan Anda pada produk ini. Anda dapat menggunakannya untuk merawat rambut kering dan bercabang. Rambut pun menjadi lembab, tampak berkilau, dan tentunya lebih sehat.

Harga Rp. 50.000-150.000

Casa di Oliva Extra Virgin Olive Oil for Kids

Kini, extra virgin olive oil tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan orang dewasa. Casa di Oliva adalah salah satu pionir penghasil extra virgin olive oil yang dapat diberikan pada anak-anak mulai dari balita usia 2 tahun.

Komposisi zaitun yang digunakan pada produk ini bersifat organik dan bebas penggunaan pestisida sehingga aman dikonsumsi. Anda dapat mencampurkan extra virgin olive oil ke pada makanan padat si kecil, untuk memperkaya rasa dan kenikmatan.

Selain nikmat, tentulah produk ini akan mengirimkan segudang manfaat baik pada tubuh anak Anda. Di dalamnya terkandung antioksidan tinggi, vitamin, mineral, dan sejumlah asam lemak esensial yang sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak.

Harga Rp. 50.000-100.000

Gallo My First Olive Oil for Baby

Gallo My First Olive Oil termasuk salah satu extra virgin olive oil yang memiliki kadar keasaman yang rendah, yakni hanya 0,2% saja. Mengetahui hal tersebut, tentu Anda dapat mengaplikasikan produk ini sebagai sentuhan pada berbagai macam olahan.

Bahkan, Anda juga dapat mencampurkan EVOO ini ke dalam MPASI si kecil. Saat diberikan pada anak, lihatlah ekspresi bahagia yang terpancar dari wajahnya karena merasakan makanan yang begitu nikmat.

Anda tak perlu khawatir produk ini memicu risiko kesehatan, karena Gallo My First Olive Oil tidak mengandung zat aditif seperti perasa, pengawet, dan pewarna buatan di dalamnya. Jadi, aman untuk Anda dan anak Anda konsumsi.

Harga Rp. 70.000-120.000

Filippo Berio Extra Virgin Olive Oil

Filippo Berio merupakan brand ternama yang memproduksi EVOO berkualitas dari buah zaitun pilihan asal Italia. Produk ini bebas zat aditif, seperti pewarna atau pengawet, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Jika Anda sangat peduli terhadap kesehatan jangka panjang, sebaiknya jangan lewatkan produk ini. Produk EVOO ini dapat membantu tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung dan diabetes. Konsumsilah secara rutin supaya kadar kolesterol dan gula darah Anda tetap terkontrol.

Pemrosesan buah zaitun terbaik ini dilakukan dengan metode cold pressed, sehingga membuat EVOO ini memiliki keseimbangan antara aroma dan rasanya yang kaya. Jika ingin menggunakannya sebagai minyak goreng atau tumis, disarankan untuk menjaga titik panas pada suhu maksimal 190°C/374°F.

Harga Rp. 75.000-250.000

Mueloliva Extra Virgin Olive Oil

Mueloliva merupakan produsen minyak zaitun “Extra Virgin” terbaik dari tanah Spanyol. Anda bisa membeli produk EVOO ini via online agar lebih mudah ketimbang terbang langsung ke Spanyol. Anda bisa mendapatkannya dengan kisaran harga yang cukup terjangkau.

Mueloliva menggunakan buah zaitun olahan terbaik yang menjadikan produk ciptaannya ini menjadi unggul baik dari segi rasa maupun aroma. Untuk rasa, produk ini menawarkan intensitas rasa sedang yang lembut dengan paduan sedikit pahit.

Selain nikmat, minyak ini juga baik untuk kesehatan. Bagi Anda yang ingin menyajikan hidangan lezat sekaligus menyehatkan, jangan lupakan produk ini. Sifat asam yang rendah akan baik bagi pencernaan.

Harga Rp. 30.000-125.000
From our editorial team

Jangan Lupa Perhatikan Juga Tanggal Kadaluarsanya!

Dalam membeli produk yang bisa dikonsumsi, mengetahui tanggal kadaluarsa itu sangat penting lho! Tidak terkecuali jika Anda tertarik dengn rekomendasi extra virgin olive oil dari BP-Guide di atas. Pastikan tanggal kadaluarsanya masih lama sehingga kualitas produk masih terjaga dan tetap aman untuk digunakan.